SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Lauk Yang Aman Untuk Maag Dan GERD

Bismillahirrahmanirrahiim… 

Puji dan syukur yang sesuci-sucinya hanya bagi Allah SWT. Pemilik Seluruh Hukum. Shalawat yang setinggi-tingginya dan salam yang penuh kerinduan semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin. Dan juga tak lupa Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam.

Pembaca Blog Yang Saya kasihi, dimanapun kalian berada…

Apa kabarnya kalian semua ? Semoga senantiasa sudah lebih baik dari hari sebelumnya. Apapun yang kalian derita. Saya sangat maklum semua apa yang sedang kalian rasakan, karena dulu semuanya pernah saya rasakan.

Dari ujung kaki hingga ujung rambut tentang keluhan maag, gerd dan anxiety yang kalian rasakan, saya faham banget. Ngerti banget. Kenal banget. Karena semuanya pernah saya alami.

Mual. Pusing. Uluhati perih bagaikan diiris-iris. Perut begah, rasanya lapar belum makan tapi perut sudah penuh banget sehingga mau makan sudah takut. Takut kalau nanti makan jadi sesak nafas. Dada dan usus rasa panas terbakar. Seperti makan sambal sepiring. Pinggang, punggung, dan seluruh anggota badan pegal linu. Demam ringan setiap hari. Suhu badan rasa gerah, panas, namun ketika kulit dipegang normal.

Lalu diare saban hari yang tak tahu sebabnya. Atau sembelit berhari-hari tak bisa BAB. Kepala kliyengan. Belum lagi kalau sore-sore tiba-tiba tenggorokan ngganjel. Seperti makan sesuatu yang nyangkut diujung tenggorokan, padahal kita tak habis makan sesuatu. Awal telinga berdenging, lama-lama sakit, dan ketika suatu hari membersihkan kotoran telinga ada darahnya. Darah apakah itu ? Padahal saya membersihkannya telinga sudah sangat hati-hati. Ternyata setelah periksa dokter saya menderita infeksi telinga. Dan dokter tidak mengatakan bahwa itu karena efek dari asam lambung yang naik ke daerah THT ? Sampai suatu hari, telinga sebelah benar-benar budeg alias tak bisa mendengar apa-apa !

Kalau malam, begitu mata bisa terpejam sebentar, selalu leher seperti dicekik orang. Begitu dan begitu setiap malam. Siapa yang lalu tidak akan suudzon bahwa saya kena santet orang ? Karena aneh-aneh banget yang terjadi. Dan kejadian serta waktunya selalu sama. Setiap mau tidur selalu seperti dicekik orang lehernya. Aneh bukan ?

Lalu ini. Seharian baik-baik saja, meskipun dengan badan yang tak pernah bener rasanya. Namun seharian tak ada kesakitan yang menyerang. Eh tiba-tiba saja, selalu sesudah ashar menjelang maghrib tiba, semua keluhan muncul ! Seperti dikomando. Beeeer ! Yang keringat dingin, jantung berdebar seperti lonceng, kepala muter kliyengan, rasa lemas seperti seluruh kekuatan disedot oleh monster goib. Lambung, usus, kepala, panas dan sakit luar biasa. Azab apa yang sedang kualami ini, pikirku ketika itu. Astaghfirullahaladziim…Duh Allah nyuwun pangapunten sedaya dosa saha khilaf kulaaaa…( Ya Allah, ampuni semua dosa dan khilaf saya ), demikian dulu rintihan batin saya jika sedang kambuh pada sore hari menjelang maghrib.

Sakit maag maupun gerd, yang sudah parah, jika sedang kambuh, terutama dibagian uluhati, dan tempat-tempat yang terkena naiknya asam lambung, Ya Allah…sakitnya benar-benar tak tertahankan. Saya sering menahan kesakitan lalu pingsan meskipun hanya beberapa saat. Karena batas kekuatan tubuh sudah tak mampu lagi menahan serangan rasa sakit.

Bayangkan ! Betapa parahnya sakit saya dulu. Bukan sekedar lambung saja yang luka. Namun dari mulai tenggorokan hingga ke dubur semua luka, rasanya panas sepanjang waktu. Untuk menelan seteguk air putih saja rasanya sakit luar biasa dari tenggorokan hingga ke usus bagian bawah. Boro-boro bisa menikmati makanan yang lain. Pokoknya kemasukan sedikit makanan apapun adalah sebuah penderitaan !!!

Sungguh-sungguh sebuah “KEAJAIBAN BESAR” jika saya Allah ijinkan sembuh seperti sekarang ini. Yang bisa makan apa saja bagaikan orang yang tak pernah sakit maag ! Meskipun saya sudah bisa makan nasi padang, nasi kuning, rica-rica ayam yang super pedas, namun saya tak mau nekad makan buah nangka, karena masih trauma dulu betapa sakitnya lambung sehabis makan buah nangka. Sakit yang saya rasakan bagaikan membuat otak hampir gila, lambung seperti dicabik-cabik dan diberi garam atau cuka. Usus meregang bagai ditarik-tarik orang. Naudzubillahimindzaliik !!

Maka. Jika saat ini kalian sedang merasakan penderitaan maag yang bagaimanapun. Jangan mengeluh yaa ? Kalian belum merasakan muntah selalu campur darah segar. Dan BAB juga selalu terburai dengan bercak-bercak darah segar kan ? Sakit tak terperi teman, rasanya !!!

Tentu sebetapapun parahnya sakit kalian, masih ada teman lain yang penderitaannya lebih parah dari kalian. Seperti apa yang saya derita dulu !!!
Kalian masih harus bersyukur !

Banyak diantara teman kita, sudah sakit, tak ada uang untuk membeli obat, bahkan tak ada seorangpun yang merawatnya ! Bayangkanlah oleh kalian semua.

Kalau bukan dari kebaikan seseorang, ia tak akan makan obat karena tak ada sesuatupun yang untuk membelinya. Jika uang sudah diperoleh, untuk membeli obatnyapun ia masih butuh bantuan orang lain untuk ke apotik.

Ada lagi nih, teman sakit maag yang sudah cukup parah sakitnya. Ia mempunyai anak yang masih balita. Suaminya bekerja. Ia harus menanggung sakit sembari momong anaknya yang masih kecil ? Bagaimana mau cepat sembuh ? sementara sakit maag, apalagi yang sudah parah, lambung sangat riskan untuk angkat berat meskipun hanya sekedar menggendong anak kecil. Untuk membayar gaji pembantu rumah tangga keluarga ini tak mampu ! Dpat dibayangkan bukan, betapa sedih dan menderitanya ?

Jadi sebenarnya, untuk cepat sembuh, seorang penderita maag, terutama yang sudah kronis, memang perlu pendampingan seseorang, yang benar-benar bisa merawatnya bagaikan perawat betulan.

Ya menyediakan makan dan minumnya, ya menyediakan pakaiannya, ya mengawasinya ketika ia mandi, yang mengingatkannya saat minum obat. Ya mengingatkannya apa yang boleh dimakan dan apa yang kira-kira tak boleh dimakan. Ya membesarkan hatinya agar tidak terlalu serius memikirkan sakitnya. Ya memberikan dorongan atau motivasi agar lekas sembuh. Ya menggantikan mengerjakan segala pekerjaan yang biasa ditangani oleh si sakit.

Atau, jika tidak ada seseorang didalam rumah yang bisa menjadi perawat bagi si sakit, orang serumah harus ada perhatian yang ekstra kepada si sakit, agar ia lekas sembuh. Mungkin secara bergantian dengan yang lain. Bisa dibuat jadwal. Si A memikirkan soal makanannya, si B memikirkan mencarikan uang untuk berobat, si C mengingatkan saat minum obat dan sebagainya. ini hanya misal.

Buku Panduan "RAHASIA SEMBUH SAKIT MAAG KRONIS" insha Allah merupakan panduan yang sudah komplit isinya untuk mendukung kesembuhan. Disana ada penjelasan tentang sakit maag, penyebabnya, pemicunya, keluhannya, apa-apa yang harus dihindari, dan segala hal yang sepatutnya diketahui oleh penderita. Namun masih tetap membutuhkan partisipasi dari orang-orang terdekat di sekelilingnya, tentang segala hal yang dibutuhkan oleh si sakit untuk menuju kesembuhan.

Tanpa partisipasi anggota keluarga, bisa dipastikan sakit maagnya tak bakalan sembuh-sembuh. Ini adalah pengamatan saya, yang telah sembuh dari sakit maag yang demikian parahnya dan demikian lamanya, juga hasil dari pengamatan atas ratusan teman-teman sakit maag dan gerd yang selama ini saya bantu tangani.

Jadi tolong ya teman, pahami ini dengan sungguh-sungguh. Jika ada anggota keluarga kalian yang sedang terkena maag kronis atau gerd, bantulah ia semaksimal mungkin agar cepat sembuh, dengan perhatian serta kasih sayang kalian yang full ikhlas. Yang akan menuai keikhlasan yang kalian berikan kepadanya, bukan orang lain kok, tapi kalian sendiri, cepat atau lambat, dan itu hukumnya adalah PASTI !!! Karena sakit maag kronis dan gerd yang sudah parah itu, sakitnya luar biasa, tak terperi ! Tidak kasihankah kalian kepada mereka ? Bayangkan jika kalian sendiri yang mengalaminya. Tentu kalian juga sangat membutuhkan partisipasi dari orang lain, siapapun itu !

