SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag Dan Gerd

Bismillahirrahmanirrahiim...

Ya Allah puja dan puji syukur serta sembahku hanya kepadaMu saja. Yang Maha Mengetahui apa saja yang terjadi. Baik yang nyata maupun yang tersembunyi. Dimanakah ada tempat bagiku untuk bersembunyi darimu  Ya Allah ? Ketika aku malu atas perbuatan dosaku ? Sebab dimanapun aku menghadap. Disana selalu ada wajahMu.

Didalam Tanah. Batu. Air.Sungai.Samodera.Berjuta tetumbuhan. Beraneka ikan cantik dalam air. Beragam warna-warni bunga. Berjuta bentuk dan aneka rupa kupu-kupu yang indah. Bahkan dalam gelegar petir yang dahsyat. Serta tangisan anak yatim yang kelaparan. Tak ada satupun yang tiada nampak WajahMu..Yang tanpa keindahan keagunganMu. Subhanallah. Allah Hu Akbar Ya Allah..

Bagaimanakah aku takkan berterimakasih dan mencintai Rassulku Muhammad Rasulullah SAW. Insan agung yang telah mengenalkanku kepadaMu. Kepada kebesaranMu. Kepada kedahsyatan ilmuMu. Kepada lautan kasih sayangMu yang tak terhingga..Kepada ampunanMu Yang Maha Luas. Kepada RizkiMu yang tak pernah terputus kepada tiap-tiap orang hingga kematiannya. Kepada KuasaMu Yang tak terhingga. Kepada KehebatanMu yang tak mengantuk tak pernah tidur. Subhanallah Allah Hu Akbar.

Oleh karena itu. Dosa besar bagiku jika aku lupa menaikkan salam serta shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang terlimpah pula kepada keluarga Beliau yang sangat Beliau sayangi, juga kepada para sahabatnya yang sangat Beliau cintai, serta bagi kami sekalian umatnya yang bertakdziim kepada Beliau hingga akhir hayat kami Ya Allah.

Sedangkan Engkau Yang Menciptakan Muhammad Rasulullah, beserta seluruh malaikat-malaikat yang teramat setia kepadaMu juga bershalawat atas Junjungan kami Muhammad Rasulullah SAW. Betapa Muhammad Rassul kami adalah teramat mulia dalam pandanganMu Ya Allah. Bagaimanakah kami tidak akan menjadikan kehidupannya, sabda-sabdanya, nasehat-nasehatnya, sebagai teladan kehidupan kami ? Agar kami meraih kehidupan yang penuh keselamatan dunia dan akherat kami. Kebahagiaan akherat yang tak bisa ditukar dengan kebahagiaan apapun didunia ini ? Kebahagiaan akherat yang abadi tanpa batas waktu. Subhanallah Allah Hu Akbar.

Kembali ke soal Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag Dan Gerd.

Wahai sahabatku para mahasiswa dimanapun kalian berada.

Terimalah salamku wahai generasi penerus bangsa, pengemban amanat para orangtua. Canangkan cita-citamu setinggi langit. Dan pupuklah semangat belajarmu hingga akhir masa studimu. Doaku sebagai salah satu bunda bagi bangsa insya Allah selalu menyertai kalian. Bagaimana bangsa ini akan terus berlangsung tanpa kalian-kalian nanti ? Bagaimana para pendiri negeri ini, para pendahulu pemimpin bangsa akan bisa meneruskan cita-citanya tanpa kalian generasi penerus bangsa ?

Dipundak kalian semua, kelangsungan negeri ini berada. Entah bagaimana masa depan bangsa, kalian semua yang akan mengukirnya. Negeri yang kaya raya alamnya. Kaya budayanya. Kaya rempah-rempahnya. Kaya ragam agamanya. Dan kaya segala-galanya. Yang membuat negara-negara lain berlomba-lomba ingin menguasai bumi Indonesia. Ingin mengeruk seluruh kekayaan negeri ini tanpa rasa malu terhadap keserakahannya.

Kekayaan negeri ini, seperti tambang Free Port, dirampok habis-habisan oleh orang lain dihadapan kita semua yang nyata-nyata melek matanya tanpa bisa berbuat apa-apa. Biarpun mereka merampok harta kita hingga muntah. Jangan khawatir. Allah tak pernah tidur. Bangsa yang mengenal Allah, ataupun perampok yang tak mengenal apalagi mempunyai rasa malu kepada Allah, hukum Allah pasti akan berlaku.

