SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Mengapa Penderita Maag Sering Kena Tipes

Bismillahirrahmanirrahiim…

Sahabat Niniek SS yang sedang sakit maag,

Penulis merasa perlu mengangkat topik Mengapa Penderita Maag Sering Kena Tipes ini, karena banyak diantara penderita sakit maag ( terutama yang kronis dan pernah kena gerd ) mengeluh dan bertanya mengapa dirinya sering sekali kena tipes, atau kambuhan tipes.

Penulispun demikian waktu sakit maagnya belum sembuh, sering sekali kena sakit tipes, bahkan seperti berlangganan saja, hampir 2 atau 3 bulan sekali bisa dipastikan terkena tipes, atau tipesnya kambuh.

Mengapa ? inilah yang perlu kita kaji bersama-sama.

Tipes adalah kondisi demam disertai sakit perut karena terjadi infeksi atau peradangan di bagian usus. Hal ini karena berkembangnya kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C.

Kuman ini masuk melewati saluran pencernaan dan setelah berkembang biak masuk kedalam usus ke limfa dan berada dalam pembuluh darah selama 24-72 jam. Disini bisa terjadi pembiakan system retikuloendothelial, dan kembali ke pembuluh darah yang lalu menimbulkan gejala klinis seperti demam, lemas dan pusing.

Tipes terjadi karena air yang kita minum terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi yang berasal dari tinja orang yang telah terkena tipes sebelumnya. Karena tipes dapat menular, maka bagi yang menderita tipes, sehabis BAB sebaiknya mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.
Jangan sepelekan penyakit tipes. Penyakit infeksi serius ini bisa berakibat fatal, yaitu kematian.

Jika kondisi atau stamina seseorang baik, maka tidak akan mudah terserang oleh penyakit tipes.

Kondisi orang yang terkena sakit maag, apalagi maag yang telah kronis, tentu staminanya sangat menurun, sehingga sangat mudah terkena tipus. Stamina yang menurun pada orang sakit maag kronis ini disebabkan terbatasnya nutrisi yang bisa dikonsumsi, juga diikuti dengan penyerapan nutrisi yang kurang maksimal pada usus orang sakit maag, sehingga para penderita sakit maag rawan terserang berbagai macam penyakit karena kekebalan tubuhnya yang makin lama makin menurun. Termasuk Mengapa Penderita Maag Sering Kena Tipes .

Apalagi bagi teman-teman yang kecuali maag juga pernah terkena gerd, lebih gampang terkena tipes daripada yang maag biasa. Mengapa ? Jika sakit maag, yang mengalami masalah adalah organ maagnya saja, mungkin iritasi pada bagian lambungnya, mungkin lambungnya radang. 

Maka seseorang yang pernah terkena gerd, naiknya asam lambung keluar dari lambung, kemungkinan bukan saja naik keluar kebagian rongga dada, atau kebagian tenggorokan, namun bisa terjadi penekanan asam lambung oleh penuhnya makanan, bukan hanya tertekan keluar keatas namun meluap kebawah kebagian usus halus.

Jika asam lambung berada pada lambung tak akan mengakibatkan apa-apa karena pada dinding lambung dilapisi oleh Allah SWT.dengan lendir mukosa, agar dinding lambung tidak terluka oleh asam lambung.

Mungkin belum banyak diantara kita yang tahu, bahwa asam lambung itu bersifat sangat keras, ia bisa menghancurkan apa saja yang terkenainya. Asam lambung ditugasi oleh Allah untuk membantu mencerna makanan yang masuk kedalam lambung agar menjadi halus sebelum nutrisinya diserap oleh usus kemudian diedarkan oleh darah keseluruh tubuh demi membantu kelangsungan kehidupan manusia yang bersangkutan.

Betapa Hebat dan Dahsyat serta Maha Telitinya Allah SWT, hingga sedemikian membuat tubuh manusia sangat sempurna untuk memenuhi keberlangsungan hidupnya. Subhanallah.

Kembali ke persoalan seseorang yang sudah terkena maag atau gerd sangat mudah terkena sakit tipes. Seperti sudah disinggung diatas, bahwa bagi penderita gerd keluarnya asam lambung yang tertekan keluar dari lambung ini, tentu tak mungkin hanya keluar tertekan keatas saja ke bagian rongga dada dan tenggorokan, namun kemungkinan juga asam lambung ini juga merembes ke bawah ke bagian usus.

Organ diluar lambung, baik itu jantung, paru-paru, tenggorokan, maupun usus, yang tidak dilapisi oleh mukosa, jika terkena asam lambung tentu mengakibatkan suatu masalah serius.

Jika asam lambung mengenai tenggorokan, di kemudian hari bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi penyempitan tenggorokan sehingga yang bersangkutan bisa seperti tercekik tenggorokannya setiap kali. Atau penderita bisa sering terkena radang tenggorokan karena dinding tenggorokan iritasi terkena asam lambung. 

Demikian juga jika mengenai bagian jantung, bisa mengakibatkan kebocoran kebocoran pada saluran jantung atau terganggunya kapiler atau koroner jantung sehingga mengakibatkan masalah pada jantung. Detak jantung yang tidak normal. Debar jantung yang tak beraturan bahkan seseorang menjadi lemas mendadak karena kemudian detak jantung kadang-kadang menjadi lemah sekali. Atau dada yang kemudian merasa panas seperti terbakar.

Jika mengenai pada paru-paru bisa mengganggu kinerja paru-paru sehingga seseorang yang terkena gerd seringkali mengalami sesak nafas.

Tentu saja jika asam lambung merembes kebawah kebagian usus, tentu bisa mengakibatkan sepanjang usus yang terkenainya terjadi iritasi atau penipisan.

Oleh karena itu pada penderita sakit maag kronis banyak yang mengeluh kepada penulis, dan menanyakan, lambung letaknya diatas, namun mengapa sakit maag, kok seluruh perut sakit dan panas seperti terbakar ? Rupanya inilah jawabannya. Karena akibat usus pernah terkena serangan gerd dimasa yang lalu. 

Serangan gerd tidak selalu drastis. Tergantung banyak sedikitnya asam lambung yang keluar dari lambung, dan juga tergantung kadar tinggi rendahnya kadar asam lambung saat keluar dari area lambung.

Makin banyak dan makin tinggi kadar asam lambung yang keluar dari lambung kemana-mana, maka hal ini bisa mengakibatkan, kontraksi baik dibagian jantung, tenggorokan maupun dibagian usus secara bersama-sama, sehingga bisa dibayangkan jika kontraksi tersebut pada beberapa organ terjadi secara bersamaan. Betapa sakitnya dan betapa bahayanya.

Oleh karena itu segeralah cari solusi kesembuhan sakit maag dengan sungguh-sungguh dan bijaksana, untuk mencegah terjadinya serangan gerd. Atau kalau sudah terkena gerd, kenali liku-liku sakit maag dan cara mengobatinya DI SINI

Nah usus iritasi inilah yang menjadi incaran bakteri Salmonella typhi untuk bersarang dan berkembang biak, sehingga terjadilah infeksi yang mengakibatkan demam tinggi.

