SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Menu Keseharian Bagi Sakit Maag Dan Gerd

Bismillahirrahmanirrahiim…

Teman-teman, ayo semangat untuk sembuh ! jangan loyo dan putus asa ! Allah siap menaburkan berjuta berkah bagi kita yang tetap bersyukur dalam segala keadaan, tetap ikhtiyar tanpa mengeluh dan putus asa, dan tetap berharap dalam kesungguhan doa. Ni aku bawakan oleh-oleh Menu Keseharian Bagi Sakit Maag Dan Gerd untuk kalian semua.

Mohon maaf jika aku tak berbasa basi dalam menulis. Aku menyebut engkau sekalian dengan sebutan “kalian” tanpa mengurangi rasa hormatku kepada kalian semua. Semata hanya karena aku merasa kita adalah senasib sepenanggungan sebagai korban sakit maag. 

Sakit akibat ulah kita sendiri yang sembarangan dalam menjalani hidup. Ceroboh dalam segala hal, seenaknya sendiri, tanpa mau memperhatikan sunnah-sunnah Rasul SAW, apalagi meneladaninya dan menjalaninya dengan sepenuh keyakinan. Iya kan ? Iya dong.

Perhatikan ini, apa yang menjadi penyebab dari sakit maag ?

Stress yang tinggi, sering marah, lupa makan lupa istirahat, sering makan makanan yang pedas, asam, merangsang, secara berlebihan, sering mengunyah tidak lembut sehingga makanan yang masuk kedalam lambung masih terlalu kasar, 

Nah sebelum kita membahas Menu Keseharian Bagi Sakit Maag Dan Gerd, tak ada jeleknya kita menelaah soal penyebab maag dan gerd terlebih dahulu, bukankah ini hal yang sangat penting ?

Bukankah Rasulullah SAW, 15 abad yang silam dimana tehnologi masih sangat sederhana dan tradisional, sudah memberikan teladan dan nasehat yang sebagus-bagusnya teladan dan nasehat dalam segala hal bagi kehidupan kita ?

Kita diajarinya untuk selalu bersabar, kecuali orang penyabar itu akan disayang Allah, dia so pasti tak akan pernah kena sakit maag ( kecuali dia menjalani operasi besar, dalam operasi besar, pasca operasi selalu diberikan obat pereda rasa sakit, nah dalam obat pereda rasa sakit inilah mengandung zat yang bisa mengikis dinding lambung, yang berakibat pasca operasi biasanya tiba-tiba penderita lalu mempunyai sakit maag. Heran ?)

Orang yang sabar adalah orang yang selalu bisa menahan amarahnya dengan ikhlas karena takut kepada murka Allah

Orang yang suka marah cenderung menjadi stress pikirannya. Stress akan memicu meningkatnya kadar asam lambung dalam lambung, akibatnya sakit maaglah kita.

Sering lupa makan dan lupa istirahat. Yang diingat bekerja ! bekerja ! dan bekerja ! Padahal banyak Hadist menuliskan bahwa Rasulullah SAW. sering mengingatkan tentang hak makan dan hak istirahat bagi tubuh, dan jika hal ini diindahkan, makan dengan teratur, istirahat yang cukup sebagaimana nasehat Rasulullah SAW, insya Allah kita tak akan kena sakit maag, dan selalu sehat lahir dan batin.

Juga Rasulullah SAW menasehatkan janganlah berlebih-lebihan karena berlebih-lebihan adalah tidak baik. Dalam hal apapun juga. Berlebihan dalam bekerja juga tidak baik, karena mengurangi hak tubuh untuk istirahat. Berlebihan dalam istirahat juga tidak baik karena pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan jadi terbengkelai.

Berlebihan dalam hal makan apapun juga tidak baik, karena akan membebani lambung sehingga lambung bekerja terlalu berat, yang akibatnya asam lambung yang ada tidak mencukupi untuk memproses makanan yang berlebihan yang masuk kedalam lambung tadi, sehingga system tubuh perlu meningkatkan derajat keasaman lambung agar makanan bisa tercerna dengan baik. 

Nah derajat asam lambung yang terlalu tinggi ini juga jika berlebihan akan mengakibatnya terkikisnya mukosa pelindung lambung, dan yang bersangkutan akan menjadi sakit lambungnya.

Ketahuilah oleh kita semua, bahwa 15 abad yang lalu, tehnologi Rasulullah SAW. merupakan tehnologi yang supercanggih !, sebelum diketemukannya segala tehnologi modern sekarang ini, bahkan akurasinya melebihi tehnologi modern apapun yang diketemukan didunia ini. 

Rasulullah SAW sudah meneladani dengan puasa Senin dan Kamis. Mengapa ? Karena Rasulullah SAW sudah tahu, bahwa lambung itu perlu diberi istirahat untuk keseimbangan dari tugasnya yang sangat berat sehari-hari, menggiling makanan selama 24 jam tanpa henti ! Bayangkan !

Dengan puasa Senin Kamis, insya Allah lambung akan selalu sehat. Jiwa juga semakin dicerahkan, karena dalam kelaparan kita menjadi ingat akan nasib saudara-saudara kita yang lapar bukan karena puasa, namun karena belum ada sesuatu yang bisa untuk dimakan. Subhanallah…betapa hebatnya Rasulullah SAW. Dan lebih hebat lagi adalah Sang pemberi inspirasi tehnologi itu sendiri adalah Allah SWT.

