SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Bagaimana Cara Mengolah Temulawak ?

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Niniek SS yang budiman,

Karena banyaknya pertanyaan pembaca blog yang sms kepada penulis menanyakan cara mengkonsumsi temulawak, maka kali ini penulis akan share tentang bagaimana sebaiknya mengolah temulawak.

Menurut penyelidikan spektakuler tentang temulawak yang mampu mengantar seorang putra Indonesia meraih gelar doktornya, ternyata temulawak dari Indonesia kandungannya tak kalah dengan kandungan ginseng dari Korea ! Batapa hebatnya ! Maaf penulis lupa menyimpan file dari artikel ini, sehingga tidak bisa menyampaikan informasi yang akurat tentang kehebatan temulawak ini kepada pembaca blog sekalian.

Jauh sebelum adanya penelitian secara mendalam tentang temulawak oleh putra Indonesia, sehingga desertasinya mampu mengantarnya menjadi seorang Doktor, temulawak sejak jaman nenek moyang memang sudah terkenal sebagai bahan minuman kesehatan penambah stamina.

Yang akan penulis sampaikan disini masalah bagaimana cara mengolah temulawak,  agar para pembaca memahaminya. Dan ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri bukan katanya-katanya.

Jauh sebelum penulis jatuh sakit maag, penulis sudah terbiasa mengkonsumsi temulawak sebagai minuman kesehatan sehari-hari. Ternyata dengan minum minuman temulawak ini menjadi penunjang kesehatan seluruh keluarga.

Cara mengolahnya, mula-mula penulis membeli temulawak pada pedagang bahan ramuan jamu di pasar. Tak perlu banyak banyak, 2 kg temulawak basah cukuplah sudah untuk persediaan beberapa minggu.

Harganya juga sangat murah kok per kilogramnya hanya Rp 5.000,-. Setelah sampai di rumah, temulawak ini langsung dikupas hingga bersih, kemudian dicuci. Lalu diangin-anginkan agar tidak basah. Setelah airnya kering, iris tipis-tipis temulawak selebar 1 cm.

Jemur pada panas matahari hingga jam 11.00 saja sebab kalau lebih dari jam 11.00 siang, menurut penelitian dan pengamatan penulis yang sudah puluhan tahun menjadi peramu jamu, khasiat dari temulawak jauh berkurang. Tidak begitu mujarab lagi.

Sebenarnya di pasar banyak yang dijual sudah dalam keadaan irisan tipis-tipis, namun dulu penulis lebih suka membeli temulawak basah dan penulis olah sendiri menjadi temulawak irisan. 

Kecuali penulis bisa memilih bahan temulawak yang bagus, maka jika diolah sendiri jelas ketahuan penjemurannya akan terjaga hingga sampai pada jam 11 siang. 

Sebab penulis melihat, di pedesaan orang sering menjemur temulawak yang sudah dirajang tipis-tipis hingga jam 16.00 sore masih tetap dijemur. Ini tentu akan mengakibatkan berkurangnya manfaat dan kasiat temulawak sebagai obat.

Penjemuran temulawak ini walau cuaca sangat panas tidak bisa kering dalam sehari. Biasanya baru pada hari berikutnya temulawak benar-benar kering. Walaupun hari pertama cuaca masih panas dan temulawak belum kering, sebaiknya sebelum jam 11.00 sudah diangkat dan dijemur kembali pada hari berikutnya.

Nah setelah jam 11.00 sudah diangkat dari jemuran lalu ditampi dengan penampi beras agar debunya hilang. Bukankah ketika dijemur pada temulawak menempel debu yang beterbangan di udara ?

Nah setelah ditampi dan bersih dari debu, dinginkan dulu. Setelah benar-benar dingin, masukkan ke wadah atau tempat yang benar-benar kering dan bersih untuk menyimpan. Untuk menghindari timbulnya jamur dalam penyimpanan, maka wadah yang untuk menyimpannya memang harus benar-benar bersih dan kering.

Sesudah itu, silahkan kalau mau membuat minuman temulawak tinggal mengambil beberapa iris tergantung dari kebutuhan. Jika hendak untuk konsumsi diri sendiri, caranya ambil gelas besar yang ada pegangannya isi dengan 5 iris temulawak yang sebelumnya sudah dicuci bersih, beri gula merah atau gula aren secukupnya sesuai selera lalu tuangakn air mendidih ke dalam gelas dan kemudian tutup. Biarkan hingga hangat kuku baru diminum.

Sari-sari temulawak sudah meresap kedalam air maka ketika minuman temulawak hangat ini diminum segaar sekali rasanya menimbulkan sensasi tersendiri.

Penulis biasanya minum sore hari menjelang maghrib, maka tidur akan terasa nyaman, otot-otot menjadi rileks dan bangun tidur pada pagi harinya juga tubuh rasanya sangat fresh, semua kelelahan hari sebelumnya tak tersisa lagi.

Bagi yang tidak sakit maag, maka seduan temulawak ini bisa ditambah dengan jahe 1 rimpang yang sudah dicuci bersih, kemudian dibakar bersama kulitnya, lalu setelah layu kulitnya, jahe dikupas lalu dikeprak tapi jangan sampai hancur, selanjutnya dimasukkan bersama temulawak ke dalam gelas, baru disiram dengan air mendidih. Air temulawak jahe ini akan menghangatkan dan menyehatkan badan.

Untuk minuman temulawak ini diminum dalam jangka panjang dengan cara seperti ini setiap hari sekali tidak akan menimbulkan dampak residu pada ginjal, bahkan bagus untuk kesehatan darah dan kulit.

Bagi yang terbiasa minum temulawak setiap harinya, hb darah akan bagus, tidak pernah terkena tekanan darah rendah, bahkan badan selalu sehat. Oleh karena itu penulis sarankan bagi penderita maag minumlah ramuan temulawak seperti ini untuk menjaga stamina dan membangun darah merah. Karena biasanya para penderita maag sering menderita tekanan darah dan menderita kekurangan darah, karena kurangnya asupan makanan yang terbatas.

Orang yang rutin minum minuman temulawak ini, kulitnya juga menjadi cerah dan halus. Tidak disarankan minum temulawak bubuk karena resiko endapan bagi ginjal cukup riskan.

Oh ya. Minuman temulawak yang hangat kuku jika sudah diminum habis, ampasnya jangan keburu dibuang. Bisa dituangi air mendidih lagi, karena kandungannya masih cukup bagus untuk diminum, jadi sayang kalau dibuang, namun sebaiknya pada periode yang kedua ini tak usah diberi gula supaya kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi gula. Tidak baik bagi tubuh.

Temulawak yang disedu dalam gelas, rasa maupun khasiatnya akan lebih terasa dibanding temulawak yang direbus. 

Oh ya sebaiknya jangan minum air dari temulawak yang diparut, karena getahnya sangat tajam bagi lambung. Penulis pernah hampir pingsan ketika minum air temulawak yang diparut. Dan hal ini tetap penulis beritahukan kepada siapapun agar jangan minum air parutan temulawak basah. Benar-benar sangat berbahaya bagi lambung !

Demikian sekilas cara mengolah temulawak dan cara mengkonsumsinya yang sehat. Semoga bermanfaat bagi pembaca. 

Terima kasih Anda telah setia berkunjung. Semoga kesehatan senantiasa menyertai Anda sekeluarga. Selamat mengkonsumsi temulawak sebagai minuman yang menyehatkan tubuh dan menggembirakan jiwa. Cobalah !

Apapun yang Anda keluhkan akibat sakit maag, tak perlu Anda berkecil hati, karena kini telah hadir bagi Anda, buku Panduan untuk Kesembuhan Sakit Maag, yang alhamdulillah telah banyak membantu para penderita sakit maag di Seluruh Indonesia, sembuh dari sakitnya. kini giliran Anda insya Allah mudah-mudahan sembuh seperti mereka. PESAN DAN MILIKI SEGERA agar tidak kehabisan karena sangat banyak peminatnya. Terima kasih. Alhamdulillahirabbil'alamiin.

Salam Sehat Sejahtera Selalu,
NiniekSS
Labels: Pengetahuan Baru, Tanaman Obat Untuk Maag, Tips

Thanks for reading Bagaimana Cara Mengolah Temulawak ?. Please share...!

188 comments on Bagaimana Cara Mengolah Temulawak ?

  1. oh ternyata gak boleh diparut ya, duh untung baca dulu..
    tadi pagi ane beli temuwak mau buat obat lambung, rencananya mau langsung diparut, rebus terus seduh...
    jadi gak jadi deh :D

    makasih banyak gan infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam,

      Iya, karena lambung sangat sensitif terhadap air parutan temulawak yang mentah. Saya dulu pernah mau pingsan mas minum air parutan temulawak, karena tidak tahu he he. Terima kasih sudah mau mampir di blog, semoga manfaat.

      Salam

      Hapus
    2. Kalau kunyit bagusnya di keringkan jg gak. . ?

      Hapus
    3. Kunyit getahnya tidak setajam seperti temulawak. Lambung aman-aman saja minum parutan kunyit kuning, maupun rebusan kunyit yang dikeringkan, atau kunyit kering yang hanya disedu dengan air mendidih saja. jika sudah hangat kuku, diberi satu atau 2 sendok madu murni lebih baik.

      Namun memasukkan madunya ketika air kunyit sudah hangat kuku, jika dimasukkan madunya ketika air kunyit masih panas, maka kandungan madu akan menjadi rusak. Sayang kan ?

      Salam.

      Hapus
    4. Maaf mau tnya, kl temulawak diblender pke air trs disaring, lalu dminum air'y.. itu bgs tdk?

      Hapus
    5. Mbak dewi Ratna Krisnawati.

      Temulawak tidak bagus dikonsumsi mentah. Getahnya sangat keras pada lambung.

      Salam'

      Hapus
    6. Mau tanya mbak...kalau di iris langsung di seduh...tanpa di jemur apakah boleh?

      Hapus
    7. Lie Kianloe

      Temulawak itu getahnya terlalu keras di lambung, sehingga rawan jika dikonsumsi mentah atau langsung direbus. Untuk menghilangkan getahnya harus dikeringkan dulu agar aman bagi lambung.

