SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sakit Maag Dan Gerd Bukan Sakit Sembarangan

Bismillahirrahmanirrahiim...

Marilah kita haturkan sembah dan puji syukur yang seagung-agungnya kepada Allah SWT. Yang kasih sayangNya tak terperi kepada kita manusia. Yang telah menciptakan manusia dengan kesempurnaan yang lebih dibanding ciptaan yang lain. Yang memberikan kepada manusia kedudukan yang paling tinggi diatas segala ciptaan yang lain. Yang memberikan kesempurnaan dan keunikan yang luar biasa dari setiap organ manusia yang diciptakannya sesuai dengan fungsinya.

Jantung yang bertugas memompa darah untuk mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Paru-paru yang bertugas sebagai respirator pemecah oksigen yang dihirup oleh hidung, dialirkan melalui saluran pernafasan, dan setelah sampai ke paru-paru maka oksigen ini akan dipecah agar bisa bermanfaat bagi sel-sel di seluruh tubuh.

Mau tahu fungsi ginjal ? Ini nih : Untuk menyaring darah agar selalu bersih dari residu. Membentuk urine sebagai hasil penyaringan ginjal agar bisa dibuang melalui pipis. Bisa dibayangkan jika tak ada air kencing ( pipis ), maka residu hasil penyaringan ginjal ini mau dibuang kemana ? bisa-bisa beredar keseluruh tubuh kembali dan menjadi racun bagi tubuh.

Ginjal menjaga keseimbangan air didalam tubuh. Jika tubuh kelebihan air maka darah akan menjadi encer dan juga berbahaya bagi tubuh, sehingga sebagian dikeluarkan melalui ginjal. Kekurangan airpun juga tidak baik bagi tubuh karena bisa terjadi dehidrasi. Maka sebagian kelebihan air akan dibuang oleh ginjal.

Ginjal juga berfungsi mempertahankan kadar asam serta basa didalam tubuh. Kelebihan asam serta basa ini akan dikeluarkan oleh ginjal melalui air kencing.

Apalagi fungsi yang lain dari ginjal ? Mengatur kadar kalium didalam darah. Kalium atau potasium adalah mineral yang berfungsi untuk membuat jaringan, sel serta organ didalam tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Jika kadarnya berlebih akan menyebabkan ritme jantung tidak teratur. Bisa sangat kencang dan bisa lemah seperti hampir hilang. Dan jika kadar kalium dalam darah kurang, maka bisa menyebabkan tubuh cepat lelah, kelemahan otot, dan menjadikan lemahnya gerak reflek tubuh.

Ginjal juga berfungsi mengeluarkan setiap zat-zat yang merugikan bagi tubuh.

Ginjal juga berfungsi memproses ulang zat-zat yang masih berguna bagi tubuh dikembalikan menuju darah. Ginjal juga mengontrol keseimbangan volume cairan dalam darah. Karena jika kekurangan cairan, tubuh akan menjadi kering dan jika kelebihan cairan maka tubuh akan membengkak.

Ginjal juga mengatur keseimbangan kimia yang ada dalam darah. Disamping itu ginjal juga bertugas mengatur kadar gula dalam darah. Insulin sebagai penurun kadar gula, sedangkan adreanalin untuk menaikkan kadar gula dalam darah jika kadarnya dalam tubuh tidak mencukupi.

Kecuali itu masih ada fungsi yang tak kalah pentingnya yang dilakukan oleh ginjal, adalah sebagai penghasil zat dan hormon. Hormon EPO yang akan merangsang laju pembentukan darah merah oleh sumsum tulang. Renin mengatur tekanan darah didalam tubuh. Kalsitriol untuk membentuk vit D. Ginjal juga mempertahankan kalsium didalam tulang.

Bukan hanya itu saja fungsi ginjal. Ginjal juga menjaga kadar pH darah agar tidak terlalu asam. 