Lalu ada lagi nih nasehat Rasulullah SAW untuk kesehatan lambung. Ketika dunia heboh dengan hasil riset dan penelitian Dokter Hiromi Sinya, ahli usus terkemuka di dunia yang berasal dari Jepang, yang selama tugasnya lebih dari 40 tahun di Amerika menangani seputar 370.000 ribu kasus usus manusia, menyatakan bahwa jika manusia ingin sehat lambungnya, sebaiknya mengunyah paling tidak hingga 50 kali agar makanan tercampur dengan enzyme amylase yang dihasilkan dari kelenjar ludah ketika mengunyah ? 

Lah itu penemuan yang sudah ketinggalan jaman teman ! Rasulullah SAW pada 15 abad yang lalu sudah mengajarkan sebelum makan hendaklah didahului dengan makan buah terlebih dahulu, untuk apa ? Agar lambung mempunyai cairan untuk membantu pencernaan sebelumnya. Lalu juga menasehatkan sebaiknya mengunyah makanan dengan sedikitnya 33 x, hitungan yang ganjil agar digenapkan oleh barokah Allah SWT. Penemuan dan pernyataan Rasulullah SAW jauh mendahului riset dan penemuan Dokter Hiromi Sinya dari Jepang !

Namun demikian kita perlu mengacungi jempol kepada riset yang demikian gigih dari Dokter Hiromi Sinya sehingga menemukan berbagai teori untuk kesehatan lambung yang sebenarnya sudah jauh sebelumnya ditemukan dan dipaparkan oleh Nabi Agung kita Muhammad Rasulullah SAW. Betapa manfaatnya bagi kepentingan kesehatan manusia diseluruh dunia.

Dokter Horomi Sinya dalam bukunya yang menjadi best seller dunia The Myracle of Enzime, juga mengkungkapkan bahwa yang benar adalah mengkonsumsi air itu sebelum makan bukan sesudah makan.

He he bukankah diatas sudah penulis sampaikan, bahwa 15 abad yang lalu Rasulullah sudah menasehati dan meneladani makan buah dulu sebelum makan, bukankah buah-buahan banyak mengandung air. Canggih gak ? canggih gak ? Super canggih ? Begitu canggihnya Nabi kita SAW, namun salah siapa jika kita yang menjadi umatnya kok masih terkena sakit maag ? Ya salah kita sendiri dong !

Nah yuk kita mulai membahas Menu Keseharian Bagi Sakit Maag Dan Gerd.

Kondisi lambung kita masing-masing tentulah tidak ada yang sama. Walau kita sama-sama sakit maag dan menderita Gerd. Namun setidaknya, dengan menu yang akan kusampaikan ini, mudah-mudahan bisa menjadi kisi-kisi atau ancer-ancer menu bagaimana sih yang ideal buat sakit maag dan Gerd ?

Pagi bangun tidur
Pagi bangun tidur sebelum sikat gigi, sebaiknya langsung minum air hangat 1 gelas 200 cc, berdoa sebelumnya, minum sedikit demi sedikit dengan penuh penghayatan dan rasa syukur bahwa pagi ini kita masih boleh minum air Allah, yang mudah-mudahan Allah beri keberkahan dan kemanfaatan bagi hidup kita hari ini, menambah kesembuhan bagi kita.

Turun dari Shalat Subuh dan dzikir, sebaiknya minum lagi air hangat 1 gelas lagi 200 cc, sedikit demi sedikit, pelan dan tetap biasakan setiap sebelum makan dan minum, hayati dengan syukur dan pengharapan akan Rahmat Allah dengan berdoa.

Jam 05.30 
Makan bubur tepung kerut atau kalau tidak ada makan bubur tepung beras cap Rose Brand kalau ada (tidak harus), jangan menunggu bubur beras, karena terlalu lama membuatnya makan waktu. Pagi itu yang penting lambung keisi dulu, segera !

Jam 06.00 atau jam 06.30 
Minum morinda menurut dosis yang sudah ditentukan, kalau tidak ada sebaiknya minum air madu murni 200 cc, tapi yang murni lho ya, kalau madu oplos malah kimianya bakalan merusah lambung ! (ciri madu murni, jika dimasukkan kedalam fresser kulkas tidak akan beku).

Jam 07.30 
Usahakan minum air hangat lagi 1 gelas 200 cc.

Jam 08.00 
Silahkan makan bubur beras bagi yang parah, atau nasi lembek bagi yang lambungnya sudah agak baikan. 

Sayur silahkan pilih :
  • daun bayam cabut yang direbus,
  • atau daun sawi sendok rebus,
  • atau labu siam rebus,
  • atau wortel rebus,
  • atau buncis muda rebus, yang semuanya ketika merebusnya beri sedikit garam, sedikiiit saja garamnya). 
Lauknya boleh pilih :
  • telur ayam kampung yang direbus matang muda hanya 3 menit masak sehingga kuning telurnya masih berwarna oranye,
  • atau telur ayam kampung yang dipepes dibumbui bawang putih dan bawang merah lalu beri sedikit garam dan dikukus dengan daun pisang,
  • atau 1 potong tahu putih yang dihancurkan lalu bumbui bawang putih bawang merah sedikit garam beri telur ayam kampung dan dikukus dengan dibungkus daun pisang agar sedap dialasi dengan sedikit daun salam.
  • atau macaroni mateng dicampur dengan telur ayam kampung dan bumbui bawang merah bawang putih sedikit garam
  • atau ikan emas yang dipepes kukus dengan bumbu bawang putih, bawang merah, sedikit garam dan kunyit agar tidak amis beri juga sedikit daun jeruk purut. (untuk ikan terserah selera yang penting tidak terlalu berlemak dan berserat kasar seperti tongkol jangan).
  • Tahu putih yang hanya direbus dengan bumbu bawang putih dan sedikit garam juga aman buat lambung.
  • Tahu putih yang diberi bumbu bacem dengan gula yang tak banyak juga cukup aman bagi lambung, asal makan tak usah digoreng.
Jam 09.00 
Minum air hangat lagi 1 gelas 200 cc