      Salam,

      Hapus
    8. Biasa nya dlm satu rimpang temulawak itu klu drebus smpai bro HR bea Kya gunkn

      Hapus
    9. Unknown

      Satu rimpang temu lawak kan sedikit sekali, jika dikeringkan hingga kering terus setelah dicuci bersih, dimasukkan dalam gelas dan direndam dalam air mendidih, ya setelah habis diminum boleh direndam 1 kali lagi, sudah itu dibuang. Sudah gada sarinya lagi.

      Salam,

      Hapus
  2. aduh sya blm tau cra yg benar gmna hnya googling ikuti aja dgn lngkah sprti ini prtma bhan di kupas lalu di cuci stlah itu di parut dan hasil parutanya di peras ke wadah stlah slsai hsil air paritan itu di masak sampai mendidih lalu di mnum krng lbh sglas kcil dtambh 1/2 sndok madu apa ini sngt brbhaya buat lambung?krna sya sudah sakit/fngsi lambung hati/empedunya tidak baik slalu mual2 & muntah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Syamsul Rachmanto

      Terima ksih ya, telah berkunjung di blog ini, semoga manfaat.

      Saya dulu juga pernah beberapa kali membuat ramuan temulawak yang diparut lalu direbus, tetapi setiap kali habis minum, selalu saja perut mengalami sakit sekali, keringat dingin keluar, lemas dan seperti mau pingsan.

      Lalu saya mencari info kemana-mana, ternyata mendapatkan hasil bahwa pengolahan temu lawak yang aman ya yang diiris tipis-tipis, dijemur hingga kering, lalu disimpan baik-baik ditempat yang kering, dan diambil secukupnya ketika hendak diminum saja.

      Jika dikeringkan dulu, getahnya sudah tidak setajam jika diparut. Aman bagi lambung dan sangat manfaat bagi kesehatan hati.

      Setelah mengkonsumsi temulawak dengan cara yang saya sampaikan dalam blog ini, alhamdulillah setiap hari stamina menjadi lebih baik.

      Salam Sehat Selalu.

      Hapus
  3. butuh waktu berapa lama waktu penjemuran temulawak itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Bagus,

      Terima kasih ya telah berkunjung di blog. Tergantung tebal atau tipisnya irisan temulawak.

      Saya biasa memotongnya dengan ketebalan 1 cm. Pengeringan, kecuali tergantung tebal tipis irisan juga tergantung sinar mataharinya sedang cerah atau tidak. Jika cahaya matahari sedang maksimal, maka untuk bisa kering yang maksimal tidak akan tumbuh jamurnya, maka temulawak butuh 4 hari pengeringan dari mulai jam 8 pagi hingga jam 10 siang dengan dibolak-balik.

      Jika sudah kering sungguh-sungguh,disimpan pada tempat yang bersih dan kering. Tinggal ambil sewaktu-waktu dicuci bersih lalu disiram dengan air mendidih.

      Salam
      Bu niniek SS.

      Hapus
  4. Bu niniek terimakasih informasinya, saya juga sedang mencoba minum temulawak ini, kalau diminum pagi hari sebelum sarapan ada efeknya ngak ya bu karena saya juga sakit maag
    kemudian kalau dikekeringkan pakai oven listrik gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumareti

      Maaf terlewat membalasnya mbak. Sebaiknya diminum sesudah makan, karena getah dari tamulawak cukup keras bagi lambung. Diminum sebelum makan bisa menyebabkan diare, namun jika diminum sesudah makan besar manfaatnya untuk mendongkrak stamina.

      Dikeringkan memakai oven tak masalah.

      Salam.

      Hapus
    2. Assalamu alaikum,bu tolong sher ya saya sebulan ini kena gejala asam lambung lalu bawanya lapar terus bebtar bentar makan dan badan terasa malas solusinya gimana bu dan cara oengobatanya

      Hapus
    3. Fuji Fuji

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Solusinya itu musti atur pola makan, pola istirahat dan pola pikir. Semua ada dalam buku "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis". Silahkan pesan ke ibu di nomor 085.228.401.939/0877.3259.8747 Harga 100.000 + Ongkir.

      Maaf ibu tak bisa share disini karena terlalu panjang. Ibu sangat terbatas waktunya.

      Salam,

      Hapus
  5. Alhamdulillah telah sudi mampir di blog saya ini. Sebaiknya temulawak diminum sesudah makan diberi jarak setelah setengah sampai jam dari saat makan.

    Insha Allah pengeringan temulawak dengan cara dioven tidak akan mengurangi khasiat temulawak.

    Salam,
    Niniek SS.

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas tulisannya Bu ninik yg sangat bermanfaat,
    Saya mau Tanya untuk penyakit hati atau hepatitis Bu ninik ada referensi Berapa Kali sehari u minum temulawak?brapa iris yg harus d seduh? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurul

      Maaf sekali ya mbak, ibu terlewat balas. Untuk hepatitis bisa 3 kali sehari mbak. Cukup 5 iris sedang sekali sedu dengan air mendidih. Semoga lekas sembuh dan sehat seperti sediakala ya mbak.

      Salam,

      Hapus
  7. Assalamualaikum wr wb

    Alhamdullilah trima kasih atas saran petunjuk penyajian cara konsumsi temulawak dengan baik dan benar
    Saya penderita hepatitis B
    Sudah kesana kesini cari obatnya
    Coba iseng2 buka blog pengobatan alami dengan tanaman temulawak
    Bingung bagaimana cara yang pas buat penyajian,,,
    Dan akhirnya alhamdullilah berkat lantaran Allah dikasih petunjuk melalui blog ini,,,alhmdullilah
    Thanks ia mbak for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpk.Albert Bert.

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Terima kasih telah berkunjung di Blog. Alhamdulillah juga jika artikel ini ada manfaatnya. Untuk hepatitis sebaiknya minumnya ditambahin gula aren, insha Allah Akan cepat sembuh.

      Wassalam,

      Hapus
    2. Assalamualaikum bu ninik..kl temulawaknya diiris2 tipis lalu lngsng drebus aman ngk bu

      Hapus
    3. Cintia Dewi

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Temulawak yang tak dikeringkan lebih dulu tetap getahnya sangat keras untuk lambung mbak, meskipun diiris tipis-tipis lalu langsung direbus dan diminum. Jadi sebaiknya dikeringkan lebih dahulu yaa sayang..

      Salam,

      Hapus
    4. Kira kira butuh berapa hari yah untuk proses menjemur temulawaknya sebelum kita komsumsi..???

      Hapus
  8. Pagi Bu, untuk minum ramuan temulawak itu sebaiknya di minum sebelum / sesudah makan ya, apa harus dlm kondisi hangat atau ada batasan berapa lama boleh di minum setelah di rebus. krn ini baru mulai konsumsi temulawak setelah hasil check up Utk SGOT SGPT tinggi. Thanks Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore.

      Untuk kasus maag, sebaiknya dikonsumsi hangat-hangat sesudah sarapan. Saya biasa konsumsi temulawak hanya sekali sehari. Jika pagi jam sembilan atau sore sekitar jam setengah empat.

      Jika lever bermasalah, bisa diminum pagi dan sore dengan gula aren. Jika lever bermasalah namun maag baik-baik saja, boleh konsumsi sebelum makan. Tapi amannya memang diminum dalam keadaan hangat kuku.

      Salam.

      Hapus
  9. Kalo mengkonsumsi temulawak instan gimana ? Terus cocoknya diminum saat apa ? Soalnya perutku ini rasanya gk enak terus mules terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam,

      Untuk perut mules cocoknya minum air parutan kunyit kuning. Bukan temulawak. Temulawak itu fungsi manfaatnya untuk menambah stamina dan antioksidan. Kunyit untuk antibiotik alami.

      Cara membuat air kunyit, ambil 3 rimpang sedang dari kunyit ( bukan induk yang bentuknya bulat, ini tidak baik untuk maag karena getahnya keras lambung tidak kuat). Lalu cuci bersih tak usah dikupas tidak apa-apa, diparut. Setelah itu guyur dengan air panas sepertiga gelas tanggung, kemudian saring. Setelah hangat kuku beri sedikit garam lalu diminum. Sehari cukup sekali pagi hari sesudah makan. Lakukan 3 hari dulu berturut-turut. jika 3 hari masih mules, ulangi hingga 7 hari. Insha Allah mulas akan segera hilang.

      Temulawak instan, apalagi yang berbentuk bubuk tidak baik untuk maag, karena ada endapannya, riskan di ginjal.

      Penderita maag yang lama tak sembuh-sembuh, biasanya endapan pada ginjal cukup tinggi karena konsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang. Jika ditambah minum temulawak instan nanti kasihan kerja ginjal sangat berat.

      Salam.

      Hapus
  10. Ibu mau tanya kalau temulawak yang sudah diiris tipis2 dan kering terus direbus sekaligus terus hasil rebusanya saya simpan dikulkas agar lebih praktias minusnya boleh ngak ya?Karena sekali rebus saya bisa dapet 1 botol...seukuran sirup..terimaksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuatan minuman temulawak sebaiknya sedikit demi sedikit, untuk sekali atau dua kali minum saja. Hanya direndam dalam air mendidih yang dituang dalam gelaspun juga sudah cukup bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  11. Mbak klu temulawak ny saya belender trus saya rebus tu bagus kah mbak utk liver?? Stelah saya rebus saya saring lagi baru air nya saya minum.. tu kira2 bgaimna mbak ?? Aman kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Icca,

      Saya terbiasa menggunakan rebusan temulawak yang dikeringkan lebih dahulu. Dan diminum mendadak hangat-hangat kuku dengan madu atau gula aren asli. Soalnya menggunakan parutan temulawak yang direbus, ginjal saya selalu bermasalah, sehingga saya selalu menganjurkan kepada siapapun untuk menggunakan temu lawak yang dikeringkan. Yang cara minumnya bisa dengan direbus, atau hanya disedu dengan air mendidih tutup rapat, nanti kalau sudah hangat baru diminum. Demikian mabk.

      Salam,

      Hapus
  12. Mksh mba..
    Mudah2n cara pengolahan spt ini jg cocok bt sy
    Soalnya memang bener dlu sy pernah minum air parutan temulawak, stlh d minum perut jd ga enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. A.D.

      Terima kasih telah mampur di blog ibu. Temu lawak memang tidak baik dikonsumsi dalam keadaan mentah lalu diparut dan diminum, sebab getahnya sangat keras bagi lambung. Ini menurut pengalaman saya sendiri yang telah riset atau menyelidiki bertahun tahun.