Sekian banyaknya fungsi ginjal dalam tubuh manusia. Oleh karena itu jika seseorang telah gagal ginjal maka fungsi seluruh organ tubuh manusia juga akan menjadi kacau balau. Karena semua fungsi organ tubuh banyak dipengaruhi oleh hasil penyaringan oleh ginjal. Jika ginjal sudah tak bisa berfungsi lagi, maka akan terjadi keracunan darah dimana residu ginjal akan beredar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan keluhan yang sangat tidak mengenakkan bagi tubuh.

Lalu apa fungsi dari hati ? Ini nih antara lain :

Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua, ketika terjadi proses ini maka terkadang tinja menjadi berwarna merah tua. Namun jika tinja berwarna pucat atau putih, maka bisa menjadi pertanda ada permasalahan pada hati atau lever.

Fungsi hati yang lain adalah : membersihkan darah, mengubah amonea menjadi urea yang akan dikeluarkan melalui urine, menyimpan energi dalam bentuk glikogen dan akan mengubahnya menjadi glukosa saat dibutuhkan. Mengurai hemoglobin dan hormon-hormon didalam tubuh.

Hati juga memproduksi kolesterol dan trigliserida. Menyimpan zat besi, asam folat dan beberapa vitamin. Hati memproduksi albumin yang berfungsi menjaga cairan dalam tubuh. Hati juga memproduksi empedu untuk membantu proses pencernaan makanan.

Hati juga menjaga proses sintesis protein dan zat-zat yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah.

Sedemikian Allah menciptakan organ manusia dengan segala fungsinya. Yang demikian uniknya. Demikian sempurnanya. Yang saling berkait tidak berdiri sendiri. Dan saling bergotong royong antara berbagai organ. Adakah satu saja dari organ manusia yang bisa berfungsi tanpa bekerja sama dengan organ yang lain ? Tidak ada teman ! Hidung membutuhkan paru-paru untuk menyaring udara yang dihirupnya agar bisa berfungsi bagi tubuh. Paru-paru pun membutuhkan hidung untuk menghirup udara dari luar.

Semua organ tubuh membutuhkan jantung, agar ia teraliri oleh darah. Jika tidak ada jantung, maka darah tak bisa terpompa sehingga tak bisa mengalir ke seluruh tubuh. Seluruh organ juga sangat membutuhkan ginjal, agar darah yang mengalirinya sudah bersih dari segala macam residu. Semua organ juga sangat membutuhkan darah, karena darah yang bertugas mengalirkan setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dibayangkan jika jantung bermasalah, maka tidak akan bisa memompa darah dengan baik, sehingga nutrisi yang biasa dibawa oleh darah ke seluruh tubuhpun akan terhambat perjalanannya. Oleh karena itu orang berpenyakit jantung biasanya tubuhnya lemah. Karena distribusi nutrisi ke seluruh tubuh juga terhambat.

Intinya, bahwa dalam tubuh manusia agar tetap berjalan dengan baik, harus ada kerjasama yang baik. Tak boleh egois. Bermasalah pada satu organ, maka selalu cepat atau lambat akan menimbulkan problem pada organ yang lain. Apalagi pada organ maag atau lambung, tempat diproduksinya nutrisi, sebagai sumber kehidupan setiap makhluk ! Demikian juga kehidupan manusia, sebagai bagian dari masyarakat, sebagai bagian dari alam, harus bisa bekerja sama, saling bergotong royong bahu membahu, agar tercapai keselarasan dengan lingkungan dan alam sekitar.

SAKIT MAAG DAN GERD BUKAN SAKIT SEMBARANGAN

Sakit Maag dan Gerd bukan sakit sembarangan. Namun sakit sebagai pembelajaran yang diberikan oleh Allah SWT. agar manusia mengenal berbagai hakekat kehidupan. Mau bekerjasama dengan keluarga, lingkungan, dan dengan siapapun ia hidup kesehariannya. Tidak egois dan mau menangnya sendiri.

Jangan mentang-mentang jika kita seorang boss.