Ciri-ciri pembeda antara gejala maag dengan gejala tipes sebagai berikut : 
  • Pada sakit maag sekalipun itu maag kronis sakit pada perut masih bisa ditahan, namun pada gejala sakit tipes sakit pada perut sangat melilit sehingga pada puncaknya bisa keluar keringat dingin karena menahan sakit.
  • Sakit perut pada sakit maag stabil, namun pada tipes hilang-hilang timbul, kadang mereda kemudian datang lagi, sakit pada perut rasanya seperti serasa dipilin, kencang dan tegang.
  • Demam pada maag meskipun kronis tidak begitu tinggi, namun pada tipes bisa tinggi sekali sehingga penderita bisa kehilangan keseimbangan, disertai rasa dingin menggigil luar biasa.
  • Gejala pada maag disertai diare kadang perutnya sakit kadang tidak, namun pada tipes diarenya disertai sakit yang sangat dan berkali-kali hilang-hilang timbul, sepintas sakitnya persis seperti gejala sakit perut pada orang yang terkena desentri.
  • Karena terbatasnya nutrisi yang bisa terserap, maka pada sakit maag sering penderita menjadi lemas karena darah rendah, namun pada gejala tipes lemasnya terasa seperti serangan fajar sehingga penderita benar-benar dari merasa sehat tiba-tiba seperti mengalami kelumpuhan mendadak karena serangan lemas ini, walau hanya beberapa saat saja. Penulis bisa menyampaikan hal ini karena sering mengalaminya, sehingga sangat hafal membedakan antara ini rasa sakit karena maagnya, atau karena tipes penulis sedang kambuh.
  • Serangan lemas mendadak ini dikarenakan bakteri penyebab tipes ini bisa menyebabkan turunnya darah merah dengan drastis seperti pada demam berdarah.
  • Pada gejala sakit tipes, disertai dengan tanda sakit atau pegal linu pada sekujur kaki layaknya pegel pada sakit rheumatik.
  • Separah apapun sakit maag kronis, insya Allah tak ada rasa sakit pegel linu atau ngilu pada bagian kaki terutama pada daerah betis.Jika tiba-tiba kita mengalami demam, sakit perut, diare, betis sakit,dan pada bagian lidah berwarna putih dan kotor seperti lidah anjing ( Jawa : pating mbradhul ) biasanya seseorang sedang terkena gejala tipes.
  • Warna lidah orang yang sehat adalah merah jambu dan bersihserta segar, tidak seperti lidahnya orang sakit tipes, putih, kotor dan layu serta melebar.
  • Suhu panas pada gejala tipes akan semakin meninggi pada 7 hari pertama.
Penanganan Darurat :
Jika terjadi tanda-tanda tipes, sebagai langkah darurat sebelum diperiksakan dokter bisa diatasi dengan :
  • Minum air labu air. Labu air yang panjang, diparut. Airnya diambil 1/3 gelas. Minum 1 hari 3 kali.
  • Minum resep singkong,kunyit, kuning telor ayam kampung dan madu. Caranya : Ambil sepotong singkong sedang, ambil 2 rimpang kunyit kuning, parut, beri air mateng 1/3 gelas, saring, campurkan kedalamnya 2 sendok makan madu murni, dan 1 kuning telor ayam kampung kedalamnya, aduk rata, diminum 1 hari 1 kali saja pada pagi hari sesudah makan dengan jarak 1/2 jam.
  • Minum air rebusan daun kaki kuda, daun sirih dan bidara upas. Caranya : ambil 10 lembar daun kaki kuda, 1 helai daun sirih segar temu ros ( sirip daunnya menyatu pada tengah sirip daun ) serta 1 jari bidara upas, rebus dengan satu gayung air, rebus hingga sisa separuhnya. Diminum 1/2 gelas, sehari 3 kali.
  • Alternatif terakhir adalah dengan kapsul cacing ( bisa dibeli di apotik-apotik), yang sangat mujarab untuk mengobati tipes, untuk menurunkan demam serta mengurangi sakit perut. Kecuali itu cacing juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang menjadi penyebab tipes.
Jika tindakan darurat sudah dilakukan namun belum menunjukkan perubahan, maka segeralah ke dokter agar keluhan yang dialami segera bisa diobati dengan cepat dan tepat. Namun jika anda ragu-ragu untuk melakukan tindakan darurat, maka begitu ada keluhan yang sudah sangat mengganggu sebaiknya langsung saja anda pergi memeriksakan diri ke dokter.

Penderita tipes juga sebagaimana penderita maag, harus menghindari makanan yang pedas, merangsang terutama yang asam dan mengandung kimia bahan pembuat makanan. Makan harus halus karena usus anda sedang terluka, jika terkena makanan yang teksturnya kasar maka luka bisa menganga kembali.

Disamping itu jika anda terserang tipes, maka anda harus benar-benar badrest agar luka dalam usus anda bisa lekas sembuh. Karena kalau tidak, sakit tipes anda bisa menjadi lebih parah bahkan jika luka pada usus anda bertambah parah karena anda tak mau istirahat total, maka bisa jadi luka pada usus anda bisa menembus dinding usus, dan ususpun menjadi bocor.

Jika sudah terjadi seperti itu, maka penderita biasanya akan meninggal.

Oleh karena itu jika anda belum terkena tipes, jagalah kesehatan anda dengan menjaga lingkungan tetap bersih, makan yang sehat dan bergizi, istirahat yang teratur dan olah raga yang tepat secukupnya.

Demikian pemahaman penulis tentang Mengapa Penderita Maag Sering Kena Tipes, semoga bermanfaat. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam Tetap Sehat.
Niniek SS
Labels: Pengetahuan

Thanks for reading Mengapa Penderita Maag Sering Kena Tipes . Please share...!

80 comments on Mengapa Penderita Maag Sering Kena Tipes

  1. mba nanik saya pernah kena gejala yang hampir sama dengan gejala tipes yang mba sebutkan, antara lain :
    pagi itu perut rasanya perih mual, kepala pusing dan lemes banget.kemudian saya diare 2x. habis makan siang kok tiba2 badan lemes lunglai ga berdaya kayak orang lumpuh, tp cuma beberapa menit aja.kemudian saya cek widal, tp hasilnya negatif. selama kuranglebih sebulan, tiap malam tidur ga nyenyak dan perut bunyi2. saya pun suka buang2 air tp encer. dan tiap pagi saya mesti mual2 kayak orang hamil, kondisi saya akan membaik mejelang siang. saya sudah gonta ganti dokter dan gonta ganti obat, dari dokter2 tersebut saya didiagnosa gastritis, dispepsia dan suspec. apendicitis. saya bener2 stress dibuatnya karena dari dokter2 tersebut memberikan diagnosa yang berbeda2 sementara obat dari mereka tidak membuat kondisi saya semakin membaik. akhirnya saya disarankan ortu dan sodara2 saya untuk mnum sirup cacing, dan alhamdulillah kondisi saya berangsur2 membaik dan sembuh kurang lebih 5hari setelah mengkonsumsi sirup cacing. mba apakah yang saya derita berarti tipes dan bukanya maagh? mengingat setlah minum sirup cacing kondisi saya malah membaik? jujur saja sampe sekarang saya masih bingung dan sering ketakutan dengan apa yang dulu saya alami. mohon balasanya atau email saja ke awardana23@gmail.com.trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Any Yuliani,

      Maaf kedaluwarsa membalasnya,karena terbatasnya waktu sehingga sering sesudah baca pertanyaan tak langsung dijawab sudah keburu kelupaan mengerjakan pekerjaan yang lain. Yang beginilah namanya usia udah 60 tahun...ada pikun-pikunnya he he..becanda ya mbak biar tidak stress.

      Antara sakit maag dengan gejala typus, bagi yang awam memang sulit dibedakan. Namun bagi ibu, karena saking lamanya sakit ( 18 tahun ), dan langganan typus kurun waktu itu, maka hafal sekali antara ini gejala lambung kambuh atau gejala typus.

      Sama-sama sakit perut, sama-sama demam, sama-sama lemes, namun ada perbedaannya. Jika itu sakit typus maka lidah "PASTI" akan berwarna putih kotor. Dan lemes yang terjadi pada typus itu rasanya seperti ada monster yang menyedot kekuatan kita sehingga lemasnya bener-bener lunglai tak berdaya.

      Kapsul cacing memang sangat bagus untuk menangani sakit typus, karena yang utama kapsul cacing mengandung zat anti bakteri, anti oksidant, antibiotik alami, dan berbagai zat yang lain yang berguna bagi pengobatan typus maupun lambung.

      Jadi seringkali jika gejalanya sama, apakah itu maag ataukah typus, insha Allah akan sembuh dengan kapsul cacing.

      Salam,

      Hapus
    2. Mb mau tanya, ibu Sy awalnya juga bgtu.. sakit maag Yo PD akhirnya Dr hasil tes darah mengarah ke tipes.. tp mm PNY riwayat maag.. nah apakah boleh minum kapsul cacing, soalnya saya pernah dikasih tau kalo PNY maag TDK BLH dikasih kapsul cacing Krn kontradiksi. Mohon pencerahannya

      Hapus
    3. Mas Rofi Zyg.

      Kapsul cacing terutama yang merk "Vermint" itu sangat bagus dikonsumsi oleh penderita maag yang sedang kena typus. Namun untuk maag yang sudah parah dan sedang kena typus, jika mau minum vermint, sebaiknya kapsulnya dibuka, isinya taruh dalam sendok makan dan beri sedikit air hangat. Kapsul ini yang seringkali tidak bersahabat dengan lambung yang sedang luka karena kasar teksturnya. Jadi bukan serbuk cacingnya.

      Salam,

      Hapus
    4. malam mbk,aq sakit GERD,ni boleh g ngonsumsi vermint,1 hari brp kapsul dan di minumnya sebelum makan atau sesudah

      Hapus
    5. Unknown

      GERD boleh minum vermint. 1 Hari 3 x 2 kapsul sesudah makan. Sesudahnya minum air puitih yang cukup.

