SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

MENGAPA GERD TAK CEPAT SEMBUH


Bissmillahirrahmanirrahiim..

Alhamdulillahirabbil’alamiin..dalam takdir kita, semuanya adalah yang terbaik untuk kita. Ada kebaikannya. Ada pembelajaran yang mahal disana. Dan banyak hikmah yang hanya ada dalam takdir kita, kita bisa menemukannya, tentu saja jika kita mau berhening dan menyimaknya ! Sehingga kita bisa mengenal siapa diri kita, dari mana asal kita, dan kemana kita hendak menuju ?

Bukankah ada awal bagi kita...lalu ada perjalanan yang mau atau tidak harus ditempuh..dan ada akhir, bersama raport perjalanan sebagai catatan yang akan menjadi penentu lulus tidaknya penilaian...

Mengapa kita tidak takut kepada Sang Penilai ?

Sang Penilai yang dengan hak prerogatifnya Maha Berkehendak sebagai penentu takdir atas seluruh makhluk ? Karena Ialah Sang Maha Pencipta seluruh alam semesta seisinya. Dunia bahkan akherat. Subhanallah..
Mengapa kita yang maha kecil ini masih arogan dengan pencapaian kita serta segala apa yang kita miliki ? Mengapa kita masih rakus padahal segala sudah kita miliki. Harta, pangkat, derajat dan kedudukan ? Masih kurangkah hasil korupsi kalian ? Rumah dan mobil mewah ? Tanah yang ratusan hektar ? Deposit yang kalian simpan diluar negeri atau atas nama orang lain karena nama kalian sudah tak muat untuk kepemilikan uang haram kalian ? Mudah-mudahan tak ada diantara kita yang demikian yah teman ?

Ya Allah..astaghfirullahaladziim...

Tak malukah kita kepada diri kita sendiri dan takut kepada Allah SWT ? bahwa kita telah menjadi budak dari nafsu kita sendiri ? Bukannya menjadi tuan atas diri sendiri ? Tuan yang mempunyai kewibawaan untuk menentukan apapun yang baik untuk mengisi raport kehidupan ?

Tuan yang cukup bersyukur dengan sesuap nasi ketika hidup, dan yang sangat menyadari yang menjadi haknya hanyalah beberapa meter kain kafan sebagai pembungkus jasadnya kelak ? Untuk apa menimbun semua yang ada didunia ? Jika semua akan ditinggalkan dan tak tahu kapan waktunya ? Dan yang akan berarti di akherat kelak hanyalah amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh ?

Mengapa Sakit GERD Tak Cepat Sembuh ?

1.    Kurangnya pemahaman akan sakit GERD

Sakit GERD pada umumnya dilatarbelakangi oleh riwayat sakit maag sebelumnya yang lama tak sembuh-sembuh, sehingga asam lambung naik, dari lambung merayap keluar kemana-mana.

Jika asam lambung yang sifatnya asam itu ada didalam lambung masih aman. Karena dinding lambung oleh Allah dilapisi dengan lendir mucossa, yang mampu menahan lambung tak terkikis oleh asam lambung ketika mencerna makanan. Sifat keasaman asam lambung inilah yang sangat dibutuhkan oleh lambung dalam mencerna makanan yang kita makan.

Nah, jika kita makan makanan yang terlalu ekstreem seperti pedas, asam, makanan yang merangsang, makanan yang keras, maka derajat keasaman lambung otomatis akan meningkat untuk mengimbangi kerja lambung yang melampaui kapasitas. Hal ini akan menyebabkan mucossa lambung terkikis sehingga pertahanan lambung jebol karena dinding lambung terkikis oleh keasaman lambung. Maka inilah kemudian yang dinamakan iritasi lambung atau sakit maag.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus tanpa penanganan yang benar, maka lama-kelamaan, oleh faktor makanan, kelelahan fisik maupun psykies, asam lambung ini akan terpicu naik dan keluar kemana-mana. Daerah yang terkena asam lambung yang naik ini, tentu saja riskan sekali karena tidak dilapisi dengan mucossa. Sehingga fungsi dari organ-organ yang terkena asam lambung naik ini akan mengalami penurunan bahkan bisa rusak. Inilah yang kemudian disebut dengan GERD atau asam lambung naik.

