Pilihan Artikel Hari ini
print this page
Posting terbaru

Penyebab Kambuhnya Maag Kronis Dan Gerd


Bismillahirrahmanirrahiim...

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya para kurban musibah “Banjir Bandang Garut” semoga mereka semua khusnul khotimah. Aamiin. Dan bagi masyarakat Garut yang terkena musibah ini semoga diberikan kesabaran, ketabahan, serta ketawakkalan. Musibah ini merupakan peringatan Allah SWT. untuk kita semua, agar lebih mendekatkan diri kepadaNya.

Allah Maha Agung dengan segala ciptaanNya...Yang Maha Suci dengan segala kehendakNya..Yang Maha Adil dengan segala hukumNya..Yang Maha Melihat apa saja yang tersembunyi..Yang Maha Menentukan apa yang terbaik bagi makhlukNya..Yang Maha Memberi sebelum diminta..Yang Maha Menyaksikan segala apa yang terjadi..Yang Maha Bijak keputusanNya..Yang Maha Pengampun kepada para pendosa yang mau bertaubat..Yang Maha Menyembuhkan segala penyakit..Yang Maha Membuka seluruh yang terkunci..Yang Maha Mendahului dari segala yang belum ada..Yang Maha Dahsyat dengan segala ilmuNya..Yang Maha Segala Maha...

Marilah kita persembahkan puji syukur yang setulus-tulusnya hanya kepada Allah SWT. yang telah mengaruniai kita dengan segala yang kita butuhkan untuk hidup dan kehidupan kita.

Shalawat serta salam yang setulus-tulusnya juga senantiasa tak lupa kita haturkan kepada Junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, tercurah kepada keluarga Beliau yang sangat beliau sayangi, juga kepada para sahabat yang sangat Beliau cintai serta kita sekalian yang berkhidmat serta mengikuti jalan Beliau hingga akhir hayat kita. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Sahabat maag dan gerd dimanapun kalian berada...

Apa kabar kalian pagi ini semua ? Sudah lebih sehatkah ? Sudah lebih ringankah ? Sudah lebih enakkah ? Insya Allah saya selalu mendoakan untuk kalian semua, agar kalian diberi kesabaran serta kekuatan oleh Allah SWT. dalam menjalani sakit ini. Agar kalian mendapatkan pencerahan. Sehingga kalian bisa menyadari segala kekhilafan serta dosa-dosa kalian kepada Allah SWT. yang membuat Allah bersedih atas kalian. Agar kalian diberi ampunan atas khilaf dan dosa-dosa kalian sehingga kalian yang membuat kalian harus menjalani penyadaran dengan sakit ini. Dan agar kalian segera mendapatkan kesembuhan sebagaimana yang kalian harap dan rindukan. Aamiin.

Sebelum kalian memintaku, akupun sudah setiap waktu mendoakan untuk kalian. Kalian bagiku adalah sebuah panggilan untuk selalu mendekatkan diriku sendiri kepada Allah yang wajib kusembah, kumuliakan dan kunaikkan syukurku kepadaNya.

Mendoakan kalian semua bagiku bukanlah beban. Namun satu kebutuhan agar akupun semakin mendapatkan cucuran Rahmat serta KaruniaNya. Ridho selalu bersama dengan rahmat dan karuniaNya. Itulah yang aku sangat takjub ! Dimana ada RidhoNya, disanalah akan selalu beserta dengan Rahmat serta KaruniaNya. Itulah yang aku sadari tiap-tiap waktu. Karena aku senantiasa merasakannya !

Tanpa RidhoNya, mana mungkin aku bisa menulis blog yang sebegini sarat dengan ilmu Maag dan Gerd ? Sedangkan aku tak pernah kuliah kedokteran dan segala macam sekolah kesehatan ? Dan literatur yang ada diluar sana juga sangat terbatas yang mengupas tentang maag dan gerd ini secara rinci. Mana Mungkin ? Jika ada, tentu aku akan melahap habis membacanya. Namun tak pernah ada ! Tentang kupasan maag dan gerd, adanya hanya sepotong-sepotong itupun tak komplit pemaparannya.

Aku sering dipanggil Bu Dokter dalam telepon. “Assalamu’alaikum..Apakah benar ini dengan dokter Niniek ?”...Aku geragapan..lalu menyahutnya :”Wa’alaikumussalam Wr.Wb..iya benar ini dengan Bu Niniek saya sendiri. Tapi saya bukan dokter pak ! saya hanya mantan pesakitan maag dan gerd yang sudah karatan dan Allah ijinkan sembuh..”...Dalam telepon tertangkap gelombang kebingungan dari seberang..”Ooh begitu ya Buu..saya sering membaca artikel-artikel Ibu..saya bener-bener mengira bahwa ibu adalah seorang dokter !...tapi ya tak mengapa Ibuu..walaupun Ibu Niniek bukan seorang dokter, saya merasa mendapat petunjuk untuk berobat maag saya ini, yang sejak tahun 2011 tak pernah sembuh bahkan makin parah saja..”

Telpon kuletakkan. Dan kuambil nasi karena sudah saatnya makan siang. Mbak Sulma staffku, aku dan suamiku biasa makan siang bareng. Diruang tamu yang merangkap sebagai kantor onlineku he he. Saya menciptakan suasana kekeluargaan. Tak ada gap sama sekali antara aku dengan mbak Sulma. Sudah seperti keluarga sendiri.

Belum ada beberapa suap makanku, eh telepon berdering. Sambil camuk-camuk mulutku aku tak peduli. Kuangkat telepon. Setelah menjawab salam aku bilang :”Maaf, saya sedang makan. Saya sambil makan ya ? “ kataku menjawab telepon. “Oh iya ibuu, mohon maaf kami mengganggu...tidak apa Ibuu..atau kami telepon kembali nanti, setelah ibu menyelesaikan makan ibu dulu ?” suara dari seberang. “Oh tak usah. Kalau diputus, nanti sulit menghubungi saya lagi karena keburu ada telpon lain yang masuk. Tapi saya mohon maaf, saya sambil makan yaa...?” Tapi, tetep saja tak enak ngobrol di telepon sambil makan. Apaboleh buat. Bukannya aku tak menghormati teman-teman semua. Hanya demi praktisnya saja.

SOAL NAIK SEPEDA MOTOR

Benar juga. Belum ada beberapa menit kemudian, Hp. Sudah berbunyi lagi. “Ibu..semua yang Ibu sarankan sudah saya laksanakan..makan nasi lembek..lauk juga yang dikukus..sayuran juga hanya bayam, labu siam, wortel dan kentang kuning. Itupun juga semua disayur bening. Minum morinda juga sudah sesuai dengan anjuran Ibu.

“Kemarin-kemarin alhamdulillah sudah enakan Bu..saya sudah bisa bangun dari tempat tidur. Bahkan sudah bisa jalan-jalan didepan rumah bolak balik. Eh..kenapa ya hari ini kok dropp lagi. Uluhati sakit. Perut mual. Kliyengan lagi, dan badan agak demam Buu...”

Saya keras memutar otak. Sepertinya semuanya tak ada yang salah. Tapi kenapa bisa terjadi seperti ini ? Kalau sudah agak sembuhan seperti ini keluhannya sih biasanya karena lambung kena guncangan. Tapi kalau hanya untuk jalan-jalan pagi didepan rumah sepetak aja ya enggaklah. Ini bisa terjadi jika penderita : Naik motor. Angkat beban yang berat, atau karena perut diurut saja.

Benar juga. Tak lama kemudian isterinya telpon. Ketika saya tanyakan apakah suaminya mungkin naik motor, angkat berat atau habis diurut ? ( kok menjadi dropp lagi ? ). Benar juga isterinya menjawab :”Ooh iya benar Buu. Suami saya kemarin motoran ketempat saudaranya yang sudah lama tak dikunjungi. Padahal sudah saya ingatkan, supaya jangan naik motor dulu. Tapi suami saya tetap nekad, karena katanya sudah sembuh, gak apa-apa.

Itulah. Banyak terjadi dikalangan para penderita maag dan gerd, yang sedianya hampir mencapai kesembuhan yang sempurna, namun karena mereka sudah benar-benar merasa sembuh, kemudian melakukan aktifitas yang sebetulnya belum boleh dilakukan.