      Salam,

      Hapus
  2. Kmaren kerumah sakit diblng maag akut. Kok tpi pas minum obat dri dokter malah makin sakit sampe demam tinggi. Jdi was" klo kena tipes.. mau kerumahsakit lagi soalnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdri Rukia.

      Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Maaf telat membalasnya, karena selama lebih dari 2 minggu saya tak sempat membuka blog. Begini Mbak. Sakit maag akut, oleh dokter biasanya selalu diberi obat pereda rasa sakit. Sedangkan menurut penelitian Dr.Hiromi Sinya ahli usus terkemuka dari Jepang, bahwa pada setiap pereda rasa sakit selalu meninggalkan zat yang bisa mengikis dinding lambung. Inilah sebabnya banyak kalangan yang sakit maag berobat medis bukannya makin sembuh tapi malah makin parah. Saya tidak mendiskreditkan penanganan oleh dokter. Ini hanya menyangkut masalah obat maag medis kenapa tidak efisien bagi maag. Wallohua'lam. Tapi pengalaman saya sendiri dulu juga demikian.

      Salam.

      Hapus
    2. Assalamualaikum bu, saya mau tanya apa betul pemulihan typus itu lama ya?, saya sdh 5 bulan masih lemes badannya

      Hapus
    3. Panji Widya,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb,

      Cepat lambatnya kesembuhan typus, tergantung stadium typus itu sendiri, juga tergantung penanganan pengobatan yang dilakukan, ditambah lagi dengan bagaimana perawatan yang dilakukan.

      Makin parah stadiumnya, maka pengobatannya harus lebih cermat, lebih lama waktunya, lebih tekun perawatannya.

      Salam,

      Hapus
    4. Stadium typus seperti apa bu?, saat ibu sakit typus lemas dikaki itu mmg yg sprti ibu tulis ya, sperti lumpuh gitu, apa sebab ya bu?, trima kasih

      Hapus
    5. Saya tidak menyelidiki tentang sakit typus secara fokus, tapi saya dulu sering banget kena typus. Yang saya tahu, serangan typus itu tiba-tiba sekali, lemas banget, soal sebabnya saya tidak tahu, tapi menurut dugaan saya yang sering banget terkena tipus, lemas yang serasa lumpuh itu mungkin karakter dari kuman typus dalam menyerang tubuh, ditandai dengan lmas yang sangat.

      lalu diawali dingin yang menusuk tulang, perut sakit, diare warnanya putih dan berlendir, lalu bbrapa hari kemudian lidah berwarna kotor dan suhu tubub panas pada waktu malam harinya. Demikian sepengetahuan saya, semoga bermanfaat.

      Salam.

      Hapus
    6. Kalau boleh tau setahun ibu bisa brapa kali kena typus dan brapa lama pemulihannya, maaf ya bu saya banyak tanya, trima kasih

      Hapus
    7. Sdr.Pandji Widya.

      Saya kena typus dalam setahun berapa kali ?

      Tidak pasti, kambuhnya typyus saya sangat tergantung pada bagaimana saya bisa menjaga makanan saya atau tidak. Typus sangat dipengaruhi oleh makanan asam, kecapaian, yang bisa menyebabkan stamina menurun.

      Pada saat stamina menurun saya biasanya KENA TYPUS. Namun typus saya tak pernah lama. Dalam seminggu, alhamdulillah biasanya sudah sembuh, dalam arti hilang lemasnya dan sakit perutnya.

      Saya terkena typus tak pernah sampai panas tinggi. Karena begitu saya terasa ada gejala langsung saya antisipasi dengan resep singkong sederhana yang terdiri dari singkong diparut + kunyit diparut + kuning telor ayam kampung + madu + tepung beras yang masih baru 1 sendok makan.

      Demikian semoga jawaban ini bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
    8. Kalo saran ibubbuat saya bgmna bu?, lemes dikaki ini blum bisa hilang, trima kasih bu

      Hapus
    9. Sdr. Pandji Widya,
      Dari sejak awal anda tidak menyampaikan riwayat sakit anda. Anda terus bertanya kepada saya tentang bagaimana dengan sakit tipes saya. Bagaimana saya tahu kondisi sakit anda seperti apa ?

      Kalau anda tidak menyampaikan secara rinci sakit atau keluhan anda, maka saya tidak bisa menganalisa dengan tepat kasus apa yang sedang anda alami. apalgi memberikan solusi kesembuhannya. Sebab lemas bisa disebabkan oleh berbagai hal.

      Salam,

      Hapus
  3. mbak saya mau nanya,sebenarnya seberapa lama sich it tipes baru di katakan sembuh,karna kata dokter saya terkena tipes,sudah tiga bulan lamanya saya istirahat total tanpa bisa beraktifitas krna perasaan ini lemas,lemah dan sakit perut terus menerus,seperti yang dikatakan tadi bahwa sakit perut kadang hilang kemudian kambuh lagi,lidah saya juga berwarna putih terus,saya jadi bingung obat dari dokter serasah sudah tidak memberikan efek penyembuh malah kadang makin parah saya rasa,obat herbal pun saya sudah coba salah satunya cacing,tapi masih merasakan gejala yang sama seperti dulu,mohon di dibalas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr.Takdir Langsat,

      Seberapa lama typus dikatakan sembuh tidak ada batas waktunya. Yang jelas jika untuk makan asam dan pedas sudah tak kambuh lagi.

      Sulit dibedakan antara gejala typus dengan gejala maag. Pantangannyapun juga sama, tak boleh makan yang asam, yang pedas, yang kasar, atau makanan dan minuman yang merangsang.

      Penyembuhan typuspun sangat kompleks seperti pada sakit maag. Tak bisa hanya dengan pengobatan yang cermat saja, namun perawatanpun harus jeli dilakukan, dan dalam menjaga makanpun juga harus super hati-hati. Karena typus menyangkut usus yang luka.

      Jadi tindakan untuk kesembuhan harus dilakukan bersama-sama. Pengobatan, perawatan, dan menjaga makanan.

      Salam,

      Hapus
  4. maksih mbak infonya sngat bermanfaat
    soale saya juga menderira mag kronis dan tipes

    bhkan kadang pagi saat mandi saya muntah asam lambung mungkin itu yg menyebabkan radang tenggorokan saya kambuh dan rsanya sakit di tenggorokan

    trus pagi hari tiba2 demam badane sakit semua linu lemas
    saya periksa ke bidan turun demame naik lagi trus priksa lagi di klinik krn hari minggu drnya libur jdi tdk bsa lgsung mendiaknosa tipes

    trus pulang lagi senin priksa ke puskesmas katane dokter mag kronis tapi kug seminggu belom sembuh masih mual muntah badan e kadang anget lagi

    priksa lagi ke klinik tes darah ternyata tipes
    opname 3hari lalu pulang

    hari senin saya masuk kerja, sabtu pagi badanku rsane udah ga enak tpi ttep tak paksa kerja sampe plang jam 6
    smpai kos muntah2 kan
    minggu ga muntah senin muntah lagi aq ijin lagi

    lalu pulang solo periksa lagi ke puskesmas disuruh pak dr periksa ke rs biar tau mngkin ada infeksi di usus dan saya periksa rs pku tipes e belum sembuh ijin lagi

    sabtu balik ungaran senin kerja jam 10 badan tiba2 lemas trus tiduran ke poliklinik PT
    lalu periksa dr disuruh lanjutin obat dari PKU
    dikasih ijin lagi sehari
    pulang makan tidur sorenya perute sakit lagi dada juga sakit
    trus muntah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Choirun Nisa,

      Alhamdulillah jika artikel ini bisa bermanfaat.

      Antara maag kronis dengan typus gejalanya sangat sulit dibedakan, karena sama-sama sakit perut, sama-sama lemas, sama-sama pusing kepala, sama-sama diare, dan sama-sama disertai demam.

      Tapi ada bedanya, pada typus, selalu disertai lidah berwarna "PUTIH dan KOTOR", sedangkan pada Maag lidah hanya kotor saja. Rasa lemas pada maag biasa saja, namun pada typus seperti kekuatan kita benar-benar disedot oleh monster sehingga terasa lunglai bahkan terkadang saat pertama serangan lemas itu datang kita tak kuat untuk berdiri.

      Lalu kalau pada maag demam itu sepanjang waktu siang dan malam hari, namun pada typus hanya pada malam hari dan biasanya tinggi.