Jam 10.00 
Makan makanan jeda, silahkan pilih :
  • bubur tepung kerut, atau boleh yang diminum mentah dengan madu murni
  • bubur tepung kacang hijau
  • kue nagasari
  • kue tepung kerut (sebentar lagi daku akan memproduksinya, tunggu saja ya)
  • Kentang rebus
  • Ubi rebus
  • Waluh kuning yang dikukus
  • Pisang kapok kuning yang masak pohon, dan dimakan mentah tak usah dikukus.
  • Buah pepaya yang benar-benar telah masak
  • Buah alpokat yang baik, tua, telah masak dan tidak busuk.
Jam 11.00 siang 
Minum segelas air hangat 200 cc

Sesudah shalat dhuhur 
Silahkan makan siang dengan bubur beras atau nasi lembek dengan sayur silahkan pilih :
  • Sayur bening bayam cabut dan labu siam,
  • Sayur bening bayam cabut dan wortel,
  • Sayur bening wortel, labu siam dan kentang,
  • Sayur sup wortel, kentang dan macaroni,
  • Sayur sup daun sawi sendok dan wortel,
  • Sayur sup wortel dan kentang beri sedikit daging has tapi dagingnya jangan dimakan, kita ambil manfaat kaldunya saja.
  • Sayur bening daun katuk yang sangat muda, yang paling pucuk, sebab yang tua bikin sakit di lambung karena kasar jika dimakan.
  • Sayur bening daun katuk yang pucuk dicampur dengan labu siam juga enak.
  • Sayur bening labu hijau yang panjang dengan dicampur dengan sedikit daun melinjo yang sangat muda juga boleh untuk orang sakit maag.
  • Sup macaroni dan suun yang lembut yang biasa untuk membuat scottel, bukan suun yang biasa untuk campuran bakso, itu kasar tak baik untuk sakit maag.
  • Sayur semur tahu dengan kentang, tanpa ditumis dengan minyak
  • Sayur semur tahu dengan bihun tanpa tumis dengan minyak
Lauknya silahkan pilih di atas pada menu pagi jam 08.00

Jam 12.30 siang
Minum morinda (sesuai dosis) atau air madu murni 200 cc 

Antara jam 14.00 hingga jam 15.00 
Silahkan makan makanan jeda kembali dan minum air hangat 200 cc.

Jam 17.30 
Menjelang maghrib makan sore dengan sedikit nasi lembek dengan lauk yang ringan, tahu rebus, atau telur ayam kampung rebus, atau terserah apa silahkan pilih pada menu makan pagi jam 08.00 pagi.

Habis sholat maghrib silahkan konsumsi morinda sesuai dosis atau minum air madu murni 200 cc

Dari mulai sesudah minum madu murni malam, hingga menjelang tidur usahakan jangan makan, kecuali sedikit buah alpokat atau setengah porsi tepung kerut.

Menjelang tidur silahkan minum air hangat lagi 200 cc jadi Alhamdulillah minimal 2 liter telah kita minum insya Allah sudah mencukupi untuk kebutuhan minum dalam sehari. Bagi teman yang sudah mulai mengkonsumsi air mentah dan tidak ada masalah dengan lambungnya ketika minum air mentah, maka silahkan semua kebutuhan minum air putihnya diganti dengan air mentah sepanjang hari.

Namun jika belum terbiasa minum air mentah silahkan diatur, minum air putihnya mulai bangun tidur sampai dengan jam 10.00 minum air hangat, jam 10.00 sampai dengan jam 16.00 minum air mentah, dan mulai dari jam 16.00 sampai menjelang tidur silahkan minum air putih yang hangat.

Demikian Menu Keseharian Bagi Sakit Maag Dan Gerd. Ini hanyalah sekedar kisi-kisi yang biasa daku konsumsi ketika sakit dulu, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kalian teman. Semoga selalu manfaat. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Penulis,
Niniek SS
Labels: Cara Makan, Makanan Sakit Maag, Pengetahuan, Terapi Air Mentah, Tips

Thanks for reading Menu Keseharian Bagi Sakit Maag Dan Gerd. Please share...!

74 comments on Menu Keseharian Bagi Sakit Maag Dan Gerd

  1. bagus bgt sarannya ,makasih ya atas infonya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih juga telah berkunjung di blog ini. Semoga bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa harus minum air mentah ya ?apa ga diare nantinya

      Hapus
    2. Saudara Natusha,

      Air mentah lebih menyehatkan daripada air yang telah dimasak. Air yang telah dimasak, kimia airnya telah berubah. Inilah yang sering menjadikan terbentuknya batu ginjal, batu empedu pada tubuh manusia.

      Diare tidak selalu buruk. Diare ketika minum air mentah bukan berarti karena adanya kuman pada air mentah yang kita minum lalu kita menjadi diare. Namun karena kimia air mentah dan oksigen yang masih utuh dalam air mentah, sedang mengusir semua racun dalam tubuh, lalu dikeluarkan dalam bentuk diare.

      Jadi faham ya ?

      Salam,

      Hapus
  3. Bermanfaat sekali, Bu. Terima kasih infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, jika beranfaat. Semoga menjadi jalan kesembuhannya. Aamiin. Terima kasih telah mampir di blog. Sering-sering aja singgah.