Kita, bangsa yang ditipu mentah-mentah. Direndahkan dengan perampokan itu, dan tak berdaya berbuat apa-apa. Bersabarlah. Semua ada saatnya. Semua dibawah Hukum Allah yang Maha Adil. Tinggal kita lihat saja, saat itu tiba. Dimana tangan yang berbuat akan bertanggungjawab.

Kalian para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa. Dipundak kalianlah terletak kuwajiban terbesar, untuk mengembalikan bangsa ini kepada bangsa besar yang memiliki martabat dan kehormatan sebagaimana jaman kejayaan Nusantara.

Bagaimana caranya ? Selalu konsisten menjaga semangat dalam meraih cita-cita. Dan yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan kalian. Eh bu Niniek ini mengada-ada deh ! Loh benar kok. Kepala kalian pusing saja sudah terganggu konsentrasi belajar kalian bukan ? Kalian sakit perut saja tugas kalian menjadi terhambat. Iya kan ?

Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag dan Gerd
Lha bagaimana tidak ?

Banyak tugas

Waduh-waduh kalau menyaksikan di kost mahasiswa..Kamarnya bagai kapal pecah, terutama yang laki-laki. Tembok penuh menggelantung baju yang apek baunya entah sudah dipakai berapa hari saja masing-masingnya blum sempat nyuci karena banyaknya tugas.

Kertas tugas berserakan di karpet lantai kamarnya. Laptop. HP.Buku-buku dan lembar copyan tugas. Jika orang tua datang menengok hampir tak punya waktu untuk menemui dengan takdziim penuh konsentrasi. Tubuhnya menghadap orang tua, namun pandangan matanya gelisah memikirkan tugas yang masih menumpuk belum dikerjakan.

Sehingga sering lupa makan, telat mandi, dan tak sempat ke warung mencari makan. Mandi terburu – buru. Makan terburu-buru. Berangkat kuliahpun terburu. Mahasiswa jaman sekarang tak ada yang tak terburu-buru.
Bagaimana mahasiswa kost tak akan terkena maag ? Makan tak teratur. Kurang istirahat. Dan tak ada yang memperhatikan. Masih untung jika teman se kost perhatian.

Tugas ya tugas. Makan dulu dong. Ingat lho. Jika maag kalian sudah kena...masa depan kalian akan suram. Karena maag sangat sulit diobati, apalagi kalau sudah berkembang menjadi gerd. Meskipun hasil wisuda kalian cumlaude, percuma, jika akhirnya masa depan kalian mandeg. Gara-gara kalian sakit-sakitan setiap hari. Gara-gara maag kalian sakit, bahkan sudah menjadi gerd ! asam lambung yang naik kemana-mana.Dan sangat sulit diobati.

Asam lambung yang naik. Ke paru-paru kalian, hingga kalian sering sesak nafas. Ke jantung kalian hingga kalian sering berdebar-debar hingga membuat panik. Asam lambung yang naik ke tenggorokan kalian sehingga kalian sering radang tenggorokan. Bahkan untuk menelan air minumpun juga sakit.

Hati-hati wahai para mahasiswa ! Jika kalian ada waktu, tak ada ruginya kalian kunjungi blog ibu ini. Paling tidak wawasan kalian tentang maag dan gerd menjadi bertambah. Sehingga kalian menjadi hati-hati terhadap kesehatan lambung kalian. Yang sangat berpengaruh terhadap warna masa depan kalian. Ibu bilang seperti ini karena banyak sekali mahasiswa yang telah terkena maag kronis dan gerd yang berobat kepada ibu.

Kasihan sekali keadaan mereka. Yang ngekost. Dirantau orang. Jauh dari orang tua. Tak ada yang dicurhati. Kepada siapa mereka mau mengeluh tentang sakitnya ? Teman-temannya juga tak ngerti apa-apa. Materi kuliah tiap-tiap hari penting. Mau berangkat kuliah badan rasanya tak karuan. Tidak kuliah pasti akan ketinggalan materi. Mau periksa dokter duit pas-pasan karena kiriman dari orangtua belum datang. Mau memberitahu orangtua di kampung halaman bahwa dirinya sakit, tak tega rasanya. Kedua orang tua sudah tua. Mereka berdua banting tulang mencari biaya untuk dirinya bisa kuliah. Kalau mereka mengetahui dirinya sakit dirantau pasti sangat sedih hatinya.