Menurut pengalaman saya, untuk mencapai kesembuhan total, memerlukan waktu beberapa bulan hingga setengah tahun dari merasa sembuh hingga boleh benar-benar melakukan aktifitas seperti naik motor, olah raga ringan, maupun angkat-angkat beban.

SOAL HUBUNGAN INTIM SEBELUM SEMBUH

Suatu hari saya ditelephone :”Ibu..bagaimana yaa ? kok hari ini saya rasanya dropp banget. Padahal kemarin saya benar-benar rasanya sudah enakan. Perut gak sakit lagi. Tidak seperti dulu sebelum minum morinda. Tiap hari uluhati perih, perut melilit. Kepala pusing berat. Meriyang setiap hari. Mual, mau muntah setiap habis makan. Malam tak bisa tidur. Cepat lapar. Alhamdulillah semuanya sudah tak pernah saya rasakan lagi Buu..Tapi tiba-tiba pagi ini kok saya seperti ini. Dropp banget. Rasanya gak kuat buu..Apa yang harus saya lakukan  Ibuu...? “

"Sabar ya Buu..istirahat..tenangkan pikiran. Jangan melakukan aktifitas apapun hari ini. Makan makanan yang bergizi dan aman. Nasi lembek. Sayur seperti biasanya. Cobalah minum 1 butir kuning telor ayam kampung ditambah 1 sendok makan madu murni, aduk rata. Minum pada pagi hari sesudah makan nasi. Lakukan 3 hari berturut-turut untuk mengembalikan kekuatan tubuh" Begitu anjuran saya.

"Untuk menambah stamina, juga sebagai anti oksidan, minum air temulawak yang dikeringkan pada sore harinya. Caranya ambil beberapa potong temulawak kering, cuci bersih, tempatkan dalam gelas besar yang biasa ada pegangannya, lalu beri sedikit gula aren atau gula merah, lalu tuangkan air mendidih. Jika sudah hangat kuku minumlah. Lakukan pada sore hari sesudah waktu ashar, 3 hari berturut-turut" Lanjut saya kemudian kepada ibu tersebut.

Sayapun bingung. Apa ya kira-kira penyebabnya ? Sebab tak ada pelanggaran satupun yang dilakukan. Makan, minum, pikiran, istirahat. Semua sudah dijaga dengan baik oleh ibu yang menelphone tadi. Sayapun mohon petunjuk kepada Allah.

Subhanallah. Tiba-tiba saya ingat. Bukankah ibu itu kemarin telphone dan menanyakan bolehkah untuk melakukan hubungan intim dengan suaminya ? mengingat hasratnya yang luar biasa ? Sebab sudah 2 tahun ia tak pernah bisa melayani suaminya karena sakitnya ini. Dan bukan suaminya yang mengajaknya, namun dirinyalah yang tiba-tiba saja menginginkannya.

Saya menasehatinya dalam telphone :”Sabar dulu Buu..Tunggu beberapa lama lagi, hingga benar-benar sembuh, sebab melakukan hubungan intim pada penderita maag jika belum sembuh benar, bisa menyebabkan dropp”..”Baik Buu saya akan mematuhi nasehat Ibu..” Katanya kemudian.

Saya lalu sms kepada ibu tadi :”Ibu, mohon maaf..apakah ibu telah melakukan kebersamaan dengan suami ?”. Tak lama Hp.berdering. Ternyata ibu tersebut yang telphone. Hp.saya angkat. “Ya Allah..benar Bu, karena saya tak kuat menahan hasrat saya..maafkan saya ya Buu..”

“Ibu tak perlu meminta maaf kepada saya, karena itu kuwajiban yang mulia melayani suami. Namun inilah resikonya bagi penderita maag kronis yang belum benar-benar sembuh, jika melakukan kebersamaan dengan suami biasanya akan langsung dropp kondisinya..dan harap ibu ketahui..bahwa kondisi drop ini akan berlangsung cukup lama, bisa berminggu-minggu kedepan..” kata saya menjelaskan kepada ibu tadi.

“Iya Bu iya. Terima kasih atas nasehat Ibu..Untuk kedepan saya akan lebih berhati-hati Bu Niniek..” Jawabnya dari seberang.

SOAL MELANGGAR MAKANAN PANTANG

Ada penderita gerd awal yang ketika minum morinda sudah habis 2 botol kondisinya benar-benar sudah menunjukkan perkembangan yang menngembirakan. Sudah jarang kembung dan mual. Sudah jarang sendawa. Bisa tidur nyenyak tidak sebagaimana sebelumnya. Makan apa-apa juga sudah enak.

Suatu hari ia pergi jalan-jalan ke mall. Pas waktunya makan malam. Tak ada pilihan lain kecuali terpaksa makan di mall, karena jika lapar tak segera diisi perut tak enak banget rasanya. Ia memilih makan mie ayam yang goreng dan juice buah yang diberi susu. Ia tidak tahu kalau susu rawan bagi lambung yang sedang sakit.

Waktu makan memang enak. Lezat. Sebenarnya ia sudah was-was juga. Aman tidak ya makanan yang dimakannya ? Habis, mana ada yang jual nasi lembek dan sayur bening di mall ? Ha ha..Ia tadi lupa..Mustinya ia makan dulu sebelum jalan ke mall. Tapi tadi, sewaktu berangkat ia belum lapar. Dan tak mungkinlah ke mall mau mbekal nasi dan lauknya. Aneh banget dilihat orang. Gagah-gagah perlente kok makan mbekal dari rumah. Nasinya lembek lagi dan lauknya sekedar tahu rebus yang hanya diberi sedikit garam saja.

Beberapa saat sesudah makan mie ayam yang goreng dan juice buah yang ada susunya tadi perut masih aman-aman saja. Tak lama kemudian iapun pulang kerumah. Nah ini dia ! Mulai sudah pemberontakan lambung. Tiba-tiba saja perut kembung, mual. Sakit, melili teramat sangat. Keringat dingin keluar. Kepala yang akhir-akhir ini sudah tak pernah lagi pusing dan kliyengan, tiba-tiba kok muncul lagi. Campur aduk rasanya tak karuan. Mau ke dokter takut makan obat kimia lagi..Akhirnya ia telp Bu Niniek untuk mendapatkan solusinya. Meskipun sangat sederhana solusi yang diberikan Bu Niniek, heran ! mampu meredakan sakit juga, setidaknya diri ini tidak panik jika sudah ada arahan dari Bu Niniek. Begitulah pengakuan mereka-mereka yang sering menghubungi saya.

Pesan saya : Jika kalian ingin cepat sembuh. Kecuali kalian harus berobat dengan benar, maka kalian harus bersabar menahan pantangan. Ini adalah resiko bagi kalian yang sudah terkena maag kronis atau gerd. Tidak bisa makan sembarang makanan. Hanya bisa yang halus dan rebus-rebus. Sebab jika makan yang kasar dan berminyak seperti ayam goreng, atau bakso yang sulit dicerna, kemudian makanan uli dari ketan atau minuman kopi yang sangat berbahaya bagi lambung, atau makan sayur kangkung yang ditumis, maka kalian sendirilah yang akan merasakan akibatnya.

SOAL ANGKAT BEBAN YANG BERAT - BERAT

Kelelahan akibat aktifitas yang tinggi. Stress akibat tekanan pikiran. Salah makan akibat tidak tahu ataupun sudah tahu tapi nekad. Naik motor karena keinginan atau kebutuhan. Atau angkat beban yang berat-berat. Itu semua bisa menjadikan kambuhnya maag dan gerd.

Tentu suatu penyebab kambuh tidak akan berakibat sama kepada seseorang. Tergantung seberapa jauh tingkat keparahan sakitnya. Ada yang benar-benar merasa sudah sembuh, eh kepingin menanam sesuatu dalam pot sebagai hiburan yang menyenangkan hatinya. Ia mengangkat pot-pot bunga yang sudah berisi tanah. Beratnya ya paling selitar 3 kg. Waktu mengangkat memang senang, merasa tak apa-apa. Namun waktu malam menjelang tidur, akibatnya mulai terasa. Uluhati perih, perut panas melilit. Tak bisa tidur. Badan demam..Itu dia akibatnya. Bisa dibayangkan bagi yang punya Toko Air RO ? Yang tiap hari harus melayani pelanggan dengan mengangkat  air RO dalam galon ?