      Salam,

      Hapus
  13. ibu mau tanya, kalo mau rebusan temulawak apa boleh pake panci yang terbuat dari aluminium???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yulian Saputra,

      Merebus temulawak tu sebenarnya yang paling baik dengan kuali yang dari tanah,agar zat-zat yang terkandung didalamnya tidak hilang. Dan merebusnya diatas api arang. Kalau diatas kompor gas, bisa meluap dan merusakkan kompornya. Iya kan ?

      Salam,

      Hapus
  14. setelah minum rebusan temulawak gmana rasa perutnya bu? karna ibu saya setelah minum katanya perutmya terasa begah dan panas.. apa itu normal? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Temulawak mengandung antioksidan cukup tinggi. Ketika dia bekerja didalam tubuh. Pada bagian yang banyak radikal bebasnya, biasanya akan berreaksi. Sakit maag, yang bermasalah kan pada perutnya, jadi wajar saja jika setelah minum temulawak maka perut akan terasa begah, panas, bisa jadi mual atau pusing. Dilanjut saja, nanti makin lama keluhan lambung akan berkurang. Dan jika telaten insya Allah bisa sembuh.

      Salam,

      Hapus
  15. Ibu saya sudah jemur temulawaknya namun karena saya harus diopname lagi.. Temulawak itu berjamur... Saya jemur kembali sampe kering... Apakah masih bagus Dan bisa dikonsumsi karena ada jamur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr.Dwi,

      Sebaiknya membuat lagi temulawak kering yang masih baru. Yang sudah berjamur dibuang saja. Terima kasih sudah mengunjungi blog.

      Salam,

      Hapus
  16. Assalamu'alaikum Bu.....
    Klo untuk asam lambung, cara pemakaian temulawak gmn?
    Trus sy beli temulawak nya 2warna (putih n kuning) tu bagus mana n boleh di campur ga?
    Terima ksh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Hasan Hasanah

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Untuk Maag, cara pemakaiannya. Ambil beberapa iris temulawak yang telah dikeringkan. Cuci bersih. Taruh dalam gelas yang ada pegangannya. Beri sedikit gula aren, cari yang asli. Rendam dalam air mendidih hingga penuh. Tutup Rapat. Minum hangat-hangat kuku pagi hari sesudah makan. Dan sore hari, temulawak sisa paginya, direndam lagi dengan air mendidih, tambah sedikit gula aren, dan diminum dan bakda ashar. Jadi sehari boleh minum 2 kali.

      Salam,

      Hapus
  17. Maaf bu saya mau tanya, apakah temulawak yang Judah kering masih bisa berjamur ? Dan apa tandanya jika temulawak sudah berjamur ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Budi Hariadi,

      Terima kasih untuk kunjungannya di blog.Semoga manfaat ya mas ? Maaf sangat telat balas karena terbatasnya waktu untuk balas. Temulawak yang sudah dikeringkan, jika pengeringannya bagus, sempurna, maka bisa tahan disimpan dalam tempat yang baik yang tidak lembab hingga berbulan-bulan.

      Membuat temulawak kering tak perlu banyak-banyak. Cukup beli temulawak basah 1 kg saja. Lalu dikupas, cuci, iris setengah cm dan dikeringkan. Jika sudah habis dikonsumsi, bisa membuat lagi yang baru, sehingga wedang temu lawak rasanya akan selalu segar.

      Jika pembuatannya terlalu banyak, dalam penyimpanan yang lama, walau tidak keluar jamurnya, baunya sudah tak segar lagi. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
    2. Untung blum sy minum ,baru sj sy merrebus temu lawak ,tp tdk seprti kunyit ,jd kntal macam bubur sumsum ,alhmdulillah sy bk blog ini ,jd tau caranya ,trmksh bu.

      Hapus
    3. Mas Nunoschoco

      Iya semoga blog ini manfaat bagi yang mau membacanya.

      Salam,

      Hapus
  18. Ibu kalau pesan di tukang jamu sebotol dan dimasukkan kulkas apakah khasiatnya tetap sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khasiat tetap akan berbeda. Karena jamu temulawak telah terkena freon. Dan lagi, maag tidak baik minum yang dingin-dingin.

      Saya sarankan jangan minum temulawak yang beli di tukang jamu yang sudah dalam bentuk botolan. Karena itu biasanya dari temulawak basah yang diparut. Temulawak yang diparut tidak bagus untuk lambung yang sedang bermasalah, karena getahnya cukup keras bagi lambung yang luka.

      Lebih baik beli temulawak yang sudah kering di pasar. Atau membuat sendiri. Lalu dibuat minuman dengan cara ambil beberapa iris temulawak yang telah kering, cuci bersih, lalu disedu dengan air mendidih gelas besar, beri sedikit gula aren atau gula merah, tutup rapat, biarkan hingga hangat kuku, minum pagi atau sore sesudah makan.

      Salam.

      Hapus
  19. Ibu, saya bisa minta tahapan pengolahan temulawak yang baik dan benar mulai dari sebelum pemotongan temulawak (misalnya ukuran besarnya bagaimana) sampai pada tahap penyeduhannya?
    Saya sangat membutuhkan informasi ini ibu.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr. David,

      Maaf baru sempat balas Mas. Terima kasih atas kunjungannya di blog, semoga ada manfaatnya.

      Yang biasa saya lakukan dalam mengolah temulawak adalah sebagai berikut :

      1. Pilih temu lawak yang cukup besar, diameter lebih dari 5 cm biasanya sudah cukup tua, sehingga nilai kandungannya cukup maksimal. Kalau masih muda tak begitu terasa manfaatnya.

      2. Kupas bersih dan cuci bersih. Rendam setengah jam agar getahnya yang extreem bagi lambung berkurang.

      3. Kemudian tiriskan dalam wadah sehingga airnya bisa kering.

      4. Jika air sudah kering, lakukan pemotongan setebal setengah cm agar cepat kering. Jika susah memotongnya bisa dibelah dulu baru diiris tipis dengan ukuran ketebalan setengah cm.

      5. Jemur di sinar matahari hingga jam 11 siang.

      6. Dibolak balik agar rata keringnya. Jika dalam sehari belum kering, bisa dilakukan penjemuran ulang besoknya hingga benar-benar sampai kering. Sebab kalau tidak kering akan mudah timbul jamur yang berwarna hitam-hitam pada temulawak tersebut. Atau pengeringan sempurna bisa dilanjut dengan pan.

      7. Simpan dalam toples kering yang benar-benar bersih.

      8. Saat hendak minum, ambil 4 hingga 5 irisan, cuci bersih agar debu yang menempel pada saat pengeringan hilang. Letakkan dalam gelas besar yang biasa untuk menyajikan teh di warung makan yang ada pegangannya, guyur dengan air mendidih hingga penuh.Boleh langsung dibubuhkan gula aren atau gula merah sedikit. Tutup rapat. Ketika hangat kuku boleh diminum. Sehari cukup 1 gelas besar. Boleh diminum pagi atau sore hari sesudah makan.

      Demikian semoga bermanfaat. Minuman temulawak ini sangat bagus sebagai penunjang stamina serta antioksidan bagi penderita maag kronis atau gerd.

      Salam.

      Hapus
  20. Ibu,ijinkan sy utk bertanya...
    Sebaiknya untu penderita asam lambung, lebih baik mengkonsumsi apa?temulawak atau kunyit? Krn waktu sy ty ke penjual temulawak dan kunyit, bbrp org mengatakan sebaiknya mengkonsumsi kunyit. Selama ini saya jadi bingung. Awalnya saya minum temulawak tp krn baca artikel dari google, sy ganti minum air kunyit. Dan kunyit yg sy pakai adalah induk kunyit,bukan kunyit yg biasanya dipakai untuk bumbu dapur. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Hesti,

      Maaf banget ya ibu balasnya terlambat, karena terbatasnya waktu.

      Untuk sakit maag/lambung, baik temulawak maupun kunyit sama-sama pentingnya dan sama-sama bagusnya, karena keduanya sangat mendukung bagi kesembuhan.

      Kunyit sebagai antibiotik alami, sangat bagus diminum oleh lambung yang sedang luka, dimana perut sering merasa perih. Kunyit, kecuali ada zat anti lukanya juga mengandung antibiotik sehingga menjaga tubuh agar tidak terjadi radang atau infeksi pada saluran cerna.

      Temulawak yang bagus untuk lambung, bukan yang induk, karena yang induk getahnya cukup keras bagi lambung. Sebaiknya kunyit yang rimpang atau anakannya saja, namun ambil yang sudah tua dan besar sehingga sudah banyak sarinya. Kunyit lebih bagus dikonsumsi mentah daripada direbus. Diparut, beri sepertiga gelas air hangat, endapkan beberapa lama baru diminum. Sehari cukup sekali saja. Jika kunyit diminum pagi hari, maka temulawak minumlah temulawaknya pada sore hari.

      Orang sakit maag, biasanya kekurangan nutrisi sehingga badan selalu merasa lemas. Hal ini bisa ditanggulangi dengan minuman temulawak. Karena temulawak mengandung antioksidan tinggi guna menolak toksin yang ada dalam tubuh dan mempunyai zat yang membangun energi tubuh.

      Namun temulawak sebaiknya bukan temulawak mentah yang kemudian diparut lalu diminum, ini malah tidak baik karena getah temulawak sangat keras bagi lambung. Temulawak yang baik, yang mentah lalu diiris tipis-tipis, lalu dijemur, jika sudah kering baru diambil 2 atau 3 potong secukupnya, cuci bersih, guyur air mendidih, tutup rapat, jika sudah hangat kuku beri sedikit gula aren atau madu baru diminum, sehari cukup sekali, boleh sebelum atau sesudah makan tetap aman.

      Salam,

      Hapus
  21. assalaamu'alaykum wr wb
    maaf bu saya tanya.. saya sedang hamil dan punya maag ..jadi perut selalu mual dan panas .. gimana yaa bu?terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Permata Annisa

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Boleh setiap 2 hari sekali minum air kunyit dan wedang temulawak. Pagi ini minum air kunyit, dan pagi besuk minum air rebusan temulawak yang sudah dikeringkan.

      Salam,

      Hapus
  22. Satu lg ibu,, kalau tepung kanji itu apa juga bisa untuk menyembuhkan maag? Selama ini saya selalu rutin minum tepung kanji, serbuk bawang dayak, serbuk jintan hitam dan serbuk temulawak, tp ya gitu msh sering kambuh maag'nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Inthera Loktha

      Tepung kanji baik untuk dikonsumsi bagi para penderita maag, tetapi jangan dimasak. Lebih baik dimakan mentah saja dengan disedu air hangat.