      Dan pada typus lebih banyak disertai muntah. Sedangkan pada maag hanya mual saja.

      Baik typus dan maag pantangannya sama : tak boleh makan pedas, asam, makanan yang keras-keras, makanan yang berminyak, yang merangsang, maupun makanan yang mengandung bahan-bahan kimia. Perut pasti akan langsung sakit.

      Salam,

      Hapus
  5. Aslmualaikum..
    Sy sring mrasa ssak d tnggrikan.ktika d oriksa k dr umum-spsialis tht hsilnya rdang tnggrokan.d obati dg obt lambung alhmdllah.hnya sja ssak d tnggrokan ini sring terulang.hal ini sya rsakan sjak 2009.hnya saja thn ini trasa lagi.sjak januari 2016 dan puncaknya awal maret 2016.
    Stelah 7x priksa dr tidak ada hasilnya dan trasa parah,sypun k klinik.dan trnyata hasilnya +thypus.
    Sya kira ini pnyebab tnggrokan sesak dan asam lambung sring naik.browsing2 trmasuk d blog ini memang cz bakteri salmonrlla tak hanya mnyerang usus.karna bakteri tsb mnyebar brsama darah pabila thypus sdh lmayan parah.

    Makasih jg infonya.ilmunya bermanfaat.Alhamdulillah sore ini sya bsa pulang stlah d rawat cz thypus yang menyerang hingga lambung dan tenggorokan.

    Smoga kita smua dpat ambil hikmah dri skit yg kita rasa.Agar juga smakin ingat kpd Allah swt.

    Wsslmualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Dar Endar,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf ya mas sangat telat balasnya karena keterbatasan semua-semuanya. Antara typus dan maag, memang sulit dibedakan penyebab, maupun gejalanya. Namun keluhannya sangat mirip.

      Saya sangat sarankan kepada teman-teman yang sudah merasakan gejala seperti mual, pusing, perut sering sakit, tak ada nafsu makan, badan sering meriang atau demam ringan, hendaknya segera periksa dokter,jaga makanan, dan jaga istirahatnya.

      Semoga lekas sembuh baik maag maupun typusnya ya mas Dar Endar.

      Salam,

      Hapus
  6. Mau nanya juga dong dok.. saya dri dlu emang suka telat makan.. saya juga kayaknya pernah kena gerg.. waktu bersendawa seperti bau telur busuk, kata dokter sih itu bau dri asam lambung, dan sempet di opname juga.
    Tp sekarang ada yg aneh.. saya selalu demam setiap malam, di mulai dri jam 7 malam sampai jam 2 atau jam 3 pagi, setelah iti kondisi badan normal kembali...
    Itu apakah ciri2 typus atau kenapa ya dok???
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he..Mohon maaf, saya bukan dokter..tapi mantan penderita maag kronis dan gerd parah (18 tahun) yang sudah Allah beri kesembuhan.

      Lihat saja lidahnya putih dan kotor tidak ? Jika tidak bisa jadi itu GERD yang sedang kambuh. GERD bisa kambuh, biasanya sore atau malam hari saatnya, saat lambung penuh kekenyangan. Atau kecapaian yang sangat dan fikiran yang stress.

      Salam,

      Hapus
  7. Selamat malam dok, saya mau tanya... satu bulan yg lalu saya kena tifus, dan sudah bisa beraktifitas 1 minggu setelah bedrest dan minum obat dr dokter. Dan hari ini 24 april 2016 saya merasakan hal yg sama, mulut terasa saangat pahit, badan lemas, keringet dingin, pusing dan demam.. anehnya sy tdk suka makan pedas dan asam.. tapi sy sudah menderita tifus 3x dalam tahun ini, tp sy enggan utk di rawat di rs. Apa yg harus saya lakukan? Apa tifus yg sy derita memiliki stadium yg tinggi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik Fransisca,

      Maaf, ibu bukan seorang dokter. Ibu hanya mantan penderita maag kronis, gerd yang teramat parah, yang sangat lama dan Tuhan ijinkan sembuh atas KehendakNya.

      Cepat tidaknya sembuh sakit typus sangat tergantung kepada stadiumnya, pengobatannya, serta perawatannya.

      Untuk stadium awal atau yang masih gejala, hanya perlu waktu 3 hari hingga satu minggu untuk pemulihannya.

      Namun untuk stadium menengah yang sudah demam menggigil itu perlu pengobatan serta pemulihan antara 2 minggu hingga 1 bulan masa pemulihan.

      Dan untuk stadium lanjut atau yang sudah parah, dimana demamnya sudah sangat tinggi sulit untuk turun, sudah terjadi sariawan disepanjang usus, biasanya memerlukan waktu serta perawatan dan pemulihan yang cukup lama, bisa antara 3 hingga 6 bulan.

      Demikian mbak. Dijaga semua-semuanya ya agar tak mudah kambuh tipesnya.

      Salam,

      Hapus
  8. assalamu alaikum..istri saya oernah di diagnosa maag sudah keluar masuk RS tapi tidak sembuh juga..minggu lalau dia diagnosa hemoglobine turun hanya 7
    ..trus di transfusi. sekarang dia belum sembuh juga..kepala terasa berat,keram kepala,sakit kepala,keringatan di ikuti menggigil..mohon petunjuk..trus saya mau pesan obat sama bukunya gimana caranya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Ian Ali,

      Silahkan Bapak hubungi saya Bu Niniek, di no 0877.3259.8747 Boleh telpone atau sms setiap hari pada jam setelah jam 2 siang. Sebab kalau pagi hingga jam 2 siang, saya sedang sibuk ngemas paket-paket pesanan. Sehingga jika konsul tak bisa fokus.

      Salam,

      Hapus
  9. Saya sakit tipus tp knp yg saya rasakan perasaan remuk bagian dada, tidak nyaman, drh sering berdesir, perasaan tercekik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yefri Yeldi,

      Terima kasih atas kunjungannya di blog ibu. Jika keluhan yang muncul seperti itu, anda sakit typus, tapi anda juga telah terkena gerd, asam lambung yang naik. Sehingga merasakan operasaan remuk di bagian dada, darah sering berdesir, apalagi perasaan sering tercekik. Silahkan baca terus blog ini. Disini banyak artikel yang bermanfaat bagi penanggulangan masalah gerd.

      Salam,

      Hapus
  10. Assalamualaikum.
    Mba niniek, suami saya terkena asam lambung dan sempat typus juga. Setiap hari masih makan nasi lembek, apa harus dibubur dulu? Karna sudah 2 bln ini gejala muncul hilang dan belum sembuh total. Apakah boleh makan telur dan bayam untuk penderita lambung? Mohon share untuk menu makanan mb niniek selama mengalami typus dan sakit lambung..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Eka Chusnul,

      Makasih ya mbak telah mampir di blog ini, semoga manfaat.
      Selama maagnya belum sembuh, kita memang sangat gampang terkena typus, atau kambuh typusnya.

      jika nasi lembek tak bermasalah mengapa harus dibubur ?

      Resep bayam dan telur serta madu adalah bagi yang tekanan darahnya selalu rendah, juga untuk menaikkan HB sangat bagus. Jika tekanan darah normal, HB juga normal tak perlu konsumsi resep ini.

      Menu maag dan typus hampir sama, dan sudah banyak saya share di blog mbak, dicari saja. Intinya adalah nasi lembek, telor, sayur bening bayam dan labu siam, minum madu murni, hindari susu dan segala pantangan sakit maag. Ketika saya sedang typus saya tak makan buah apapun termasuk pepaya dan alpokat. Untuk memperlancar pencernaan agar tak sembelit, saya sering makan kentang rebus, tapi pilih kentang yang kulitnya belum hijau karena banyak mengandung racun. Semoga suami cepat sembuh ya mbak.

      Salam,

      Hapus
  11. Assalamualaikum,
    Bu niniek saya tadi malem bru di vonis tipus oleh dokter,tapi cuma di kash resep antibiotik,obat mual,dan nyeri demam,apa saya termasuk bukn tipes tahap yang parah??karna hasil tes darah smw dibatas normal,tapi igm samonella yg positif...tekanan darah dan denyut nadi mash dibatas normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf terlambat balas, karena terbatasnya waktu yang saya miliki.