Ia heran. Sudah beli buku panduan maag dari Bu Niniek. Semua nasehat sudah dilakukan. Tapi kenapa kok belum sembuh-sembuh juga ya ? Eh setelah usut punya usut oleh Bu Niniek, ternyata ketahuanlah penyebabnya :  Setiap hari angkat-angkat galon melayani pelanggan ! Itu hanya salah satu contoh.

Demikian dulu share pagi ini semoga ada manfaatnya.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo 27 September 2016

Salam Semoga Tetap Bersabar,

Niniek SS.
0 komentar

Sekali Lagi Tentang Reaksi Minum Morinda

Bismillahirrahmanirahiim...

Tiada sukses tanpa perjuangan. Sukses dalam hal apapun juga. Termasuk dalam meraih kesembuhan. Dan setiap perjuangan butuh proses. Butuh waktu yang panjang. Tidak hanya selangkah dua langkah. Atau sehari dua hari. 

Demikian juga kesembuhan. Butuh istiqomah atau ketelatenan. Ya Allah beri teman-teman kami semua yang masih menderita sakit maag, gerd dan anxyetas ini kesabaran menjalani kasih sayangMu ini. Kesabaran untuk meraih kesembuhan. Kesabaran serta kekuatan untuk menjalani hari-hari yang penuh siksaan dan penderitaan ini. Tak mungkin Engkau memberikan ujian yang melebihi kemampuan yang Engkau berikan kepada tiap-tiap kami ya Allah.

Puji dan syukur hanya kepadaMu Ya Allah. Yang selalu memberi masalah beserta dengan penyelesaiannya. Yang memberi ujian bersama dengan jawabannya. Yang memberikan problem bersama solusinya. Hanya sabar dan tawakkal kepadaMulah yang akan menuntun kami semua kepada kemenangan dunia apalagi akherat kami Ya Allah.

Sakit adalah peringatan yang Engkau berikan atas dosa-dosa serta pelanggaran-pelanggaran yang telah kami lakukan. Sakit adalah bagian dari kasih sayangMu sebagai peringatan agar kami tidak lebih terjerumus kepada dosa-dosa kami. Adalah peringatan agar kami kembali kepadaMu. Kembali kepada jalan lurus yang Engkau Ridhoi Ya Allah. Bukan jalan manis yang kami lalui namun menyesatkan kami.

Terima kasih atas sakit yang Engkau berikan kepada kami Ya Allah. Dengan ini kami menjadi sadar-sesadarnya atas segala dosa serta kekhilafan kami selama ini. Dosa yang terasa manis namun menjerat kami sehingga kami jauh sejauh-jauhnya dari Engkau Ya Allah.

Alhamdulillah dengan sakit yang Engkau berikan ini kami menjadi sadar atas segala nikmat yang Engkau berikan selama ini Ya Allah.. 

Atas nikmatnya keselamatan. Nikmatnya kesehatan. Nikmatnya kesejahteraan. Nikmatnya kebahagiaan. Nikmatnya kebersamaan. Nikmatnya kedamaian. Nikmatnya bisa tidur nyenyak. Nikmatnya makan dengan enak. Nikmatnya bisa sholat dengan sempurna. Nikmatnya bernafas dengan longgar. Nikmatnya bisa berolah raga dengan bebas. Nikmatnya bisa bersilaturahmi kemana-mana. Nikmatnya bisa membaca Al Qur’an dengan leluasa. Nikmatnya bisa sholat Jum’at tanpa rasa kliyengan mau jatuh. Nikmatnya bisa makan apa saja. Nikmatnya bisa berjalan dengan tegak tanpa harus membungkuk menahan rasa sakit pada perut. 

Segala nikmat yang Engkau berikan kepada kami sebelum kami jatuh sakit, yang tak pernah kami syukuri, yang dengan sengaja ataupun tak sengaja lalai kami syukuri.

Ya Allah..

Dengan segala kerendahan hati serta besarnya pengharapan diri, ampunilah semua dosa-dosa kami Ya Allah. Yang menyebabkan Engkau perlu memberi sakit kepada kami-kami yang tak sembuh-sembuh ini Ya Allah. Engkau Maha Besar dan Maha Pengampun. AmpunanMu melebihi semua dosa manusia di alam raya ini seberapa besar dan hitampun Ya Allah. 

Jika kami telah Engkau ampuni dosa-dosa kami ini, maka kami akan sembuh. Jika kami telah sembuh, maka lindungilah kami dari segala hal yang menjauhkan kami lagi dari padaMu Ya Allah. Dan dekatkanlah kami kepada segala hal yang akan mendekatkan diri kami kepadaMu Ya Allah. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Kembali kepada Reaksi Minum Morinda.

Sudah sering saya sampaikan kepada kalian, bahwa morinda adalah herbal yang dinyatakan aman 100 % tanpa bahan kimia sintetis sedikitpun ( Menurut klaim dari Perusahaan Morinda Bioactives dan boleh dibuktikan dengan uji klinis laboratorium manapun ! ).

Morinda adalah satu-satunya herbal yang mempunyai bukan sekedar uji klinis produknya, namun juga mempunyai UJI MANFAAT produk untuk berbagai macam penyakit. Uji Manfaat ini yang jarang dimiliki oleh produk herbal yang lain didunia.

Dan saking amannya morinda, boleh diminum oleh anak-anak bahkan bayi sekalipun, serta ibu hamil dan ibu menyusui. Bahkan bagi ibu yang menyusui jika minum morinda kecuali si ibu akan menjadi lebih sehat, bayinyapun akan bertambah immunitasnya, akan lebih tahan terhadap penyakit.

Dan bagi ibu yang sedang hamil, maka kecuali si ibu akan menjadi lebih sehat, akan jauh dari kemungkinan keracunan kehamilan, bayi dalam kandungan akan jauh lebih sehat, dan akan menunjang kelancaran persalinan, karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam Produk Morinda.

Mengapa morinda selalu berreaksi ketika diminum orang dewasa ?

Karena, setiap morinda bertemu dengan SEL YANG TAK SEHAT, ia akan selalu berreaksi !!!

Terjadinya reaksi ini ya pada tempat-tempat dimana ditemukan sel yang tak sehat oleh morinda. Anak-anak tubuhnya masih steril dari racun penyakit  ( yang menyebabkan sel yang tak sehat ), sehingga bagi anak-anak, minum morinda banyak-banyak takkan ada masalah. Reaksinya tak seberat pada orang dewasa.

Namun semua orang dewasa, tubuhnya sudah banyak residu sehingga sel-selnya tentu banyak yang tak sehat ! Oleh karena itu setiap orang dewasa yang minum morinda tentu badannya akan berreaksi tidak nyaman. Antara lain : mual, atau pusing, terkadang demam, atau lemas, dan  terkadang akan mengalami diare ( jika ususnya yang bermasalah ), dan akan mengalami sembelit  ( jika lambungnya yang bermasalah ?. Apalagi jika nyata-nyata tubuhnya menderita sakit. Misal asam lambung atau gerd. Tentu sedikit atau banyak, akan mengalami reaksi pada daerah-daerah yang bermasalah, atau yang sebelumnya pernah terkena asam lambung naik.

Jika sel yang tak sehat ditemukan di bagian kepala, maka biasanya kepala akan pusing. Jika sel tak sehat ini ditemukan pada daerah seputar jantung, biasanya jantung akan berdebar-debar ketika morinda bekerja membenahi sel jantung yang tak sehat. Jika sel yang tak sehat ditemukan dibagian paru paru akibat asam lambung yang pernah naik ke area paru-paru, maka reaksi yang akan terjadi biasanya nafas akan terasa sedikit sesak. Demikian jika sel yang tak sehat ditemukan pada usus, ketika minum morinda maka akan terjadi diare.
Jika asam lambung sudah meracuni seluruh tubuh, maka jika minum morinda akan terjadi rasa lemas atau demam.

Oleh karena itu beruntunglah kita yang bisa mengkonsumsi morinda. Kecuali morinda adalah herbal yang aman dan sangat berkualitas, morinda juga herbal yang bisa sebagai detektor bagi penyakit yang ada dalam tubuh kita.