      Bawang dayak bagi sebagian orang cocok untuk pengobatan lambung. Namun bagi sebagian orang tidak cocok karena sifatnya yang hangat. Saya sendiripun belum pernah menggunakan bawang dayak.

      Jintan hitam lebih efektim diminum yang sudah dalam bentuk minyak daripada yang berbentuk serbuk.

      Temu lawak juga bagus diminum airnya. Atau air rebusan temulawak untuk menunjang stamina.

      Jika belum sembuh-sembuh juga, pesan buku ibu saja agar lekas sembuh.

      Salam,

      Hapus
  23. Assalamu'alaykum, ibu

    Saya juga ingin bertanya. Cara mengolah temulawak utk penderita hepatitis bagaimana ya? Suami saya 4 tahun lalu trkena hepatitis dan sekarang gejalanya muncul lagi. Gimana kah baiknya?

    Jazakillah ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Cara mengolah temulawak untuk penderita apapun juga, sama seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel diatas. Dikupas, dicuci bersih, potong tipis2, keringkan pada sinar matahari sebelum jam 11, dan simpan pada tempat yang kering dan steril atau bersih.

      Salam,

      Hapus
  24. Malam bu, apakah penderita diabetes dapat mengkonsumsi temulawak ini Bu? Terima kasih Bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Theres

      Malam juga,

      Temulawak bagus dikonsumsi siapa saja dan kapan saja. Kandungannya yang kaya akan antioksidan maka bisa diminum tidak terbatas untuk orang yang sedang sakit saja, maka juga bagus untuk diminum bagi yang sehat. Sebagai anti oksidan dan sebagi penambah stamina seperti tonikum bayer.

      Ya gak papa penderita diabetes minum temulawak. Terutama yang cara pengolahannya seperti yang saya jelaskan dalam artikel diatas, bukan temulawak serbuk atau yang masih basah lalu diparut. Temulawak basah yang diparut, getahnya sangat keras sehingga sangat riskan bagi lambung yang sedang sakit. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  25. bu sy keburu merebus temulawak tp ga dikeringkan dl dan ga diris tipis, hanya saya bersihkan kemudian potong2. apakah rebusannya aman utk diminum? mohon jawabannya soalnya jd galau bgt nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cafe,

      Ya tidak apa-apa, namun hasilnya akan jauh lebih maksimal jika cara pengolahan serta cara masaknya seperti yang saya tulis dalam artikel diatas.

      Salam,

      Hapus
  26. Bu aku mau tanya saya sering kedinginan padahal cuaca panas kadang suka susah nelan kadang sesak kalo lemes dan pusing itu tiap hari ..yang mau aku tanyakan apakah ini gejala magg parah atau msh ringan ..saya udah 8blan blum smbuh ..mhon info y bu ninik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Nunu

      Sering kedinginan ada beberapa faktor penyebab :
      - Tekanan Darah sedang turun hal ini biasanya disertai dengan pening di kening. Bukan pusing kepala di bagian belakang kepala. Kalau yang ini biasanya kolesterol sedang tinggi.
      - Sedang ada virus yang berkembang dalam tubuh, misalnya virus typus, biasanya tubuh terasa dingin sekali disertai lemas yang sangat.
      - Atau tubuh sedang kekurangan nutrisi karena orang sakit maag kan memang asupannya terbatas ?

      Semoga bermanfaat balasannya.

      Salam,

      Hapus
  27. Ibu, mau tanya, sudah sekitar 4 minggu saya sedang mengalami sedikit sesak krn asam lambung naik, dan detak jantung jadi lebih cepat berdetak. Saya sudah hampir 2 minggu mengkonsumsi rebusan biang kunyit tp tidak kunjung smbuh, 2 hari ini saya mengganti dengan rebusan temulawak krn saran bberapa orang dan membaca blog ibu. Cara mrngolah nya temulawak basah saya kupas dan cuci bersih, iris dab rebus, tak saya keringkan terlebih dulu. Apakah kasiat nya sama..dan berapakah kira2 waktu yg dibutuhkan atas penelitian ibu selama ini untuk keadaan membaik setelah meminum temulawak.? Terima kasih ibu sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam,

      Saya lebih cenderung menggunakan kunyit yang bukan biang, karena kunyit biang, getahnya sangat terasa pada lambung. Saya menggunakan kunyit rimpang atau anakan saya pilih yang besar - besar karena banyak sarinya. Saya parut, beri sepertiga gelas air mentah, saring, lalu saya beri madu murni 1 sendok makan, lalu saya minum setiap pagi hingga keluhan perut mereda.

      Untuk temu lawak demikian juga. Saya tak berani lagi minum air perasan temulawak, karena getahnya sangat keras pada lambung. Ktika minum yang pertama kali saya mau pingsan. sehingga akhirnya saya membiasakan minum air temulawak yang dikeringkan. Temulawak kering ambil beberapa potong cuci bersih, rendam dalam air mendidih, jika hangat kuku saring, beri madu murni 1 sendok makan, lalu saya minum pada sore hari. Untuk temulawak basah yang langsung direbus, waktu itu perut saya juga tidak tahan, jadi saya lalu minum seterusnya air temulawak yang dikeringkan lebih dahulu.

      Saya tidak secara khusus menelitinya. Hanya menurut pengalaman yang saya rasakan, hanya dalam seminggu saya setiap sore minum air temulawak, alhamdulillah perut mengalami kelegaan dan tubuh lebih terasa sehat.

      Demikian semoga ada manfaatnya.

      Salam,

      Hapus
  28. selamat pagi bu niniek ..
    saya penderita maag dan gerd apakah aman kalau minum kapsul temulawak ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Selamat pagi juga mas/mbak. Untuk penderita maag/gerd, menurut pengalaman saya, tak cukup aman. Karena dulu waktu saya sakit minum kapsul temulawak pinggang saya langsung terasa pegal. Mungkin kapsul temulawak yang saya minum terbuat dari serbuk yang mempunyai endapan tinggi pada ginjal sehingga berdampak pegal di ginjal.

      Untuk amannya minum saja, temulawak yang sudah dikeringkan, ambil beberapa irisan, lalu sedu dengan air mendidih pada gelas yang volumenya 200 atau 250 mili. Tutup rapat, biarkan hingga hangat kuku, saring, lalu campur dengan 2 sendok makan madu murni.

      Minum sehari cukup 1 x saja, pada pagi hari atau sore hari, boleh diminum sebelum makan.

      Jangan minum air perasan temulawak yang masih basah, karena getahnya sangat keras, rawan bagi lambung yang sedang sakit.

      Salam,

      Hapus
    2. Selamat mlm bu nini saya penderta maag ,gerd sudah 3 thn sudah baikan,sudah 2bulan saya mengkonsumsi temu lawak kering,yg saya mau tanyakan boleh g kita minum temu lawak dlm jangka panjang,.

      Hapus
    3. Sahabat Wayan Sukriati,

      Selamat pagi,

      Insya Allah temulawak kering aman dikonsumsi untuk jangka panjang, karena sudah tak mengandung getah. Dan jika dikonsumsi dalam keadaan kering dengan direbus atau disedu dengan air mendidih, insya Allah sudah tidak ada endapannya yang riskan bagi ginjal. Bahkan minum air temulawak kering ini sangat saya anjurkan bagi penderita maag dan gerd, karena sangat mendukung untuk stamian, serta sebagai antioksidan yang bagus.

      Salam,

      Hapus
  29. Selamat pagi bu... saya udh 2 bln ini mengalami sakit lambung.. yg stiap minggu nya slalu aja kambuh...
    Hari ini saya minum temulawak yg dikupas dicuci diblender lalu direbus dan saya campur dgn induk kunyit..
    Itu gmn ya buk.. bagus gak.. trus gmn dgn khasiat abbatusauda kapsul..bagus gak utk penyakit lambung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Eva,

      Terima kasih ya, atas kunjungannya di blog ini. Minum temulawak sebaiknya yang dikeringkan lebih dahulu. Kemudian boleh direbus hingga mendidih agak beberapa lama, atau cukup diguyur dengan air mendidih beberapa menit, setelah hangat kuku boleh diminum dengan madu atau gula aren secukupnya.

      Temulawak mentah meskipun sudah diiris - iris lalu direbus, getahnya cukup keras pada lambung. Apalagi jika dalam keadaan mentah lalu diparut dan diminum, penderita maag bisa lemas bahkan ada yang kemudian pingsan.

      Kunyit, untuk mengobati lambung boleh diparut lalu diendapkan sebentar kemudian diminum yang beningnya saja. Namun pilih rimpangnya ( anakannya ) yang besar - besar. Yang kunyit indukan getahnya juga cukup keras reaksinya di lambung.

      Salam,

      Hapus
  30. Bersukur sekali saya menemukan blok ini,,, saya ingin coba. Dulu saya di parut temulawaknya rasanya malah sakitt ini perut,, eh ternyata salah ya, hehe semoba kita yg sakit lekas sembuh, Amin semoga Allah membalas kebaikanmu mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Wigit Andro Riatiawan

      Ya alhamdulillah kalau artikel ini bermanfaat. Semoga lekas sembuh ya Mas.

      Salam,

      Hapus
  31. Trimakasih Ibu artikel yg anda berikan sangat berguna bagi semua orang,, saya akan mencoba terapi dengan resep Ibu. Saya penderita Gerd yg sudah lama 3thn lebih, semoga dengan ini saya akan sehat lagi trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Wigit..

      Allah pasti akan memberikan kesembuhan. Pada saat yang telah DitentukanNya. Dan dengan cara yang DikehendakiNya pula. Kuwajiban kita hanyalah bersabar menerima ujian serta berjuang terus dan berikhtiyar tak mengenal putus asa. Karena menerima takdir Allah dengan ikhlas adalah bagian dari bentuk iman kepadaNya.