      Salam,

      Hapus
    2. Terima kasih bu niniek :)

      Hapus
    3. Pak Donnie Hertana,

      Terima kasih kembali Pak, telah berkunjung di blog ini, semoga bermanfaat. Ditunggu kunjungannya kembali Pak.

      Salam,

      Hapus
  4. Terimah kasih infonya mba Niniek..
    Berapa lama yaa harus konsumsi menu2 seperti di atas untuk sembuh dari maag atau gerd? Mau tau juga apakah mba Niniek skrg udah bisa makan makanan pedas, asam, berminyak yg dulunya pantangan untuk penyakit maag?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Yunita,

      Alhamdulillah jika infonya bermanfaat. Konsumsi dengan menu diatas tak bisa ditentukan harus berapa lama, tergantung stadium masing-masing. Makin parah sakitnya tentu akan memakan waktu lebih lama.

      Alhamdulillah saya sudah bebas makan apa saja, namun saya tetap menjaga. Karena saya sangat trauma dengan sakit saya sulu.

      Salam,

      Hapus
  5. Alhamdulillah.. informasi yg sangat saya butuhkan.. selama ini saya menderita GERD dan tersiksa sekali.. Bingung mau konsumsi apa saja dan waktunya kapan saja.. karna makanan "enak" sebagian banyak tidak bisa di konsumsi..
    Dengan adanya blog ini insya Allah sangat bermanfaat untuk saya dan rekan-rekan penderita GERD lainnya. Akhirnya Saya bisa membuat program makan setiap harinya selama 1 minggu.
    Terima kasih.. Jazakumullah khairon katsir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Asril Fachriza Haqi,

      Mohon maaf jika terlewat balas, saking banyaknya kesibukan, astaghfirullah..Alhamdulillah jika blog ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di blog. Sering-sering aja singgah ya Pak. Tak lupa mohon doanya selalu, agar saya tetap dikaruniai kesehatan, agar bisa tetap terus menulis disini. Sekali lagi mohon maaf terlewat balas. Semoga Bapak lekas sembuh. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  6. Maaf, mau tanya morinda itu apa ya? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Julia Landena

      Terima kasih atas kunjungannya di blog. Maaf baru sempat balas. Morinda itu juice mengkudu. Minuman kesehatan yang sangat mendukung pulihnya berbagai keluhan dalam tubuh. Bahannya dari mengkudu yang ditanam di kepulauan Tahiti dimana habitatnya bebas dari pencemaran lingkungan, dan proses pengolahannya dibawah pengawasan ketat dari para dokter ahli noni atau mengkudu.

      Jika mbak Julia berminat, bisa pesan kepada ibu, untuk mendapatkan morinda yang asli, karena diluar banyak yang dipalsukan.

      Salam,

      Hapus
  7. alhamdulillaah bermanfaat sekali baarakallaahu ilmunya .. jzklh kk .. menghilangkan kebingungan saya sekaligus mendapatkan ilmu pengobatan yang holistic .. menguatkan iman ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Rikeu Indah Mardiani,

      Alhamdulillah. Terima kasih atas kunjungannya di blog, semoga ada manfaatnya. Menambah semangat ibu untuk terus menulis di blog ini berbagi apa yang mampu untuk dibagi.

      Salam,

      Hapus
  8. Terimakasih infonya nek.
    Nek, kalau mlm hari terbangun karena perut tidak enak akibat asam lambung naik, apa yang sebaiknya dilakukan. Saya sakit asam lambung, kalau pagi hari kaki bahkan tangan saya terasa dingin. Siang hari tidak, apa yg sebaiknya saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Sari Andriyani

      Makasih ya telah mampir di blog nenek. Jika terbangun malam perut gak enak, sebaiknya makan seseuatu yang tidak mengenyangkan, namun yang aman bagi lambung. Siang maupun malam, jika perut kosong maka penderita maag akan tidak nyaman lambungnya, bahkan jika yang sudah parah akan terasa sakit.

      Demikian juga jika pada pagi hari keluar keringat dingin. Itu pertanda bahwa perut kosong, maka segeralah diisi.

      Salam Nenek.

      Hapus
  9. Ass, bgus bnget sarannya bu terima kasih.
    Bu ninik saya bingung dengan keadaan yg salah alami, kmaren saya ke dokter , kata dokter ini maag , tapi aneh ga sakit pada lambung, cuma merasakan sesak nafas , kesemutan kaki tangan dan ulu hati(dada) dan rasa panik bu kasih solusi nya bagi saya ...
    Terima kasih bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini siapa ya ? Koq wanted ?

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Ini gejala gerd awal yang dikarenakan stress. Jadi lambung tidak merasakan sakit. Lebih kepada rasa cemas dan rasa sesak.

      Ibu anjurkan pesan buku ibu di hp. no 085.228.401.939 agar cepat sembuh dan tak berlarut - larut.

      Salam,

      Hapus
  10. Jazzakillaah khoir nek atas sharingnya, sangat bermanfaat skali. Saya sudah 4 bulan merasakan ulu hati sakit, dada terasa sesak, sering mual. Sepertinya saya terkena gerd. Sudah ke dokter 3x. Skrg Sedang mencoba terapi dg menu makanan yg nenek berikan. Semoga Allaah beri jalan kesembuhan aamiin. Oia brp lama dulu nenek bisa sembuh total dr gerd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Vera Agustina

      Assalamu'alaikum Wr.Wb.

