SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

TEPUNG KERUT MAKANAN SAKIT MAAG


TEPUNG KERUT MAKANAN SAKIT MAAG

 
Bismillahirrahmanirrahiim...

Sahabat Niniek SS yang penulis hormati,

Setelah penulis share tentang manfaat tepung kerut, ternyata banyak respon dari pembaca blog yang menanyakan bagaimana ciri-ciri tepung kerut itu ? Mereka pada ingin membelinya. Wah ya susah penulis menggambarkannya. Lha wong warnanya sama putihnya dengan tepung kanji, halusnya juga hampir sama ?

Daripada Anda salah memilih tepung, dan ketika dikonsumsi tidak mendatangkan manfaat bagi kesembuhan maagnya, lalu penulis berpikir kenapa tidak penulis sediakan saja di rumah penulis, jika Anda membutuhkannya, tinggal ngepak dan mengirimkannya kepada Anda, beres kan ?

Tepung kerut tuh, tepung yang dihasilkan dari umbi tanaman kerut ( yang pohonnya seperti ada dalam gambar di atas ). 


Sejak jaman dulu tepung kerut sudah dikenal sebagai obat sakit perut. Jaman dulu kan belum dikenal istilah sakit maag atau sakit lambung ? Istilah sakit maag atau sakit lambung baru dikenal pada dekade tahun 2000 an.

Dulu, semua sakit dibagian perut apapun sakitnya selalu dikatakan sakit perut. Bisa jadi lambungnya yang sakit, atau bagian ginjalnya, atau bagian empedunya, atau bagian levernya semuanya hanya disebut sebagai sakit perut. Tidak seperti sekarang. Semua disebut sesuai dengan bagian organ yang memang bermasalah.

Mengapa tepung kerut sejak jaman dulu dikenal sebagai makanan orang sakit perut yang sebenarnya lebih tepatnya adalah sakit maag ?


Karena mengandung karbohidrat, lebih banyak proteinnya dibanding ubi, kentang singkong ataupun pisang, mengandung beberapa mineral penting yang berfungsi untuk mengatur detak jantung dan tekanan darah.

Mengandung vit B-12, dan sebagai sumber folat yang baik. Folat bersama dengan vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting yang mengambil bagian dalam pembentukan DNA dan pembelahan sel. 

Mengandung Vitamin B kompleks dan berbagai unsur atau zat dan vitamin-vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Kecuali itu didalam tepung kerut mengandung suatu zat yang mampu melapisi dinding lambung, sehingga dinding lambung tidak mudah teriritasi oleh berbagai macam kimia atau makanan yang masuk ke dalam lambung.

Tepung Kerut Bebas Gluten. 

Seperti pada akar dan umbi-umbian lainnya, kerut juga bebas gluten. Pati kerut yang bebas gluten juga digunakan untuk makanan khusus bagi pasien penyakit celiac , yaitu penyakit yang berhubungan dengan usus halus. Orang yang menderita sakit maag kronis, pada umumnya selalu diikuti dengan usus besarnya bermasalah dikemudian harinya. Oleh karena itu sangat bagus bagi para penderita sakit maag untuk mengkonsumsi tepung kerut ini.

Kecuali berbagai manfaat bagi kesehatan seperti tersebut di atas, umbi kerut juga bisa menjadi pengganti beras yang cukup lezat, hanya umbinya banyak slontrotnya, urat-urat yang terdapat di dalam umbi kerut.

Sedangkan manfaatnya antara lain adalah :

  • Menurunkan suhu badan
  • Obat disentri
  • Obat eksim
  • Memperbanyak ASI
  • Tapal luka dari serangan panah beracun-Obat penyembuh borok
  • Perasan umbi garut dapat dijadikan penawar sengatan lebah dan racun ular.

Kandungan Gizi Umbi Kerut :

Umbi Kerut mengandung cukup tinggi karbohidrat, selain itu menurut Data Direktorat Gizi Depkes RI, kandungan gizi Kerut untuk setiap 100 gram nya terdiri dari kalori 95,00 kal, protein 1,00 g, lemak 0,11 g, karbohidrat 22,60 g, kalsium 21,00 g, fosfor 70,00 g, zat besi 1,90 mg, vitamin B1 0,10 mg, vitamin C 10,00 mg, air 75,00 g.