Jika diluar morinda untuk mengetahui penyakit kita, kita harus periksa ke dokter, dengan cek laboratorium atau cek medis lainnya, maka dengan morinda kita akan bisa mengetahui bagian-bagian mana dari organ tubuh kita yang tak beres !!! Ya dengan seksama, mengamati, bagian mana yang tak enak ketika minum morinda. Enak bukan ? Mengkonsumsi minuman yang bisa mengatasi keluhan sekaligus mendeteksi organ-organ yang tak beres dalam tubuh ?

Dari reaksi-reaksi yang terjadi, kita memang tak bisa mengetahui “secara persis”, organ mana yang tak beres ketika minum morinda. Namun setidaknya kita bisa menganalisa mendekati ketepatan, bahwa ditempat yang tak nyaman itulah disinyalir adanya sel-sel yang tak sehat pada organ tubuh kita.

Namun tak perlu kuatir !!!

Karena ada cara minum morinda yang paling aman agar reaksi tak begitu terasa, namun sakit tetap sembuh. Nah cara ini merupakan rahasia Bu Niniek SS bagi semua teman-teman yang memesan morinda melalui Bu Niniek SS.

Kecuali pemesanan melalui Bu Niniek SS. dijamin keasliannya, juga meskipun morinda langsung dikirim oleh Perusahaan Pusat di Jakarta ke alamat para pemesan, secara special tiap-tiap morinda yang dipesan dan dikirimkan oleh Perusahaan tersebut selalu didoakan secara sungguh-sungguh oleh Bu Niniek SS kepada Allah SWT. bagi kesembuhan para pasien.

Sehingga banyak sekali komentar dari para pemesan di seluruh Indonesia seperti ini : Ibu Niniek, aneh sekali ya, sebelum memesan dari Ibu Niniek saya sudah mengkonsumsi morinda berbotol-botol yang dibelikan oleh saudara saya, namun bukannya sembuh, namun sakit saya bertambah parah karena minum saya disarankan sehari 2 kali 60 mili..sebelum makan. Saya tidak kuat Bu..Makanya ketika Bu Niniek menyarankan agar saya memesan morinda dari Bu Niniek, saya berpikir 1.000 kali, karena sebelumnya saya sudah mengkonsumsinya. Dan bukannya sembuh malah rasanya maag saya bertambah parah Bu Niniek...Namun setelah akhirnya saya minum morinda yang saya pesan dari bu Niniek, alhamdulillah pelan namun pasti ada perubahan yang sangat signifikan. Terima kasih banyak ya Bu Niniek

Lalu..”Alhamdulillah Bu Niniek, setelah minum morinda dari Bu Niniek saya merasakan banyak perubahan, padahal minum morinda sebelumnya yang saya beli dari kenalan kakak, tak ada perubahan sama sekali, bahkan sakit di lambung saya, saya rasakan makin menjadi..dan setiap saya menanyakan kepada agen yang menjualnya mengapa bisa terjadi seperti ini, mereka hanya mengatakan ini memang reaksinya, dilanjutkan saja. Mereka tak bisa menjelaskan secara detail seperti Bu Niniek. Mohon bimbing dan doakan saya terus ya Bu, agar saya cepat sembuh..Terima kasih sekali Bu Niniek, atas bimbingannya selama ini sehingga saya sudah banyak perubahan. Sedikit-sedikit saya sudah mulai bisa beraktifitas mengurus rumah, memasak untuk anak-anak, meskipun yang ringan-ringan. Alhamdulillah. Semoga Bu Niniek selalu dikaruniai panjang umur dan selalu sehat, sehingga bisa terus menolong banyak orang para penderita maag dan gerd seperti kami ya Bu...”

Ada lagi kesaksian yang lain :”Alhamdulillah, berkat bimbingan serta morinda dari Bu Niniek, Allah ijinkan saya mulai sembuh Bu. Semua keluhan yang saya rasakan hilang satu persatu, sehingga pelan-pelan saya bisa bekerja kembali mencarikan nafkah untuk anak dan isteri saya. Namun saya masih terus menjaga makanan saya, pikiran saya serta istirahat saya Bu, sebagaimana yang Ibu nasehatkan. Saya selalu membawa bekal dari rumah. Kalau capek saya berusaha istirahat walau sebentar. Dan saya terus berusaha berpikir positif, saya buang jauh-jauh pikiran-pikiran yang negatif dan tak bermanfaat. Terima kasih banyak ya Bu, dan mohon doanya selalu..”

Yang lain pula :”Bu Niniek..alhamdulillah bu..sejak minum morinda dari Bu Niniek, saya sudah bertambah sehat. Sedikit-sedikit saya sudah bisa beraktifitas lagi. Perut yang setiap hari sakit sudah berkurang banyak. Saya sudah tidak terlalu lemas. Saya mulai bertenaga kembali sehingga ada semangat untuk bangun dari tempat tidur dan bisa ngapa-ngapain yang ringan-ringan. Oh ya, alhamdulillah...sejak minum morinda saya tak pernah kedinginan lagi Bu. Bahkan he he .. saya yang tak bisa berhubungan suami istri lagi dengan suami saya sejak 2 tahun yang lalu..eh tiba-tiba kok ada hasrat lagi loh Bu. Wah ya suami saya senang sekali Bu.. Ya Allah, tak menyangka saya bakal sembuh lagi. Terima kasih banyak ya Bu Niniek. Semoga ibu tetap sehat dan panjang umur, agar terus bisa menulis memotivasi kami-kami yang menderita maag kronis dan gerd ini”.

Banyak sekali, tak bisa dihitung lagi, komentar-komentar dari mereka-mereka yang telah diberi kesembuhan oleh Allah SWT. dan kembali merasakan kebahagiaan karena bisa beraktifitas lagi. Terbebas dari siksaan penderitaan maag dan gerd yang telah mereka alami berbulan-bulan hingga bertahun-tahun tak sembuh-sembuh.

Tak perlu dibesar-besarkan tentang Morinda Bioactives. Morinda hanyalah sebuah produk mengkudu terbaik di dunia. Yang membedakannya dengan produk produk mengkudu yang lain ialah : Mengkudu Morinda Bioactives dihasilkan dari mengkudu kualitas terbaik dunia, penanamannya pada habibat yang sangat baik adalah di kepulauan Tahiti, pulau yang dinyatakan oleh WHO sebagai wilayah yang bebas dari pencemaran lingkungan, apalagi karena kepulauan Tahiti dikelilingi oleh laut dalam yang sangat kaya akan mineral, sehingga mengkudu yang ditanam disana akan menghasilkan buah yang kandungan mineral alaminya sangat tinggi.

Lalu apakah rahasia terbesar yang ada dalam produk mengkudu Morinda Bioactives ? 

Morinda dihasilkan dari riset serta penelitian ribuan dokter ahli yang langsung dibawah pimpinan AHLI NONI dunia, ialah Dr. Neil Salomon. Jadi inilah NONI YANG ASLI. Jadi produk Morinda Bioactives adalah produk yang amat sangat bisa dipertanggungjawabkan keilmiahannya. Baik secara uji klinis dan uji manfaat. Untuk berbagai macam keluhan. Kalau tidak salah untuk 32 macam penyakit, termasuk untuk kasus pencernaan ( MAAG/GERD ).

Apakah ada lagi keunggulan dari Tahitian Noni Juice yang kemudian dirubah nama perusahaannya menjadi Morinda Bioactives karena diluaran banyak dipalsukan ?

Morinda dibuat dari bahan buah mengkudu ( pace dalam bahasa Jawanya ). Mengkudu ini, menurut penilitian ahli noni, di seluruh dunia ternyata ada 80 jenis. Yang 60 jenis adalah beracun. Dan yang bermanfaat bagi kesehatan hanyalah 20 % nya. Nah mengkudu yang ditanam di kepulauan Tahiti yang kemudian dijadikan bahan dasar pembuatan produk Morinda Bioactives ini dipilih dari jenis yang terbaik dari yang 20 % tadi.

Apa alasan mengkudu dari kepulauan Tahiti menjadi mengkudu yang terbaik dunia ? 

