SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Makanan Mentah Bagi Penderita Maag Dan Gerd

Bismillahirrahmanirrahiim...

Kepada siapa kita wajib menghaturkan sembah dan puji syukur kalau bukan kepada Allah SWT. Yang telah menghamparkan bumi seisinya, daratan, laut dan udara untuk keberlangsungan hidup kita semua dan segala makhluk ?

Bumi dengan segala tetumbuhan yang beraneka macam, sebagai sumber gizi bagi kesehatan kita. Laut sebagai sumber kekayaan hayati yang kaya akan beraneka warna ikan beserta tetumbuhan laut beserta isinya sebagai sumber makanannya, yang selanjutnya ikan sebagai sumber gizi yang tak ternilai bagi manusia.

Lalu kepada siapakah kita, umat Islam wajib menghaturkan salam serta shalawat yang setinggi – tingginya, kalau bukan kepada Rasulullah SAW, yang telah mengenalkan kita kepada jalan mengenal lalu kemudian mengabdi kepada Allah SWT, yang wajib  kita sembah serta kita muliakan setingi – tingginya ?

Kali ini saya ingin menelaah masalah MAKANAN MENTAH BAGI PENDERITA MAAG DAN GERD, karena sudah sejak beberapa lama banyak teman – teman sakit maag dan gerd yang menanyakan :”Bund, bagaimana menurut Bunda, apakah baik Food Combining bagi sakit maag atau gerd ?”

Untuk itulah saya merasa perlu untuk menjelaskan jawabannya, lewat artikel ini agar tidak hanya segelintir teman yang tahu, namun semoga bisa menjadi tambahan wawasan atau pengetahuan bagi para pembaca blog sederhana ini.
Yuk kita telaah bersama – sama, insya Allah saya akan berusaha semampu saya, semoga Allah senantiasa berkenan untuk membimbing saya dalam setiap penulisan artikel – artikel dalam blog ini.

MAKANAN MENTAH BAGI PENDERITA MAAG DAN GERD

Semua makanan mentah jauh lebih baik dari makanan yang telah dimasak, karena kandungan gizinya masih utuh, ini adalah hal mendasar yang harus kita fahami. Baik itu buah – buahan, sayuran, ikan maupun daging – dagingan. 

Namun tentu saja makanan mentah yang belum terkontaminasi dengan semua upaya manusia dalam budidayanya.

Seperti ayam pedaging dalam pemeliharaannya tentu sudah dengan suntikan hormon agar ayam lekas besar dan cepat bisa diambil dagingnya. Demikian juga ayam petelor, selalu dengan suntikan hormon agar ayam lekas bertelor dan menghasilkan banyak telor agar menguntungkan peternaknya.

Demikian juga dengan buah – buahan dan sayur – sayuran. Dalam budidayanya kebanyakan tak terlepas dari semprotan pestisida, atau gizi untuk pohon agar pohon cepat berbuah, lebat buahnya dan tidak rontok. Hal ini seringkali menghasilkan buah - buahan serta sayuran yang sudah terkontaminasi oleh kimia sehingga mengakibatkan timbulnya berbagai masalah kesehatan dalam tubuh.

Hal – hal apakah yang perlu diperhatikan jika akan memulai makanan mentah, bagi penderita maag dan gerd ?

Apa saja makanan mentah yang dibutuhkan oleh penderita maag dan gerd ?

1.    AIR MENTAH.
2.    BERAS MENTAH.
3.    LAUK MENTAH.
4.    SAYUR MENTAH.
5.    BUAH – BUAHAN.

Mengapa air putih yang mentah sangat vital bagi kesembuhan lambung ? 