      Salam,

      Hapus
  32. assalamualaikum bu
    saya terkena asam lambung
    saya sudah berobat kedokter
    terus dikasih obat dan syrup
    menurut ibu apakah konsumsi bersamaan obat dari dokter dan temulawak saling berpengaruh dari khasiat temulawak tsb. ataukah ibu punya pengalaman mengkonsumsi obat dan temulawak secara bersamaan?
    soalnya saya mau mencoba temulawak dengan cara pengolahan ibu tsb. tetapi obat syrup saya belum habis
    apakah menunggu syrup nya habis dulu.
    terimakasih sebelumnya bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Endanasution

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Makasih atas kunjungannya di blog Mas, semoga ada manfaatnya. Minum temu lawak bersamaan dengan obat dokter tak masalah. Tetapi harus dijaraki, paling tidak 1,5 jam, agar manfaat masing-masingnya bisa terserap maksimal kedalam tubuh. Jadi bukan karena satu sama lainnya saling berpengaruh.

      Obat dokter juga diperlukan. Temulawak juga sangat diperlukan sebagai penunjang stamina, lebih - lebih bagi penderita asam lambung yang kondisinya sering tidak fit.

      Tapi harus diingat mas. Bahwa obat kimia, walaupun diperlukan, adalah racun bagi tubuh, karena selalu akan berdampak yang merugikan pada tubuh, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sedapat mungkin kalau tidak sangat terpaksa jangan keseringan minum obat kimia. Beralihlah pada pengobatan herbal dan minta bimbingan kepada ahli yang dapat dipercaya.

      Salam,

      Hapus
  33. Waktu Minumnya yg benar sebelum makan apa sesudah makan bu?

    BalasHapus
  34. Mas Didin..

    Untuk minum temulawak. Jika pagi sebaiknya sesudah makan. Namun jika sore sesudah makan.

    Salam,

    BalasHapus
  35. Mbak mw tanya apa boleh minum temulawak kering saja tanpa ada campuran apa2.. Saya penderita asam lambung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekabuyunk

      Boleh, bagus kok. Temulawak kering yang hanya disedu dengan air mendidih, atau direbus hingga airnya mendidih dan tanpa campuran apa-apa sangat bagus untuk maag.

      Karena temulawak mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan bagus sebagai pendukung stamina bagi para penderita maag yang sering kurang nutrisi.

      Salam.

      Hapus
  36. Assalamu 'alaikum warohmatullahi wa barokatuh
    Met malam ibu,mohon penjelasannya
    Saya itu merasakan penuh dilambung sudah beberapa bulan.sudah kluar masuk ruangan dokter tapi hasilnya tetap sama.belum ada prubahannya.sekitar 2 minggunan ini timbul masalah dengan BaB(volume bAb sdikit dan teksturnya berubah rubah).saya takut trkena kanker usus.untuk pengobatan kanker usus yang benar bagaimana ibu.terimakasih.oh iya ibu saya masak temulawak itu kupas,potong dan direbus.apa benar cara saya mengolah temulawak ini.
    Wassalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Sapu Regel

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika kasusnya demikian, insya Allah tidak secepat itu proses terjadinya kanker usus pada kasus maag atau asam lambung.

      Untuk kanker usus, biasanya didahului dengan sembelit yang panjang dan laur biasa sakit ususnya. Namun maag yang tak sembuh - sembuh sering mengakibatkan radang usus. Nah radang usus yang tak sembuh - sembuh ini yang biasanya kemudian berlanjut menjadi kanker usus.

      Jadi jangan berpikir yang negatif dudlu.

      Untuk mengatasi kasus mas Ragil pertama saya sarankan pesan Termos Nano alkali, untuk membantu cleansing residu usus yang paling aman. Karena jika dengan produk-produk herbal belum tentu lambung dan usus bisa menerima. Harga 1.2 juta belum termasuk ongkir.

      Sesudah mengkonsumsi air termos nano alkali, silahkan selanjutnya pesan morinda untuk pengobatannya. Karena selama ini memang belum ada produk yang lebih efektif untuk mengobati maag dan gerd selain morinda.

      Silahkan hubungi saya ( Bu Niniek SS ) di no 0877.3259.8747. Demikian semoga manfaat.

      Salam,

      Hapus
  37. Assallamualaikum bu,sy donni d kaltim umur 32thn sy ini menderita sering keram perut dan sendawa apakh itu asam lambung ato pnyakit lainx dan sring sesak d dada krna sendawa yg tertahan. Trims bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Encis Oenyil

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu bagian dari keluhan gerd atau asam lambung yang keluar dari lambung.

      Sering keram perut itu biasanya disebabkan sehabis makan makanan yang susah dicerna, misal lemet dari singkong yang diparut kemudian dibungkus dengan daun singkong lalu dikukus, habis makan bakso, mie atau siomay, atau habis makan ketan.

      Hal ini dikarenakan sebelumnya mungkin pernah ada asam lambung yang tertekan ke bagian usus,sehingga usus menjadi iritasi, lalu ketika terkena zat-zat yang tak bersahabat dalam makanan-makanan itu, usus menjadi keram.

      Salam,

      Hapus
  38. Bu niniek saya mau tanya, saya punya gerd sampai bikin sesak nafas, apakah morinda tahitian ini nagus untuk asam lambung soalnya saya pernah nyoba tapi rasa nya asam, saya takut minumnya takut asam lambung saya naik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Deden

      Morinda memang rasanya asam manis. Asam yang ada dalam morinda bersifat basa. Orang sakit apalagi sakit yang lama tak sembuh-sembuh banyak kehilangan basa dalam tubuhnya sehingga perlu konsumsi sesuatu yang mengandung basa seperti morinda.

      Asamnya morinda bukan asam seperti asamnya buah tomat atau buah asam yang tak aman bagi lambung. Morinda sangat aman bagi lambung. Saya saja yang sudah muntah darah dan BABnya darah alhamdulillah sembuh setelah minum air mentah dan morinda.

      Yuk, jangan ragu untuk terapi dengan morinda. Tapi harus dipandu yang sudah berpengalaman ya ?

      Salam,

      Hapus
  39. Assalamualaikum ibu
    Saya mau tanya,Istri saya kan baru aja di rawat di rs karena kena gastritis dan ternyata ada radang empedu, dr yg saya baca temulawak itu bagus khasiatnya. Tapi saya mau tanya aman ga yah jika di kosumsi ibu menyusui dan dalam sehari brp gelas? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Coko Handoko

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maag kronis memang dampak sampingnya biasanya ke radang empedu. Temulawak insya Allah aman untuk siapa saja, termasuk untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Namun minumnya temu lawak yang sudah dikeringkan, lalu disedu dengan air mendidih, atau temulawak direbus hingga airnya mendidih.

      Jangan temulawak basah diparut dan airnya lalu diminum. Getahnya sangat keras untuk lambung.

      Sehari cukup minum sekali saja SESUDAH makan, pagi hari atau sore hari. Saya biasa konsumsi temulawak kalau tidak jam 09.00 pagi ya habis asar.

      Salam,

      Hapus
  40. Mau tanya dong, saya beli temulawak, setelah itu saya kupas Dan iris tipis2, kemudian saya cuci, apakah itu bisa mengurangi khasiat atau tidak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Abdul Rozak.

      Sebaiknya mengolah temulawak dicuci dulu baru diiris. Jika mau dikupas dulu, baru diiris, dan kemudian baru dicuci, asal mengirisnya tidak terlalu tipis, misal setebal setengah cm, insya Allah tidak akan mengurangi khasiat dari temulawak. Namun kalau mengirisnya terlalu tipis kurang dari setengah cm maka bisa mengurangi khasiatnya.

      Salam,

      Hapus
  41. Ibu.temulawak yg sudah dikeringkan,apabila diseduh dengan air mendidih apakah air akan berubah warna menjadi kuning,atau tetap putih,saya kemarin menyeduh airnya tetap putih,apa memang seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ady Nazma,

      Nah ini baru pertanyaan yang benar. Temulawak yang sudah dikeringkan jika diseduh dengan air mendidih, warna air akan menjadi kekuningan. Jika direbus, warna air akan lebih pekat warna kuningnya.

      Salam,

      Hapus
  42. Kalau di seduh, warna apa berubah jadi kuning,atau tetap putih. Kemarin saya seduh warna tetap putih,cuman baunya aja ada perubahan.apa memang begitu ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara Ady Nazma,

      Warna aslinya kekuning-kuningan. jika warna sebelum diseduh putih, itu bukan temu lawak. Tapi mungkin temu hitam atau temu putih. Jika putihnya bening, itu temu putih. Jika putihnya bercampur dengan kehitaman berarti itu temu hitam bukan temu lawak. Hati-hati !

      Salam,

      Hapus
  43. Selamat siang.

    Artikel anda sangat bermanfaat.

    Saya mau tanya, ketika proses pengeringan, karena sedang musim hujan d tempat saya, jadi temulawaknya agak susah untuk kering, dan timbul jamur. apakah itu masih bisa dpakai? dan bagaimana cara mencegah jamur nya?



    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr. Liu Li Shi.

      Terima kasih anda sudah berkunjung di blog ini. Semoga ada manfaatnya. Jika pemrosesan temulawak ketika musim hujan dan jarang ada sinar matahari, maka pemrosesan bisa dengan pemanasan dioven atau dipanggang seperti membuat kue. Daripada dijemur pada matahari namun tak bisa kering dan keluar jamurnya.

      Pemanasan dengan jalan dioven tak akan banyak mengurangi vitamin yang terkandung dalam temulawak.

      Salam,

      Hapus
  44. Assalamualaikum sy cegukan terus dan selalu merasa laper dan lemas terus sy meminum temulawak yg sudah dikeringkan campur gula merah sedikit kok habis minum sy merasa pusing dan jantung detak kencang itu biasa atau bagai mana ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Indra aja

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika cegukan terus, itu salah satu tanda bahwa asam lambung sedang tinggi, harus diwaspadai bahwa mas Indra telah terkena GERD ( asam lambung yang telah naik, keluar dari lambung ).

      Jika minum air rebusan temulawak yang sudah dikeringkan jantung berdebar insya Allah sari temulawak itu sedang membersihkan asam lambung yang ada diarea jantung, dan jika merasa pusing ada dua kemungkinan. Sari temulawak sedang membersihkan asam lambung yang pernah naik ke kepala, atau gula jawanya tidak murni, ada zat kimianya yang biasa dicampurkan untuk membuat gula merah/Jawa bisa mengental sehingga mudah dicetak ( zat kimia inilah yang seringkali menimbulkan rasa pusing di kepala ).