Sekarang soal lauk yang aman bagi maag dan gerd itu apa yaa ?

Bukankah sudah sering saya posting bahwa makanan orang sakit maag atau gerd itu harus menghindari : asam, pedas, minyak, kasar, merangsang, berminyak, berlemak, kimia, dan yang dingin-dingin ?

Nah gampang kan ? Tentu saja, setiap kali kalian akan makan, ya tinggal dicocokin saja makanan yang hendak kalian makan itu, mengandung unsur-unsur diatas tidak ?

Soal variannya kan banyak ? Nasi yang jelas harus lembek. Terserah mau dimasak ala nasi tim atau dengan magic com yang penting nasinya lunak. Jika ingin bergizi ya memasaknya beras putih campur beras merah separuh separuh. Masak beras putih saja ya gak papa namun lebih banyak gizinya jika dicampur dengan beras merah.

Mengapa tak masak beras merah saja semuanya ? Gaklah..sebab beras merah walaupun kandungan gizinya cukup tinggi, jika dimasak secara tunggal tanpa campuran beras putih, meskipun dimasak lembek, teksturnya kasar, sehingga menyebabkan di lambung terasa begah tidak nyaman.

TAHU ATAU TEMPE :

Saya lebih memilih masakan dari tahu daripada tempe. Mengapa ? Tempe teksturnya kasar, jika dimakan menyebabkan lambung begah, sekalipun memasaknya direbus ataupun dikukus. Pilihlah tahu putih jangan tahu kulit karena teksturnya kasar, tahu kulit jika dimakan membuat lambung sakit.

Tahu putih bisa dimasak berbagai macam masakan  :
  • Bisa hanya dikukus dengan bumbu bawang putih dan sedikit garam dapur. 
  • Atau dibumbuin bacem dengan bawang putih, bawang merah, sedikit lengkuas, garam dapur, gula merah secukupnya, daun salam. Bumbu masakan bagi orang sakit maag, tak boleh banyak-banyak atau ekstrem. Bumbu harus ala kadarnya saja, sebab jika kebanyakan akan menyebabkan lambung pedih.
  • Tahu bisa dipepes dengan telur ayam kampung (yang tidak banyak mengandung hormon dibanding dengan telor ayampotong atau  lehorn yang makanannya dari fuur penuh kimia). Pepes ini bisa diberi bumbu bawang merah, bawang putih, sedikit kunyit kuning, garam, sedikit daun jeruk yang sudah dipotong besar-besar, lalu diberi secuil daun salam untuk alas ketika hendak dibungkus daun pisang yang fungsinya sebagai penyedap alami agar rasanya menjadi gurih meskipun tanpa masako atau royco. Tentu saja pertama tama telor dikocok hingga campur, lalu dicampur dengan tahu yang sudah dihancurkan lebih dahulu. Lalu bumbu-bumbu dihaluskan : bawang merah, bawang putih, dan garam. Lengkuas, daun salam dan daun jeruk purut dibiarkan dalam potongan yang besar-besar. Setelah dibungkus baru dikukus.
  • Tahu putih, juga enak dibuat sup dengan wortel dan kentang. Dengan bumbu bawang putih yang sedikit agak banyak, garam, daun bawang, daun seledri tanpa bumbu merica. Kentang pilih yang kulitnya belum menghijau karena kalau kulitnya sudah hijau sudah mengandung racun jangan dimasak. Usahakan dalam membuat sup selalu sayurannya lunak meskipun gizinya sudah berkurang. Karena kalau wortel dan kentangnya masih keras sudah diangkat dari kompor, maka jika dimakan akan menyebabkan lambung begah, gak enak bangetlah rasanya.
  • Tahu juga bisa dipepes dengan ikan apa saja. Caranya, ikan dikukus dulu. Setelah cukup matang, ambil dari atas kompor, setelah dingin, baru bersihkan dari duri-durinya, ambil dagingnya saja. Lalu hancurkan daging ikan hingga menjadi serpihan-serpihan kecil. Baru dicampur dengan tahu putih yang sudah dihancurkan sebelumnya. Campurkan 1 butir teluar ayam kampung agar bisa menyatu ketika dipepes. Bungkus dengan daun pisang lalu dikukus, jangan dibakar. Jauh lebih sehat dikukus daripada dibakar. Nah ketika makan, jika terasa kasar ketika dikunyah, maka ampas dari pepes ini tak usah ditelan. Jadi ditelan sarinya saya, untuk menghindari begah perut.
  • Sesekali boleh juga tahu putih dibumbui dengan bawang putih dan garam, rendam sebentar dalam air bumbu itu, lalu digoreng dalam sedikit minyak, setengah matang saja menggorengnya, jangan lama-lama langsung angkat dari penggorengan. Tahu seperti ini enak sekali untuk lauk. Ingat menggorengnya jangan lama-lama ya ? Supaya tidak menjadi keras kulitnya !
AYAM :

Jika ingin makan ayam pilihlah ayam kampung, yang alami tidak mengandung banyak kimia dalam tubuhnya, karena makanannya bukan fuur tapi makanan alami yang dicarinya sendiri he he.
  • Akan lebih baik jika ayam kampung dipresto sehingga bisa lembut ketika dimakan.
  • Ayam bisa dibumbui bawang putih, garam, kunyit kuning, yang ditumbuk halus lalu diberi daun jeruk purut, daun serai yang dikeprak, boleh dilumurkan dan tunggu beberapa menit hingga bumbunya meresap, baru dikukus dengan daun pisang, atau boleh bumbu dimasak dengan sedikit air, bila airnya sudah mendidih masukkan ayam yang sudah dicuci bersih. Biasakan makan daging atau ayam hanya disesap sarinya saja ya, dan ampasnya jangan ditelan, jadi lambung selalu aman. Nutrisinya kita dapat, tapi lambung tetap aman terkendali…he he..
  • Daging ayam kampung sedikit saja bisa juga diblender, lalu dicampur dengan tahu putih yang sudah dihancurkan, dengan diberi sebutir telur ayam kampung, dikukus dengan daun pisang. Bumbunya cukup bawang putih, sedikit bawang merah, garam, sedikit gula merah, daun salam potongan besar, daun jeruk purut dipotong besar, tak pake kunyit kuning tak apa-apa.
  • Jika ingin masak semur daging ayam. Bisa aja. Daging ayamnya diblender, dibumbui semur seperti biasa. Bawang putih, bawang merah, garam, yang dilembutkan, beri daun salam, daun jeruk purut, gula merah, lengkuas. Bumbu tak usah disangrai dengan minyak. Cukup didihkan air secukupnya, masukkan semua bumbu-bumbu, masukkan daging ayam yang sudah diblender, dicicipin rasanya, barangkali masih kurang asin atau manisnya. Dimasak hingga airnya tinggal sedikit. Lauk ini enak sekali bagi orang sakit maag atau gerd. Tapi ya seminggu cukup sekali saja. Jangan sering-sering supaya kolesterol tetap stabil.
TELOR :

Telor adalah lauk yang murah meriah dan sangat mudah dijangkau. Jika bisa diusahakan ya carilah telor ayam kampung yang insha Allah lebih sehat dibanding dengan telor ayam potong atau telor lehorn.

Telor ayam bisa dimasak dalam berbagai macam masakan :
  • Dibuat dadar telor dengan sedikit minyak yang masih baru.
  • Telor ayam kampung bisa direbus matang muda, sehingga dalamnya masih berwarna oranye belum menjadi kuning.
  • Telor bisa dibuat pepesan yang dicampur variatif dengan ikan, atau dengan tahu putih.
  • Bisa direbus biasa lalu dimakan dengan sedikit garam yang telah dilembutkan.
  • Bisa direbus dengan bumbu semur namun kalau telur ayam kampung memasaknya jangan terlalu lama karena kalau terlalu lama merebusnya putih telornya akan menjadi keras dan sakit di lambung ketika dimakan.
  • Bagi orang yang tidak mempunyai asam urat, namun hbnya rendah bisa membuat ramuan segenggam daun bayam potong, cuci bersih, tumbuk, beri air sepertiga gelas atau sekitar 35 cc, lalu disaring, air bayam ini campurkan dengan 1 kuning telur ayam kampung, dan 1 sendok makan madu murni, aduk lalu minum pagi hari sebelum makan. Buat ramuan ini 2 hari sekali hingga 3 kali berturut-turut, insha Allah akan cepat sekali menaikkan hb atau tekanan darah rendah kalian.
  • Telur bisa diceplok dengan air, caranya didihkan air sedikit diatas wajan. Jika air sudah mendidih, tuangkan telor yang mau diceplok. Lalu taburkan sedikit garam diatasnya. Belum pernah mencoba ya kalian ? Asyik lho makan telur ayam ceplok rebus ! Usahakan jika mau memasak telor, jangan lupa cuci dulu ya teman, supaya kumannya jangan masuk kedalam masakan, ngeri ah !
Kita yang sedang sakit maag, biasanya berat badan kita turun drastis, karena, meskipun sedikit-sedikit lapar dan kemudian makan, namun apa yang kita makan tak jadi daging. Sebab lambung tak bisa menggiling makanan dengan baik, dan ususpun tak mampu menyerap nutrisi dengan maksimal.