Oleh karena itu teman. Sebelum terjadi semuanya itu. Jagalah kesehatan lambung kalian. Antara lain :
  • Jaga Ibadah dengan baik.
Ibadah merupakan kekuatan utama manusia. Siapa yang bisa menjaga ibadahnya dengan baik, insya Allah akan dilimpahi Rahmat dan Keselamatan oleh Allah SWT. dalam segala bentuknya.  Ya keselamatan. Ya kesehatan. Ya kesuksesan. Ya keberuntungan. Ya kehormatan dan kemuliaan. Ya kesempatan baik. Ya perlindungan. Ya petunjuk, sehingga tidak tersesat jalan dan salah langkah dalam pengambilan keputusan. Pokoknya enaklah hidup kita, kalau mau menjaga ibadah kita dengan baik.

Sempatkan membaca Al Qur’an sesudah sholat, walau hanya 1 ayat. Subhanallah. Ini sangat ringan dilakukan. Namun fadhilahnya sungguh dasyat luar biasa. Selalu menjadi yang terbaik dimanapun ia berada ! Kalian tak akan rugi menyempatkan waktu beberapa menit sesudah sholat untuk membaca Al Qur’an. Kalian akan merasakan kedahsyatannya di kemudian waktu. Cobalah !

Rutin membaca Al Qur’an juga merupakan makanan jiwa yang sangat baik, disamping membangun energi kesehatan yang luar biasa !!! Juga melindungi kalian dari segala kejahatan hidup, yang bisa saja menimpa kalian ketika jauh dari orangtua kalian.
  • Makan yang teratur
Sesibuk apapun tugas kuliah kalian. Perhatikan saat makan kalian.  Makan tidak harus enak, namun pilih yang bergizi. Terutama sayur-sayuran. Sayur bening. Sayur lodeh. Dan lain-lain. Jangan biasakan makan ayam-ayaman dan daging-dagingan melulu. Apalagi kentucky. Ayam potong yang penuh dengan hormon suntikan dalam dagingnya. Hiiiii..ngeri deh ! Kecuali boros juga itu adalah makanan yang sulit dicerna oleh lambung kalian. Makanan yang akan menghadirkan rasa pening di kepala kalian, karena lemaknya yang tak bisa dicerna.

Jangan biasakan minum air kemasan. Sebab kebiasaan mahasiswa senang minum air apa saja yang berbentuk kemasan. Sebab rasanya memang enak dan menyegarkan ! Tapi tahukah kalian ? Air minum kemasan selalu mengandung kimia pengawet ! Inilah yang dalam jangka panjang bisa merusak lambung dan menyebabkan sakit maag.

Minum air isi ulang masih jauh lebih baik daripada minuman kemasan, karena air isi ulang tak menggunakan pengawet. Daripada kalian setiap haus membuang uang 5 ribu untuk minuman kemasan yang riskan bagi lambung, lebih baik kalian membeli air isi ulang dalam galon, ngirit dan lebih aman. Oke ?
  • Makan jangan sembarangan.
Jangan keseringan makan mie instan meskipun enak dan praktis. Juga makanan instan siap saji lainnya yang banyak mengandung pengawet. Hindarilah. Jangan hanya mencari praktisnya saja.

Setiap hari kalian butuh energi fisik dan energi untuk berpikir. Agar kuliah kalian lancar sehingga meraih wisuda kalian. Oleh karena itu kalian juga harus memikirkan asupan gizi bagi tubuh kalian. Agar selalu sehat dan fit. Fit jasmani dan ruhani. Fit ruhani dengan menjaga ibadah kalian dengan baik. Fit jasmani dengan olahraga ringan yang bisa dijalankan dan konsumsi makanan yang bisa menyehatkan tubuh.
  • Jaga waktu istirahat
Tubuh butuh istirahat. Agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar. Untuk mengembalikan kesegaran sel-sel tubuh yang seharian sudah terkuras energinya untuk kuliah dan mengerjakan tugas.

Biasakan jangan menunda tugas. Jangan ntar lu ntar lu. Ntar deh ntar deh. Ini kebiasaan buruk yang paling sering terjadi pada mahasiswa yang biasa manja dirumah.