Maka, mengapa keluhan GERD menjadi nano-nano ? dari masuk angin hingga otak blank ? hingga dokterpun bingung mengobatinya. Apalagi pasiennya ?
Dan yang lebih fatal lagi, kurangnya pemahaman kita akan GERD. Saking kompleksnya keluhan, sehingga kita menyangka bahwa diri kita telah kena santet atau guna-guna orang. Apalagi disertai dengan sensasi aneh yang sering muncul di otak kita seperti : rasa gelisah, panik, takut mati, takut pada sesuatu yang tak masuk akal. Yang semua ini diakibatkan oleh munculnya gangguan kejiwaan karena gangguan seluruh system tubuh akibat asam lambung.

Kurangnya pemahaman kita akan GERD ini mengakibatkan GERD tak bisa cepat sembuh.

2.    Sakit GERD adalah sakit yang multikomplek

Jika maag telah berkembang menjadi GERD apalagi jika GERD telah semakin parah, maka penderitaan akan semakin kompleks. Jantung berdebar. Dada rasa panas. BAB bermasalah. Tenggorokan sering radang dan sulit untuk menelan. Ada rasa yang mengganjal di tenggorokan. Tenggorokan seperti tercekik. Telinga sakit dan berdenging hingga ke infeksi telinga. Migren. Fertigo. Sinusitis. Kliyengan. Otak blank ! Muncullah ambeien. Yang semua itu dialami setelah terjadi GERD.

Setelah keluhan beraneka ragam tersebut dialami, tentu dokter atau pakar kesehatan manapun akan menjadi bingung untuk menganalisa serta mengambil langkah pengobatan ? Bagaimana tidak ? Berbagai macam keluhan ada dalam satu tubuh ?

Diobati keluhan yang satu berdampak pada munculnya penyakit baru. Begitulah dan seterusnya. Walhasil GERD dengan pengobatan kimia, bukannya makin sembuh tapi malah kian parah. Karena obat kimia hanya mampu meredam gejalanya, bukan mengobati akar penyakit. Tapi ya dilematis. Karena hanya obat kimialah yang bisa meredam rasa sakit seketika. Obat herbal tak mampu meredam rasa sakit sebagaimana obat-obatan kimia. Oleh karena itu, ada baiknya, bagi yang masih menjalani pengobatan dokter dan ingin minum Noni Morinda, pengobatan dokter tetap dilanjut namun dijaraki dengan minum morindanya.

3.    Tidak sabar dan telaten berobat

Bagi yang tak telaten berobat, maka sudah dapat ditebak, mereka tak akan cepat sembuh. Karena bekerjanya obat perlu waktu. Apalagi obat herbal seperti morinda. Paling tidak memerlukan waktu antara 2 atau 3 bulan penggunaan hingga benar-benar menghasilkan kesembuhan yang signifikan.

Minum noni morinda pada botol pertama atau kedua biasanya masih berfungsi untuk mengeluarkan semua racun penyakit (detoksifikasi) dari dalam tubuh. Baru pada botol-botol selanjutnya mulai terjadi perubahan kesehatan, karena sudah mulai terjadi proses regenerasi atau pembaharuan sel.

Jika baru minum noni morinda pada botol pertama, sudah tak mau lanjut lagi ( karena merasai reaksi yang tak nyaman dalam tubuh ), ya sudah. Kapan mau sembuhnya ? Karena menurut pengalaman saya hingga saat ini, baru noni morindalah herbal yang paling efektif untuk mengobati maag dan GERD. Herbal lain belum ada. Entah kalau kedepan nantinya ada produk herbal yang bisa mengungguli noni morinda. Karena tehnologi obatpun selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Ini baru dari faktor obat. Apakah kesembuhan hanyalah diperoleh dari faktor obat saja ? Tidak teman. Yang utama adalah dari interospeksi diri. Taubat yang sungguh-sungguh di Hadapan Allah SWT. Memperbaiki sikap hidup dengan berperilaku positif : Rajin dan tekun beribadah. Rendah hati. Tidak sombong. Pemaaf. Penuh toleransi kepada sesama. Dermawan. Tidak boros. Tidak kikir. Suka menolong. Tidak suka menghina atau merendahkan orang lain. Dan lain sebagainya.