      Terima kasih. Juga atas kunjungannya di blog semoga bermanfaat. Nenek sembuh dari gerd alhamdulillah hanya selama 2 bulan dengan terapi air mentah dan minum morinda habis 4 botol. Nenek sarankan agar segera pesan buku maag tulisan Nenek, insya Allah sangat membantu kesembuhan.

      Salam,

      Salam,

      Hapus
  11. Bermanfaat sekali artikelnya..
    mbak, mau nanya.. apakah meminum susu steril (bear brand) diperbolehkan untuk penderita maag/gerd???
    makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Natsu Herman,

      Terima kasih atas kunjungannya di blog. Sering - sering aja mampir. Bisa dicoba dulu sedikit to ? Cocok dilambung atau tidak. Kalau sedikit gak masalah, boleh diteruskan.

      Menurut Dr. Hiromi Sinya ( ahli usus terkemuka dari Jepang, yang konon telah pernah membedah usus manusia lebih dari 370.000 usus selama masa tugasnya), menyatakan bahwa susu hewani tak baik bagi manusia.

      Salam,

      Hapus
  12. Masukkan komentar Anda...bu cara pesan bukunya gimna???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Heriyanti

      Cara pesan buku, silahkan sms ke no ibu : 0877.3259.8747 atau 085.228.401.939. Jangan tilp, karena terkadang ibu sibuk tak sempat angkat.

      Salam.

      Hapus
  13. Bu maau tanya ni dah mengalami gejala gerd 3 th tp blm jg sembuh....
    Apakah penyakit tersebut berdampak pada bau mulut juga? Soalnya ketika perut kosong apapun yg saya makan pasti menimbulkan bau tak sedap atau semacam gas yg dr jarak 1meter bisa terasa...
    Dan juga sering sendawa yg menimbulkan asam lambung naik ke kerongkongan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Herman

      Jelas iyalah. Karena dengan sakit gerd kan system pencernaan juga system metabolisme tubuh jadi terganggu. Banyak makanan yang menumpuk yang tak bisa diproses semua setiap hari dalam lambung. Bukankah ini akan menjadi makanan yang kedaluwarsa yang ada dalam lambung ? yang akan menimbulkan bau tak sedap dari mulut ? Belum lagi BAB yang tak lancar setiap hari. Tentu hal ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan yang menyebabkan keluarnya bau tak sedap dari mulut.

      Untuk meminimalisir, banyak minum air putih, syukur bisa minum air mentah setiap hari dari air yang sehat atau higienis.

      Salam,

      Hapus
  14. Katanya bubur kacang hijau dk bgs untuk maag knp hrz makan itu dan ubi katax dak boleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saudara Ibnu Sabillah

      Kacang hijau sangat bagus untuk maag. Karena sangat banyak kandungan gizinya. Hanya cara memasaknya yang harus diwaspadai. Untuk maag stadium awal, boleh dimasak menjadi bubur, karena tekstur kacang hijau termasuk kasar, maka lambung maag stadium awal masih kuat untuk mengkonsumsi bubur kacang hijau.

      Namun untuk maag stadium menengah dan lanjut, dimana lambung banyak luka dan sangat senditif, maka sebaiknya mengkonsumsi air rebusannya saja tidak beserta dengan kacang hijaunya. Caranya ambil segenggam kacang hijau cuci bersih, rendam dengan 1 gayung air mendidih, lalu tutup rapat. Setelah hangat kuku, kacang hijau beserta air rendamannya dimasak hingga kacang hijaunya ada yang pecah, angkat dari kompor, jika sudah hangat kuku, saring, minumlah airnya untuk sehari, kacang hijaunya jangan ikut dimakan. Jika sudah dingin boleh dihangatin
      sebentar diatas kompor.

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  15. untuk mengurangi rasa sakit pada gerd, bolehkah saya mengkonsumsi promag bu ? soalnya saya merasa tersiksa bila gejala sakit seperti kembung dan nyeri dada muncul...terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Hermawan

      Ketika sedang kambuh kembungnya, untuk mengurangi keluhan boleh minum proomaag. Itu untuk mengurangi keluhan sementara. Namun untuk pengobatan agar benar - benar sembuh, sebaiknya mengenal perawatan maag dengan baik minimal pesan buku panduan perawatan maag dari Ibu.

      Juga mengkonsumsi air mentah yang higienis dan minum morinda yang bisa dipesan lewat Ibu di no 0877.3259.8747.

      Terima kasih untuk kunjungannya di blog.

      Salam,

      Hapus
  16. Ibu,Untuk penderita gerd, bagaimana dosis minum morindanya?
    Mohon bantuannya ya ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Rahma Eka Putri

      Silahkan pesan dulu pada ibu morindanya, jika sudah pesan, baru akan ibu berikan panduan dosisnya untuk kesembuhan maag atau gerd.

      Maaf untuk pembelian yang tidak melewati ibu, ibu tidak berani memberikan layanan untuk kesembuhan.

      Salam,

      Hapus
  17. Mbak Seravina Danniella

    Terima kasih atas kunjungannya di blog dan atas komennya. Memang iya mbak, bagi yang punya uang karena Oxone tentu harganya sangat mahal. Tidak terjangkau untuk keuangan setiap penderita. Apalagi penderita yang sudah kehabisan biaya untuk berobat tak sembuh-sembuh. Terima kasih infonya.

    Salam,

    BalasHapus
  18. Mba beli morindanya dimana? sebenarnya makan nasi kuning bukan aman ga ya? apa harus nasi lembek atau bubur ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Laily Fauziyah

      Morinda bisa pesan pada Ibu, kontak saya di no 0877.3259.8747 sms saja, karena kalau telp seringnya saya sibuk, sehingga tak bisa angkat telephone.