Lalu bisa berbuat seenaknya sendiri kepada para karyawan atau mitra kerja kita. Bersyukurlah kita, jika Allah ijinkan menjadi seorang boss, kesempatan kita untuk bisa membimbing para mitra kerja kita dengan bimbingan yang Allah berikan petunjuk kepada kita. Kesempatan kita untuk belajar mengemban amanah menjadi seorang boss, yang tentu mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dari yang kita bawahi.

Jangan mentang-mentang jika kita seorang yang kaya raya.

Apakah kita bisa menjadi kaya raya hanya karena atas usaha dan kerja keras kita semata ? Kalau tidak Allah perintahkan harta kekayaan itu mengalir dalam pundi-pundi kita, sekalipun kita bekerja keras atau bekerja secerdas apapun, mustahil ! Karena Allahlah yang menentukan segala pergerakan diatas permukaan bumi ini, bahkan di dunia maupun di akherat. Subhanallah. Jadi hakekatnya, kekayaan itu bukanlah milik kita. Kita hanya berhak menggunakan secukupnya saja, tidak berlebih-lebihan. Karena selebihnya adalah milik Allah seluruhnya !

Jangan mentang – mentang jika kita pandai mencari uang.

Lalu semena – mena sikap kita kepada yang kita beri nafkah. Sedangkan hakekatnya, kita bisa mencari uang dan menghasilkan adalah semata karena RidhoNya. Jika kita tidak ada RidhoNya tentu kita akan sakit dan tidak bisa bekerja mencari uang. Dan meskipun kita sehat, kalau tidak ada Ridhonya Allah, tentu kita tidak mempunyai peluang untuk mendapatkan rejeki itu. Bahkan terkadang banyak yang mengalami jalan buntu ekonominya. Jadi marilah kita selalu memahami dan bersyukur atas setiap nikmat apapun yang kita terima dari Allah SWT.

Jangan mentang-mentang kita menjadi seorang suami.

Lalu main hakim sendiri kepada isteri. Sewenang – wenang kepada isteri, karena Allah memerintahkan agar isteri tunduk dan patuh kepada suami.

Saya jadi inget kata – kata Cak Nun dalam salah satu You Tube tausiyahnya di Kyai Kanjeng :”Aku gak duwe hak ngatur – ngatur mbak Via ( mbak Novia Kolopaking isteri beliau ) supoyo nurut karo aku, supoyo tunduk lan patuh karo aku. Aku mung ngandani tunduko lan patuha mbak Via ndhuk Allah, dudu karo aku, wong aku gak nduwe andil opo – opo, kok meh ngatur – ngatur mbak Via.
Yang artinya : “Aku tak punya wewenang apa apa untuk mengatur mbak Via agar tunduk dan patuh kepadaku. Aku hanya berkuwajiban menasehatinya untuk tunduk dan patuh hanya kepada Allah, bukan kepadaku. Wong aku tak punya andil apa – apa dalam penciptaan mbak Via, kok mau ngatur – ngatur mbak Via. Yang memerintahkan agar para isteri tunduk dan patuh kepada suami kan Allah. Bukan aku...”

Itulah salah satu nasehat Cak Nun kepada kita. Bahwa beliau menganggap seorang isteri adalah titipan Allah. Yang harus dibimbing, dilindungi, disayangi, sekaligus dihargainya. Menurut tangkapan saya, Cak Nun ini menganggap seorang isteri adalah sebuah tanggungjawab, dan benar – benar titipan Allah yang tak boleh diperlakukan dengan sekehendak hati dan sewenang – wenang oleh suaminya.

Saya banyak belajar tentang kehidupan dari materi yang disajikan dari Kyai Kanjengnya Cak Nun. Jika sempat, saya akan mengikuti acaranya secara langsung jika tempatnya bisa saya jangkau oleh sikon saya. Jika tidak, saya akan “njlimeti” lewat You Tube – You Tube - nya.

Jangan mentang-mentang jika kita jadi RT. atau RW.

Baru jadi RT. atau RW. saja lagaknya sudah petentang – petenteng kaya tuan tanah aja he he. Main perintah. Tidak menghargai masukan warga. Otoriter. Ya Allah. Sadarlah teman. Bahwa semua bentuk jabatan di dunia ini, artinya kita mendapat  amanah. Diserahi suatu tanggungjawab. Yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin, bukan asal saja. Asal bisa.