Kecuali itu faktor cukup istirahat juga menjadi penentu cepat tidaknya kesembuhan. Faktor menu makan juga sangat menentukan tingkat kesembuhan maag dan GERD. Serta faktor menjaga kestabilan berpikir, sehingga tidak terjadi stress.

Maka harus sinergi antara ketepatan obat yang diminum + menu makan yang baik + istirahat yang cukup + serta pola pikir yang selalu positif + pikiran yang terjaga dari segala tekanan. Jika semuanya ini bisa dilakukan secara bersama-sama, insya Allah sakit GERD akan segera sembuh.

4.    Kurangnya perhatian keluarga

GERD jika belum parah, tidak menunjukkan tanda-tanda kalau ia sakit. Karena tampilannya seperti orang sehat. Hanya saja tubuhnya yang terus mengurus. Tidak sebagaimana sakit yang lainnya, terbaring lemah ditempat tidur, pucat, kuyu, sehingga tanpa diberitahupun kita tahu bahwa ia sedang sakit. Suhunyapun jika dipegang selalu meriang. Itu jika sakit selain GERD.

Para penderita GERD yang belum stadium parah. Tampilannya seperti orang sehat. Masih bisa beraktifitas. Terkadang tidak pucat, meskipun berat badan turun terus. Suhu badanpun normal jika kita tempelkan tangan pada kulitnya.
Namun sebenarnya rasa badan sungguh tak karuan. Ibarat dari ujung kaki hingga ke ubun-ubun ada keluhan. Dan sensasi keluhanpun aneh serta sangat tak enak dirasakan. Dan kesakitan luar biasa pada bagian tubuh tertentu yang pernah kena asam lambung, akan terasa ketika sedang kambuh.

Misal area dada pernah terkena asam lambung naik, maka ketika kambuh asam lambungnya dada akan merasakan sangat panas bagai terbakar. Jika area paru-paru yang terkena asam lambung naik, maka jika kambuh, akan terasa sesak nafas bagai nafas mau berhenti saja.

Bagi orang yang belum pernah merasakan begah perutnya padahal belum makan pada orang sakit maag atau GERD tidak akan pernah bisa membayangkan, bagaimana sih rasanya begah perutnya ? Itulah GERD. Dengan beribu sensasi keluhan dan penderitaan.

Itu baru begah. Lha jika semua keluhan muncul, bagaimana rasanya ? Bisa dibayangkan bukan ? Misal : Jantung berdebar kencang, kepala muter dan kliyengan, mual tapi tak bisa muntah, lambung perih bagai disayat-sayat pisau, muncul keringat dingin, lambung usus dada semuanya panas rasa terbakar, telinga sakit bagai ditusuk-tusuk jarum, bagaikan ada binatang didalamnya yang sesekali menyengat sakit sekali, ada dahak kenthal di tenggorokan yang tak bisa keluar menyumpal diujung hidung, sendawa terus menerus namun tertahan didada ? Kalian sudah pernah merasakannya belum ?

Rasanya bagai mau gila teman !

Nah jika seperti ini, tentu inginnya hanya berbaring dan berbaring. Meskipun berbaring juga tak bisa mengurangi penderitaan yang dialami.

Kondisi GERD yang seperti ini, jarang yang mengerti karena belum pernah merasakannya. Maka mereka anggota keluarga yang kurang perhatian pada si sakit tak bisa disalahkan juga, kalau mereka mendakwa kita malas, tak mau kerja, hanya alasan, dan lain sebagainya. Tentu kalian penderita maag atau GERD tahu, bahwa kalian akan menjadi sangat sensitif perasaannya karena dalam keluarga merasa tak berguna lagi dan hanya merepotkan keluarga saja.