Lah apa pasal kok usus ikut-ikutan bermasalah pada orang yang sakit maag ? Kebanyakan, orang sakit maag yang tak sembuh-sembuh, selalu ujung-ujungnya berlanjut dengan timbulnya GERD, asam lambung yang luber kemana-mana dari lambung. Dan banyak yang kemudian GERDnya ini menyerang usus, sehingga ususnya ikut bermasalah.

Untuk mengatasi kurangnya nutrisi yang bisa berakibat turunnya berat badan secara drastis atau kekurangan darah, bisa diatasi dengan cara makan yang sedikit bebas, namun ampasnya jangan ditelan, jadi sarinya saja yang ditelan.

Demikian share tentang LAUK YANG AMAN UNTUK MAAG DAN GERD semoga bermanfaat bagi kita semua.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Sehat Selalu,
Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Pengetahuan

Thanks for reading Lauk Yang Aman Untuk Maag Dan GERD. Please share...!

115 comments on Lauk Yang Aman Untuk Maag Dan GERD

  1. makasih bu atas infonya,kebetulan saya lagi merasakannya bu.

    BalasHapus
  2. Iya sama-sama, semoga manfaat. Terima kasih atas kunjungan setianya di blog ini. Semoga lekas sembuh. Amiin.

    Salam,
    Niniek SS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalammualaikum bu, saya mau nanya, apakah sakit maaq/asam lambung menyebabkan insomia & wajah jadi pucat, dan apakah sakit maaq jg menyebabkan sakit di sekitar leher jga, trus bagaimana caranya supaya kita dapat istirahat yang cukup,,

      Terima kasih bu niniek

      Hapus
    2. Yudha Kuswanto

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Yudha, terima kasih atas kunjungannya di blog yaa. Semoga ada manfaatnya. Maag/asam lambung sangat erat hubungannya dengan pikiran. Maka seringkali orang yang sakit maag/asam lambung mengalami keluhan sulit tidur.

      Dan muka yang pucat biasanya karena kurang darah atau tekanan darahnya rendah, ini disebabkan karena semua makanan yang masuk tak bisa dicerna dengan maksimal, sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Sehingga mukanya menjadi pucat.

      Demikian, semoga jawaban ini bermanfaat. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  3. Dear bu niniek, assalamualaikum...

    Bu saya penderita gerd kadang kambuh kadang tidak, tapi akhir akhir ini saya mengalami anxiety (dulunya saya udh kalahkan) karena mendengar dan menyelawat teman saya meninggal karena angin duduk, padahal lebih muda dari saya. saya kepikiran sampe terbawa mimpi melihat dia, sampai anxiety itu meluas, kalo ada gejala sesak dada lambung penuh begah, mual, jadi kepikiran angin duduk terus.

    Saya ada pertanyaan bu niniek,
    pembeda gerd dan angin duduk apa ya bu yang paling jelas.


    Regards
    Ricco Hari Ardhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ricco,

      Waduuh kalau soal bedanya ibu gak tahu. Yang jelas angin duduk itu masuk angin yang sangat parah yang terjadi pada seseorang dimana ia kondisinya sedang dropp. Kelelahan yang sangat juga bisa memicu angin duduk. Dan angin duduk ini bisa menjadi penyebab kematian mendadak.

      Sedang gerd adalah asam lambung yang naik keluar dari area lambung. Soal keluhannya ya tergantung yang dilalui asam lambung itu di daerah mana. Tempat dimana asam lambung itu berlabuh, ya disitulah biasanya terjadi keluhan. Misalnya ke arah paru-paru, maka nafas bisa menjadi sesak. Begitulah.

      Salam,

      Hapus
    2. Kalo boleh saya tambahkan. Angin duduk itu bahasa medisnya angina pectoris.. Coba search aja dgoogle mas, itu bukan lagi menyangkut lambung tetapi lebih kepada jantung..

      Hapus
    3. Sobat Verry Mageland

      Terima kasih atas tambahan informasinya. Saya malah tidak tahu angin duduk itu apa. Setahu saya orang yang kecapean sekali, lalu dikerokin pada malam hari, tiba-tiba menjadi sesak nafas dan lemas, karena penanganan yang terlambat dan mungkin tidak tahu bagaimana tindakan darurat, sebelum sempat dibawa ke dokter, sudah meninggal dunia.

      Dan orang-orang dipedesaan biasanya menyebutnya dengan serangan angin duduk. Tidak begitu penting istilahnya apa, apa angin duduk atau masuk angin kasep ( terlambat ). Hendaknya kalau kerokan jangan pada malam hari.

      Karena dalam keadaan pori-pori terbuka bisa saja angin malam masuk kedalam tubuh, dan mengakibatkan terganggunya seluruh system tubuh oleh angin tak diundang yang masuk kedalam tubuh melalui pori-pori yang terbuka ini.

      Salam,

      Hapus
  4. Dear bu niniek

    Saya sedang mengalami sakit gerd sama persis yg bu niniek alamai..sya mau tanya sudah 2 bln saya ke dokter dan minum obt dokter tp jg blm sembuh..dan obt ny skrg sdh hbs..apakah saya hrs ke dokter lg..krn sya tkt jg mkn obt kimia jgka panjang..trus brp lama sebener nya gerd ini bs hilang pdhl saya sudah sangat menjaga makanan yg saya konsumsi

    Salam
    Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ara Dian,

      Dear Mbak Ara,

      Gerd bisa kambuh bukan hanya dari makanan saja mabk, namun juga bisa dari kelelahan dan stress.

      Obat-obatan kimia hanya menghilangkan gejala dari suatu penyakit saja dan biasanya hanya bersifat sebagai penghilang rasa sakit. Tidak mengobati akar dari penyakit. Oleh karena itu jika sakit diobati dengan obat-obatan kimia, memang rasa sakitnya hilang, tapi penyakitnya belum sembuh, sehingga obat habis maka penyakit bisa kambuh lagi kambuh lagi.

      Gerd bisa sembuh tergantung tingkat keparahan gerd itu sendiri, dan pengobatan yang dilakukan, semua menentukan lama tidaknya kesembuhan.

      Salam,

      Hapus
  5. Bu sy mau tanya.. Sy jg penderita gerd. Anxiety sperti leher dan dada di tusuk, dada sesak, jantung berdebar hebat, gemetaran itu sudah gag pernah.. Sekarang tinggal batuk kering ringan, perut sbelah kiri nyeri, punggung nyeri, perut bagian bawah jg nyeri, dada nyeri, udah bisa buang angin, bab bisa, tapi habis makan perut begah dan sendawa.. Ini tanda2 mau sembuh atau gimana bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sby Sby,

      Insya Allah itu memang sudah ada perbaikan ke arah sembuh. Batuk keringnya itu dari asam lambung yang mengganggu fungsi paru-paru mas. Dan yang masih tinggal adalah plak-plak yang ada dirongga dada dan usus, sehingga menyebabkan rasa nyeri.

      Ayo terapi air mentah dan minum madu pahit yang dari Ibu. Insya Allah semua keluhan akan hilang dengan madu pahit yang ibu punya.

      Terima kasih atas kunjungannya di blog ibu ya ?

      Salam,

      Hapus
    2. Bu, saya mengalami hal yg sma dada sblah kiri sesak, perut kiri kdang sperti kaku kdang sakit juga perutnya blkngan ini tengoeorkan sakit apakah itu asam lmbung juga

      Hapus
    3. Shabat sehat

      Insya Allah itu gejala asam lambung, karena dada yang sesak dan tenggorokan yang sakit, disertaiperut kaku dan kadang sakit. Tapi kalau tanpa perut sakit, tenggorokan sakit bisa jadi radang tenggorokan saja, dan tanpa perut sakit kok dada sebelah kiri sesak bisa jadi gejala jantung. Sebaiknya periksa ke dokter untuk kepastiannya.

      Salam.

      Hapus
    4. Maaf. Gmna cara terapi air mentah bu

      Hapus
  6. Buk saya jg blkngn ini di diagnosa oleh dr. Asam lambung saya tinggi.. awalny saya kira jantung saya yg sakit tpi trnyata slh..dan saya jg bnyak bca artikel bhwa gjala asam lambung hampir sama dgn gangguan jantung.

    Blkngn ini stiap malam saya selalu gelisah.yg saya heran hampir stiap malam rasanya dada dan tenggorokan panas.rasanya sperti panas dalan..obat dri dr. Sdh habis tpi sakitnya masih saja mengganggu.. perut jg panas. Bab g lancar..kdang saya dbuat panik sekali.. krna badan yg kdang2 lemah.. tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.. sekaligus sedih krna saya msh berusia 25 tahun.. knapa sring bgt sakit2an krna asam lambung yg bgitu mengganggu.. smga sakit saya bisa segera sembuh ya buk.. amien ya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Tyas

      Jika asam lambung tinggi memang bisa naik kemana-mana mbak.Jika ke jantung ya bisa menyebabkan debaran jantung kencang. jika ke tenggorokan akan menyebabkan tenggorokan rasa panas. Demikian juga jika asam lambung naik ke dada, dada akan sering terasa panas.