Karena, ternyata, mengkudu merupakan tanaman yang tak mempunyai filter terhadap penyerapan lingkungan. Jadi dimanapun ia tumbuh, ia akan menyerap unsur-unsur yang ada dilingkungan tempat tumbuhnya. Jika dia tumbuh didekat comberan, maka buahnyapun akan mengandung unsur comberan. Maka bisa diterima, jika mengkudu yang tumbuh di kepulauan Tahiti adalah mengkudu yang bebas dari cemaran bahkan mengandung banyak mineral alami yang diserapnya dari udara laut-laut dalam yang mengelilingi kepulauan Tahiti.

Indonesia sebenarnya banyak lahan yang luas dan baik bagi penanaman mengkudu. Namun belum ada yang tertarik untuk mengelolanya dengan serius. Apalagi jika kita tahu, bahwa diantara berbagai tanaman obat, tanaman mengkudu adalah tanaman obat yang mempunyai kandungan unsur obat terlengkap dan tertinggi. Inilah yang menjadi salah satu pemikiran Dr.Neil Salomon untuk menyelidiki manfaat mengkudu secara sungguh-sungguh dengan biaya milyaran dollar, bagi kepentingan kemanusiaan. Dan sekarang ini, termasuk kitalah yang memetik manfaatnya bagi kesehatan kita. Perlu kalian ketahui. Bahwa Produk Morinda Bioactives ini sudah beredar di lebih dari 100 negara di dunia. Jika manfaat produk tidaklah nyata, tak mungkin pengembangannya demikian pesatnya. Subhanallah.

Minimnya anggaran negara kita untuk riset dan penyelidikan ilmiah, sehingga kita sering kalah dalam berbagai penelitian ilmiah.  Teramat sayang. Padahal Indonesia ini merupakan gudangnya rempah-rempah serta tumbuhan obat, dan mempunyai SDM yang tak kalah cerdas dengan bangsa-bangsa lain, terbukti dengan sering munculnya peserta dari Indonesia sebagai pemenang dalam Olympiade Sain pada Momentum Ajang Uji Ilmu ditingkat Internasional ! Ini menjadi Peer kita semua kedepan ya ?

Jadi, kalian tak perlu takut atau ragu-ragu lagi ya untuk mengkonsumsi morinda. Insya Allah bersama bimbingan Bu Niniek, atas ijin Allah kalian semua akan diberikan kesembuhan. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Sampai jumpa insya Allah dilain kesempatan. Semoga kita semua ada dalam bimbingan serta lindungan Ridho Allah SWT. Aamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 25 September 2016.

Yang terus memburu kesucian,
Niniek SS.
0 komentar

Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag Dan Gerd


Bismillahirrahmanirrahiim...

Ya Allah puja dan puji syukur serta sembahku hanya kepadaMu saja. Yang Maha Mengetahui apa saja yang terjadi. Baik yang nyata maupun yang tersembunyi. Dimanakah ada tempat bagiku untuk bersembunyi darimu  Ya Allah ? Ketika aku malu atas perbuatan dosaku ? Sebab dimanapun aku menghadap. Disana selalu ada wajahMu.

Didalam Tanah. Batu. Air.Sungai.Samodera.Berjuta tetumbuhan. Beraneka ikan cantik dalam air. Beragam warna-warni bunga. Berjuta bentuk dan aneka rupa kupu-kupu yang indah. Bahkan dalam gelegar petir yang dahsyat. Serta tangisan anak yatim yang kelaparan. Tak ada satupun yang tiada nampak WajahMu..Yang tanpa keindahan keagunganMu. Subhanallah. Allah Hu Akbar Ya Allah..

Bagaimanakah aku takkan berterimakasih dan mencintai Rassulku Muhammad Rasulullah SAW. Insan agung yang telah mengenalkanku kepadaMu. Kepada kebesaranMu. Kepada kedahsyatan ilmuMu. Kepada lautan kasih sayangMu yang tak terhingga..Kepada ampunanMu Yang Maha Luas. Kepada RizkiMu yang tak pernah terputus kepada tiap-tiap orang hingga kematiannya. Kepada KuasaMu Yang tak terhingga. Kepada KehebatanMu yang tak mengantuk tak pernah tidur. Subhanallah Allah Hu Akbar.

Oleh karena itu. Dosa besar bagiku jika aku lupa menaikkan salam serta shalawat kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, yang terlimpah pula kepada keluarga Beliau yang sangat Beliau sayangi, juga kepada para sahabatnya yang sangat Beliau cintai, serta bagi kami sekalian umatnya yang bertakdziim kepada Beliau hingga akhir hayat kami Ya Allah.

Sedangkan Engkau Yang Menciptakan Muhammad Rasulullah, beserta seluruh malaikat-malaikat yang teramat setia kepadaMu juga bershalawat atas Junjungan kami Muhammad Rasulullah SAW. Betapa Muhammad Rassul kami adalah teramat mulia dalam pandanganMu Ya Allah. Bagaimanakah kami tidak akan menjadikan kehidupannya, sabda-sabdanya, nasehat-nasehatnya, sebagai teladan kehidupan kami ? Agar kami meraih kehidupan yang penuh keselamatan dunia dan akherat kami. Kebahagiaan akherat yang tak bisa ditukar dengan kebahagiaan apapun didunia ini ? Kebahagiaan akherat yang abadi tanpa batas waktu. Subhanallah Allah Hu Akbar.

Kembali ke soal Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag Dan Gerd.

Wahai sahabatku para mahasiswa dimanapun kalian berada.

Terimalah salamku wahai generasi penerus bangsa, pengemban amanat para orangtua. Canangkan cita-citamu setinggi langit. Dan pupuklah semangat belajarmu hingga akhir masa studimu. Doaku sebagai salah satu bunda bagi bangsa insya Allah selalu menyertai kalian. Bagaimana bangsa ini akan terus berlangsung tanpa kalian-kalian nanti ? Bagaimana para pendiri negeri ini, para pendahulu pemimpin bangsa akan bisa meneruskan cita-citanya tanpa kalian generasi penerus bangsa ?

Dipundak kalian semua, kelangsungan negeri ini berada. Entah bagaimana masa depan bangsa, kalian semua yang akan mengukirnya. Negeri yang kaya raya alamnya. Kaya budayanya. Kaya rempah-rempahnya. Kaya ragam agamanya. Dan kaya segala-galanya. Yang membuat negara-negara lain berlomba-lomba ingin menguasai bumi Indonesia. Ingin mengeruk seluruh kekayaan negeri ini tanpa rasa malu terhadap keserakahannya.

Kekayaan negeri ini, seperti tambang Free Port, dirampok habis-habisan oleh orang lain dihadapan kita semua yang nyata-nyata melek matanya tanpa bisa berbuat apa-apa. Biarpun mereka merampok harta kita hingga muntah. Jangan khawatir. Allah tak pernah tidur. Bangsa yang mengenal Allah, ataupun perampok yang tak mengenal apalagi mempunyai rasa malu kepada Allah, hukum Allah pasti akan berlaku.

Kita, bangsa yang ditipu mentah-mentah. Direndahkan dengan perampokan itu, dan tak berdaya berbuat apa-apa. Bersabarlah. Semua ada saatnya. Semua dibawah Hukum Allah yang Maha Adil. Tinggal kita lihat saja, saat itu tiba. Dimana tangan yang berbuat akan bertanggungjawab.

Kalian para mahasiswa sebagai generasi muda bangsa. Dipundak kalianlah terletak kuwajiban terbesar, untuk mengembalikan bangsa ini kepada bangsa besar yang memiliki martabat dan kehormatan sebagaimana jaman kejayaan Nusantara.

Bagaimana caranya ? Selalu konsisten menjaga semangat dalam meraih cita-cita. Dan yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan kalian. Eh bu Niniek ini mengada-ada deh ! Loh benar kok. Kepala kalian pusing saja sudah terganggu konsentrasi belajar kalian bukan ? Kalian sakit perut saja tugas kalian menjadi terhambat. Iya kan ?

Mahasiswa Kost Rawan Terkena Maag dan Gerd
Lha bagaimana tidak ?