      Parah tidaknya tipes sebenarnya bisa dilihat dari hasil cek widalnya. Jika masih 1/400 masih aman-aman saja. Namun jika sudah lebih dari itu sudah memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

      Harus makan yang benar-benar halus, tak terkena makanan pedas, asam, minyak, kasar. Dan harus benar-benar badrest ditempat tidur. Karena kalau tidak tipes tak akan sembuh-sembuh bahkan bisa semakin parah.

      Salam,

      Hapus
    2. Assalamualaikum mba saya sudah 1 bulan menderita penyakit tipes saya masih duduk di kelas 2 SMA. Gejala saya demam pada siang hari lemas yang teramat sangat dan sakit badan yg terus berlanjut. Saya pergi ke dokter setelah kondisi saya 1 minggu mengalami demam yg takunjung mereda lalu saya melakukan tes darah dan positif terkena tipes dan saya diberi obat lalu kondisi saya membaik setelah obat saya habis saya pergi kontrol ke dokter dan diberi obat lambung saja tetapi setelah saya tidak mengkonsumsi obat pertama kondisi badan saya kembali melemah saya pergi ke dokter lagi tetapi dengan dokter yang berbeda dan dokter tersebut mengatakan bahwa saya dalam proses penyembuhan lalu diberi obat dan setelah obat itu habis saya mengalamai lemas lagi dan ditambah flu batuk serta sakit kepala lalu saya pergi kedokter lagi dan dokter mengatakan tipes saya kambuh lalu diberi obat lagi dan besok saya akan melakukan tes darah lagi . Menurut mba tipes saya termasuk stadium berapa ya. Ini merupakan tipes kedua saya stelah tipes pertMa pada saat umur 5th. Lalu pengobatan seperti apa yg baik untuk dilakukan . Dan saya ingib meminta mba obat herbal apa yang membuat kondisi saya cepat pulih dan untuk pertahanan tubuh, mengingat saya merupakan seorang pelajar yang kegiatanya penuh . Seharian penuh berada di skolah jadi saya meminya rekomendasinya terimakasih. Assalamualaikum.

      Hapus
    3. Mbak Meliana Aulia

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Terima kasih telah berkunjung di blog ibu, semoga ada manfaatnya.

      Kondisi ini termasuk dalam typus stadium menengah. Sudah sangat serius harus diperhatikan, dan diobati dengan baik. Pumpung belum menjalar kemana-mana. Sebab virus typus juga bisa menjalar kemana-mana.

      Obati dengan kapsul cacing tanah, jaga makanan terutama harus jaga istirahat agar lekas sembuh. Syukur lagi jika bisa minum Morinda, insya Allah akan cepat sembuh.

      Salam,

      Hapus
  12. Assalaamu'alaikum Bu, kemarin saya lebih dari sebulan mengalami tipus, namun gelaja yg sering saya rasakan yaitu hanya demam, lemas, dan lidah saya yg putih dan kotor, dan terkadang ada batuknya jg setelah itu saya mengonsumsi segala jenis kapsul cacing dan angkak dan juga antibiotik dari dokter. Sekarang ini demamnya udah tidak lagi muncul namun malah saya masih suka cepat lemas dan capek dan bawaannya pengen tidur aja, lidahh juga kadang seminggu merah normal kadang balik lagi mau kayak putih dan kotor,, apakah tipus saya ini udah sembuh atau masih perlu makan kapsul cacing itu? Tq

    BalasHapus
  13. Mas Robiansyah Putra,

    Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

    Maaf jika telat balas karena ibu banyak sekali kesibukan yang tak bisa ditinggal. Typus, seperti halnya maag, jika pernah parah atau kronis, untuk sembuh total memang sulit sekali. Bisa sih sembuh, namun masih tetap selalu menjaga, apa-apa yang bisa menyebabkan kambuh, seperti makanan pedas dan asam, kelelahan dan sebangsanya.

    Tingkat kesembuhan Mas Roby berarti belum maksimal itu. Sebaiknya cek lagi saja ke laborat untuk typusnya. Kapsul cacing sebaiknya dikonsumsi jika kita memang positif typus.

    Sakit typus hampir gejala serta pantangan makanannya hampir sama dengan sakit maag. Dijaga saja menu makannya, dan banyak istirahat jangan sampai kelelahan.

    Salam.

    BalasHapus
  14. Dok, saya sudah berkali2 terkena typus, sudah berbulan2, agak sembuh, lalu kambuh, agak sembuh kambuh lagi, udh berulang kali, udh berkali2 berobat ke dokter, dikasih antibiotik thiamphenicol, amoxicilin, cyproflaxin,dll, dan obat tradisional, kapsul xtract cacing tanah, gold-g, semuanya nihil, seakan2 bakterinya kebal semua obat, hasil cek darah dinyatakan positif typus, nginap rumah sakit sih ga pernah, berhubungan saya orangnya sibuk bekerja, ada solusi lain tidak? Sehubungan penyakit saya skrg lgi kambuh, perut terasa sakit, demam, dimalam hari suhu tubuh tidak panas begitu tinggi, tetapi wajah, dan tangan terasa panas begitu (kalo dipegang tidak panas/normal), bibir pecah2, lidah putih, dijulurkan gementaran, tubuh saya lemas sih, tetapi masih kuat kerja berat, cuma penyakit ini rasanya cukup rewel/mengganggu, apa yg harus aku lakukan dok? Karena udh mulai putus asa thdp penyakit ini, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Afen Efendi

      Ibu bukan dokter mas. Tapi mantan penderita maag dan gerd yang cukup lama, 18 tahun tepatnya, sehingga saking apalnya keluhan sekaligus solusinya he he.

      Menurut analisa Ibu, mas Afen itu sudah gerd. Tapi gerd yang mengena di usus. Sehingga usus menjadi langganan tipes. Ibupun juga dulu begitu. Penderita gerd yang menyerang usus, lebih rentan daripada penderita gerd yang menyerang organ lain. Masalahnya usus kan untuk penyerapan nutrisi. Jadi kalau ususnya terkena asam lambung, entah itu iritasi, entah itu sering radang, pasti fungsinya menjadi terganggu.

      Lain dengan gerd yang menyerang ke bagian organ lainnya selain usus. Misal yang terserang bagian kepala sehingga sering migren, vertigo atau kliyengan, namun ususnya tak terkena gerd jadi masih bisa berfungsi dengan baik. Maka ini jauh lebih baik.

      Untuk mas Afen, solusinya ibu sarankan pesan buku maag ibu + minum air mentah yang higienis ( penjelasannya cari di blog ini ) dan menggunakan firmax3 yang pesan di ibu, agar konsul firmax3nya bisa sama ibu. Ibu tidak akan melayani konsultasi produk yang pesannya ke orang lain.

      Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  15. bue saya sakit tipes saya udah konsumsi obat kapsul cacing. saya mau tanya apakah disaat sesudah mengkomsumsi obat tersebut ada efek samping nya bdan trasa panas brsama nyerii. mhon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kawan Abdul Rojab

      Minum kapsul cacing insya Allah tak ada efek sampingnya. Namun semua obat, apapun itu jenisnya, baik kimia maupun herbal, tetap ada reaksinya didalam tubuh. Ketika obat itu bekerja didalam tubuh, terkadang ada residu atau toxon tubuh yang dikeluarkan. Proses itu yang disebut detox.

      Produk - peroduk herbal biasanya lebih terasa detoxnya daripada obat - obat kimia. Tapi detox dari kapsul cacing tak begitu kentara. Dan biasanya detoxnya bukan badan terasa panas atau nyeri.

      Perlu dicurigai pak Abdul telah terkena GERD, meskipun masih sangat awal. Atau asam lambung yang naik. Sebelum ini ada riwayat keluhan maag tidak ? Kalau ada, ini lebih meyakinkan bahwa Pak Abdul bukan sekedar sakit typus tapi juga menderita gerd. Bagian gerd yang terkena kapsul cacing itulah yang kemudian detox asam lambungnya dikeluarkan dari dalam tubuh. Ketika berproses terasa panas san nyeri.

      Oke. Semoga jawabannya memuaskan. Sering - sering saja berkunjung di blog agar lebih faham tentang maag dan gerd.

      Salam,

      Hapus
  16. Assalamualaikum bu, saya sedang hamil, sudah cek darah positif tipus, sdah dirawat n dberi obat tpi sdah 2 bulan tdak smbuh2,demam sdah stabil yng jdi masalah usus ttap sakit n panas stiap ssdah makan, sya hnya makan bubur, minum obat cacing juga tpi blm ada prubahan, mnurut ibu gmna kondisi saya, parahkah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Kondisi mbak insya Allah tidak parah. Namun karena ada typusnya, biasanya memang kesembuhan maag agak bandel. Jika sudah tidak demam berarti dalam usus tidak ada peradangan typusnya.