Jangan mentang-mentang jika kita anak seorang juragan.

Sebagai anak orang kaya. Jangan mentang – mentang. Karena harta bapakmu adalah titipan Allah yang kelak akan dimintai tanggungjawab. Termasuk kita yang menggunakannya. Bersyukurlah menjadi anak dari orang tua yang berkecukupan. Kalian harus selalu mendoakan agar orang tua kalian bisa membelanjakan hartanya di jalan Allah. Bukan dihambur – hamburkan untuk kepentingan pribadi atau keluarga. Jika kalian sebagai anak diberi fasilitas oleh orang tua kalian yang berkecukupan, bersyukurlah kepada Allah SWT. yang mengaruniai semuanya itu. Dan pergunakan fasilitas yang diberikan oleh orang tua kalian bukan untuk bermegah – megahan. Namun untuk melakukan segala kebaikan. Untuk meraih kemandirian hidup dengan menuntut ilmu. Dan untuk mengembangkan prestasi diri dalam pendekatan kepada Allah SWT. Termasuk menjadi ahli shodaqoh.

Jangan mentang – mentang jika kita menjadi isteri orang kaya.

Banyak diantara kita, yang kebetulan suami kita banyak harta, trus kita menjadi wanita yang sok. Memamerkan segala harta suami. Sengaja atau tidak menyakiti hati orang yang tak mampu baik dengan sikap kita maupun dengan kata-kata.

Jangan mentang – mentang kita sudah bisa bersedekah banyak.

Banyak diantara kita yang sudah bisa bersedekah banyak. Namun sedekah yang kita keluarkan mungkin baru sedekah dhahir saja, belum sampai ke batin, sebab belum ikhlas. Karena sedekah yang kita keluarkan kita sebarkan luaskan kepada siapa saja yang kita temui. Sehingga semua orang menjadi tahu apa yang kita sedekahkan. Padahal, yang akan membalas sedekah kita bukan seseorang. Namun hanya Allah saja yang akan membalas apapun sedekah kita. Kepada siapakah kita berharap atas apapun kebaikan yang kita lakukan. Bukankah hanya kepada Allah saja.

Jika melakukan kebaikan, jangan dipikirkan untuk mengharap balasan ataupun pengembalian. Kita harus haqul yaqin, sekalipun tak diharap dan tak diminta dalam doa, bahwa Allah PASTI akan membalas setiap kebaikan apapun yang kita lakukan. Karena Allah sangat menyukai perbuatan baik, yang pasti didasari oleh kesadaran yang akhlaqul karimah.

Dan perbuatan baik yang tak mengharap balasan ataupun pengembalian, akan mendapatkan balasan atau pengembalian dari Allah yang berlipat-lipat dan tak disangka-sangka. Dan itu saya sangat meyakininya, karena setiap hari mendapatkannya.

Jangan mentang – mentang kita seorang guru.

Banyak diantara kita yang menjadi guru. Guru dibidang apapun. Namun sayang, diantara kita masih banyak yang mentang-mentang jadi guru, sehingga memperlakukan anak didiknya dengan semena-mena. Dengan sikap yang tak manusiawi, kasar dan mendendam. Padahal seorang guru dituntut mempunyai sifat yang arif dan bijak, membimbing dan mengemong. Bahkan banyak diantara kita yang menjadi guru, namun menodai proffesi seorang guru, dengan menyelenggarakan less-less mata pelajaran yang sebenarnya tak perlu, dan membebani murid dengan biaya less yang mahal. Kita mungkin mendapat penghasilan yang banyak. Namun apakah itu berkah ? Apakah itu akan mendatangkan kebahagiaan dan kesejahteraan dalam hidup kita sekeluarga ? Terutama bagi kita pribadi yang telah melakukannya ? Astaghfirullahaladziim

Jangan mentang – mentang kita selalu sehat.