Banyak tugas

Waduh-waduh kalau menyaksikan di kost mahasiswa..Kamarnya bagai kapal pecah, terutama yang laki-laki. Tembok penuh menggelantung baju yang apek baunya entah sudah dipakai berapa hari saja masing-masingnya blum sempat nyuci karena banyaknya tugas.

Kertas tugas berserakan di karpet lantai kamarnya. Laptop. HP.Buku-buku dan lembar copyan tugas. Jika orang tua datang menengok hampir tak punya waktu untuk menemui dengan takdziim penuh konsentrasi. Tubuhnya menghadap orang tua, namun pandangan matanya gelisah memikirkan tugas yang masih menumpuk belum dikerjakan.

Sehingga sering lupa makan, telat mandi, dan tak sempat ke warung mencari makan. Mandi terburu – buru. Makan terburu-buru. Berangkat kuliahpun terburu. Mahasiswa jaman sekarang tak ada yang tak terburu-buru.
Bagaimana mahasiswa kost tak akan terkena maag ? Makan tak teratur. Kurang istirahat. Dan tak ada yang memperhatikan. Masih untung jika teman se kost perhatian.

Tugas ya tugas. Makan dulu dong. Ingat lho. Jika maag kalian sudah kena...masa depan kalian akan suram. Karena maag sangat sulit diobati, apalagi kalau sudah berkembang menjadi gerd. Meskipun hasil wisuda kalian cumlaude, percuma, jika akhirnya masa depan kalian mandeg. Gara-gara kalian sakit-sakitan setiap hari. Gara-gara maag kalian sakit, bahkan sudah menjadi gerd ! asam lambung yang naik kemana-mana.Dan sangat sulit diobati.

Asam lambung yang naik. Ke paru-paru kalian, hingga kalian sering sesak nafas. Ke jantung kalian hingga kalian sering berdebar-debar hingga membuat panik. Asam lambung yang naik ke tenggorokan kalian sehingga kalian sering radang tenggorokan. Bahkan untuk menelan air minumpun juga sakit.

Hati-hati wahai para mahasiswa ! Jika kalian ada waktu, tak ada ruginya kalian kunjungi blog ibu ini. Paling tidak wawasan kalian tentang maag dan gerd menjadi bertambah. Sehingga kalian menjadi hati-hati terhadap kesehatan lambung kalian. Yang sangat berpengaruh terhadap warna masa depan kalian. Ibu bilang seperti ini karena banyak sekali mahasiswa yang telah terkena maag kronis dan gerd yang berobat kepada ibu.

Kasihan sekali keadaan mereka. Yang ngekost. Dirantau orang. Jauh dari orang tua. Tak ada yang dicurhati. Kepada siapa mereka mau mengeluh tentang sakitnya ? Teman-temannya juga tak ngerti apa-apa. Materi kuliah tiap-tiap hari penting. Mau berangkat kuliah badan rasanya tak karuan. Tidak kuliah pasti akan ketinggalan materi. Mau periksa dokter duit pas-pasan karena kiriman dari orangtua belum datang. Mau memberitahu orangtua di kampung halaman bahwa dirinya sakit, tak tega rasanya. Kedua orang tua sudah tua. Mereka berdua banting tulang mencari biaya untuk dirinya bisa kuliah. Kalau mereka mengetahui dirinya sakit dirantau pasti sangat sedih hatinya.

Oleh karena itu teman. Sebelum terjadi semuanya itu. Jagalah kesehatan lambung kalian. Antara lain :
  • Jaga Ibadah dengan baik.
Ibadah merupakan kekuatan utama manusia. Siapa yang bisa menjaga ibadahnya dengan baik, insya Allah akan dilimpahi Rahmat dan Keselamatan oleh Allah SWT. dalam segala bentuknya.  Ya keselamatan. Ya kesehatan. Ya kesuksesan. Ya keberuntungan. Ya kehormatan dan kemuliaan. Ya kesempatan baik. Ya perlindungan. Ya petunjuk, sehingga tidak tersesat jalan dan salah langkah dalam pengambilan keputusan. Pokoknya enaklah hidup kita, kalau mau menjaga ibadah kita dengan baik.

Sempatkan membaca Al Qur’an sesudah sholat, walau hanya 1 ayat. Subhanallah. Ini sangat ringan dilakukan. Namun fadhilahnya sungguh dasyat luar biasa. Selalu menjadi yang terbaik dimanapun ia berada ! Kalian tak akan rugi menyempatkan waktu beberapa menit sesudah sholat untuk membaca Al Qur’an. Kalian akan merasakan kedahsyatannya di kemudian waktu. Cobalah !

Rutin membaca Al Qur’an juga merupakan makanan jiwa yang sangat baik, disamping membangun energi kesehatan yang luar biasa !!! Juga melindungi kalian dari segala kejahatan hidup, yang bisa saja menimpa kalian ketika jauh dari orangtua kalian.
  • Makan yang teratur
Sesibuk apapun tugas kuliah kalian. Perhatikan saat makan kalian.  Makan tidak harus enak, namun pilih yang bergizi. Terutama sayur-sayuran. Sayur bening. Sayur lodeh. Dan lain-lain. Jangan biasakan makan ayam-ayaman dan daging-dagingan melulu. Apalagi kentucky. Ayam potong yang penuh dengan hormon suntikan dalam dagingnya. Hiiiii..ngeri deh ! Kecuali boros juga itu adalah makanan yang sulit dicerna oleh lambung kalian. Makanan yang akan menghadirkan rasa pening di kepala kalian, karena lemaknya yang tak bisa dicerna.

Jangan biasakan minum air kemasan. Sebab kebiasaan mahasiswa senang minum air apa saja yang berbentuk kemasan. Sebab rasanya memang enak dan menyegarkan ! Tapi tahukah kalian ? Air minum kemasan selalu mengandung kimia pengawet ! Inilah yang dalam jangka panjang bisa merusak lambung dan menyebabkan sakit maag.

Minum air isi ulang masih jauh lebih baik daripada minuman kemasan, karena air isi ulang tak menggunakan pengawet. Daripada kalian setiap haus membuang uang 5 ribu untuk minuman kemasan yang riskan bagi lambung, lebih baik kalian membeli air isi ulang dalam galon, ngirit dan lebih aman. Oke ?
 
  • Makan jangan sembarangan.
Jangan keseringan makan mie instan meskipun enak dan praktis. Juga makanan instan siap saji lainnya yang banyak mengandung pengawet. Hindarilah. Jangan hanya mencari praktisnya saja.

Setiap hari kalian butuh energi fisik dan energi untuk berpikir. Agar kuliah kalian lancar sehingga meraih wisuda kalian. Oleh karena itu kalian juga harus memikirkan asupan gizi bagi tubuh kalian. Agar selalu sehat dan fit. Fit jasmani dan ruhani. Fit ruhani dengan menjaga ibadah kalian dengan baik. Fit jasmani dengan olahraga ringan yang bisa dijalankan dan konsumsi makanan yang bisa menyehatkan tubuh.
  • Jaga waktu istirahat
Tubuh butuh istirahat. Agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar. Untuk mengembalikan kesegaran sel-sel tubuh yang seharian sudah terkuras energinya untuk kuliah dan mengerjakan tugas.

Biasakan jangan menunda tugas. Jangan ntar lu ntar lu. Ntar deh ntar deh. Ini kebiasaan buruk yang paling sering terjadi pada mahasiswa yang biasa manja dirumah.

Jika sedang kuliah. Konsentrasi full pada mata kuliah. Buat catatan-catatan kecil yang akan meringankan pembuatan tugas. Hal ini sangat membantu meringankan hari-hari. Jika kalian bisa konsentrasi full ketika dosen sedang memberikan materi, insya Allah separuh sukses sudah tergenggam. Kalian dirumah atau di kost bisa mengerjakan tugas dengan lancar tak perlu lagi mencari-cari data kemana-mana. Ini yang sering membuang waktu.

Ketika di kampus tak konsentrasi. Lalu ketika harus menyelesaikan tugas bingung mencari data. Padahal data itu sudah ada dalam materi kuliah ! Ini adalah salah satu trik, agar kalian tak kekurangan waktu di kost. Sehingga kalian bisa beristirahat secukupnya. Tubuh kalian selalu sehat. Perasaan juga ringan. Tidak terbeban dengan tugas-tugas yang belum terselesaikan dan dikejar target !