      Untuk mengatasi rasa sakit dan panas dalam usus, cobalah buat ramuan singkong serbaguna. Sepotong singkong diparut, Tambahkan 1 rimpang kunyit kuning diparut. Keduanya campurkan. Beri air setengah gelas tanggung. Saring. Beri madu 1 sendok makan. Beri telor ayam kampung kuningnya saja 1 butir. Aduk rata. Minum pagi hari sebelum makan apa - apa. Minum resep ini tiga hari berturut - turut. Insya Allah lambung dan usus akan reda sakit dan panasnya. Saya sering menggunakan resep ini untuk mengatasi typus dan radang usus.

      Semoga cepat sembuh ya mabk.

      Salam,

      Hapus
  17. Asaalammualaikum bu, saya setahun yg lalu terkena tipes sehingga harus menginap selama 4 hari. Awalnya saya tidak merasa lemas atau pun panas hanya saja setelah makan perut terasa mual dan pernah muntah jg. Namun perut saya terasa sakit seperti dijelaskan di atas, sakit melilit, keringat dingin serta diare. Saya awalnya mengira kalo itu hanya masuk angin biasa dan ternyata saya terkena tipes, dan skrng saya merasakan lg namun dimalam hari saya merasa badan hangat, lemas dan badan nyeri. Pada pagi hingga sore tidak merasakan lemas namun hanya mual dan terkadang perut melilit, saya sering merasa lapar namun saat selesai makan akan terasa mual. Apakah tipes saya ini kambuh lg ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Alviani

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Bisa jadi itu typesnya kambuh lagi. Jika pernah terserang types memang bisa kambuh lagi. Kambuhnya types bisa terpicu karena makan makanan yang pedas terutama yang asam, kecapean dan kurang istirahat. Untuk itu harus selalu waspada menjaga kesehatan agar tidak kambuh lagi mbak.

      Jika sudah terlanjur kambuh, tak usah panik. Jika masih bisa diatasi dengan penanganan darurat dirumah mengapa tidak ?

      Salam,

      Hapus
  18. Assalamualaikum,, bu saya dvonis tipes 80% Dan saya juga punya maag kronis,,,setiap hari aku mrsa perih pda perut Dan mersa pusing,,,itu ap bisa smbuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Laely,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Antara typus dan maag itu ibaratnya orang adalah bersaudara. Serupa tapi tak sama. Sembuh sih bisa. Tapi sama-sama tak bisa sembuh total. Maksimal hanya 95 % Masih ada kemungkinan untuk kambuh jika kita kurang waspada dan kurang hati-hati.

      Penyebab tipes biasanya karena ceroboh ( sering tidak menjaga kebersihan ), sebelum makan tidak cuci tangan lebih dahulu, sebelum makan piring sendok tidak di lap lebih dahulu. Lalu makanpun juga ceroboh. Makan buah langsung santap, atau sebelum dikupas tidak dicuci lebih dahulu.

      Hal ini terjadi terutama ketika musim buah, dimana lalat sebagai penyebar virus tipes beterbangan kemana-mana. Jika kita tidak menjaga kebersihan, maka gampang terkena tipes.

      Salam,

      Hapus
  19. Assalamualaikum ibu niniek, 5 hari yg lalu saya baru saja menjalani rawat inap krna positif terkena bakteri Salmonella thypi alias kena tipes. Gejalanya sama seperti yg ibu sebutka diatas. Bahkan 2x kedokter tak kunjung sembuh akhirnya dirawat inap selama 2 hari. Setelah rawat inap saya merasa tubuh saya sudah agak segar dibanding sebelum rawat inap. Saya jg mencoba membeli kapsul cacing "vermint" di apotik dan masih minum obat dokter. Pertanyaannya lemas pasca tipes masih saja saya rasakan apa krna asupan makanan cuma bubur aja yaa bu? Lalu kadang saya masih ngerasain bdan agak panas dan tidak enak mirip meriang sebelum kna tipes, apa tipes saya kambuh lagi atau belum sembuh total? Saya jg kadang masih merasakan perut sakit seperti ditusuk2 tp setelah itu hilang. Dan baiknya kapsul cacing itu diminum berapa kali sehari dan berapa buah banyak kapsul setiap kali minum? Mengingat saya jg penderita maag kronis mungkin jg sudah mengalami gerd. Mohon dibalas yaa ibu naniek. Terimakasih, wassalam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Winda,

      Types, meskipun hasil lab menyatakan bahwa widalnya sudah normal, tak bisa sembuh 100 % seperti maag. Jadi kambuh dan tidaknya memang sangat tergantung pada asupan gizi, pola istirahat yang cukup dan tidak stress.

      Pasca rawat inap hingga 1 bulan kena types biasanya kondisi demam ringan masih akan terasa, juga kadang-kadang badan masih merasakan dingin. Tapi tidak apa-apa, yang penting bakteri sanmonellanya sudah bisa dijinakkan.

      Vermint, untuk penderita typus idealnya diminum 3 x 2 kapsul setiap hari. Banyakin minum air putih hangat setiap hari. Agar terhindar kambuh, minum minyak VCO yang kualitasnya bagus hingga 2 minggu lamanya. Aman bagi maag.

      Salam,

      Hapus
  20. Assalammualaikum Bu Ninik

    Saya didiagnosa typus 2 hari yg lalu. Awalnya cuma terasa seperti panas dalam tiap malam selama 2 hari. Setelahnya badan terasa remuk redam semuanya. Semalaman tidak bisa tidur karena sakit seluruhnya.

    Esok paginya ketika akan berangkat kerja tetiba saya mengalami serangan. Rasanya seperti geringgingen (*bhs jawa: kesetrum) dari telapak kaki sampai kepala dan diikuti keluar keringat dingin. Gelap dan saya pingsan.

    Cek dokter dan lab positif typus. Ketika pemeriksaan pertama dokter bertanya apa saya pernah menderita typus sebelumnya. Saya iyakan. Dan beliau berkata kalau typus adalah penyakit yang penanganannya seumur hidup. Tidak bisa sembuh 100persen. Apakah itu benar bu?

    Satu lagi, saya mohon tips dan saran untuk menanggulangi rasa mual pada sat typus ini. Mohon sekali infonya. Trims

    @adixiadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini siapa ya ?

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Menurut saya dan suami saya yang kambuhan typus, saya membenarkan pendapat banyak dokter, bahwa memang typus tak bisa sembuh 100 % sebagaimana maag dan gerd.

      Kita bisanya hanya meminimalisir agar tidak kambuh. Karena kambuhnya typus sangat tergantung kepada pola hidup kita sehari-hari. Typus gampang sekali kambuh jika kita makan yang pedasnya ekstreem, juga yang asam-asam, serta stressing pikiran atau kelelahan yang sangat.

      Jika kita bisa menjaga ketiga hal ini maka insya Allah typus tak gampang kambuh.

      Tapi ada satu produk yang sangat mendukung typus tak kambuh, adalah minyak VCO. Minyak kelapa murni yang telah diproses menjadi minyak VIRGIN COCONUT OIL, jika mau rutin konsumsi VCO ini sebulan saja, bertahun tahun tak bakal kambuh. Jika ingin hubungi Ibu di 0877.3259.8747 ( Niniek SS )

      Salam,

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum ibuk, saya sudah 2 hari di rawat di rs tetapi gejala tifus dan GERD saya masih saya rasakan, yaitu seperti panas di bagian dada dan leher, lemas pusing dan pada malam hari saya juga merasakan gejala yanh sama, sebaiknya apa yang saya lakukan untuk mengobatinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahdi Nofri Wilis

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Typus itu biasanya bergandengan dengan sakit asam lambung atau maag. Dan sulit juga sembuhnya seperti maag. Typus merupakan sakit kambuhan seperti maag. Jika makan makanan yang pedas, berminyak terutama yang asam-asam.

      Untuk solusinya, pesan saja buku maag + minum air mentah yang higienis dan pesan morinda untuk mengobatinya.

      Biasanya jika maagnya sembuh, maka typusnyapun akan ikut sembuh juga.