Jika sedang kuliah. Konsentrasi full pada mata kuliah. Buat catatan-catatan kecil yang akan meringankan pembuatan tugas. Hal ini sangat membantu meringankan hari-hari. Jika kalian bisa konsentrasi full ketika dosen sedang memberikan materi, insya Allah separuh sukses sudah tergenggam. Kalian dirumah atau di kost bisa mengerjakan tugas dengan lancar tak perlu lagi mencari-cari data kemana-mana. Ini yang sering membuang waktu.

Ketika di kampus tak konsentrasi. Lalu ketika harus menyelesaikan tugas bingung mencari data. Padahal data itu sudah ada dalam materi kuliah ! Ini adalah salah satu trik, agar kalian tak kekurangan waktu di kost. Sehingga kalian bisa beristirahat secukupnya. Tubuh kalian selalu sehat. Perasaan juga ringan. Tidak terbeban dengan tugas-tugas yang belum terselesaikan dan dikejar target !

Malas ke warung cari makan.

Banyak mahasiswa yang sudah berada di kost, malas untuk keluar lagi cari makan.  Alasannya capek. Dan masih banyak tugas yang harus dikerjakan. Dan jika pulang kuliah sudah malam, terkadang warung makan sudah tak ada makanan tersisa. Mencari warung makan yang lain sama saja. Sudah tak ada apa-apa. Habis-habisan ! Sehingga terpaksa pulang dari warung dengan tangan hampa, dan menahan perut lapar semalaman.

Sekali dua kali terjadi seperti ini memang belum terasa di lambung. Namun jika berulang kali dalam kurun waktu yang lama ? Pasti lambung tidak kuat. Awalnya hanya mual. Sering masuk angin. Lalu sering sakit perut. Dan mulailah satu persatu keluhan bermunculan yang menghambat perkuliahan.

Jika sepulang kuliah kalian malas keluar lagi untuk mencari makan, ya sambil pulang kuliah, mampir sebentar cari makan dan baru pulang ke kost. Sehingga selamat lambung kalian dari ancaman sakit maag.

Sering mengurangi makan, alasannya ngirit.

Banyak mahasiswa kost yang jauh dari orangtua, sering makan hanya 2 kali alasannya agar ngirit. Sebab kiriman uang dari orangtuanya sering telat. Yah bagaimana lagi karena kondisi ini tak bisa terelakkan. Kalian saja yang harus pandai-pandai mengatur pengeluaran. Tak perlu membeli sesuatu yang tak perlu. Makan teratur harus diperhatikan. Kalian banyak mengeluarkan energi untuk berpikir. Maka kalian juga harus memperhatikan asupan makanan agar energi selalu fit, sehingga aktifitas perkuliaahan kalian tak terganggu, karena kalian kelaparan. Sebab ketika berangkat kuliah tak sarapan lebih dahulu.

Rebus Mie Instan adalah solusi yang paling praktis.

Ini nih mengapa mahasiswa banyak yang kemudian hari terkena sakit maag. Karena tiap hari makan mie instan.
  • Jauh orang tua tak ada yang memperhatikan makannya.
  • Belum banyak yang sadar akan kesehatan lambung.
  • Mahasiswa hanya senang mencari praktisnya saja. Makan mie instan. Ayam kentucky. Minuman kemasan. Dan lain-lain, padahal itu semua adalah asupan yang tak sehat bagi tubuh, meskipun enak dilidah.
Demikian dulu ya teman-teman. Terutama anak-anakku mahasiswa sebagai tunas bangsa. Semoga tulisan ini ada manfaatnya. Selamat menunaikan tugas kalian sebagai calon generasi muda penerus bangsa. Semoga Allah SWT. senantiasa memberi kalian keberkahan. Sehingga kuliah kalian “selamat” sampai wisuda, tanpa aral suatu apapun. Sehingga kalian mampu mempersempahkan kebanggaan kepada orangtua kalian sebagai alumni yang cumlaude, berprestasi dan bermartabat dikemudian hari. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.
Purworejo, 24 September 2016
Yang senantiasa mencari hikmah,

Niniek SS
Labels: EDISI SPESIAL, Pengetahuan Baru, Renungan

Thanks for reading Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag Dan Gerd. Please share...!

0 Komentar untuk "Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag Dan Gerd"

Back To Top