Marilah kita lihat dulu MANFAAT MINUM AIR PUTIH yang cukup : 

1.    Meningkatkan Kekuatan Otak. 
  • Bahwa minum air putih yang cukup mendukung otak bekerja secara maksimal.
2.    Mencegah penyakit kanker.
  • Dengan menjaga kebutuhan tubuh akan air minimal 2 liter setiap harinya maka dapat mengurangi resiko kanker usus dan kanker kandung kemih serta kanker –kanker yang lain seperti kanker nasufaring dan lainnya. Ketiga jenis kanker itulah yang sering menyerang para penderita maag kronis dan gerd yang sudah teramat parah. Oleh karena itu betapa pentingnya banyak minum air putih yang cukup setiap harinya, agar terhindar dari kanker tersebut.
3.    Meningkatkan mood.
  • Kekurangan air dalam tubuh ternyata dapat menyebabkan kita gampang marah dan bingung tanpa sebab. Oleh karena itu betapa pentingnya minum yang cukup setiap harinya agar hati dan pikiran kita selalu bahagia adanya.
4.    Meredakan rasa nyeri.
  • Bagi penderita maag maupun gerd sering mengalami rasa nyeri pada sendi maupun pada seluruh tubuh. Hal ini karena kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ternyata asupan air yang cukup dapat mengurangi rasa nyeri persendian maupun peradangan dalam tubuh.
5.    Meredakan mual.
  • Mual bisa disebabkan tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu dengan minum yang cukup bisa meredakan rasa mual yang kita rasakan.
6.    Bisa untuk menurunkan berat badan.
  • Minum air putih yang banyak bisa menurunkan berat badan. Karena minum air putih terasa mengenyangkan sehingga kita malas untuk makan makanan yang mengandung kalori.
7.    Menyehatkan kulit.
  • Dengan banyak minum air putih, maka racun penyakit  yang ada dalam tubuh akan larut dan terbuang keluar tubuh, lewat air seni atau keringat. Kurang minum ptutih juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat yang susah dihilangnkan.
8.    Air sangat dibutuhkan dalam tubuh.
  • Untuk mengatur suhu tubuh, mencerna makanan serta mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, maka kesehatan akan terganggu.
9.    Menyehatkan usus.
  • Kekurangan air bisa menyebabkan sembelit. Oleh karena itu untuk mencegah sembelit kalian hendaknya banyak minum air putih setiap harinya. Jika bab lancar, maka ususpun akan terjaga kesehatannya karena tidak menyimpan toxin dalam tubuh berhari – hari yang akhirnya bisa terserap kembali oleh usus dan ikut beredar ke seluruh tubuh. Ngeri bukan bila bab kita tidak lancar setiap harinya ? Karena kotoran yang terserap kembali oleh usus dan beredar kembali ke seluruh tubuh akan menjadi biang timbulnya berbagai macam penyakit !
10.    Menambah kekuatan otot.
  • Setiap kita melakukan aktifitas, terutama olah raga dan yang menggunakan tenaga, maka tubuh akan selalu banyak kehilangan air. Untuk mencegah dehidrasi dan kelelahan, maka banyak – banyaklah minum air putih setiap beraktifitas.
Mengamati betapa besarnya manfaat air bagi tubuh, maka jangan diremehkan soal minum. Jika kalian mau minum air mentah, maka akan lebih efektif manfaat air bagi tubuh. Karena oxygen yang terkandung dalam air mentah masih utuh. Kecuali itu, strukstur kimia dalam air mentah tidak berubah, sehingga akan lebih mudah terserap didalam tubuh daripada air yang dimasak. 

Sedangkan air yang sudah dimasak, karena ketika terjadi pemanasan oleh api sehingga mendidih 100 derajad C, struktur kimia air sudah berubah, inilah yang menyebabkan air yang dimasak, apalagi dengan tambahan zat yang lain seperti teh, kopi atau yang lain selalu akan meninggalkan residu pada ginjal, serta menjadi kerak yang menempel pada pembuluh – pembuluh darah, sehingga akan mengalami penyumbatan atau penyempitan.

Air mentah tak akan meninggalkan residu pada ginjal atau pada organ yang dilewatinya.

Meskipun makanan mentah sangat banyak manfaatnya. Namun bagi penderita maag, tidak sembarang makanan mentah cocok bagi lambung. Makanan yang akan dikonsumsi mentah hendaknya dipilih yang dibutuhkan serta yang cocok bagi lambung. Semuanya harus dimulai dari kebutuhan menu dasar dan yang aman bagi lambung.