      Nasi kuning tak aman untuk lambung yang sedang sakit, karena nasi kuning biasanya keras dan pembuatannya dengan santan. Sebaiknya, jika maag sedang sakit, konsumsinya nasi lembek. Nasi lembek jauh lebih bagus dibanding bubur, karena bubur mengunyahnya hanya sebentar langsung telan sehingga tidak mengandung air ludah yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

      Salam,

      Hapus
  19. mba beli obat morindanya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Untuk pemesanan morinda silahkan hubungi Ibu Niniek nomor 0877.3259.8747 sms saja, karena kalau telpon terkadang saya tak bisa angkat karena sedang terima telpon lain. Setiap hari banyak sekali yang menghubungi via telp sehingga seringkali telp tak bisa masuk, atau saya sedang tak bisa mengangkatnya.

      Harga morinda 545.000/botol + ongkir.

      Salam,

      Hapus
  20. Alhamdulillah dan terimakasih untuk info nya bu sangat bermanfaat sekali bagi saya, saya juga sudah 2thn ini mengalami rasa was2 dan cemas secara tiba2 dan mendadak, sehingga minimbulkan rasa cemas sehingga rasa didada sesak dan panas di dada belakang, dan uluhati terasa tidak nyaman... Dan menurut dokter saya terkena gerd.. Mohon petunjuknya bu... Untuk kesembuham saya ini, ohya bu.. untuk terapi air mentah itu mohon pencerahannya cara menyajikan dan meraciknya sebab saya memakai air pam dan air pam jg sudah terkontaminasi zat2 kimia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pay dicaprio

      Insya Allah itu memang gejala gerd mas. Stadium menengah. Harus lebih hati-hati menjaga diri agar tidak berkembang ke tingkat lanjut.

      Sebab kalau sudah lanjut, kecuali pengobatannya lebih sulit juga biayanya banyak.

      Saran ibu pesan buku + diobati dengan morinda. Pumpung bulan Ramadhon ini ada promo, beli morinda 2 botol gratis bukunya hanya membayar ongkirnya saja.

      Bisa hubungi Ibu di no 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
  21. Sangat bermanfaat sekali blog nya ibu bagi penderita asam lambung...sy mau tanya apakah diperbolehkan makan buah pisang, apel atau alpukat di pagi hari sebelum makan pagi ya bu...kebetulan saya salah satu penderitanya...makasih

    BalasHapus
  22. Mbak nini apakah gerd juga menimbulian rasa takut yg gak karu karuan....panik tanpa sebab, dunia kayak sempit banget, susah untuk gembira...kalo ada lagu sedih atau berita buruk langsung ngedrop dan takut banget??..apakah bener mbak ninik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wisata kota kembang

      Iya benar mas. Itu disebabkan adanya asam lambung yang naik ke bagian otak, sehingga mengganggu kinerja otak. Timbul takut inilah, takut itulah, untuk mengantisipasinya, hindari makan goreng-gorengan danlemak-lemak.

      Ingin sembuh ? Silahkan pesan buku untuk perawatan maag dan morinda disini.

      Salam,

      Hapus
  23. Bun, bru2 ini aq ke dokter dan aq gerd, nyeri dada dan panas kadang2 ada keluar darah dikit dengan ludah. Apa itu sdh parah bun. Soalnya langsung radang di esofagus. Aq takut lukanya ga bisa sembuh. Apa dlu bunda jg sdh sampe luka ... apa dengan minum morinda bisa d8 sembuhkan. Soalnya klo hbis makan biasanya dada nyeri lg wlpun cma nyeri dikit, mungkin akibat esopagusnya masih luka. Mhon balasannya bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adriana

      Mbak Adriana, maaf ya baru sempat balas. Terima kasih telah berkunjung di blog. Sering-sering aja mampir biar tambah rame yaa ?

      Memang kalau sudah terkena gerd ( asam lambung yang naik ), entah itu yang terkena diarea mana, entah di jantung, entah di paru-paru, entah di usus, atau di tenggorokan, atau di otak, di mata, di telinga, cepat atau lambat daerah-daerah organ yang terkena asam lambung itu akan terjadi iritasi.

      Nah biasanya kalau sudah begini, mulai terjadi disfungsi atau penurunan fungsi organ. Dan ini menimbulkan reaksi tubuh yang gak karuwan. Mana yang sesak nafas, jantung berdebar, jika kena di usus langsung jadi langganan typus, bata buram, telinga berdenging dan sakit, otak blank, tenggorokan rasa mengganjal dan kering. Yah seribu macam rasa sakit atau keluhan.

      Tapi jangan kuatir. Insya Allah dengan morinda pelan namun pasti akan bisa diatasi. Tapi morindanya Bu Niniek ya, kalau yang lain, entahlah. Jika minat hub ibu di nomor 0877.3259.8747 ( sms saja ).

      Salam,

      Hapus
  24. Asslmualaikum bu Bu Nik,tertarik sy baca ulasan ibu ttg gerd dn maag..ini mengenai suami sya..sy rasa sebelum menikah dia sdh terkena maag kronis..apa yg dia makan tdk ada selang 1/2 jam akan keluar lagi,sering sendawa,laperan.bahkan mlm2 hrs ngemil..tahun ini sdk msk rmh sakit 2x bu..krn gula darah dn tensi tinggi,maag kronis,kolesterol dn vertigo jg ada...sy bingung utk meneydiakan menu krn terbentur dgn sakitnya tdk hanya lambung bu..apakah morinda aman utk diabet bu?mohon sarannya .trm ksh.wslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diana Mansyur

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu GERD stadium lanjut ya mbak, karena sudah terjadi komplikasi di berbagai organ.