      Salam,

      Hapus
    2. 1 hari sebelum puasa dinyatakan maag oleh dokter.. trus puasa hari ke 18 setelah cek darah saya di nyatakan types (S Tyhpi O 1/320).. apakah itu termasuk types yg masih ringan atau sudah masuk kategori berat mba.
      apakah tidak pengaruh di maag/types saya jika saya terus melakukan puasa dan saya mohon penjelasan bagaimana cara yg baik dan tepat untuk mengobati penyakit maag dan types saya ini agar cepat sembuh meskipun kata mba tidak bisa 100% sembuh
      Saya juga mau tanya mba
      - apa itu gerd
      - apa manfaat VCO
      -apa itu morinda

      Hapus
    3. Miho

      Untuk Typus 1/320 itu termasuk typus yang masih ringan mas. Tapi dampaknya pada seseorang tidaklah sama. Saya kena typus 1/200 saja rasanya sudah tak karuan. Sementara suami saya 1/1.000 tak mau diopname meskipun untuk berjalan ke kamar mandi baliknya langsung pingsan didepan kamar mandi.

      Jadi kalau menurut saya. Berbahayanya typus itu bukan sekedar tinggi rendahnya pada pemeriksaan laborat, tapi juga pada daya tahan tubuh seseorang. Meskipun sudah tinggi seperti suami saya, namun karena immunitasnya sangat bagus maka walaupun pemeriksaan widal sudah 1/1000 masih merasa tak mau dirawat di Rumah sakit.

      Tapi jenis typus ada yang ganas dan tidak ganas.

      Dulu anak saya, pernah kena typus yang termasuk sangat ganas. Gejalanya hanya kedinginan menggigil hebat hingga dia bergumam :"Mi adik tak kuat". Begitu ia selesai mengucap begitu, ia langsung pingsan. Ketika itu langsung saya bawa ke RS, masuk UGD, langsung ditangani dokter, muntah hebat, dan ketika siuman, dokter mengatakan :"Untung ibu segera membawanya ke RS. Jika tidak, seperempat saja tidak ditangani maka entahlah..." Saya miris mendengarnya.

      Oleh karena itu typus tak bisa diremehkan. Sebab kita tidak tahu.

      Saya akan berusaha menjelaskan :

      1. Apa itu gerd. Gerd adalah naiknya asam lambung dari tempatnya yaitu di lambung. Dan ini sangat berbahaya, karena diluar lambung tak didapati lendir mukossa yang melapisinya, seperti yang terdapat pada dinding lambung. Asam lambung ini sangat ganas, maka organ yang terkenai bisa berkurang fungsinya atau bahkan rusak.

      2 ). Manfaat VCO sangat banyak. Silahkan browshing sendiri di internet. Yang jelas, suami yang dulunya kambuhan typus, setelah minum rutin VCO selama sebulan penuh, maka bertahun-tahun kemudian alhamdulillah tak pernah kambuh lagi.

      3. Morinda adalah herbal mengkudu yang ditanam di kepulauan Tahiti ( konon satu-satunya tempat didunia yang dinyatakan oleh WHO sebagai tempat yang bebas dari cemaran lingkungan. Morinda, bagi saya dan banyak kesaksian dari para penderita maag serta gerd, herbal yang terbukti paling efektive untuk mengatasi maag dan gerd secara permanen hingga tak kambuh2 hingga bertahun kedepan.

      Hapus
  22. Maaf mbak
    sy di nyatakan maag 1 hari sebelum bulan puasa tahun ini. Trus seteleh beberapa kali ke dokter dan periksa darah, 2 hari lalu saya dinyatakan typus (S Typhi O 1/320). .
    Saya mau tanya mbak apa ini parah atau tdk. Saya mohon penjelasannya untuk cara menangani, merawat dan mengkonsumsi obat apa yang bagus dan agar cepat sembuh mbak.. soalnya saya takut mbak saya sering mengalami perasaan cemas dan gelisah. 1 lagi yg mau saya tanyakan mbak, apa tidak berbahaya jika kita terus melakukan puasa di bulan yg suci ini sementara penyakit maag ku udah bertambah dgn typus..Mohon penjelasan tentang cara yg baik dan benar dalam mengobati penyakit ini agar cepat sembuh walaupun hanya 99% mbak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miho

      Memang sangat sedih mas jika kita sakit maag barengan dengan typus. Rasanya pasti gak karu-karuan.

      Tak perlu panik. Jika ingin sembuh, insya Allah saya sarankan pesan buku tulisan saya untuk panduan perawatan sehari-hari dirumah. Obatnya dengan morinda. Sebab selama ini baru morinda yang terbukti bisa mengatasi setiap keluhan maag kronis dan asam lambung atau gerd.

      Buku panduan ini sangat penting. Karena meskipun sudah minum berbotol-botol morinda, namun belum tahu rahasianya merawat sakit maag dan gerd, juga tetap akan terhambat kesembuhannya. Jadi antara buku dan morinda tak bisa dipisahkan satu dengan yang lain.

      Untuk pemesanan, silahkan hubungi ibu ( niniek SS ) di nomor 0877.3259.8747 ( sms saja ). Sebab kalau telpon belum tentu saya bisa mengangkatnya, sebab mungkin sedang menerima telpon yang lain. Namun jika sms, walaupun lama saya akan tetap membalasnya.

      Salam,

      Hapus
  23. Kira2 berapa harganya mbak sekalian ongkos kirim ke gorontalo
    Mau tanya lg nih mbak. Gerd itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miho

      Harga morinda 545.000 + Ongkir. VCO 50.000 + Ongkir. Ongkir cekingnya setelah mengetahui alamat lengkapnya. jika minat serius kirim nama + alamat lengkap + kode pos dan monor Hp ke no 0877.3259.8747 ( Bu Niniek ).

      Salam

      Hapus
  24. Klo cm pesan bukunya aja berapa mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miho

      Kalau pesan bukunya saja 100.000 + Ongkir mas. Kirim dulu nama + alamat lengkap + Kode Pos + Nomor HP ( SMS saja )ke Nomor : 085.228.401.939 Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  25. Mba numpang curhat ya...saya langganan sakit magh..gerg...3 minggu lalu saya kena gasitris..dikasih obat sama dokter..dan kontrol lg diminggu keduanya..maghnya sudah makin membaik..minggu ketiga..tepatnya hari ini saya pas bangun...kaya keleyengan...perut sakit biasa..saya pikir tensi darah saya naik..akhirnya saya cek kedokter...ternyata setelah labs...baru ketauan sakit tipes...saya dikasih obat antibiotik,obat pusing...obat sakit kepala...obat nyeri...td saya sdh tanyakan apakah berpengaruh k magh saya...tp kata dokternya gpp...diminum saja obat maghnya...saya paling anti minum obat selain obat magh..jd pas dikasih dokter obat banyak bgt...saya malah jd khawatir...soalnya saya trauma dlu sakit kepala minun obat sakit kepala malah kembung ga enak diperut...nah klo obat vermint itu bagaimana mba?saya penasaran dg obat vermint...apakah boleh saya minum obat vermint?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adit2490

      Penderita maag yang tak sembuh-sembuh memang rawan kena typus, saya saja dulu ketika belum sembuh hampir sebulan sekali selalu kena typus hingga bertahun-tahun.

      Mengapa ? Ya karena biasanya kemudian asam lambung menjalar kemana-mana. Termasuk ke usus juga. Asam lambung yang mengenai usus bisa menyebabkan iritasi usus. Dan hal ini menjadikan usus rawan terkena typus.

      Jika sedang terkena typus, saya tidak ke dokter, namun saya minum ramuan : singkong sepotong diparut, satu rimpang kunyit kuning diparut, beri air 50 cc, saring, beri 1 sendok makan madu murni,dan beri kuning telor ayam kampung 1 butir, aduk rata, lalu diminum sesudah makan jeda 1 jam. Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  26. mai tanya bu, sy awalnya sakit types sampai saat inj badan saya masih sering dingin, lidah kotor berkeringat, kemudian 2 minggu ini saya cek lg types 1/80 kata dokter dispepsia , gastritis yg saya rasakan kepala pusing, perut kembung, badan masih dingin berkeringat, lidah masih putih kotor, yg saya mau tanyakan apakah sy ini sakit types apa lambung, dan obat apa untuk penyakit saya inj agar segera sembuh karena wajah saya pucat, keringat dingin, kaki pegal pegal kepala pusinh, perut kembunh... trimksh atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abdul Gopur Yusuf

      Sakit typus tu gak bisa sembuh total, apalagi pada seseorang yang juga sedang menderita maag. Typus hanya bisa sembuh sementara, jika seseorang tidak mengkonsumsi makanan2 yang memicu kambuhnya sakit typus. Biasanya makanan pedas, asam, dan buah-buahan.