1. MINUM AIR MENTAH.

Kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia hidup adalah AIR, oleh karena itu mengapa saya selalu menggarisbawahi dalam pengobatan maag dan gerd ala Niniek SS, yang paling penting kecuali Buku Panduan bagi perawatan sehari – hari adalah “TERAPY MINUM AIR MENTAH”. Setelah itu baru silahkan pilih antara MORINDA atau FIRMAX3, 2 herbal yang unik dan luar biasa !

Kecuali itu, karena tepung kerut mempunyai zat yang mampu melapisi dinding lambung untuk menggantikan mukossa yang hilang, maka saya persilahkan untuk juga konsumsi minum tepung kerut mentah, yang hanya disedu dengan air, boleh air hangat ataupun air mentah ( bagi yang sudah terbiasa minum air mentah ). Ini untuk yang maagnya belum begitu parah. Bagi yang maagnya sudah parah ya lebih baik dimasak saja !

Jika sudah terbiasa minum air mentah, maka silahkan jika akan mencoba menu mentah yang aman bagi maag kronis dan gerd.

2. MAKAN TEPUNG BERAS MENTAH.

Jika makan nasi lembek masih sakit, makan buburpun masih bermasalah, maka cobalah makan tepung beras.  Boleh tepung beras putih ataupun tepung beras merah. 

Sekali konsumsi cukup dicoba dengan 2 sendok makan tepung. Awal makan, makanlah sehari sekali saja. Pada pagi hari. Minum tepung berasnya caranya : ambil 2 sendok tepung beras, beri air 1 gelas tanggung atau sekitar 150 cc boleh beri 1 sendok makan madu yang murni.

Jika minum hari pertama aman, artinya reaksinya baik – baik saja, maka pada hari kedua tingkatkan menjadi 2 x makan tepung beras. Dan seterusnya hari ke 3 tingkatkan lagi menjadi 3 x makan tepung beras dalam seharinya.

Namun jika minum tepung beras hari pertama mengalami mual, pusing atau diare. Gak apa – apa. Hari kedua tetap minum 1 x saja dalam sehari, sampai reaksi tak terasa lagi, baru selanjutnya bisa ditingkatkan mengkonsumsi 2 x makan dalam sehari.

Jika sedang terapi makan beras mentah. Selebihnya, boleh makan dan minum seperti menu hari – hari biasa yang matang.

3. LAUK MENTAH.

Jika sudah terbiasa minum air mentah, minum tepung beras mentah juga sudah lancar. Maka kesehatan insya Allah akan lebih cepat membaik daripada makan masakan matang. Tak akan ada lagi sembelit jika sudah terbiasa minum air mentah dan makan tepung beras mentah.

-    TELOR AYAM KAMPUNG MENTAH

Sesudah itu yuk kita tingkatkan dengan lauk yang mentah. Mulailah dengan mengkonsumsi telor ayam kampung yang mentah. Makan beberapa telor ayam kampung yang mentah tak akan berakibat tingginya kolesterol. Wong saya sudah mencobanya. Hanya untuk menu makanan mentah ini, baru saat ini saya mood untuk share kepada kalian semua. Telor ayam kampung yang mentah, tak akan berakibat menimbulkan kolesterol, lain dengan konsumsi telor yang matang, jika keseringan, kolesterol bisa naik, karena strukstur kimia dalam telor yang dimasak juga sudah berubah. Aneh kan, baru tahu ya kalian ?

-    IKAN MENTAH.

Ikan apa saja, asal jangan ikan tongkol, setelah dibersihkan ( kulit atau sisiknya harus bersih ), ambil dagingnya saja lalu bisa diblender.  Kemudian beri sedikit kecap dan garam, lalu dimakan mentah, insya Allah rasanya enak sekali. Makan ikan mentah, tak akan menjadikan sembelit, dan gizinya juga masih utuh. Makan makanan mentah, bagi penderita tak akan menyebabkan perut terasa begah, karena ketika dicerna oleh lambung akan lebih mudah terserap nutrisinya oleh usus.

Rasanya manis segar. Untuk mengkonsumsi makanan mentah, harus dipilih yang benar – benar baru yang masih segar. Air mentah juga harus higienis. Tepung beras kalau bisa yang masih baru. Telor juga pilih yang masih baru belum kedaluwarsa. Ikan juga yang masih benar – benar segar.

-    TAHU MENTAH.