      Jika mau, pesan buku untuk perawatan sehari-hari mbak. Dan silahkan pesan morinda atau Biocypress untuk mengobatinya. Buku 100.000 + Ongkir. Morinda 1 botol 545.000 + Ongkir untuk 15 hari. BIOCYPRESS 1 botol isi 80 butir harga 800.000 + Ongkir untuk pengobatan 1 bulan.

      Silahkan hubungi saya (Bu Niniek) di nomor 0877.3259.8747 atau 085.228.401.939.

      Demikian semoga manfaat info ini.

      Salam,

      Hapus
  25. Bu niniek, kayaknya saya juga terkena gerd, sering cemas takut, perut perih, panas, jantung berdebar, kaki kesemutan. Bisa tidak saya memesan morindanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiwin

      Iya itu jelas gejala GERD mbak. Bisa mbak kalau mau pesan morinda. Silahkan smskan nama + alamat lengakp + no Hp. Tuliskan dibawahnya "Pesan MORINDA" ke no 0877.3259.8747

      Salam,

      Hapus
  26. Asslmlkm bu niniek...maaf bu br bs balas.Bu bedanya morinda dn biocypress apa y bu?apakah aman utk diabet suami sy. Apakah gerd stadium lanjut ini bisa disembuhkan bu?trm.ksh.wslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. diana mansyur

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Mbak Diana. Morinda dan Biocypress dan semua obat-obatan herbal yang saya tawarkan masing-masing mempunyai perbedaan dan masing-masing mempunyai keunggulan yang saling melengkapi mbak. Karena tak ada satupun produk herbal yang sempurna di dunia ini.

      Morinda, menang dalam uji klinis dan manfaat dibanding dengan produk herbal lain. Namun karena reaksinya yang banyak tak nyaman dulu ketika dikonsumsi, membuat tidak setiap orang "berani" untuk mengkonsumsinya. Apalagi kalau orangnya cengeng dan manja, makin sedikit kemungkinan melanjutkan minum morinda, karena merasakan reaksi-reaksi detoxnya.

      Biocypress karena kandungan herbalnya yang sangat bagus, meskipun sejatinya ini spesial untuk obat sendi dan syaraf, namun ternyata bisa banget untuk mengobati segala penyakit ringan dan berat termasuk maag kronis dan gerd.

      Kalau untuk gerd stadium lanjut yang juga ada masalah diabetnya, saya sarankan minum TEH GAHARU dulu mbak. Untuk membersihkan seluruh toxin yang ada dalam tubuh, agar nantinya ketika konsumsi obat-obat herbal, akan mudah terserap kedalam tubuh secara cepat.

      Sebenarnya pengobatan herbal yang tepat memang sebaiknya cleansing colon dulu agar jika usus dan lambung bersih, maka penyerapan semua nutrisi termasuk herbal akan bisa maksimal.

      Akan tetapi kebanyakan, produk herbal untuk cleansing colon justru berpengaruh buruk terhadap lambung atau usus. Namun TEH GAHARU ini tidak mbak, karena kandungan nutrisinya luar biasa untuk memperbaiki seluruh permasalahan organ didalam tubuh. jika minat silahkan hubungi saya di nomor 0877.3259.8747.

      Semoga jawaban ini bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  27. Assalamu alaikum.. mbak sy juga kena maag.. insya Allah sy mau ikutin pola makan yg sperti mba sarankan.. cuman sy mau tanya karena sy konsumsi obat dokter juga apakah nda berpengaruh dengan minum madu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Siapa ini yaa ?

      Alhamdulillah, dengan mengikuti pola makan yang saya anjurkan semoga Anda lekas sembuh yaa ? Aamiin.

      Konsumsi obat dokter tidak apa-apa barengan dengan minum madu. Diberi jarak antara minum obat dokter dengan minum madu sekitar 2 jam agar masing-masingnya meresap didalam tubuh lebih dahulu.

      Untuyk diketahui saja, bahwa madu mempunyai kandungan yang bisa membantu penyerapan nutrisi didalam tubuh, termasuk penyerapan obat yang masuk.

      Salam,

      Hapus
  28. Assalamualaikum bu niniek, terima kasih atas aturan makan penderita gerd, saya mau tanya bu, jika setelah ke dokter diberikan obat lansoprasol dan inpepsa sebelum makan, lalu enzyplex dan obat racikan dokter berisi mucosta,gerdilium, zypraz setelah makan, masih terasa sesak di dada, migrain, sendawa dan buang gas yang berlebih itu masih belum dibilang sembuh dari gerd ya? Kira2 gerdnya masih stadium awal atau bagaimana ya? Lalu, dokter sarankan endoskopi, bagaimana menurut bu niniek?

    Terima kasih

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika sudah minum obat dokter namun keluhan sesak, migrain, sendawa dan buang gas berlebihnya belum hilang ya berarti GERDnya belum sembuh to ?

      Saya dulu emoh diendoskopy karena pada dasarnya saya ini ngeri dengan alat-alat kedokteran yang masuk kedalam tubuh. Disuntik aja ngeri apalagi diendoskopy. No komen deh.

      Salam,

      Hapus
  29. Alhamdulillah begitu serching menu untuk penderita gerd, langsung artikel ini yg muncul.... Jazakallohu khair infonya sgt bermanfaat, mudah2an menjadi amal jariyah bagi penulis...dan kita semua diberikan kesehatan aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitra Dananty

      Alhamdulillah. Semoga artikel ini bermanfaat. Semoga menu yang saya tulis menjadi jalan kesembuhan bagi para pembaca sekalian. Dan terima kasih atas doanya yang tulus. Semoga diijabah oleh Allah SWT. Aamiin.