Jika yang sakit kepala keluarga ia merasa bersalah karena kemudian tak bisa bekerja mencari nafkah. Jika ibu yang sakit ia merasa bersalah karena tak bisa mengurus rumah tangga lagi seperti dulu. Jika anak yang sakit ia merasa sedih karena tak bisa masuk sekolah. Jika ia seorang mahasiswa yang hampir lulus, tiba-tiba kena GERD lalu tak bisa menyelesaikan skripsinya, ia merasa sangat bersalah kepada kedua orangtuanya. Apalagi kalau sampai DO. Maka pupuslah sudah harapan untuk menjadi sarjana, prestasi yang sangat diharapkan kedua orangtua sejak dulu. Orang tua kerja banting tulang mencari uang hanya berharap agar anaknya bisa lulus sebagai sarjana.

Melalui artikel ini, saya berharap, agar anda yang membacanya, mau memahami, beginilah sebenarnya penderitaan GERD. Ia sangat butuh perhatian. Butuh kasih sayang. Butuh pengertian. Butuh perawatan yang seksama. Butuh bantuan. Butuh toleransi. Butuh didampingi. Itulah GERD.

5.    Kurangnya motivasi diri

Tidak adanya motivasi untuk sembuh menyebabkan seorang penderita GERD tak cepat sembuh. Karena lama tak sembuh-sembuh, meskipun segala upaya telah dijalaninya, menimbulkan trauma untuk menjalani pengobatan selanjutnya. Baik pengobatan medis maupun pengobatan herbal. Karena lama telah dijalaninya belum juga menunjukkan adanya perubahan.

Untuk apa makan dilarang-larang. Tak boleh makan yang enak-enak. Untuk apa minum obat lagi. Untuk apa tak boleh olah raga. Tak boleh lari pagi. Tak boleh naik sepeda motor. Tak boleh naik turun tangga. Toh belum sembuh-sembuh juga ?

Banyak diantara penderita maag/GERD yang kemudian nekad.  Lalu ? dia makan segala yang dipantang. Lari pagi. Tak mau minum obat lagi. Naik motor. Naik turun tangga. Angkat yang beratpun dilakoninya. Pokoknya semua larangan untuk sembuh diterjangnya. Akibatnya apa ? Hanya bertahan beberapa hari, iapun collaps. Masuk UGD. Pendarahan lambung dan usus. Dan jiwanya tak bisa tertolong lagi. Karena ia memang sudah tak punya semangat untuk hidup lagi. Maka segala ikhtiyar tak membantunya.

Ini bukan isapan jempol agar kalian takut. Tapi ini kisah yang banyak terjadi dikalangan penderita maag/GERD yang tak sembuh-sembuh. Jika kitalah yang terkena, kuncinya sembuh adalah : Interospeksi diri, sabar, tekun, tawakkal, tetap semangat dan yakin untuk sembuh. Serta jaga makanan, pikiran serta cukup istirahat.

Begitulah semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada kekurangannya saya mohon maaf. Tak lupa salam serta shalawat seagung-agungnya kepada Junjungan Mulia Nabi Agung Muhammad SAW beserta ahli keluarga beliau yang sangat beliau sayangi dan para sahabat yang beliau cintai. Mudah-mudahan terlimpah untuk kita sekalian yang berkhidmad kepada beliau hingga akhir jaman.

Alhamdulillahirabbil’alamiin..

Purworejo, 5 Februari 2018

Salam tauhid
Niniek SS.

Labels: GERD, Interospeksi, Kiat-Kiat Sembuh

Thanks for reading MENGAPA GERD TAK CEPAT SEMBUH. Please share...!