Tahu mentah yang dimaksud adalah tahu yang biasa dijual dipasar – pasar atau di supermarket.  Boleh tahu putih atau tahu yang kuning. Tak perlu digoreng atau direbus dulu. Langsung saja setelah dicuci lalu dimakan. Meskipun tahu ini sebenarnya sudah melalui proses pemasakan, namun jika langsung dimakan sesudah dicuci, jauh masih lebih banyak gizinya daripada yang sudah digoreng atau dimasak menjadi sayur.

4. SAYURAN MENTAH.

Setelah terbiasa mengkonsumsi Ketiga makanan mentah diatas, air, tepung beras dan ikan mentah, lalu cobalah mengkonsumsi sayuran mentah yang tak perlu dimasak. Sama seperti ketiga makanan tersebut diatas, maka untuk sayuran mentahpun sebaiknya dipilih sayuran yang masih segar hari ini ( belum layu ), sebaiknya yang belum masuk kulkas. Cobalah lebih dahulu dengan :

-    WORTEL :  

Pilihlah wortel yang banyak dagingnya, bukan wortel yang ditengahnya keras kaya ada kayunya. Wortel yang berdaging lebih banyak vitaminnya daripada wortel yang tengahnya keras. Dan juga kalau diblender/dijuice rasanya lebih segar dan manis. Untuk satu kali konsumsi, cukup 1 wortel panjang yang besar saja. Sehari cukup 1 x saja.

-    KENTANG : 

Pilihlah kentang yang kulitnya belum hijau. Karena kentang yang kulitnya sudah berwarna hijau dagingnya sudah beracun, jika dikonsumsi malah akan menyebabkan sakit perut. Namun juice kentang yang kulitnya kuning inilah kentang yang bagus.

Memilih kentang sebaiknya kentang yang kering, karena kentang yang masih basah, baru saja dipanen ( pada kulitnya masih menempel tanah yang basah jika baru saja dipanen ), biasanya kandungan pestisidanya masih sangat tinggi. Sehingga kentang yang masih basah jika dikonsumsi mentah akan menyebabkan sakit perut.

Mengkonsumsi juice kentang yang baik setiap hari akan melancarkan bab sehingga terhindar dari sembelit. Minum juice kentang cukup sehari 1 x saja. Jika pagi sudah mengkonsumsi juice wortel maka siangnya boleh minum juice kentang.

-    JUICE BERBAGAI SAYURAN MENTAH

Jika sudah terlatih dengan mengkonsumsi juice wortel mentah dan juice kentang mentah, maka selanjutnya bisa dicoba dengan juice dari sayuran yang lain seperti : kacang panjang, taoge, brokoli, kangkung, bayam, dan lain – lainnya.

5.    BUAH – BUAHAN

Buah – buahan memang dimakan mentah. Tetapi pilih buah yang aman seperti alpokat, pepaya ( tidak semua lambung cocok, ada yang malah diare konsumsi pepaya ), pisang kapok kuning yang matang pohon. Lambung yang bermasalah sangat sensitif terhadap buah – buahan yang lainnya. Namun jika sudah biasa konsumsi makanan mentah, lambung makin kuat terhadap rasa asam, rasa pedas, serta rasa yang merangsang. Alias lambung sudah mulai sembuh.

Jika ingin mencoba menu makanan mentah ini nih jadwalnya :
  • Minggu ke 1   :  Mulai minum air mentah
  • Minggu ke 2 :  Minum air mentah, dan mulai makan tepung beras mentah.
  • Minggu ke 3   :  Minum air mentah, juga makan tepung beras mentah, lalu mulai makan lauk mentah.
  • Minggu ke 4   :  Minum air mentah, juga makan tepung beras mentah, , makan lauk yang mentah, dan mulai makan sayuran yang mentah.
  • Minggu ke 5   :  Minum air mentah, juga makan tepung beras mentah, , makan lauk yang mentah, dan mulai makan sayuran yang mentah, lalu mulai makan buah – buahan.
  • Minggu ke 6   :  Setelah pada minggu ke 5 bisa Minum air mentah, juga makan tepung beras mentah, makan lauk yang mentah, dan mulai makan sayuran yang mentah, lalu sudah terbiasa makan buah – buahan. Maka pada minggu ke 6 sudah bisa mulai makan mentah semuanya dalam sehari.
MAKAN MAKANAN MENTAH ADA DETOXNYA.