      Semua yang sedang dirasakan mbak Tyas ini masih stadium awal. jika sudah menengah atau parah, maka penderitaan gerd akan sangat menyiksa. Olh karena itu segeralah obati dengan pesan buku maag pada ibu untuk panduan perawatan sehari - hari, minum air mentah yang higienis dari sumber mata air yang sehat ( seperti dari sumur yang berjarak minimal 8 meter dari jamban ) dan berobat dengan morindanya Bu niniek.

      Asam lambung bisa menyerang segala usia bahkan anak - anak. Semua tergantung dari pola hidup sehari-hari. Jika pola hidupnya sehat, makan teratur dan menunya sehat, istirahat yang cukup, serta tidak stress maka insya Allah akan terjauh dari sakit maag dan asam lambung mbak.

      Semoga lekas sembuh ya mbak.

      Salam,

      Hapus
  7. Ibu tidak minum obat itu cuma jaga makan saja hu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Alber

      Wah ya tentu tidak. Untuk sembuh ibu : menjaga menu makan, menjaga istirahat, menjaga pikiran agar tidak stress, dan juga berobat dengan terapi minum air mentah yang higienis serta konsumsi morinda ( kalau saat ini kan banyak alternatif yang baik untuk penyembuhan gerd, selalin morinda ).

      Salam,

      Hapus
  8. temulawak+kunyit adalah obat maag yg paling ampuh,,
    insya Alloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ananh Ansori

      Ada benarnya temu lawak maupun kunyit kuning adalah obat yang ampuh untuk keluhan maag. Tapi maag yang stadium awal mas, untuk mengtasai rasa perih pada lambung. Tapi untuk stadium maag menengah dan lanjut hanya bisa menghambat tapi tak bisa untuk mengatasinya. Masih jauh lebih ampuh air mentah yang higienis jika telaten meminumnya.

      Salam,

      Hapus
  9. bu, saya mau tanya...
    2 minggu lalu saya muntah darah dalam jumlah yg cukup banyak dan feses saya hitam...
    tapi skrg feses sya sudh kuning kmbali dan tidak muntah darah dlm jumlah bnyak lagi...
    slain itu sya jg sudah tidak mrasakan nyeri d ulu hati n sya pun sudh bsa tidur nyenyak d mlam hri...
    tpi tdi sya 2 kli batuk kering dan ada darah merah segar saat sya kluarkan ludah saya...
    apakah saya GERD.?
    apa arti dri batuk kering 2 kli n mngeluarkn darah dlm jmlh sdkit i2.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Anies Safitri

      Kasus yang pertama sepertinya dari perdarahan dalam, yang berhubungan dengan lambung, kemungkinan lambung telah luka dan cukup serius.

      Kasus yang kedua. Sepertinya ada luka atau iritasi pada saluran pernafasan. Dan kedua hal itu berhubungan dengan adanya gejala gerd. Adanya asam lambung yang naik, ke saluran pernafasan, melukainya sehingga ketika batuk mengeluarkan darah meskipun sedikit.

      Untuk itu, jika sekarang sudah tidak ada keluhan lagi, jangan diabaikan. Segala penyakit yang dampaknya hingga muntah atau bab mengeluarkan darah, adalah sesuatu yang sangat serius jadi harus diobati dengan sungguh-sungguh.

      Silahkan pesan buku untuk panduan perawatan maag/gerd + Minum air mentah yang higienis dan morinda/madu pahit untuk mengobatinya. Semoga lekas sembuh ya mbak.

      Silahkan hubungi saya di 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
  10. Mba mau tanya tentang keluhan saya.. saya klo habis makan perut terasa begah.kepala pusing.sendewa.perut keras sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Jungkir Fals

      Itu semua, keluhan awal gerd. Atur pola makan dengan baik. Jangan dilanggar pantangan sakit maag. Kalau belum tahu pesan buku panduan di ibu, atur istirahat dengan baik, juga jangan banyak mikir. Terutama hindari makanan berlemak dan berminyak. Hindari tidur langsung sesudah makan.

      Harus segera diobati dengan seksama jika sampai parah maka penderitaan gerd luar biasa lho.

      Salam,

      Hapus
  11. Balasan
    1. Mbak Shinta Adelya

      Untuk pemesanan morinda bisa pesan pada Ibu sms di No 0877.3259.8747 / 085.228.401.939. Harga 1 botol 545.000 belum termasuk ongkir ke alamat.

      Salam.

      Hapus
  12. Mbak.. saya mau nanya..
    Bapa saya penyakitnya percis banget kaya mbak.. klo tiap menjelang maghrib sering sesak,pusing berkunang kunang, trs lambungnya sakit banget+lemes... tapi Alhamdulillah nya bapa saya tidak sampe muntah darah atau BAB darah.
    hampir satu bulan lebih sesak,pusing sama sakit lambungnya kambuh tiap ashar menjelang maghrib, padahal bapa saya udah makan obat dari dokter terus makananya pun sesuai yang di anjurkan dokter..
    Nah.. mbak saya mau nanya.. obat yang paling ampuh apa ya??, agar bapa saya cepat sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Agus Suriadi

      Maaf jika balasnya sangat terlambat karena terbatasnya waktu. Untuk sembuh dari sakit maag atau asam lambung tidak cukup minum obat dan konsumsi makanan atas petunjuk dokter.

      Yang terlebih penting adalah mengatur pola makan, pola pikir serta pola istirahat, bareng. Ada satu saja yang tak dilakukan, mustahil cepat sembuh.

      Untuk keadaan darurat obat kimia memang bagus, karena diperlukan terutama untuk mengobati rasa sakit. Namun dampaknya bukannya sembuh namun kenyataannya pada umumnya justru menjadi lebih parah. Mengapa ? Karena dalam obat pereda rasa sakit, banyak yang mengandung zat yang akan meninggalkan kikisan pada dinding lambung.

      Obat yang paling ampuh ? Tak pernah ada ! Jika morinda saya katakan bagus, karena morinda bekerja lebih efektif mengatasi sel-sel yang tak sehat dalam tubuh.

      Yang paling ampuh hanya berkahNya Allah SWT. yang kita yakini. Jika kita yakin akan sembuh, insya Allah akan sembuh.

      Salam,

      Hapus
  13. Assalamu'alaikum WR . WB

    Maaf menganggu saya ingin bertanya , saya sudah kena penyakit pendarahan lambung selama 2 minggu lebih dan saya sudah periksa ke dokter 4 hari yg lalu dan saya mengalamin sesak nyeri di ulu hati itu aja dan saya kurang napsu makan krena makannya tidak ada rasanya dan apakah penyakit saya bisa sembuh atas usha kita dan kehendak alloh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf terlambat balas karena sulitnya membagi waktu. Terima kasih atas kunjungannya di blog. Sakit dan sembuh atas ijin Allah. Bersabar dalam sakit, dan berharap sembuh hanya kepada Ridho Allah semata. Lain tidak.

      Semoga cepat sembuh yaa ? Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  14. Bu.. Saya di diagnosa oleh dokter sakit maag dan GERD, saya merasakan lemas tak bergairah, apakah itu normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Reza Fath

      Iya itu normal. Sebab penderita maag biasanya tak bebas makan apa saja karena lambungnya sakit, sehingga nutrisi yang terserap oleh tubuh juga terbatas, kadang-kadang tak memenuhi kebutuhan tubuh. Inilah yang menyebabkan penderita maag dan gerd lemas tak bergairah. Maunya malas-malasan ditempat tidur. Iya kan ?

      Salam.

      Hapus
    2. Lalu bagaimana menu makan yang baik yang seharusnya untuk saya bu?? Dokter juga mendiagnosa saya menderita gastritis

      Hapus
    3. Mas Reza Fath

      Untuk jelasnya, menu apa yang aman untuk dikonsumsi, silahkan pesan buku ibu saja. Harga 100.000 + Ongkir.

      Setelah memesan buku, bisa konsul langsung baik telp atau sms pada sesudah jam 2 siang, karena kalau pagi ibu lagi ngantor tak leluasa untuk balas-balas sms atau jawab telpone.

      Salam,

      Hapus
  15. owwww.......tak bosan bosan ya ibu menolong kami penderita sakit lambung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Candra,

      Alhamdulillah...Ya mana ada bosan mbak, wong ibu menyayangi kalian semua. Lagian mau bosan gimana, lha wong dengan jalan menolong sesama keberkahan dari Allah setiap saat mengalir tak terbendung lagi. Terutama kebahagiaan yang kami rasakan sekeluarga. Dengan menolong orang lain, Allah pun akan menolong segala kesulitan dan kebutuhan kita. Asyiik kan ?

      Salam Bahagia,

      Hapus
  16. Mbak saya juga gerd mau pesan morinda nya gimana cara nya? Minta no tlp nya mbak.. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Venny Prayitno

      Untuk pemesanan morinda silahkan smskan nama + alamat lengkap + no Hp, ke nomor 0877.3259.8747.