10 comments on MENGAPA GERD TAK CEPAT SEMBUH

  1. Terimakasih bu . Tulisan ibu membuat saya bersemangat utk sembuh dr GeRd yg menyiksa ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Mbak Dona carens,

      Sama-sama mbak. Terima kasih atas kunjungannya di blog. Semoga blog ini ada manfaatnya. Dan semoga lekas sembuh. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  2. Ibu...resep jus bayamnya Alhamdulillah enak, bertenaga.. Apa itu termasuk obat lambung juga ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitri firdausy cholil

      Alhamdulillah jika resep jus bayamnya enak dan bikin bertenaga mbak Fitri. Sebenarnya secara tidak langsung air bayam mentah ini memang bisa mengurangi rasa lemas pada penderita maag dan GERD. Jadi bisa mendukung kesembuhannya.

      Para penderita maag kronis atau gerd yang tak sembuh-sembuh, pada umumnya mengalami penurunan berat badan yang serius dan rasa lemas sepanjang hari. Hal ini dikarenakan lambungnya sedang bermasalah sehingga tak bisa memproses makanan dengan maksimal. Tentu dampaknya penderita akan kekurangan nutrisi. Hal inilah sebenarnya yang menjadikan turunnya berat badan yang drastis, dan munculnya rasa lemas yang tak diketahui sebabnya.

      Resep air bayam + kuning telur ayam kampung + madu kecuali rasanya enak, juga bisa mengantisipasi turunnya berat badan, serta mengurangi rasa lemas.

      Bisa diminum setiap pagi jam 9, setiap hari hingga rasa lemas berkurang. Resep ini juga bisa menaikkan HB yang rendah, menaikkan tekanan darah rendah. Silahkan dicoba ya teman. Semoga bermanfaat bagi yang lain.

      Salam,

      Hapus
  3. Assalamualaikum bu niniek, saya mau bertanya.. Apa benar air alkali spt mizu co, millagros dpt menyembuhkan gerd/magh?.. Trmksh bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iman Perdana

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Untuk diminum orang sehat sejauh ini baik-baik saja asal sesuai aturan pengguinaannya mas. Tapi berdasarkan kesaksian dari ribuan pasien maag dan GERD yang ibu tangani yang minum milagross, mereka mengatakan lambung semakin sakit dengan minum milagross.

      Menurut pendapat saya bukannya tidak cocok, namun karena lambung sangat sensitif, jadi tidak kuat menerima healing crissis dari milagross.

      Jadi saran saya, sebaiknya tak usah diminum, lebih baik minum air mentah yang higienis. Insya Allah akan menyehatkan serta menjadi lantaran kesembuhan sakit maag/GERD.

      Salam,

      Hapus
  4. Maav bu ninik.. saya boleh minta resep jus bayam nya.. cara bikin nya bagaimana ya bu.. saya sakit gerd sudah 9 bulan.. berbagai ikhtiar sdh saya lakukan.. mohon solusinya ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Cara membuat jus bayam sebagai berikut : ambil 1 genggam daum bayam potong yang daunnya lebar-lebar, cuci bersih, diblender dengan diberi air kira-kira 75 cc/ml, saring, lalu campurkan dengan 1 butir kuning telur ayam kampung, lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni yang manis, aduk rata, minum sesudah makan pagi, dengan makan beri jarak kurang lebih 2 jam. Karena resep bayam ini mengenyangkan dan bisa menambah berat badan.

      Ingat, bagi yang mempunyai asam urat tinggi jangan minum resep bayam ini, asam uratnya bisa kambuh.

      Salam,

      Hapus
  5. salam kenal Bu ninik
    kagen water apa boleh diminum oleh penderita gerd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Salam kenal kembali.

      Kangen Watter bagus untuk GERD atau Maag, tapi ambil Phnya yang tak lebih dari 8.5 saja, karena kalau PHnya terlalu tinggi,tubuh akan kaget menerima basa yang terlalu tinggi sehingga reaksinya akan cukup mengganggu apalagi jika dosis minumnya tidak tepat.

      Salam,

      Hapus

Back To Top