      Jika apa yang bapak rasakan seperti diatas, saya cenderung menarik kesimpulan bahwa bapak mengalami GERD awal (asam lambung yang naik tapi masih awal), juga masih ada typusnya.

      Untuk solusinya silahkan pesan buku untuk panduan perawatannya + morinda untuk mengobati gerdnya sekaligus typusnya, di blog ini.

      Bapak tak perlu khawatir karena morinda insya Allah sangat bagus untuk menanggulangi berbagai macam penyakit. Asal tepat dosisnya.

      Salam,

      Hapus
  27. Permisi..nama saya nasha. 6 bulan lalu saya sakit tifus dan harus opname 10 hari dan bedrest 2 bulan. Saya juga punya riwayat sakit maag kronis. Akhir2 ini saya sering merasakan gejala2 tifus itu lagi dan selalu disertai pusing yang parah,seperti vertigo dan bahkan pernah sampai tak sadarkan diri.selain itu perut saya juga perih dan panas seperti terbakar. Saya sudah kedokter 3x dan hasilnya saya masih merasakan rasa sakitnya. Apa yang harus saya lakukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasha Berlian Cheva

      Mbak Nasha, typus pada kondisi sedang kena maag atau gerd memang lama sembuhnya. Mengamati gejala yang timbul seperti pusing yang parah,vertigo, perut sering perih dan panas seperti terbakar, itu jelas GERD, dan stadiumnya sudah menengah.

      Sebelumnya yang diserang asam lambung adalah bagian kepala sehingga sering pusing berat dan vertigo serta menyerang bagian usus sehingga bolak balik terkena typus.

      Solusinya, pesan buku perawatan maag + Minum air mentah yang higienis + pesan morinda untuk mengobatinya. Karena jika kondisinya sudah seperti ini, sangat sulit diatasi dengan obat-obatan dokter serta herbal sederhana yang lain.

      Hal lain yang perlu dilakukan, hindari pantangan maag dan hindari makan yang berminyak serta goreng-gorengan/santan. Harus banyak istirahat juga.

      Salam,

      Hapus
  28. Permisi.. Saya Almanda.. 1bulan yg lalu saya sakit2an dan pas periksa kedokter disuruh tes darah. Hasil dr tes darah itu tipes. Trs seminggu kemarin tipes saya kambuh lagi. Dan setelah minum obat dr dokternya malah demam dan menggigil yg menjadi-jadi.dan semenjak itu jadi lemes trs ga nafsu buat makan atau ngerjain kegiatan yg lain. Solusinya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Almanda R

      Terima kasih telah berkunjung di blog ibu. Semoga ada manfaatnya. Maaf jika ibu telat balasnya karena waktu yang sangat terbatas akhir-akhir ini.

      Mbak Manda, solusinya, silahkan pesan buku yang ibu tulis yang berjudul "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" di blog ini atau hubungi ibu di nomor 085.228.401.939. Dalam buku itu sudah komplit tips-tips untuk sembuh.

      Mengapa ibu sarankan untuk pesan buku maag, padahal kasusnya typus ? Dalam masalah penanganan kesembuhannya maag dan typus tak jauh beda. Karena kalau maag lambungnya yang bermasalah ( mungkin luka, mungkin iritasi, mungkin juga kemudian radang), nah kalau typus yang bermasalah adalah ususnya karena ada kuman penyebab typusnya ( ini juga sama dengan lambung,mungkin ususnya hanya iritasi, mungkin juga sudah luka, atau kalau sudah parah bisa saja telah terjadi kebocoran usus)

      Typus sama saja dengan maag, sekalipun telah diobati dengan obat yang bagus, kalau tidak tahu caranya merawat atau makanannya yang aman juga tak sembuh-sembuh.

      Untuk obatnya, silahkan beli VCO cari di apotik yang tempatnya dari botol kaca. Harga kisaran 35.000. Jangan yang tempatnya dari plastik mudah terkontaminasi.

      Sudah dulu ya mbak. Semoga ada manfaatnya dan lekas sembuh. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  29. Siang bu..saya mau tanya..udah mau 3 minggu ini saya dikena tipus..hsl terakhir lab widal typhi o 1/160,typhi h 1/80..tp dokter ga kasih antibiotik cuma kasih vit antioksidan..tp kok udah 3 hari ini saya sering bersendawa dan perut spt byk angin..knp ya bu?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dewi Anita

      Siang juga mbak. Maaf ibu baru sempat balas. Baru aempat. Antara gejala maag dan gejala typus yang widalnya masih rendah memang kadang-kadang sulit dibedakan. Tapi pada kasus mbak Anita sudah jelas typus tapi kemungkinan ada maagnya juga karena sering bersendawa dan perut banyak gasnya.

      Untuk antisipasi agar typus lekas sembuh dan maagnya tidak berkembang, saya sarankan pesan buku "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis". Buku ini kecuali bagus untuk mendukung kesembuhan maag juga bagus untuk kesembuhan typus agar tak kambuh-kambuh.

      Jika mau, minum minyak VCO yang dijual di apotik-apotik. Tapi yang dikemas dalam botol kaca karena tak mudah terkontaminasi.

      Salam,

      Hapus
  30. Selamat sore bu nanik,,,,
    Mau nanya nih,,,saya di diagnosa kena magh sekaligus typus
    Dan sekarang yg saya rasakan tinggal nafsu makan yg gag kunjung normal bu,,,,
    Perut rasanya lapar sekali tp klo sdh makan 2-3 sendok pasti langsung mual"
    Dan kata dokter suruh perbanyak air puti,tp setiap kali minu air putih pasti muntah" bu
    Mohon bimbingan untuk solusi penyakit saya bu
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sigit cahyono

      Selamat pagi mas Sigit. Maaf telat balas. Baru sempat mas. Itu maag kronis mas. Insya Allah masih gampang diobati.

      Beli aja kapsul cacing merk VERMINT di apotik-apotik banyak. Harga berkisar 40-an ribu. Minum 3 x 2 kapsul sehari. Untuk mendongkrak nafsu makan, beli temulawak kering di tukang jamu di pasar. 1 kg harga antara 15 - 20 ribu.

      Caranya ambil 4 atau 5 irisyang besar, taruh di gelas yang ada pegangannya. Sebelumnya dicuci bersih. Beri gula aren secukupnya jangan manis-manis, guyur dengan air mendidih. Biarkan hangat kuku lalu diminum. Sore sesudah waktu ashar sehari boleh 1 atau 2 kali minum. Insya Allah.

      Salam,

      Hapus
  31. Selamat sore
    Saya menderita asam lambung dan typus.sekarang berat badan saya turun drastis. Kalau malam tidur tak bisa nyenyak kalau siang sama sekali tidak bisa tidur, apa solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. muslich Awe

      Selamat Pagi.

      Untuk hasil kesembuhan yang maksimal, silahkan hubungi saya WA/SMS di nomor 0877.3259.8747/085.228.401.939 Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
  32. Assalamualaikum ibu mau menanyakan. Saya sdh lama menderita maagh kshuauny di gerd (asam lambung) serta punya penyakit anemia yg sering kambuhan jg. Thun 2016 akhir kmrn say terkena tipus dan sdh 2 kali di rawat. Tp krna saya sering bandel dlm menjaga pola makan makanya gerd( asam lambung ) saya sering naik. Nah tdi pagi magh /gerd(asam lambung) saya kambuh krna saya telat makan dan tdr sdh larut sekitar jam 2 an mlm. Tiba" pagi gerd (asam lambung) saya kmbuh dan saya muntah" trs hingga bdn saya lemas kmudian kepala saya pusing seperti vertigo jd pandangan seperti goyang" disekitarnya sehingga saya tdk kuat untuk tegak serta napas saya sempat terasa sesak. Apakah geerd bisa menyebabkan vertigo dan sangat berbahaya.? Terimakasih. Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elva F Febri

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf mbak Elva, baru sempat balas. GERD bukan saja bisa menjadi penyebab VERTIGO atau sakit kepala yang lain. Bahkan GERD bisa menyerang seluruh organ tubuh. Karena karakternya seperti lahar, kemana saja dia mau pergi seenaknya sendiri. Organ yang terlewati asam lambung biasanya akan mengalami pengikisan, sehingga terjadi komplikasi berbagai macam organ.

      Ya jelas sangat berbahaya sekali karena bisa berakibat kematian. Ibu tidak menakut-nakuti. Tapi ini kenyataan. Maka segeralh diobati dengan seksama. Oke ?

      Salam,

      Hapus

Back To Top