      Kecuali pesan morinda, sebaiknya juga pesan bukunya, agar lengkap pengobatannya. Masalahnya, walau diobati dengan morinda, kalau tak tahu cara merawat sakit maag atau gerd itu sendiri juga akan jauh dari kesembuhan. Nah didalam buku panduan maag itu sudah meliputi segala langkah-langkah yang dibutuhkan untuk kesembuhan maag dan gerd.

      Salam,

      Hapus
  17. Assallamualaikum bu.

    Saya mau tanya apa beda nya maag , maag akut, maag kronis, gastritis akut, dan asam lambung tinggi.
    Soal nya saya di diagnosa sama dokter terkena gastritis akut.
    Mohon penjelasan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Anissa

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maag adalah kondisi dimana lambung mulai terganggu.

      Maag akut adalah kondisi dimana lambung mengalami gangguan sehingga menyebabkan kesakitan yang sangat.

      Maag Kronis adalah gangguan lambung yang tak sembuh-sembuh hingga bisa menahun.

      Gastritis akut adalah kondisi dimana dinding lambung mengalami iritasi, pengikisan atau peradangan yang sangat.

      Asam lambung tinggi adalah kondisi ketika derajad keasaman didalam lambung meningkat, hal ini bisa disebabkan karena stress, makanan yang ektreem atau kelelahan yang sangat.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  18. Bu saya sudah lebih tiga bulan menderita penyakit maag, perut saya kembung dan kadang sampai bikin saya gemetar, lemas.
    Saya tidak bisa lelah kapan mulai keringatan langsung lemas.
    Minta solusinya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Amir Wakuru,

      Itu keluhan gerd awal. Solusinya terapi minum air mentah yang higienis, yang airnya bening, tak berbau yang jauhnya dari jamban minimal 8 meter.

      Kemudian pesan buku maag untuk perawatan sehari-hari. Harga 100.000 + ongkir.

      Serta diobati dengan morinda. Semua bisa dipesan dari blog ini.

      Salam,

      Hapus
  19. Bu saya penderita gred sudah 5bulan alhamdulillah sudah tidak was2 sudah jarang sakit dada tp terkadang masih panas d lambung dan tenggorokan mohon solusinya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Hasti Yana

      Alhamdulillah jika sudah ada perubahan. Tapi adanya rasa panas dilambung menunjukkan bahwa asam lambung masih tinggi. Dan rasa panas di tenggorokan menunjukkan bahwa tenggorokan telah bermasalah pada tingkatan awal terkena asam lambung.

      Agar segera diobati saja dengan morinda mbak, pumpung masih awal. Kalau sudah parah, kecuali penderitaannya sangat menyiksa, juga pengobatannya akan menghabiskan duit.

      Salam,

      Hapus
  20. Bu saya mengalami mual dan muntah hanya *maaf* ludah saja, ingin meludah setiap saat dan kadang2 perut dan tenggorokan terasa panas. Tapi perut saya tidak ada sakit sama sekali. Mohon pencerahannya bu, kira2 saya kenapa ya. Terimakasih bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laura Stefani

      Itu gejala gerd awal mbak, yang disebabkan oleh ketegangan fikiran, bukan karena sering telat makan. Tapi harus segera ditindak lanjuti. Sebab gerd kalau sudah parah akan tersiksa sekali penderitaannya dan sangat sulit pengobatannya.

      Ibu sarankan pesan buku dan diobati dengan morinda, juga usahakan bisa terapi minum air mentah yang higienis. Hub ibu di 0877.3259.8747. ( Bu Niniek ).

      Salam,

      Hapus
  21. Makasih bu infonya , saya menderita gerd udah sebulan dan rasanya bener bener nyiksa di dada sakit dan panas bgt kalo salah makan. Btw kalo semur tahu gitu boleh bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fesha

      Semur tahu boleh, asal tahu putih, dan kecapnya sedikit saja. Tak usah pake bumbu pala, karena pala termasuk bumbu yang merangsang, kalau tidak terpaksa tak usah digunakan.

      Salam,

      Hapus
  22. Assalamualaikum,
    Bahaya kah jika teh manis atau abon sapi + bubur utk penderita maag stadium menengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azmi Fauzan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Teh manis, asal encer dan tak begitu banyak gulanya aman. Yang paling aman, tehnya adalah teh celup cap sariwangi ( bukan bermaksud promosi yaa ).

      Teh celup sariwangi, buang dulu celupan yang pertama yang masih kental tuh. Silahkan untuk siapa. Baru kalau kita ingin buat teh nih, ambil celupan yang kedua yang sudah tak begitu encer, lalu beri sedikit gula, sepucuk sendok teh. Nah ini baru aman untuk lambung.

      Jika yang diminum dari teh selain sariwangi, maka lambung akan sakit.

      Salam,

      Hapus
  23. Bu sya masih bingung sya mnderita penyakit ap pda bagian perut karna prut trus trasa bengkak penuh sring naik kejantung berdebar dan kalau di tekan kayak brlapis lapis diperut in sdah satu tahun lebih sya alami mbak apakah in sdah parah dan tdak bsa sembuh lagi ap kah in maag atau ap bu makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashar Cowo

      Itu gejala gerd mas. Stadium awal ke menengah. Insya Allah bisa sembuh.Silahkan pesan buku untuk perawatan maag. Harga 100.000 + ongkir. Usahakan bisa terapi minum air mentah yang higienis dan pesan morinda untuk mengobatinya. hubungi ibu di 0877.3259.8747 ( sms saja jangan telp ).

      Salam,

      Hapus
  24. Assalamualaikum bu, sudah setahun ini, ada makanan yang mengganjal ditenggorokan saya, setiap selesai makan, saya bersendawa dan terkadang memgeluarkan makanan yang saya makan, kalau tdr rasanya tercekik dan tidak enak karena makanan tersebut, saya sudah endoskopi kata dokter asam lambung saya tinggi , tapi tidak ada keluhan di perut dan di dada , hanya makanan ditenggorokan saja yang selalu menggangu , kadang saya sesak napas apabila makanan terasa penuh di leher saya dan tidak bs dmuntahkan, solusinya apa ya bu ? Dan bolehkah saya makan rendang daging ,karena selama lebaran ini dikota sya menu dirumah orang lain apabila saya bertamu selalu lontong + rendang, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muammar Irzan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Irzan..
      Jika habis makan leher serasa mengganjal itu sebenarnya lendir kental yang menempel di dinding tenggorokan yang tak bisa dikeluarkan. Ini dampak asam lambung yang naik ke bagian tenggorokan.

      Jika perut dan dada tak ada keluhan alhamdulillah to ? Berarti tak terkena asam lambung. Jika riwayatnya perut tak ada masalah, tapi asam lambung tinggi, berarti yang memicu timbulnya asam lambung, sebelumnya, adalah stress pikiran bukan karena telat makan atau sering tak teratur makan.

      Rendang daging jelas tak boleh dimakan. Karena gerd harus menghindari makanan yang berlemak dan keras. Makanan keras akan semakin mengiritasi tenggorokan, gerd bisa makin parah.

      Salam,

      Hapus
  25. Assalamualaikum bu, saya sudah serahun mengalami sakit tenggorokan, akibat adanya makanan ditenggorokan saya, setiap selesai makan , saya bersendawa dan rasanya tenggorokan saya penuh sekali dengan makanan , saya sudah endoskopi , hasilnya lambibg saya asamnya tinggi, saya sudah minum obat selama ini namun tidak ada perubahan, tetap saja ada makanan ditenggorokan saya,terkadang napas saya sesak karena makanan yang saya makan penuh di teggorokan saya, kira" bagaimana penyembuhannya, dan apa pantangan saya bu , dan dr apa yang saya harus kunjungi untuk konsultasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muammar Irzan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Irzan. Lain-lian sudah ibu jawab pada komen sebelumnya ya ? Untuk kesembuhan silahkan pesan buku maag untuk perawatan sehari-hari. Dan pengobatannya dengan morinda. Lalu silahkan sembari terapi minum air mentah yang higienis. Untuk pemesanan buku dan morinda silahkan smskan nama + alamat lengkap + kode pos + nomor telepon.

      Demikian ya mohon maaf sekali telat balas. Terima kasih atas kunjungannya di blog, semoga ada manfaatnya.

      Salam,

      Hapus
  26. Ibu aku ud sebulan ne gonta gnti doktr msuk UGD endoscopy semua hasil gpp. Akhriny bru tau gerd. Apa yg ibu critakan semua sama. Tidk ada yg beda sedikitpun yah tuhann aku mau skli sembh. Aku ud ga bs kemna mnaa tiap hri dirumh. Kdng kambuh sesuka dia. Merasa akhir dr sgalanya dgn mslh gerd ini bu. Klo kambuh sesakk pusing. Serasa dunia uda kiamat ajah. Seneng skli ibu bs sembuh. Smoga kami termotivasii utk sembh totall. Dan dengn ijin tuhan jg menyembuhkan kita Aku akan mencoba semua makanan yg ibu rekomen kan makasih ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Erni Evelyn

      Iya mbak Erni memang demikian penyakit Gerd. Jika semua organ diperiksa, hasilnya dokter mengatakan semua baik-baik saja. Apanya yang salah ? Padahal jika kambuh benar-benar seperti mau mati rasanya.