      Wassalam.

      Hapus
  30. Untuk syur selain bayam dn sawi mangkok ap yg bisa y bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. fila retnani

      Sayur yang aman untuk sakit maag/GERD kecuali bayam dan sawi sendok, antara lain : kentang tapi yang kulitnya belum hijau (kalau yang kulitnya sudah hijau mengandung racun kalau dikonsumsi perut bisa sakit sekali), wortel, labu siam.

      Yang lainnya, sebetulnya boleh-boleh saja, hanya yang membahayakan teksturnya yang kasar seperti : kacang panjang, nangka muda, kacang panjang, daun suring, karena jika ditelan akan sakit dan begah di lambung.

      Salam,

      Hapus
  31. Telurnya aman untuk kolesterol ??
    Soalnya saudara saya sakit lambung sama kolesterol bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dani RT06

      Jika telornya telor ayam kampung asli, dan dikonsumsi mentah, insya Allah aman untuk kolesterol. Karena telor mentah sedikit kandungan kolesterol jahatnya. Tidak demikian dg telur yang sudah dimasak, kandungan kolesterolnya cukup tinggi tak aman bagi yang mengidap kolesterol.

      Salam,

      Hapus
  32. Mba bisa gak klo siang itu mkan kajang hijau rebus tmbah madu sedikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. lidya Ibr

      Nunggu-nunggu balasan dari ibu ya Mbak ? Maaf, baru bisa balas. Karena kemarin-kemarin fokus pada kegiatan Ramadhan serta lebaran.

      Lebih baik yang dikonsumsi bukan kacang hijaunya, tapi air kacang hijau yang dimasak hingga kacang hijaunya pecah saja. Karena kacang hijau itu kasar, jika dimakan orang sakit maag bikin begah di lambung.

      Salam,

      Hapus
  33. Bu niniek sakit asam lambungnya kayak gimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lidya Ibr

      Wah parah banget mbak. Mpe muntah bercampur darah dan BAB darah segar. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di blog ini, cari : Pengalaman Sembuh Sakit Maag NiniekSS.

      Salam,

      Hapus
  34. Alhamdulillah sangat bermanfaat bu,,..apa gerd juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri tembus belakang dada panas kaya terbakar sesak, apa boleh minum madu tawon lanceng (tawon kecil) yg rasanya agak asem...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Maaf banget baru sempat balas. Sering-sering aja mampir, banyak kok tips2 untuk kesembuhan lambung.

      Oh ya, GERD atau asam lambung bisa berdampak pada terganggunya seluruh organ tubuh yang dikenai. Sehingga dibagian organ yang terkenai bisa terasa ngilu, sakit, rasa panas dan lain-lain. Sebaiknya segera diobati, karena keluhan-keluhan yang disebutkan itu merupakan gejala GERD stadium menengah yang gampang menjalar jadi parah.

      Salam,

      Hapus
  35. Terima kasih saranya mengingatkan aku tentang kebesaran tuhan . Semoga mba dapet pahala amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. winona dhea mandita

      Maaf baru sempat balas mbak. Terima kasih yaa untuk kunjungannya di blog ibu. Semoga ada manfaatnya. Alhamdulillah jika artikel ini bisa mengingatkan akan kebesaran Tuhan. Itu yang terpenting dalam hidup agar hidup selalu terbimbing olehNya. Aamiin. Terima kasih atas doanya.

      Salam.

      Hapus
  36. Bu ninik mau tanya telur ayam kampung boleh di ganti telur ayam negeri ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Jika tak ada telur ayam kampung, ya bagaimana lagi. Boleh makan telur ayam negeri tapi tidak setiap hari karena tidak baik untuk kesehatan.

      Salam,

      Hapus
  37. Assalamu'alaykum bu Niniek.

    Saya pernah mengunjungi Ibu dirumah sebagai wujud terima kasih saya karena berkat izin Allah Ibu saya sembuh dengan ikhtiar menjalankan jadwal, menu dan masukan dari Ibu. Semoga Ibu Niniek selalu dalam keberkahan dan kesehatan.

    Adapun saat ini saya sedang mengalami gejala maag yakni kembung sepanjang waktu. Saya ingin menjalankan jadwal makan seperti saran ibu Niniek sebagaimana ibu saya pernah menjalaninya. Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada saya. Aamiin.

    Terima kasih bu, semoga Allah mempertemukan kita kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siti Aisah

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Mbak Aisah

      Sebelumnya mohon maaf jika ibu baru sempat membalas karena padatnya kesibukan ibu, sehingga sekarang jarang punya waktu untuk bisa buka blog.

      Maaf jika ibu benar-benar lupa,ini mbak Siti Aisah yang mana rumahnya njih ? Karena banyaknya tamu sehingga kadang tak sempat menanyakan namanya hanya tanya dari kota mana dan permasalahan apa yang dikeluhkan.

      Alhamdulillah jika atas ridho Allah ibuknya sudah sembuh dari sakit maagnya semoga bertambah sembuh dan tak kambuh lagi. Aamiin. Demikian juga semoga mbak Siti Aisah juga lekas sembuh dari maagnya. Yang penting jaga makanan, istirahat dan pikiran. Itu saja kunci kesehatan lambung.

      Demikian dulu ya mbak, semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.

      Wassalam.

      Hapus

Back To Top