      Salam,

      Hapus
  45. Assalamualaikum, kalau temulawak dan kunyit hanya dikupas lalu direbus bersamaan sampai mendidih bagaimana manfaatnya? Apakah bagus untuk maag dan nafsu makan? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Wirawan Iskandar

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Temulawak mentah baik yang direbus ataupun dikonsumsi mentah dengan diparut, getahnya keras di lambung. Sebaiknya dikeringkan lebih dahulu setelah diiris tipis-tipis. Jika hendak minum tinggal ambil beberapa iris, boleh direbus dulu atau direndam dengan air mendidih lalu beri sedikit gula aren/merah. Diminum hangat-hangat. Jika airnya habis bisa ditambah lagi dengan air mendidih yang baru tak perlu ditambah temulawaknya.

      Salam,

      Hapus
    2. Istri saya baru mencoba 2 hari ini minum temulawak dan kunyit direbus bersamaan,tp dia merasakan perut begah dan serasa ada yang mengganjal ditegorokan dan tidak nyaman, itu karena apa ya Bu?pdhl sblmnya temulawak dijemur selama 2 jam.apakah harus benar2 kering? Mohon masukannya,trmksh

      Hapus
    3. Mas Wirawan Iskandar

      Minum temulawak sebaiknya dikeringkan dulu, penjemuran tidak cukup hanya 2 jam namun paling tidak 2 hingga 3 hari, itupun jika sinar matahari benar-benar panas.

      Kunyit sebaiknya dikonsumsi mentah, diparut, lalu diberi sedikit air kemudian diminum. Itulah cara yang efektif mengkonsumsi temulawak dan kunyit.

      Perut begah dikarenakan minum temulawak yang kurang kering direbus, karena getahnya cukup keras pada lambung sehingga diminum menyebabkan begah. Tenggorokan rasa mengganjal bukan karena minum temulawak atau kunyit yang direbus, namun perkembangan gerd itu sendiri memang bisa menjadi rasa tak nyaman pada tenggorokan. Bahkan bisa sulit untuk menelan, radang tenggorokan, dan akibat yang paling parah didaerah tenggorokan adalah kanker nasufaring.

      Oh ya, menjemur temulawak harus benar-benar sampai kering, agar jika disimpan tidak menyebabkan tumbuhnya jamur yang bisa mengganggu kesehatan.

      Salam,

      Hapus
  46. Terimakasih atas artikelnya... Oh ya sy ingin membuatkan anak sy temulawak kering untuk usia 2 tahun dan 6 tahun agar menambah nafsu makan mereka.amankah bagi lambungnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Wawan Rafah

      Terima kasih kembali atas kunjungannya di blog ibu. Temulawak bagus juga untuk balita usia diatas 2 tahun. Membuatnya cuykup dengan 2 atau 3 iris yang kecil saja sudah mencukupi untuk menambah nafsu makan, untuk antioksidan dan menambah stamina anak agar tetap sehat dan lincah.

      Salam sehat,

      Hapus
  47. Assalamualaikum ibu niniek..
    Blognya sangat membantu saya yg sedang ingin mnurunkan kadar perlemakan dihati. Sudah minum hepamax selama sebulan dari 167 sudah turun 82 dan harus turun lagi sgpt(ifcc)nya dibawah 80 karena saya mau menjalani operasi usus buntu. Tapi dokter menyarankan saya untuk cek hepatitis, baru akan saya lakukan lusa nanti, Semoga saja hasilnya negative utk hepatitisnya. Saya harus minum berapa kali sehari ya bu? sebelum atau sesudah makan.. Mohon pencerahannya ya bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak King Aws.

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Ibu ikut prihatin terhadap keluhan yang sedang mbak King derita. Untuk menurunkan SGPT kecuali harus mengkonsumsi obat yang tepat untuk itu, juga harus menghindari lemak dan minyak dengan ketat. Roti-rotian yang mengandung cremer, mentega dan telor ayam potong juga harus dihindari.

      Untuk dosis minum temulawak dimana kondisi hati sudah ada masalah, bisa 3 x 1 gelas tanggung 150 mili dalam sehari mbak.

      Salam,

      Hapus
  48. Mlm bu niniek... Saya ita usia 23th.. Penderita GERD, saya ingin mencoba tips dari ibu, apa tmulawak yg kering & d seduh itu bisa juga untuk menambah nafsu makan.? Selain ingin mengatasi GERD yg tinggi saya juga ingin nafsu makan saya bertambah, katanya kalau d keringin kandungan atsiri nya menguap.. Bagaimana baiknya bu..? Biar bisa menurunkan gerd & bsa nmbah nafsu makan..
    Trimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ita Sakura

      Temulawak memang bagus untuk menambah nafsu makan mbak, bagi yang sehat maupun bagi penderita maag. Kandungan antioksidan pada temulawak cukup tinggi sehingga bisa mendukung kesembuhan maag dan gerd.

      Bisa diminum 2 x sehari pagi dan sore.

      Salam,

      Hapus
  49. Mau tanya saya udah coba tapi Bru semalam dan paginya sudah berjamur ya ?? Berarti udh GA BS di konsumsi dong.. trus supaya GA berjamur bgmana.

    BalasHapus
  50. Setelah saya baca-baca blog eyang...
    Alhamdulillah hd semangat lagi untuk bisa sembuh dari maag terima kasih eyang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uni Lestari

      Assalamu'alaikum Wr.Wb. Hai salam kenal Mbak Uni. Alhamdulillah jika blog Eyang bisa membangkitkan semangat untuk sembuh. Memang kita harus semangat jika ingin sembuh. Berikhtiyar terus hingga titik darah yang penghabisan. Jangan menyerah pada penyakit. Dan jangan pernah putus asa dari Rahmat Allah yaa sayang ? Semoga lekas sembuh. Aamiin...

      Salam sayang,

      Hapus
  51. ibu saya sdh teratur mkn ya trz gk mkn pedas jg sma srig mnum temulawak yg mentah tp knp ea srg kumat trz apa krna temulawak mentah itu buk....perutya itu sakit ma law BAB ya mencret semenjak mnum temulawak itu...knp ea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Herawati Ngatimin,

      Mbak Hera, temulawak mentah itu getahnya sangat keras bagi lambung, itu yang menyebabkan perut sakit terus dan selalu mencret BABnya. Jika ingin minum temulawak, sebaiknya dikeringkan dulu, baru direbus atau direndam dalam air mendidih.

      Sakit maag, apalagi yang lama tak sembuh-sembuh, tidak hanya butuh makan teratur serta minum temulawak saja, tapi membutuhkan pengobatan yang tepat, serta perawatan yang tepat.

      Saya sarankan untuk pesan buku panduan perawatan di blog ini. Atau sms ibu di nomor 0877.3259.8747

      Salam,

      Hapus
  52. Bu klo minum kunyit bebarengan sama temulawak boleh ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dewi Delton

      Maaf baru sempat balas mbak. Kunyit boleh bareng diminum dengan temulawak bila sama-sama kering. Boleh dengan direbus atau direndam dalam air mendidih. Sebab kunyit bagusnya dikonsumsi mentah, jika direbus kandungan akan berkurang. Sebaliknya temulawak bagusan direbus kalau dikonsumsi mentah, maka getahnya terlalu keras bagi lambung. Tak aman bagi maag. Terima kasih telah berkunjung di blog. Sering-sering aja mampir ya mbak.

      Salam,

      Hapus
  53. maaf itu irisannya 1 cm ya? berarti tebal dong ya, 1cm itu segede/selebar kuku kita irisannya... atau ibu salah tulis mungkin maksudnya 1 mm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jun

      Jika musim kemarau, bisa diiris setebal 1 cm karena ada sinar matahari sehingga cepat kering. Jika musim penghujan, buatnya diiris 1/2 cm gak apa-apa. Soalnya musim penghujan sering gak ada sinar matahari.

      Salam,

      Hapus
    2. Saya sudah coba bu, malah ga pernah dapet matahari pagi selama seminggu jadinya kering tanpa matahari... Itu khasiatnya apa masih bagus?

      Hapus
    3. Blogger

      Temulawak, kering tanpa matahari gak apa-apa, yang penting gak keluar jamurnya. Oke ?

      Salam,

      Hapus
  54. assalamualaikum bu
    saya belum paham cara penjemuran, karena 1 hari tidak kering bisa dilanjut hari berikutnya. itu temulawaknya disimpan dimana dulu kalau belum kering? karena menurut saran ibu jemur jam 8-11 siang kw disimpan di tempat terbuka apa tidak akan terkena jamur? terima kasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saepul Mg.

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Saepul. Jika penjemuran pada hari pertama belum kering, disimpan saja pada tempat yang kering seperti nampan, lalu ditutup dengan tudung saji, diatas tudung saji ditutup lagi dengan kain bersih/serbet, insya Allah akan tetap terjaga kebersihannya dan besuknya bisa dijemur kembali.

      Salam,

      Hapus
  55. Ass Bu, saya mau tanya, jika saya mengupas nya dan memotong temulawak nya hari ini tapi sudah lebih dari jam 11 apakah baik, tapi kalo saya mengiris skerang dan besok di jemur nya temulawak yang sudah diiris dan di bersihkan baik nya di rendam saja sampai besok di jemur atau ditiriskan? mohon bantuan nya ya bu trimakasih . wasallam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohammad Ikhsan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Ikhsan. Temulawak yang sudah diiris tapi hari itu belum sempat dijemur, sebaiknya jangan direndam, supaya gizinya tidakhilang. Lebih baik ditiriskan ditempat yang bersih lalu jemur keesokan harinya.

      Salam,

      Hapus
  56. Ass.. Maaf bu mau tanya... Magh sy kan sdh kronis .. Dan sy baru mau coba konsumsi temulawak .. Tp ini sy sdh terlanjur beli bubuk temulawak .. Sayang kl di buang jd sementara ini mw dkonsumsi saja.. Untuk mengurangi endapan nya saya coba diamkan dl supaya mengendap lalu saya saring ini sy lakukn sampai 3-4x .. Dan sy berusaha memperbanyak minum air putih.. Yang ingin sy tanyakan kl untuk bubuk temulawak ini mengenai takaran yg tepat untuk mengobati maag itu segimana ya bu .. Trimakasih sebelum nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santi Damayanti

      Maaf juga saya tidak tahu bagaimana takaran yang tepat minumnya, karena saya tidak pernah minum yang bubuk mbak. Mohon maaf. Oh ya hasil riset dan pengalaman saya, minum temulawak untuk sakit maag dan lambung cukup hanya 1 kali sehari pada sore hari minumnya, itupun temulawak yang dikeringkan lebih dahulu, baru direbus atau direndam dalam air mendidih pada gelas, yang lalu boleh diberikan sedikit gula aren atau gula merah saat mau menghidangkannya hangat-hangat kuku.