Tubuh mempunyai hak untuk diperlakukan dengan baik. Baik makanannya. Baik istirahatnya. Baik pola pikirnya. Jika kita sedang sehat. Jangan mentang-mentang. Lakukan apapun terhadap tubuh jangan berlebih-lebihan. Bekerja keras boleh. Namun harus ingat untuk beristirahat, karena tubuh membutuhkan untuk beristirahat. 

Puasa bagus, namun ingat untuk makan sahur dan berbuka pada saatnya dengan makanan yang mencukupi gizi bagi tubuh. Hasrat makan untuk menggoyangkan lidah boleh. Namun harus diingat apakah makanan yang kita makan memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ? Apakah makanan yang kita makan tidak membahayakan bagi tubuh ?

Misal mengkonsumsi makanan yang daging-dagingan melulu. Mengkonsumsi makanan santan-santanan melulu. Makanan yang pedasnya, asamnya, lemaknya teramat ekstreem ? Makan tahu berontak 1 lomboknya 7 buah. Astaghfirullahaladziim...

Segala nutrisi yang masuk kedalam tubuh yang tak dibutuhkan oleh tubuh, selalu akan dibuang oleh tubuh. Organ pemrosesan makanan, organ penyaringan makanan maupun penyaringan oksigen, lalu alat pembuangan residu tubuhpun mempunyai kapasitas yang terbatas. Jika yang diproses melebihi kapasitas, pasti alatnya akan cepat jebol. Demikian organ tubuh. Baik lambung, paru-paru, jantung, hati, ginjal dan lain sebagainya.

Pokoknya jangan mentang – mentang. Karena pada hakekatnya, kita semua manusia ini adalah tanpa daya, tanpa pertolongan Allah SWT.

Jika sekarang ini kita sedang diberi sakit maag kronis yang tak sembuh-sembuh, bahkan yang telah berkembang menjadi gerd parah yang juga sulit sembuh...Amatilah kehidupan diri kita pribadi jauh kebelakang. Adakah gerangan yang salah pada masa lalu kita, dimana kita telah sembarangan menjalani hidup kita dengan semena-mena.

Mungkin kita dulu selalu mentang-mentang ketika menjadi apapun. Mungkin kita tak pernah menghormati atau menghargai orang lain siapapun adanya. Dan mungkin pula sebelum ini kita sembarangan memperlakukan tubuh kita.

Sakit maag dan gerd adalah bukan sakit sembarangan. Namun sungguh-sungguh sakit yang diberikan oleh Allah untuk mendidik kita menjadi manusia yang tahu diri, tahu bersyukur, tahu menghargai dan menghormati orang lain, dan yang paling utama adalah, menyadari bahwa kita ini hanya manusia yang penuh kelemahan dan tanpa daya tanpa pertolongan dari Allah SWT.

Jika kita sedang diberi sakit maag dan gerd parah seperti ini, apakah harta berjibun yang kita miliki mampu menolong kita ? Tidak bukan ? Oleh karena itu hanya kepada Allahlah hendaknya kita tersungkur memohon ampunan, agar lekas diberi jalan kesembuhan. Dan Bu Niniek SS hanyalah salah satu jalan kesembuhan, yang insya Allah, Allah ijinkan diantara berjuta jalan kesembuhan. Dan jangan lupa, teladanilah teladan yang telah diberikan oleh Junjungan kita Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW. dalam kehidupan kita sehari-hari, untuk meraih kedekatan dengan Allah SWT.

Demikian dulu share saya kali ini, semoga ada manfaatnya. Semoga Allah merahmati kita semua. Aamiin.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 18 September 2016
Waktu saya semakin dekat,

Salam,
Niniek SS
Labels: Hal-hal penting untuk diketahui, Interospeksi, Kiat-Kiat Sembuh, Motivasi

Thanks for reading Sakit Maag Dan Gerd Bukan Sakit Sembarangan. Please share...!

0 Komentar untuk "Sakit Maag Dan Gerd Bukan Sakit Sembarangan"

Back To Top