Malas ke warung cari makan.

Banyak mahasiswa yang sudah berada di kost, malas untuk keluar lagi cari makan.  Alasannya capek. Dan masih banyak tugas yang harus dikerjakan. Dan jika pulang kuliah sudah malam, terkadang warung makan sudah tak ada makanan tersisa. Mencari warung makan yang lain sama saja. Sudah tak ada apa-apa. Habis-habisan ! Sehingga terpaksa pulang dari warung dengan tangan hampa, dan menahan perut lapar semalaman.

Sekali dua kali terjadi seperti ini memang belum terasa di lambung. Namun jika berulang kali dalam kurun waktu yang lama ? Pasti lambung tidak kuat. Awalnya hanya mual. Sering masuk angin. Lalu sering sakit perut. Dan mulailah satu persatu keluhan bermunculan yang menghambat perkuliahan.

Jika sepulang kuliah kalian malas keluar lagi untuk mencari makan, ya sambil pulang kuliah, mampir sebentar cari makan dan baru pulang ke kost. Sehingga selamat lambung kalian dari ancaman sakit maag.

Sering mengurangi makan, alasannya ngirit.

Banyak mahasiswa kost yang jauh dari orangtua, sering makan hanya 2 kali alasannya agar ngirit. Sebab kiriman uang dari orangtuanya sering telat. Yah bagaimana lagi karena kondisi ini tak bisa terelakkan. Kalian saja yang harus pandai-pandai mengatur pengeluaran. Tak perlu membeli sesuatu yang tak perlu. Makan teratur harus diperhatikan. Kalian banyak mengeluarkan energi untuk berpikir. Maka kalian juga harus memperhatikan asupan makanan agar energi selalu fit, sehingga aktifitas perkuliaahan kalian tak terganggu, karena kalian kelaparan. Sebab ketika berangkat kuliah tak sarapan lebih dahulu.

Rebus Mie Instan adalah solusi yang paling praktis.

Ini nih mengapa mahasiswa banyak yang kemudian hari terkena sakit maag. Karena tiap hari makan mie instan.
  • Jauh orang tua tak ada yang memperhatikan makannya.
  • Belum banyak yang sadar akan kesehatan lambung.
  • Mahasiswa hanya senang mencari praktisnya saja. Makan mie instan. Ayam kentucky. Minuman kemasan. Dan lain-lain, padahal itu semua adalah asupan yang tak sehat bagi tubuh, meskipun enak dilidah.
Demikian dulu ya teman-teman. Terutama anak-anakku mahasiswa sebagai tunas bangsa. Semoga tulisan ini ada manfaatnya. Selamat menunaikan tugas kalian sebagai calon generasi muda penerus bangsa. Semoga Allah SWT. senantiasa memberi kalian keberkahan. Sehingga kuliah kalian “selamat” sampai wisuda, tanpa aral suatu apapun. Sehingga kalian mampu mempersempahkan kebanggaan kepada orangtua kalian sebagai alumni yang cumlaude, berprestasi dan bermartabat dikemudian hari. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 24 September 2016

Yang senantiasa mencari hikmah,
Niniek SS.

0 komentar

Betapa Kita Harus Mensyukuri Nikmat

Bismillahirrahmanirrahiim...

Siapakah yang bisa mendustai nikmat Allah ? Karena semua nikmat berasal dari Allah SWT. Yang Maha Sempurna CiptaanNya. Yang tak terperi kasih sayangNya. Yang Maha Nyata kehendakNya. Yang selalu setia pada JanjiNya. Allah Yang Maha Kaya dan Maha Agung dengan segala CiptaanNya namun manusia masih banyak yang tak yaqin kepadaNya.

Manusia banyak yang masih belum mengenal jatidirinya. Belum mengenal Allahnya. Sehingga setiap ada problematika dalam kehidupannya selalu bingung mencari solusinya kemana-mana. Padahal sejatinya, Allah meletakkan setiap problem dan solusinya sudah ada dalam dirinya. Sebab problem adalah buatannya sendiri dan jawabannya juga ada didalam dirinya sendiri.  Sebagaimana setiap kesulitan selalu bersama dengan kemudahan.

Orang selalu meratapi kesulitannya hingga air mata darah yang mengalir dalam kalbunya. Sehingga kemudahan yang Allah sertakan dalam kesulitan itu hilang dalam perbendaharaan hatinya.

Seluruh syukur yang kita lantunkan kepadaNya bahkan mungkin sepanjang hidup kita, tak akan cukup dan sebanding dengan nikmat yang kita terima tiap-tiap saat, tiap-tiap waktu, dari Allah SWT. Apalagi jika kita tak ngerti bersyukur ? Dengan apa hendak kita balas kebaikan Allah SWT ? Wahai kita semua yang tak ngerti bersyukur ?

Betapa mahalnya setiap nikmat !

Nikmat sehat.

Berapakah harganya ? Jaman belum ada BPJS, jika kita sesak nafas, dilarikan ke RS, hanya untuk menyambung nafas saja, dengan pemeriksaan paru-paru, lalu pemasangan tabung oksygen, dan menginap beberapa hari di kelas VIP, berapakah kita harus kehilangan uang hanya untuk menyambung nafas kita ? Jutaan rupiah bukan ? Apalagi jika kita menginapnya di Rumah Sakit- Rumah Sakit Elite di kota-kota besar. Jauh lebih mahal lagi. Namun banyak kita yang lalai untuk sekedar mensyukuri nafas kita yang lancar dan plong setiap saatnya !
Kita bilang kita ini orang yang tak mampu. Apa ? Allah membekali tiap-tiap manusia dengan kekayaan milyaran rupiah jika tubuh kita ini dinilai dengan uang ! Jika ginjal kita rusak. Berapakah kita harus kehilangan uang untuk membayar transplantasi ginjal hanya untuk bertahan agar tetap bisa hidup ? 

Jantung. Jika jantung kita menyempit, berapakah kita harus kehilangan uang untuk membayar operasi pemasangan ring agar kita tidak selalu sesak nafas dan selalu pingsan ? Apalagi jika jantung kita sudah tak bisa berfungsi lagi, berapakah kita harus membayar untuk transplantasi jantung ?

Bayangkan ! berapakah harga nilai tiap-tiap organ kita ? Jantung, hati, ginjal, mata, tangan, kaki, dan lain-lainnya. Untuk tangan palsu yang baik saja saya pernah dengar ada yang harganya hampir menyentuh angka 1 milyar ! Nah luu ! Itu baru nilai dari anggota tubuh kita. Nilai dari nikmat sehat kita. Jadi jangan buru-buru kita merasa ditakdirkan menjadi orang yang tak mampu ya ?

Jika kita tak mampu soal ekonomi, kita semua sebenarnya bukannya tak mampu, namun belum ketemu jalannya saja. Tancapkan niat, dan carilah jalan untuk menggapainya. Cepat atau lambat, suatu saat akan ketemu juga. Tetap konsisten, tetap semangat. Jika mempunyai niat atau tujuan harus kuat. Pegang hingga tercapai. Jangan belak belok, sebelum tercapai !

Nikmat Keselamatan.

Coba tolong renungkan :

Kita sekeluarga hari ini diberikan nikmat keselamatan. Kita, suami kita, anak-anak kita, serta anggota keluarga kita, tiap-tiap hari diberi keselamatan oleh Allah SWT.. Anak kita berangkat sekolah dan pulang kerumah dengan selamat. Demikian juga suami kita, yang ke kantor mengendarai mobil. Berangkat baik-baik dan alhamdulillah pulang dengan baik-baik. Kitapun sebagai ibu rumah tangga, yang ditinggal dirumah diberikan keselamatan. Ketika masak kompor tidak meledak. Ketika mengiris berambang tidak kena pisau. Ketika menggoreng tidak kecipratan minyak panas.

Tidak sadarkah kita bahwa itu semua adalah nikmat ? 

Banyak kok, anak-anak yang pulang sekolah, tahu-tahu kecelakaan. Kakinya patah. Tangannya retak. Wajahnya cacat. Begitu juga banyak terjadi suami berangkat ke kantor baik-baik, pulangnya harus nginap di Rumah Sakit. Mungkin kecelakaan, atau mungkin tiba-tiba kena serangan jantung atau gerd ditengah perjalanan !