      Itulah gerd, yang sulit dideteksi oleh peralatan medis. Oleh karena itulah ibu berbagi semua pengalaman sakit ibu hingga kesembuhan di blog ini agar ada manfaatnya bagi kita semua.

      Untuk sembuh sungguh-sungguh, kecuali yang utama adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. sebagai pemilik kesembuhan, perlu sekali pesan buku untuk perawatan + minum air mentah yang higienis serta konsumsi morinda yang bisa dipesan pada ibu.

      Salam,

      Hapus
  27. Edo

    Assalamualaikum bu, saya baru tau kondisi GERD ini sekitar 2 minggu yang lalu setelah apa yg saya keluhkan selama ini (yang mirip sekali dengan penderitaan yg ibu tulis diatas) ditangani oleh dokter, lantas, selain menjaga pola makan, pikiran, dan dukungan dari lingkungan, maka :

    - Bagaimana cara untuk mengukur proses perkembangan dari penyembuhan penyakit ini ?

    - Apakah dengan bantuan analisa dokter/medis bisa menentukan seberapa parah/tidaknya kondisi GERD pada seseorang ?

    Apakah kondisi ini bisa sembuh secara total atau malah rentan untuk kambuh ?

    Karena saat ditangani dokter, dokter hanya menyebutkan apa penyakit saya dan hanya mengasih resep obat.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Firmando Abrian

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Sepertinya yang sedang diderita oleh Mad Edo adalah GERD. Gerd ini ada saya bagi dalam stadium awal, stadium menengah dan stadium akhir. Untuk mengetahui perkembangan kesembuhan harus diketahui pada stadium mana sakitnya. Karena masing-masing stadium ada tanda-tanda kesembuhan/ Dan masing-masingnya berbeda.

      - Namun secara umum untuk mengukur proses perkembangan dari penyakit, setelah menjalani pengobatan beberapa waktu lamanya, tentu saja harusnya ada perkembangan, ada perubahan kearah lebih ringan atau lebih baik.

      Contohnya yang tadinya selalu mual jadi tak mual. Yang tadinya sering lapar jadi tidak sering lapar. Yang tadinya sering pusing, ini sudah tak pernah pusing lagi. Yang sebelumnya keringat dingin sering keluar tak pernah merasakannya lagi. Demikian menurut saya.

      - Untuk gerd khususnya, dengan bantuan analisa dokter/medis ada yang bisa menentukan dan ada yang tidak. Pada gerd menengah atau lanjut seringkali analisa dokter pas dengan apa yang diderita oleh pasien, karena gejala sudah nyata sekali. Tapi pada gerd awal, seringkali analisa dokter meleset dengan kondisi yang sebenarnya, sehingga pasien sering kecewa. Karena apa yang dirasakan benar-benar sudah seperti mau mati, namun analisa dokter hanya maag, padahal gerd sudah stadium menengah.

      Memang pada maag kronis dan gerd, seringkali tak bisa dideteksi oleh peralatan medis, sehingga pasien sering bingung. Dan pengobatan medispun untuk maag dan asam lambung ( gerd ) jarang yang bisa terukur. Misal dalam kondisinya sekarang dengan pengobatan dokter kira-kira perlu waktu berapa lama akan sembuh ?

      Meskipun kesembuhan adalah semata-mata wewenang Allah, ajaibnya, dengan terapi air mentah dan morinda yang saya lakukan, insya Allah bisa terukur kira-kira hasilnya akan bagaimana ? Semua itu karena ridho Allah semata, pengobatan ala saya ini.

      Mag atau gerd yang sudah parah, sejatinya tak bisa sembuh total ! Insya Allah maksimal 95 %. Itupun sudah super ajaib ! Dan yang 5 % adalah tetap harus waspada menjaga segalanya. Semua-semua harus selalu dijaga, meskipun telah sembuh seperti saya.

      Demikian mas Edo, semoga jawaban saya bisa difahami. Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Sering-sering mampir saja agar bertambah khasanah sakit maagnya.

      Salam,

      Hapus
  28. Selamat malam buk
    Perkenalkan nama saya cenria. Saya penderita mag juga. Saya mau menanyakan apakah boleh makan bubur dicampur kerupuk? Trus susu coklat ultra milk apakah boleh diminum? Terima kasih bun infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cenria Dewi

      Pagi mbak Dewi

      Pada galibnya kerupuk tak bagus untuk maag. Entah kenapa, saya dan banyak teman-teman penderita maag dan gerd lainnya, setiap habis makan kerupuk kok kondisi kesehatan menjadi dropp banget. Bisa jadi kerupuk yang dimakan kasar teksturnya. Atau kerupuk yang beli diluar minyaknya kan sudah untuk menggoreng berulangkali ? Dan minyak yang sudah untuk menggoreng berulangkali ini sangat rawan bagi lambung karena tinggi oksidannya. Susu juga tak bagus bagi lambung, apalagi yang mengandung coklat, dalam kemasan lagi.

      Salam,

      Salam,

      Hapus
  29. Balasan
    1. Juan Gaicia

      Morinda itu, Juice yang berbahan mengkudu yang ditanam di kepulauan Tahiti. Terbukti sangat efektif untuk mengobati maag dan gerd, bahkan juga bisa untuk mengobati orang yang sakit jiwa, dan alhamdulillah pada sembuh. Subhanallah.

      Salam,

      Hapus
  30. Bagaimana cara pemesanan morinda bu.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibal Ibnu2017

      Untuk pemesanan morinda, kirimkan nama + alamat lengkap + Nomor HP ke nomor 0877.3259.8747 Sertakan "Pesan morinda" Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  31. bu saya kata dr positif sakit lambung, dibawah dada terasa ada yg mengganjal, seperti ada barang keras, apakah itu karena lambung nya bengkak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marchel Adias

      Itu biasanya terjadi karena otot lambung bagian atas mengeras karena asam lambung yang tinggi. Bisa diatasi mengompres bagian tersebut dengan handuk kecil yang dibasahi dengan air panas. Jika sudah dingin diganti lagi air panasnya.

      Agar asam lambung tidak kambuh segera diobati, dan jaga makan jaga istirahat dan jaga pikiran agar tidak stress.

      Salam,

      Hapus
  32. Selamat pagi bu,
    Beberapa hari yang lalu sakit lambung saya juga kambuh, biasanya kalau kambuh gak pernah sampai muntah. Ini setiap makan nasi muntah, dan diare juga.tetapi dokter salah diagnosa dikira saya muntaber,alhamdullilah setelah melewati hampir seminggu tersiksa sakit lambung badan mulai enakan, dan hari ini sudah gak mual dan gak diare boleh tidak ya kira kira kalo saya makan sop sama nasi bu? Karena saya bosan makan bubur, terimakasih bu ninik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yana

      Selamat pagi,

      Kalau kambuh sampai muntah, biasanya usus kotor karena sesuatu, jika terjadi kondisi seperti ini bisa diatasi dengan minum air kelapa yang biasa untuk masak ( bukan air kelapa muda ), cukup 1 gelas 1 hari. Waktunya siang hari. Lakukan selama 7 hari berturut-turut sangat bagus untuk detox harian. Dilakukan untuk jangka panjangpun tak masalah.

      Lebih baik makan nasi lembek. Boleh dengan sayur sop, tapi kuahnya saja, atau kalau mau sayurannya, ampasnya jangan ditelan. Bumbu jangan pakai merica.

      Maaf ya mbak baru sempat balas.

      Salam,

      Hapus
  33. Balasan
    1. Yusuf Supian.

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Apa yang bisa ibu bantu Mas Yusuf ? Maaf ibu baru sempat balas karena terbatasnya waktu.

      Salam,

      Hapus
  34. Assalamualaikum..
    Saya pembaca setia blog ibu niniek,saya penderita asam lambung pernah sampai keluar darah dari tenggorokan, lauk dan sayuran apa yang saya harus makan tahu dan tempe perut saya suka kembung, tolong saran dan penerangannya.
    Terimakasih dan Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yusuf Supian

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Terima kasih atas kunjungan setianya di blog ini. Agar lebih luas cakupannya untuk masalah makanan yang aman untuk lambung, dan bagaimana sebaiknya perawatan untuk maag dan asam lambung, ibu sarankan mas Yusuf pesan buku ibu saja, harga 100.000 + Ongkir.

      Buku memuat segala hal yang berkaitan dengan sakit maag, makanan pantang, makanan aman, dan hal-hal yang boleh dan tak boleh dilakukan.

      Untuk pemesanan buku dan lain-lain silahkan smskan nama, alamat lengkap, nomor hp. Tuliskan "pesan buku", selanjutnya akan diinfokan berapa biayanya.

      Salam,

      Hapus
  35. Saya sebelumny pernah didiagnosa tukak peptik sekitar 15 tahun yg lalu setelah itu tdk pernah kambuh
    Sy seorg perokok aktif

    Yg ingin sy tanyakan, apa benar penyebab susah menelan (disfagia) bisa krn asam lambung naik dan mengiritasi tenggorokan?