Makan makanan yang mentah juga bisa meluruhkan racun penyakit yang ada didalam tubuh. Proses peluruhan racun ini seperti jika kita mengkonsumsi obat – obatan herbal. Ada rasa yang tak nyaman dalam tubuh. Seperti mual, pusing, banyak buang air kecil, diare, demam atau gatal – gatal dalam tubuh dan lain sebagainya.

Oleh karena itu jika ingin memulai makan makanan mentah "harus bertahap", tak boleh sehari langsung makan semua makanan mentah. Biasanya tubuh akan sangat berat dalam menerima reaksinya jika langsung.

Mengapa pada jamannya Nabi Nuh As. orang – orang berumur panjang hingga ratusan tahun ? Salah satu faktor penyebabnya adalah karena pada jaman itu orang belum mengenal API.  

Sejak makanan dimasak dengan api, maka makin kesini usia manusia makin pendek. Lebih – lebih dengan semakin banyaknya polutan yang terdapat dalam makanan dan minuman instan, polutan di udara dari asap knalpot kendaraan, ataupun banyaknya penggunaan zat kimia dalam penanaman tanaman pangan, semakin menjadi residu bagi tubuh manusia, pemicu berbagai macam penyakit sehingga umur manusia makin lama makin pendek.

Demikian, jika kalian ingin mulai makan makanan mentah. Silahkan buktikan khasiatnya !  Bertahap ya jangan terburu – buru, agar mulus jalannya. Sampai jumpai pada bahasan makanan mentah dilain kesempatan. Semoga bermanfaat.

Alhamdulillahirrabil’alamiin.
Purworejo, 24 Oktober 2016
Salam Semakin Sehat,

Niniek SS
Labels: MAKANAN MENTAH, MENU TAHAPAN MAKANAN MENTAH, Pengetahuan Baru

Thanks for reading Makanan Mentah Bagi Penderita Maag Dan Gerd. Please share...!

8 comments on Makanan Mentah Bagi Penderita Maag Dan Gerd

  1. waah postingannya sangat bermanfaat sekali...

    anyway main-main ke web saya juga yaa

    http://www.diahsally.com/2016/10/5-hal-yang-wajib-dilakukan-agar-buku.html

    Salam Kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Diah Sally

      Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Dan terima kasioh pula untuk apresiasinya. Silahkan teman - teman kunjungi blog mbak Diah juga, bagus lho !

      Salam balik,

      Hapus
  2. wah keren ini artikelnya..
    kalau saya emang sering makan buah mentah, tp kalau telur, ikan, dan tahu mentah belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Bisnis Online

      Wah maaf telat ngebalasnya, kelewat sih..

      Terima kasih atas kunjungannya di blog. Saya tertarik lho mas untuk meningkatkan traffic. Berapa no kontaknya ?

      Salam Bisnis,

      Hapus
  3. Buka Maem daging ikan mentah g pake di blender mboten nopo a...😀😀😀😀😀...di cuil i lsn maem......paling wegah u blender" Buk......😀😀... mtrnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Candra,

      Enak kok daging dan ikan mentah. Rasanya manis dan lebih empuk tinimbang sudah dimasak. Semua makanan mentah jauh lebih banyak gizinya lebih banyak enzymnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

      Cobalah tengok, sebelum manusia mengenal api. Pada jamannya Nabi Nuh As. Orang umurnya panjang - panjang. Ada yang berumur 600 hingga 900 tahun. Karena apa yang mereka makan adalah mentahan semua.

      Dan sejak manusia mengkonsumsi makanan yang telah dimasak, alias kena api, maka makin kesini umur manusia semakin pendek.

      Salam sehat selalu,

      Hapus
  4. Bu,, minum telur ayam kampung mentah apkah boleh beserta putihnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prabu agung

      Boleh mas. Tapi lebih baik kalau tidak terlalu sering dengan putihnya, karena terlalu banyak protein juga gak baik bagi tubuh.

      Salam,

      Hapus

Back To Top