Banyak diantara kita yang ngerti bersyukur setelah kejadian, namun sudah terlambat ! Dan itulah peringatan bagi kita semua.

Ngerti mensyukuri sehat kalau sudah sakit. Ngerti mensyukuri selamat kalau sudah terkena musibah. Ngerti mensyukuri kekayaan ketika sudah jatuh miskin. Ngerti mensyukuri kejayaan kalau sudah jatuh dalam kebangkrutan. Dan menyesali kesia-siaan hidup setelah menjelang ajal ! Astaghfirullahaladziim.

Nikmat Kebahagiaan

Siapa bilang bahagia hanya milik orang kaya, pejabat dan orang-orang yang banyak hartanya saja ?

Banyak orang kaya yang tak bahagia hidupnya. Hidupnya memang sangat berkecukupan. Namun anaknya susah diatur. Pulang kerumah jarang ketemu isterinya karena isterinya setiap hari sibuk dengan bisnisnya sendiri. Boro-boro sempat masak untuk dirinya.

Seorang pejabat juga banyak yang tak bahagia hidupnya. Kebahagiaannya telah disita oleh proffesinya. Waktunya teramat padat sehingga terkadang tak tersisa sedikitpun waktu untuk bersama keluarga. Sulit sekali meluangkan waktunya bagi kebersamaan keluarganya.

Ketika pensiun, banyak yang kemudian stroke. Sepi sendiri dengan penderitaannya. Isterinya kurang perhatian karena ketika masa jayanya ia juga kurang bisa memperhatikan isterinya. Anak-anaknya apalagi. Tahu bapaknya sakit, tak ada sama sekali yang silih berganti menengoknya. Karena dulu, ketika anak-anaknya masih kecil-kecil, ia hanya memberinya uang namun jarang memberikan perhatian dan kasih sayang.

Ia menyadari semuanya sudah terlambat. Sekarang mau tidak mau harus menelan kepedihannya sendiri. Karena sebagai kepala keluarga atau sebagai suami, dulu, ia hanya menjadi budak dari nafsunya sendiri, nafsu kesuksesan, nafsu kekayaan, nafsu dipuja setiap orang...Ia tidak menyadari, bahwa sebagai suami ia tak cukup asal bisa memberinya uang segunung kepada isterinya, namun ia lalai untuk memberikan perhatian dan kasih sayang.

Demikian juga sebagai seorang bapak ia telah lalai. Ia hanya memanjakan anak-anaknya dengan uang berapapun saja yang diminta oleh anak-anaknya, namun lalai membimbingnya, lalai memberikan perhatian dan kasih sayangnya. Sehingga anak-anaknya sama sekali tak ada yang menghormati bapaknya. Hidup semau gue. Tanpa mengenal norma agama. Berfoya-foya, bahkan menghamburkan uangnya untuk hal-hal yang dilarang agama. 

Ia sebagai bapaknya tak berdaya untuk membendungnya, untuk mengendalikannya. Karena anak-anaknya sudah dewasa, sudah merasa bisa menentukan arah hidupnya masing-masing, meskipun sesat. Lalu apa yang bisa disesali ? Kecuali hanya meratap kepada Allah SWT. memohon ampunan dan taubatan nasuha sambil tergolek ditempat tidur karena sudah tak bisa ngapa-ngapain karena strokenya. Bicara benar saja sudah tak mampu. Ya Allah.

Lalu..tidakkah kita bersyukur ? Meskipun kita hidup pas-pasan. Kita diberi kebahagiaan yang banyak oleh Allah SWT. Sekeluarga sehat wal”afiat. Anak-anak sekolah dan kuliah dengan lancar, dan berprestasi. Tak pernah menyulitkan orang tua. Anak-anak kita semua rajin ngaji, dan yang laki-laki rajin ke masjid. Setiap habis maghrib hingga isya’ rumah diramaikan suara sekeluarga membaca Al Qur’annya masing-masing.

Dan sesudah itu kita semua, makan bersama dengan sayur dan lauk pauk sederhana namun sehat karena dimasak sendiri tanpa bumbu-bumbu penyedap. 

Jika sudah makan, kita sekeluarga bisa ngumpul diruang tamu sederhana, ngobrol bersama, mendiskusikan segala hal yang terjadi pada hari itu. Sehingga ketika tidur setelah isya’ berjamaah, dengan hati plong, dengan raut wajah penuh kebahagiaan karena senantiasa mensyukuri tiap-tiap nikmat yang diterima seharian. Dan alhamdulillah tanpa beban problem apapun karena tadi telah diselesaikan diruang tamu. Subhanallah.

Nikmat Kedamaian

Siapa bilang bahwa hidup kita penuh kedamaian bukan suatu nikmat ? Dengan suami atau isteri happy-happy saja tak ada masalah yang berarti. Anak-anaknya selalu menurut jika dinasehati. Dengan tetangga baik-baik saja. Dengan lingkungan dimana kita bekerja tak pernah ada singgungan. Dengan saudara-saudara baik yang dekat dan yang jauh alhamdulillah bisa terpelihara silaturahmi kita. Ya Allah betapa indahnya hidup ini.

Yang berpunya tahu menyantuni saudara-saudaranya yang tak mampu dan perlu dibantu. Yang tak mampu merasa bersyukur karena Allah selalu menolongnya melalui santunan saudara-saudaranya yang berkelebihan harta. Bukankah perintah Allah hendaklah kita saling tolong menolong dengan saudara kita ?
Nikmat Ibadah

Siapa bilang ibadah bukan sebuah nikmat yang diberikan oleh Allah SWT ? Bisa sholat dengan sempurna seluruh rukun syaratnya ? Bisa selalu semangat membaca Al Qur’an setiap habis sholat atau di waktu-waktu tertentu ? Bisa semangat berazikir setiap saat bagaimanapun sibuknya sebuah pekerjaan ? Bisa ikhlas bersedekah tanpa rasa enggan sedikitpun. Bisa melakukan segala kebaikan dengan ringan tangan tanpa malas-malas.

Apakah itu semua kita pikir sebagai sebuah kebetulan saja, tanpa ada campur tanganNya Allah ? No.no.no ! Tidak ada sesuatu yang terjadi di dunia ini tanpa sepengetahuan Allah. Semua hal yang terjadi dimuka bumi ini selalu digerakkan oleh Allah. Apakah kita mampu sholat, mampu membaca Al Qur’an, mampu berdzikir, mampu bershodaqoh, mampu berbuat baik, adalah atas kemampuan kita sendiri ? Tanpa Ridho dan pertolongan dari Allah ? Tidak saudarakau. Semua kebaikan yang mampu kita lakukan, apapun itu, adalah atas Ridho dan pertolongan dari Allah. Atas KehendakNya. Jadi sangat tidak tahu diri kalau kita tidak tahu untuk mensyukurinya.

Nikmat Kesuksesan

Banyak orang yang kesuksesannya melejit. Namun sayangnya ia melupakan Allah. Ia menganggap bahwa apa yang telah dicapainya adalah karena hasil usahanya, atau hasil kerja kerasnya selama ini. Sehingga ia menjadi manusia yang sombong. Merasa mampu mengungguli orang-orang lainnya. Merasa dialah manusia yang paling super dari lingkungannya. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang berperangai seperti ini ya sahabatku ?

Dan masih banyak nikmat-nikmat lain yang sering kita lalaikan. Waktu demikian sempitnya. Sebelum terlambat, marilah kita belajar mensyukuri nikmat sekecil apapun yang Allah berikan pada kehidupan kita, agar kita digolongkan dalam golongan orang-orang yang mengerti bersyukur.

Dari kita melek mata hingga tidur dimalam hari, berjuta nikmat yang Allah limpahkan kepada kita tiap-tiap harinya. Belajarlah mensyukuri nikmat, agar semakin ditambah-tambahkanNya nikmat untuk kita semua.

Alhamdulillahirabbil’alamiin
Purworejo, 19 September 2016

Waktuku sudah semakin dekat,
Salam Niniek SS
0 komentar
 
Support : Johny Template | Redesigned : Abahnya De' Addin
Copyright © 2013. SOLUSI SAKIT MAAG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...