    Apa benar gejala gerd seperti mau muntah smpe dibelakang lidah ada cairan rasanya asam dan kecut?
    Lantas brp lama pemulihan disfagia krn gerd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satrya Arrizky

      Disfagia atau susah menelan memang bisa disebabkan karena asam lambung yang sering naik ke area tenggorokan, terjadi pengikisan tenggorokan, terjadi penumpukan lemdir yang lengket didinding tenggorokan, lalu akibatnya tenggorokan menyempit dan susah untuk menelan.

      Ya. Rasa mau muntah dan munculnya rasa asam diseluruh rongga mulut memang karena naiknya asam lambung.

      Pemulihan disfagia tergantung penanganannya. Pengobatan, pola makan, pola pikir dan pola istirahat yang dilakukan, semua saling terkait.

      Sebaiknya hindari merokok mas, agar lekas sembuh.

      Salam,

      Hapus
  36. Komentar saya blm di balas bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ipecandu dosa

      Mohon maaf banget mas, tidak sengaja kehapus. Tolong kirim lagi ya pertanyaannya. Tidak keberatan kan ? Terima kasih.

      Salam.

      Hapus
  37. Asklm ibu semoga dalam kesehatan yang dirahmati Allah
    Mau tanya bu,klo ubi,singkong,jagung dan pisang amankah diomsumsi untuk gerd
    Saya juga hmpir sebulan ad terasa mengganjal ditenggorokan,sendawa dan perut sedikit perih,kt dokter reflux...skrng lg berusaha mengubah pola makan,istirahat dan mnagemen pikiran...mungkin asam lmbung saya naik krn ikutin tren minum jus buah tanpa penyeimbang dari nutrisi lain.termksh😊👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. fila retnani

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Aamiin Ya Rahman Ya Rahiim. Terima kasih atas doanya yang tulus, semoga dikembalikan oleh Allah dengan pemberian yang lebih baik untuk mbak Fila yaa ? Aamiin.

      Ubi aman,jika sedikit. Singkong asal yang lunak dan masih muda boleh dimakan matang, tapi yang paling bagus diparut mentah lalu airnya dicampur dengan air hangat diminum. Jagung, sekalipun manis dan muda tak aman. Pisang jika itu pisang kapok jenis kuning dan matang pohon sangat bagus untuk lambung, tapi jangan direbus alias pisang masak dimakan mentah tanpa dikukus.

      Jika sudah terjadi rasa mengganjal di tenggorokan biasanya sudah tak bisa diatasi dengan obat-obatan kimia atau herbal seperti kunyit, temulawak, gambir dan lain-lain tapi dengan morinda. Meskipun harganya cukup aduhai.

      Terapi jus buah sebetulnya sangat bagus, asal tahu tidak setiap buah cocok bagi lambung yang sedang bermasalah.

      Buah untuk jus yang cocok buah naga, jambu, alpokat aja. Karena seperti blewah, semangka, melon tidak cocoknya karena penyerapannya terhadap pestisida sangat tinggi.

      Salam,

      Hapus
  38. Sya di dianogsa gerd . Untuk skrg tahap pemulihanya alhmdllah membaik .. Pikiran sudah tidak kmna mna. BAB mulai lancar . Kentut pun sering..

    1.kenapa ya kalau gerd pasti kena ambyen? Dan susah kencing?.. Dan perut di bawah pusar rasanya ketika kencing agak menekan agar airnya kluar .. Apakah itu hanya sy yg mengalami

    2. Dan rasa ngilu di bagian punggung kanan tepatnya di atas blikat sangat ngilu bila saya gerakan ke belakang? Apakah itu karna asam lambungnya masih tinggi? Atau krna apa??

    Tolong di balas ya bu nik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ipecandu dosa

      Maaf apakah tidak ada nama yang lebih bagus dari Ipecandu dosa ? Bukankah kata-kata adalah doa ? Atau mungkin saya salah menafsirkannya ?

      1).Tidak selalu GERD pasti kena ambeien dan sulit kencing. Jika terjadi ambeien dan sulit kencing karena sakit gerd yang lama. lambung selalu bermasalah bertahun-tahun sehingga sering sembelit dan kurang serat sehingga lama-lama bisa timbul sakit ambeien. Soal sulit kencing, bisa jadi karena bertahun-tahun minum obat-obat kimia untuk maag/gerd sehingga endapan pada ginjal sangat tinggi, inilah yang menyebabkan sakit GERD bisa berdampak pada kencingnya sulit.

      2). Rasa ngilu pada bagian punggung kanan, itu juga dampak dari aliran asam lambung yang naik ke area dada, punggung bahkan terkadang juga kebagian-bagian lain dalam tubuh (paru, jantung, tenggorokan, ke usus, ke mata, ke telinga juga sampai ke otak).

      Salam,

      Hapus
  39. Ma kasih banyak atas ilmunya Bu....sy jg mngalami penyakit demikian...gerd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Sama-sama. Semoga bermanfaat. Semoga lekas sembuh yah ? Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  40. Makasih atas informasinya.. Sekarang saya lagi merasakanya bu.. Sungguh nikmatnya rasa sakit ini.. Dan pernah semalem saya gx bisa tidur karna ulu hati terasa seperti panasnya balsam lalu terkena air gitu lah rasanya sangat nikmat sakitnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agam Fathul Halim

      Iya mas, sama-sama..Memang asam lambung itu menimbulkan rasa panas atau nyeri ditempat yang terkena. Dan menimbulkan rasa yang tak karuan diseluruh tubuh yang sulit dibayangkan. Maka kita yang terkena sakit maag atau asam lambung harus benar-benar bersabar menjalaninya.

      Salam,

      Hapus
  41. Malam bu nini
    Saya dian
    Saya sudah lama mengalami sakit maag dan asam lambung.
    Sudah lama sekali mengkonsumsi obat2 kimia,tapi masih sering kambuh.
    Tapi anehnya,keluhan perut kembing,pusing dan letih dirasakan setiap.menjelang malam,apakah itu màag?
    Sekarang saya habis melahirkan Secara SC,maag saya kambuh,kata dokter dipicu karna obat anti nyeri yg diberikan dokter.
    Sekarang saya merasakan perih yg teramat diperut,ntah nyeri karna maag ataupun habis luka SC.
    Mohon bantuannya bu?apakah maag memperburuk luka SC,apa yg yg harus dilakukan,karna kasihan bayi saya.
    Terinakasih
    Salam

    Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dian Pink

      Sore Mbak Dian,
      Operasi SC itu yang memperparah maag, bukan maag yang memperburuk luka SC. Benar kata dokternya, maag menjadi parah karena dipicu oleh obat anti nyeri.

      Keluhan muncul pada menjelang malam memang benar, sebab GERD kambuh jika lambung kosong atau lambung kepenuhan.

      Solusinya, silahkan segera saja pesan Buku Panduan Perawatan Maag/Gerd serta BIO ALPHA untuk mengatasinya. Hubungi ibu di Nomor 0877.3259.8747 (WA/SMS saja).

      Salam,

      Hapus
  42. Assalamuallaikum.
    Saya saat ini sedang menderita asam lambung, barusan pulang dr RS drmh 2hari eh masuk lg.
    Karna perut saya yg atas bengkak dada panas, leher seperti ada yg ngeganjal dan dsertai kringat dingin.
    Kadang jg perut atas kanan tepatnya dtulang rusuk kanan sperti ada yg mengganjal yg mengakibatkan sy ssh bernafas. Kira2 apakah ini jg efek dr mslh penyakit sy yaitu asam lambung?
    Lalu adakah obat yg bs menuntaskan penyakit sy, kasian anak2 sy klo sy keluar masuk RS gk ada yg urus.
    Mksh, salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arsyfa Athaleta

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Arsyfa, insya Allah itu gejala GERD Stadium Menengah. Harus segera diobati. Saya sarankan dengan BIO ALPHA herbal Organik yang sungguh-sungguh efektif untuk segala macam penyakit berat maupun ringan termasuk maag dan asam lambung (GERD).

      Pumpung belum parah. Sebab kalau menjadi parah akan sangat tersiksa penderitaannya dan sangat sulit diobati.

      Jika minat, hubungi ibu di Nomor 0877.3259.8747 SMS/WA saja, sebab via telp jarang bisa ibu angkat.

      Salam,

      Hapus
  43. apakah penderita asam lambung bokeh makanan lauk yang asin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhammad Ade Rayhan

      Boleh makan lauk yang asin tapi jangan yang asinnya extreem itu akan menyebabkan lambung perih.

      Salam,

      Hapus
  44. Kebetulan keluhan yg dtulis diatas persis dg apa yg saya alami..yach maag atau radang lambung..mungkin sdikit tambahan soal makanan"telur"menurut pengalaman saya pribadi sebaiknya tdk dikonsumsi terutama kuningnya.sebab memperparah keadaan..trimakash

    BalasHapus
    Balasan
    1. heri

      Telur, jika dimasak setengah matang 3 menit atau dikonsumsi mentah, insya Allah tidak akan membahayakan penderita maag atau asam lambung. Kecuali kalau dimasak benar benar matang, kemungkinan akan meningkatkan kolesterol. Tapi kalau setengah matang insya Allah aman.