      Salam,

      Hapus
  57. Salam mbak...saya udah kena asam lambung 4 bulan ini... Mau mencoba temu lawak... Semoga jodoh ya... Soalnya saya masih merasa sesak dan kadang ada perasaan cemas... Pdhl dah minum banyak obat herbal... Sarikurma... Madu... Jellygamat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai..ini siapa ya ?

      Insya Allah minum temulawak bisa dicoba. Kandungannya multi manfaat. Ada antibiotik alami, bisa untuk antioksidan, bisa untuk menambah stamina, bisa untuk mbagusin sel darah merah. Selengkapnya keterangannya buka di google ya ?

      Minum cukup sekali sehari pada sore hari. Sebaiknya yang dikeringkan, boleh disedu dengan air panas atau direbus. Karena kalau basah, getahnya sangat keras bagi lambung.

      Salam,

      Hapus
  58. Assalamualaikum bu mau ikutan bertanya. Sy penderita sakit uluhati mau coba temulawak. Apakah caranya sama dengan pengobatan gerd? Ohya bu sy pernah baca katanya temulawak tdk boleh dikonsumsi jangka panjang krn bs mempengaruhi ke empedu atau apa sy lupa. Itu bener ga bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sari Istiqomah

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Isti, insya Allah temulawak aman untuk jangka panjang bagi ginjal dan empedu, asal cara pengolahannya dikeringkan terlebih dahulu. Dengan diiris tipis-tipis, dikeringkan pada sinar matahari yang tak lebih dari jam 11 siang, dan cara memasaknya bisa disedu dengan air mendidih atau dengan direbus.

      Salam,

      Hapus
  59. Asskum...
    Setelah di iris tipis dan di keringkan,temulawak itu lebih baik di rebus/di sedu Bu?.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Insya Allah lebih baik direbus hingga mendidih beberapa menit. Namun jika mau disedu dengan air mendidih hingga hangat kuku lalu diminum dicampur dengan gula aren juga banyak manfaatnya Mas.

      Salam,

      Hapus
  60. Assalamu alaikum bu..
    Apa seduhan temulawak yg sdh di keringkan di minum sore.. kan perut kosong apakah tidak apa2 bu... krna sya sdh lumayan agk lama kena maag.. mohon solusinya bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dodoz pn

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Yang dimaksud perut kosong itu adalah perut yang lama sekali tidak kemasukan makanan apapun. Kalau sore hari kan tidak kosong, karena siang sudah makan nasi, apalagi sakit maag kan sebentar-sebentar lapar jadi kan lambung masih ada isinya, jadi minum minuman temulawak sore hari tak masalah.

      Salam,

      Hapus
  61. Bu Niniek, boleh tanya: gara2 salah obat, saya jadi suka mual keluar keringat,tangan kaki dingin saya konsumsi Yunnan bai
    yao sudah mendingan. Saya sudah beli kunyit tapi biang semua. Saya kira lebih bagus. Bagaimana sebaiknya, apakah boleh tetap saya minum juice biang kunyit tsb? Trima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lie Kianloe

      Kunyit yang baik untuk sakit maag itu bukan kunyit yang biang ( yang bulat-bulat ), tapi kunyit anakan ( yang panjang ), pilih yang besar-besar. Sebab yang biang getahnya terlalu keras pada lambung, karena lambung orang sakit maag itu sensitif, kena zat yang merangsang sedikit akan terasa sakit. Oke ?

      Salam,

      Hapus
  62. Terima kasih banyak mbk ninik awalnya teman sarankan untuk konsumsi temulawak dgn cara direbus dr 3 cangkir hingga sisa 1 cangkir, tp untuk sempat search di google dan dpt info blog mbk yg sangat bermanfaat, saya menderita sakit di bagian lambung/perut, sdh lama sekitar 6 tahun, rasa panas di perut sampai belakang, seperti terbakar setiap habis makan, trus cepat sakit perut ingin ke wc, perut rasa gembung, sudah pengaruh ke kepala dan saraf, blom pernah makan obat dr rumah sakit. Krn takut ginjal bermasalah. Mohon secepatnya diinfokan apa yg harus saya lakukan. Apakah temulawak sama saja dengan kunyit Putin? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. NATANAEL

      Itu sudah GERD stadium menengah mas. Gerd tidak bisa sembuh hanya dengan herbal sederhana seperti temulawak, meskipun temulawak bagus sekali untuk stamina. Temulawak paling bisa menghambat asam lambung. Namun untuk membersihkan asam lambung yang sudah kemana-mana, saat ini yang efektif barulah morinda/Biocypress.

      Silahkan pesan buku untuk perawatan dan morinda/Biocypress untuk pengobatannya. Pemesanan bisa ke nomor saya 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  63. assalamu'alaikum bu niniek sy penderita gerd dan lambng lecet sdh 7bln ini sdng mencari kesembuhan bu.mhon petunjuknya sy hny mnum obt slma 1bln lbh sja bu selanjutnya mnum herbal sprti kunyit dan lidah buaya.namum meminum kunyit setiap hari membuat drop gula drh sy.rncana mau memulai konsumsi temulawak bu mhon petnjuk temulawaknya yg biang blh atw yg biasa sja y bu.krna sy slh mkn sja kambuh sprti awal skt lg.mhon petunjuknya bu.trmksh bnyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ratih Oetomo

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Ratih. Jika dokter sudah menyatakan lambung lecet dan GERD, memang sulit diobati hanya dengan ramuan tradisional dan herbal seperti kunyit, lidah buaya, serta temulawak. Ibarat kata sudah gak bisa ngangkat untuk ngobati GERD.

      Obat gerd yang efektif untuk saat ini adalah morinda atau BioCypress, tapi harganya memang cukup mahal. Biocypress 1 box 210.000 + ongkir untuk 10 hari. Sedang morinda 1 botol 545.000 + Ongkir untuk sekitar 2 minggu.

      Tapi minum air kunyit ataupun air temu lawak tetak ada manfaatnya, paling tidak untuk menahan agar GERD tidak menjadi lebih parah. Sabar yah ?

      Salam,

      Hapus
  64. Salam Sehat Selalu Bu Niniek....saya mempunyai batu di empedu saya dan saya dengar kalau temukawak bisa menghancurkan/menyembuhkan batu empedu, apakah benar Bu ??? Bisa minta ramuannya Bu Niniek. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marcell Zero The Chosen One

      Kembali salam sehat selalu mas Marcell.

      Yang saya tahu temulawak tidak untuk menyembuhkan/menghancurkan batu empedu. Hanya kandungan untuk anti oksidannya lumayan tinggi, sehingga bisa mengantisipasi berkembangnya berbagai macam penyakit dalam tubuh. Untuk batu empedu bisa pakai Teh Au Tea, harga 1 box untuk sekitar 1 minggu 175.000

      Salam,

      Hapus
  65. Dear Ibu Niniek...
    Senang bisa menemukan blognya.
    Hari ini saya ingin coba apa yang dituliskan ibu.
    Hari ini saya jemur temulawak yang sudah diiris tipis hingga jam 11. Hanya saja karena cuaca mendung, kering tidak maksimal. Apakah bermasalah jika saya angin2kan di dalam ruangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiara ra

      Dear mbak Tiara

      Alahmdulillah jika blog ibu ada manfaatnya. Semoga bisa menjadi jalan kesembuhan bagi mbak Tiara yaa ? Jika cuaca mendung boleh kok temulawak dikeringkan dengan open panggangan yang untuk roti.

      Salam,

      Hapus
  66. Bu niniek...saya sakit asam lambung.untuk konsumsi temulawak sebaiknya sebelum makan apa sesudah makan?biasanya kalau sore/malam sering lemas dan mau muntah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ludvie

      Waktu paling ideal untuk minum temulawak bagi penderita maag/gerd adalah sore. Sesudah ashar.

      Salam,

      Hapus
  67. Bu niniek.....saya mau tanya berarti kalau sdh d keringkn temulawak y ap langsung d rebus atau d diam kn dl beberspa menit....soal y maag kronis saya sdh 4 bulan ini mba semua obat sdh d coba sampai ke spesialis penyakit dlm tp rasa y badan tetap berthan saja dan malh sulit tidur serta badan lemas dada terasa sesak seperti sesak napas....bagaimn menurut ibu solusi y yg baik terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yudi mute

      Temulawak yang sudah dikeringkan, setelah dingin, sebaiknya disimpan dalam tempat yang bersih dan kering. Jika hendak dimasak, atau diminum ambil beberapa iris secukupnya.

      Jika dada terasa sesak, sulit tidur, dan badan sering lemas itu semua gejala gerd mbak.

      Solusinya, pesan buku untuk perawatan + Minum air mentah yang higienis ( caranya lihat dalam blog ini ) + pesan morinda untuk mengobatinya.

      Salam,

      Hapus
  68. Assalamualaikum bu sya mau tanya kpla terasa pusing bdan lemas dada terasa penuh seperti sesak nafas.apkah di sebut maag kronis ataw akut bu.dan bagai mana cara pengobatan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yudi mute

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika sudah ada rasa penuh di perut serta sesak nafas serta rasa lemas insya Allah ini sudah GERD awal. Jika masih maag kronis, masa pengembangan penyakit dari awal hingga kronis bisa berlangsung bertahun-tahun. Namun jika sudah GERD atau sudah terjadi asam lambung yang naik karena katup lambung sudah terbuka, maka berkembangnya ke seluruh organ tubuh relatif cepat maka harus hati-hati merawatnya.

      Solusinya, silahkan segera pesan buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis untuk merawatnya, dan pesan morinda untuk pengobatannya. Atau Biocypress. Karena belum ada herbalyang lebih efektif untuk mengobatinya.

      Pemesanan bisa di blog ini. Hubungi saya di nomor 0877.3259.8747 atau 085.228.401.939 (SMS saja).

      Salam,

      Hapus
    2. Yudi mute

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika maag sudah ada rasa lemas, begah di lambung serta sesak nafaa, insya Allah itu sudah GERD, sudah terbuka klep pembatas lambung dengan tenggorokan sehingga terjadi keluarnya asam lambung keluar dari lambung.

      Pengembangan maag dari awal ke kronis maupun akut bisa bertahun-tahun. Namun pengembangan GERD dari awal terkena asam lambung hingga menyebar ke seluruh organ jauh lebih cepat daripada fase penyebaran sakit maag. Oleh karena itu jika sudah terkena asam lambung atau GERD harus sangat hati-hati merawat diri. Karena kalau sudah menjadi parah akan sangat luar biasa penderitaannya.

      Solusinya, silahkan pesan buku dan morinda di blog ini, hubungi Ibu Niniek di nomor 0877.3259.8747 atau 085.228.401.939 (SMS saja).

      Salam,

      Hapus
  69. Beda rasa nya gimana temulawak perutan sama yg di keringkan saat di minum.....aapa reaksi y kalau sdh d minum bu terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yudi mute

      Beda rasa antara temulawak yang diparut dengan yang kering itu tak perlu dirisaukan. Yang jelas temulawak yang mentah, jika diparut, airnya diminum, seseorang bisa pingsan karena kerasnya getah temulawak mentah bagi lambung, sekalipun manfaat yang lain bagi tubuh juga sangat banyak. Tapi yang paling aman meminumnya dengan dikeringkan, lalu direbus boleh, disedu dengan air mendidih diberi gula aren secukupnya merupakan minuman hangat yang segar serta menyehatkan.

      Salam,

      Hapus
  70. Kiki..

    Assalamualaikum bu ninik..
    Saya sakit lambung adh lumayan lama... Nah selama 2bulan terakhir ini dada saya setiap hari terasa sesak, dan sampai nembus ke punggung atas... Sya sdh ronsen dan ekg jg, Hasilny normal smua,dan dokter tdk mnyarankan endoskopi bu..
    Apa sakit lambung memang mmbuat dada terasa sesak ya bu??? Kenapa smpai menembus ke punggung bu???

    Mohon balasannya bu ninik...
    Terimakasih..
    Wasalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kiky fatmalia

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Bukan hanya sekedar sesak nafas hingga sakit tembus hingga ke punggung bagian belakang saja dampak dari asam lambung mbak Kiky. Namun jika sudah parah, bahkan bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi seluruh organ tubuh.

      Dan sakitnya tuh luar biasa, dari ujung kaki hingga ubun-ubun terasa semua. Kalau dulu-dulu sebelum menjadi parah keluhannya hanya muncul di bagian tubuh tertentu. Tapi ini bisa muncul dari seluruh organ dan sakitnya luar biasa tak terkatakan.

      Dan sakitnya tuh gak hanya sebentar. Misal jika sakit kepala sedang kambuh, tuh rasa kepala kayak mau pecah dan bukannya cukup 1 jam 2 jam yang kita alami, bisa hingga seharian penuh bahkan berhari-hari hingga kita rasanya bagaikan mau gila mengalaminya.

      Maka sebelum menjadi parah obati dengan morinda, air mentah yang higienis dan buku panduan untuk perawatannya.

      Salam,

      Hapus
  71. Apakah temulawak yg direbus tidak hilang khasiatnya Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fendik Irwansyah

      Sepengetahuan saya, ada bahan-bahan jamu antara lain seperti temu lawak dan temu-temuan lain, atau daun-daunan obat, akan keluar zat obatnya setelah direbus atau minimal kena air panas 100 derajat C.

      Salam,

      Hapus
  72. Harga buku panduannya brp bu?? Saya juga pnya pnyakit lmbung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Harga Buku Panduan "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" 100.000 + Ongkir. Silahkan segera pesan karena setelah reviai harga buku akan saya naikkan. Hubungi nomor 0877.3259.8747 (SMS/WA saja).

      Salam,

      Hapus
  73. untuk ibu hamil yg kena maagh sebaiknya takaran temulawak yg sudah di keringkan berapa iris ya mbk? soalnya kan lg hamil 4 bulan.. trus apa aman di minum dalam jangka panjang bg bu hamil? terima kasih sebelumnya mbk niniek blognya sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. leandra ahmad

      Meskipun temulawak bagi ibu hamil aman, namun sebaiknya minumnya sedikit saja, antara 3 hingga 5 iris yang sedang dengan disedu air mendidih 300 cc. Insya Allah aman untuk jangka panjang bumil.

      Salam,

      Hapus
  74. Assalamu Alaikum mbak....sy punya penyakit maag&asam lambung, setiap hari berbeda sakitnya. Ada be2rapa pertanyaan &komentar yg sy baca, mengenai temu putih dan temu hitam. Apakh temu hitam dan temu putih berbahaya untuk lambung? Sy sering minum namun tdak dkeringkan. Sy ambil dibersihkan, diiris dan langsung direbus! Terima kasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahkam Moriana

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Setahu saya, yang baik untuk penderita maag adalah kunyit kuning mentah yang diparut diambil airnya kemudian dicampur sedikit dengan air hangat, serta temulawak yang dikeringkan lalu disedu dengan air mendidih atau boleh juga direbus, setelah hangat kuku diminum dengan gula aren.

      Untuk temu hitam itu lebih bermanfaat untuk penderita kanker apapun, namun penggunaannya dikeringkan baru direbus seperti temu lawak.

      Temu putih tidak begitu banyak manfaatnya untuk perbaikan lambung.

      Salam,

      Hapus
  75. Assalamu'alaykum mba Niniek, jika temulawak direbus, hasil rebusan temulawak bisa bertahan berapa lama ya?
    Jika kita merebus temulawak jam 5 pagi,apakah tdk mengapa diminum jam 8 malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marini IEP

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Saya biasanya merebus pagi diminum pagi itu juga, dan kalau mau diminum malam lagi saya panasin lagi hingga mendidih.

      Salam,

      Hapus
  76. Assalamu'alaikum wr wb

    Saya ingin menanyakan apakah masih bisa dikonsumsi apabila irisan temulawaknya berjamur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intan chobitz

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika jamur pada irisan temulawak tidak parah, bisa dicuci kembali lalu dijemur kembali. Maka harus sampai kering betul menjemurnya, dan disimpan pada tempat yang bersih dan kering, agar tidak keluar jamurnya.

      Salam,

      Hapus
  77. Aslkm ibu....saya mau tanya.kadang2 di pangkal lidah seperti ada rasa asam.itu asam lambung atw maag biasa.alhamdulillah ketemu blok ini .mksh banyak ibu .mau coba rebusan temu lawak.sbb susah makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meli Nda

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Rasa asam pada pangkal lidah, itu menunjukkan tingginya asam lambung, yang naik keatas. Hati-hati karena itu gejala awal dari GERD.

      Jaga makanan yang aman untuk lambung, jaga istirahat yang cukup, serta jaga pikiran agar tidak stress.

      Salam,

      Hapus
  78. Siang ibu, suami saya mengalami gejala perut sering kembung, kepala terasa sakit, 2-3jam setelah makan udah berasa lapar, sering buang gas(kentut), sakit di uluhati, betis terasa lemas apa itu asam lambung / maag ?? Blh gak klo pagi konsumsi kunyit dan sore konsumsi temulawak ?? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nova adu

      Insya Allah itu gejala Maag Kronis mbak. Tapi kalau tidak segera ditangani/diobati bisa dengan cepat berkembang menjadi GERD/asam lambung, yang sangat menyiksa deritanya. Bisa mbak pagi minum air kunyit parut, dan sore minum temulawak kering jangan temulawak yang diparut, di lambung keras getahnya. Jika mau hubungi ibu SMS/WA di nomor 085.228.401.939. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  79. Boleh tidak temulawak dicampur dengan Rosella. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. PENGAMPU PUSTAKA

      Maaf baru bisa balas, karena sempitnya waktu. Wah saya tidak tahu karena belum pernah riset.

      Salam,

      Hapus
  80. Maaf kalau temulawak yg sudah d keringkan trus d seduh hari ini tapi minumnya besok harinya berbahaya tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Sebaiknya minum temulawak kering yang sudah disedu, batasnya hanya 1/2 hari. Misal pagi menyedu, maksimal sorenya harus diminum. Bahkan akan lebih enak dan segar rasanya, begitu disedu diberi gula aren sedikit, hangat-hangat kuku langsung diminum.

      Kalau buatnya pagi diminum sore rasanya sudah lain. Apalagi kalau buatnya sore minumnya besok paginya, rasanya sudah setengah basi. Jadi diminum segar saja yah ?

      Salam,

      Hapus
  81. Kl menggunakan kan oven utk keringkan irisan temulawak / kunyit butuh waktu berapa lama ya..
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Maaf saya dulu mengoven temulawak tidak saya perhatikan waktunya. Ya dilihat saja jika kira-kira sudah kering diangkat. Tapi jangan sampai terlalu kering agar gizinya tidak rusak. Lebih aman memang dengan dijemur, keringnya alami. Asal penjemurannya tidak lebih dari jam 11 siang karena sinar matahari sudah kurang baik bagi penjemuran herbal.

      Salam,

      Hapus
  82. Minumnya sebelum apa sesudah makan di pagi hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Minum temulawak baiknya sore sesudah ashar.

      Salam,

      Hapus
  83. Assalamualaikum, buk ninieks, kalau untuk nafsu makan atau menambah Berat badan gimana pengolahan dan waktu konsumsinya y bu Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Pengolahan untuk kepentingan apapun sama, seperti artikel diatas. Untuk nafsu makan bisa dikonsumsi 2 x pagi dan sore sesudah makan.

      Caranya : Ambil beberapa potong temulawak, cuci bersih, sedu dengan air mendidih. Diamkan hingga hangat kuku atau warna minuman menjadi kekuning-kuningan, diminum. Boleh campur madu murni atau gula aren/gula merah.

      Salam,

      Hapus
  84. Assalamualaikum....bu..maaf mau nayak,temu ireng apa bisa buat sakit maag juga bu...mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Temu ireng itu untuk obat kanker. Kalau untuk obat maag temulawak, atau kunyit kuning. Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  85. Ass.....bu..temulawak kering yg sudah direbus trus campur madu blh tdk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf baru balas. Karena padatnya pekerjaan. Temu lawak kering yang sudah direbus boleh dicampur dengan madu, tapi mencampurkannya ketika air sudah hangat, jangan ketika masih panas, merusak gizi dalam madu.

      Salam,

      Hapus

Back To Top