      Salam,

      Hapus
  45. Assalamualaikum bu saya juga merasakan gejala gerd dan saya juga kebingungan untuk menu makan saya , dan untuk kesembuhan sebaiknya saya mengkonsumsi apa ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imam setiadi

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Sebaiknya pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis yang saya tulis mas. Disana sudah sangat lengkap Tips2 untuk kesembuhan maag dan Gerd. Harga 100.000 + Ongkir juga usahakan bisa pesan BIO ALPHA untuk pengobatannya. Untuk 10 hari 400.000 + Ongkir. Untuk 1 bulan 1.200.000 + Ongkir.

      Hindari segala pantangan maag, terutama goreng-gorengan dan yang kasar-kasar.

      Salam,

      Hapus
  46. Bu,kata dokter saya kena gerd.susah tidur klo gk minum obat.dada panas.tenggorokan serasa ada yang mengganjal.kadang sesak juga.gak enak Buu.dikasih obat sama dokter tp cm dikasih obat untuk lambung,itu diminum tiap jam 8 mlm.pas obatnya habis jdi gk bisa tidur,gelisah lg,dada panas lg.saya harus gmn buu.sampe kpn hrus bergantung pada obat...tolong bantu saya buu..terima kasih sblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alvin

      Mas Alvin, terima kasih yaa atas kunjungannya di blog ? Sering-sering saja berkunjung di blog, mudah-mudahan ada manfaatnya.

      Apa yang dialami mas Alvin adalah GERD atau asam lambung pada stadium menengah.

      Obat dokter hanya mengatasi gejala dari penyakit, bukan mengatasi akar penyakit. Maka ketika sedang mengkonsumsi obat dokter, keluhan seolah hilang, namun hanya untuyk sementara. Tapi begitu obat dokter habis, maka keluhan akan terasa kembali, bahkan seringkali bertambah parah.
      Mengapa ?

      Pada penderita maag dan GERD, biasanya dokter selalu memberikan obat pereda rasa sakit. Nah dalam pereda rasa sakit ini seringkali mengandung zat yang mampu mengikis dinding lambung. Itulah sebabnya, minum obat-obatan kimia untuk lambung, jarang yang bisa sembuh, namun makin lama akan semakin parah.

      Akan tetapi, obat dokter tetap diperlukan dalam kondisi darurat. Sebab maag yang sudah parah (seperti saya dulu) terkadang tiba-tiba muncul keluhan yang luar biasa sakitnya. Sakit yang luar biasa ini hanya bisa diredakan dengan obat pereda rasa sakit dari dokter. Jarang herbal yang bisa meredakan rasa raskit darurat.

      Nah, solusi keluhan mas Alvin, silahkan pesan Buku untuk panduan perawatan sakit maag + Minum Air Mentah yang higienis + Pesan BIO ALPHA untuk 1 bulan. Pemesanan di Nomor 0877.3259.8747 WA/SMS. Insya Allah akan segera sembuh.

      Salam,

      Hapus
  47. Assalamualaikum bu.
    Saya masih berumur 17 tahun.
    Tapi saya sudah sakit maag 6 bulan lebih.
    Obat kimia sudah banyak masuk ke perut saya..rasanyarasanya ketakutan .cemas. di perut sangat penuh.dada kadang berdebar hebat.pusing tiada henti.dan bab dulu ada sedikit darahnya. Katanya di usus ada luka semacam sariawan gitu bu..apakah masih bisa di sembuhkan ibu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahmad arif

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Ahmad Arif. Gak boleh putus asa yaa ? Allah Maha Besar, Maha Kasih Sayang, Dan Maha menyembuhkan.

      Meskipun sakit Mas Ahmad adalah GERD sudah stadium lanjut, jika Allah SWT. menghendaki tentu akan sembuh. Untuk itu sampai titik darah yang penghabisan kita harus selalu berikhtiyar. Meskipun untuk pengobatan GERD stadium lanjut memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

      Salah satu solusinya adalah pesan Buku untuk panduan perawatan + Minum Air mentah yang higienis + Pesan BIO ALPHA untuk diminum 1 bulan bagi kesembuhan.

      Jika berminat, hubungi ibu via SMS/WA di 085.228.401.939.

      Salam,


      Hapus
  48. assalamualaikum bu.

    say jgvterkena gerd saya ingin menanyakan

    terapi air mentah sehari berapa liter bu dan merek apa.. ?saya biasanya air nya dimasak dlu itu salah ya bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mia Rebecca

      Air mentah higienis yang saya maksud bukan air isi ulang. Tapi air dari sumber mata air seperti sumur yang airnya bening, tak tercemar dan jarak dari septitank minimal 8 meter. Atau air dari sumber mata air pegunungan langsung, bukan yang sudah di kemas seperti air AQUA misalnya.

      Panduan Minum Air Mentah:
      - Minum secara bertahap dari hari pertama sampai hari ke-8 dari jam 10 siang hingga jam 4 sore. Dimulai hari pertama 1 gelas, hari kedua 2 gelas, dan seterusnya tiap hari naik 1 gelas hingga hari ke-8 bisa minum 8 gelas.
      - Jika sudah bisa minum sehari 8 gelas, maka selanjutnya bebas minum berapa banyak sekuatnya dan bebas waktu minum baik pagi atau malam, sebelum atau sesudah makan tak masalah.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  49. assalamualaikum bu, saya pnderita maag sudah 1 thn lbih g kunjung sembuh...solusinya gimana bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hendra wahyu

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Solusinya. Penuhi pantangan sakit maag. Hindari kopi, susu, makanan yang kasar, asem, lemak, pedes, gorengan, yang merangsang seperti tape, nenas, durian, jahe dan sejenisnya. Juga kaya mie, bakso, pangsit somay jangan dimakan dulu.

      Hindari olah raga berat. Olah raga hanya boleh jalan kaki ringan berjarak dekat. Kalau main gitar jangan kelamaan duduk. jika ingin cepat sembuh pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag di blog ini. Harga 100.000 + Ongkir. Yang tulis ibu sendiri.

      Salam,

      Hapus
  50. wah artikelnya sangat bermanfaat, saya penderita gerd udh hampir 2 thn gak sembuh2, terkadang keluar masuk rs smp di opname trs, pdhl saya makan teratur tp tetap kambuh, udh USG trs Rontgen dan semua hasilnya normal. bagaimana ga bu solusinya? buku rahasia sembuh sakit maag nya msh ready?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Mas Adri Sunardi, terima kasih untuk apresiasinya, semoga tulisan-tulisan saya terus bermanfaat dalam keberkahan Allah SWT. Untuk sakit lambung,memang dengan pemeriksaan alat-alat medis tak bisa terdeteksi secara akurat. Meskipun jantung berdebar setengah mati rasanya, namun kalau diperiksa dengan alat pendeteksi rekaman jantung normal-normal saja.

      Solusi kesembuhan sakit maag ala saya : minum air mentah yang higienis + Pesan Bio Alpha + Pesan Buku untuk perawatan sakit maag di blog ini.

      Salam,

      Hapus
    2. Ada emailnya gak mbak ,,,???

      Hapus
    3. Chia Gomez61

      Ada, tapi saya sekarang sibuk sekali tak sempat buka email. Silahkan chatt lewat WA saja di 0877.3259.8747
      Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  51. Ass mba aku kena gerd udah 4 bln masalah sekarang telinga kanan aku dan bab kurang lancar gmn cara pengobatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wsww. Untuk pengobatan, silahkan hubungi ibu SMS/WA di nomor : 0877.3259.8747 Maaf baru sempat balas, kemarin-kemarin ibu sibuk sekali.

      Salam,

      Hapus
  52. Asalamualaikum bu,,, mu nanya kalo ikan, ikan apa aja yg boleh di makan.contohnya bu,,,soalnya dah ga makan ikan soalnya takut salah makan...
    Makasih bu wassalamualakum...

    BalasHapus
  53. Unknown

    Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

    Yang aman, antara lain ikan emas, ikan bawal, dan dimasak rebus/kukus bukan digoreng. Ikan lele bikin kolesterol tinggi. Ikan pindang dan tongkol bikin perut begah.

    Salam,

    BalasHapus
  54. Bu saya sakit maag gejalanya suka pedih di ulu hati di atas pusar kata dokter maag infeksi ginjal dan infeksi rahim yg saya rasakan sering perih di perut sebelah kiri dan dan saya jalan membungkuk itu gerd atau maag kronis atau asam lambung tinggi atau gimana bu, kalau pesen morinda ada efek sampibg ke ginjal gak bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siti aminah

      Mbak Aminah,

      Kalau gejalanya seperti itu memang itu gejala asam lambung (GERD) stadium menengah. Soal inveksi ginjal atau inveksi rahim harus ada pemeriksaan yang intensif.

      Tapi tak perlu kuatir.Sekarang ada FIRMAX3 cream yang sangat bagus untuk mengatasi berbagai keluhan baik yang ringan maupun yang berat. Juga bisa untuk asam lambung (GERD). Bukan dengan morinda mbak, kalau untuk jalan saja kesakitan dan harus membungkuk, tak kuat nanti reaksinya kalau minum morinda.

      Silahkan hubungi ibu di WA nomor 0877.3259.8747 Jangan ditunda sebelum makin parah.

      Salam,

      Hapus

Back To Top