Bagaimana Cara Memasak tepung Kerut ?


1. Cara yang Pertama :

Dibuat Bubur Tepung Kerut.
 
Pada umumnya tepung kerut dibuat menjadi bubur tepung kerut. Ambil 2 sendok makan tepung kerut letakkan pada tempat cekung yang untuk memasak bubur. 

Beri 1 gelas air (150 cc), aduk hingga tepungnya larut dalam air. Sesudah itu taburkan sedikit gula merah yang sudah dihancurkan ke dalamnya, aduk hingga ketiganya larut menjadi satu ( air, tepung dan gula merah ). Jika sudah larut, letakkan di atas kompor aduk-aduk terus hingga masak. Adonan tepung kerut jika sudah masak menjadi bubur tepung kerut akan berwarna bening kecoklat-coklatan.

Hidangkan ketika hangat, resep itu bisa untuk satu atau dua kali makan. Satu hari bebas untuk mengkonsumsi berapa kali. Penulis waktu masih sakit dulu terbiasa mengkonsumsi 3 kali sehari. Jika sudah makan bubur tepung kerut sudah merasa kenyang, jadi penulis sudah tidak makan nasi lagi.

2. Cara yang kedua adalah :

Dikonsumsi secara mentah.
 
Yaitu, ambil 2 sendok makan tepung kerut. Letakkan dalam gelas berukuran 150 cc, tuangkan air kedalamnya hingga air berjarak 2 cm dari bibir gelas. Sesudah itu beri 2 sendok makan madu murni dan aduk semuanya hingga rata. Minumlah langsung air madu tepung kerut ini pelahan-lahan hingga habis. Jika tidak habis bisa diminum beberapa saat nanti, tapi gelas sebaiknya ditutup agar tidak terkena debu.

Cara yang kedua ini, menurut pengalaman penulis, jauh lebih efektif dan efisien dari pada jika dimasak. Kecuali tidak repot membuatnya, juga jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, masih sangat banyak enzymnya, dan kandungan vitamin serta gizinya masih utuh bukan ? 

Semua makanan mentah atau yang masih segar selalu lebih menyehatkan tubuh daripada makanan yang telah dimasak. Sehingga kerja lambung akan sangat ringan. Namun jika sudah mengkonsumsi tepung kerut mentah, bukan berarti sudah cukup, dan tidak perlu lagi mengkonsumsi asupan lain seperti buah dan sayuran.

Bagaimana dampak setelah konsumsi tepung kerut ?

Tepung kerut jika dikonsumsi, terutama jika diminum mentah bersama air madu, maka perut akan terasa kenyang, dan lambung akan sangat nyaman dan tenang. Tidak sebagaimana jika kita konsumsi makanan lain, jika kita sedang sakit maag, tentu akan menimbulkan suatu reaksi didalam lambung. Entah sakit, entah begah, entah mual sesudahnya.

Penulis sangat merasakan betapa manfaatnya konsumsi tepung kerut bagi kesembuhan sakit maag kita ? terutama jika dikonsumsi dalam keadaan mentah dengan air madu.

Yang tadinya tidak tahan lapar, menjadi tahan lapar. Yang tadinya jika lapar perut langsung sakit, setelah konsumsi tepung kerut mentah ini tidak demikian lagi, walau lapar perut tidak terasa sakit seperti sebelumnya.

Silahkan dicoba, karena Anda pasti tidak akan percaya sebelum Anda mencobanya.

Bagaimana Cara Memesan Tepung Kerut ?

Tepung Kerut yang kami jual adalah tepung kerut asli dan kualitas super, serta selalu baru. Kami mengutamakan kualitas serta pelayanan, meskipun kami masih sangat konvensional.
  • Per kemasan “Tepung Kerut Asli Super” yang sangat putih dan halus, isi 1 kg harga Rp.60.000,- ( belum termasuk ongkos kirim ke alamat ).
  • Minimal pemesanan dianjurkan 2 kemasan yang kira-kira untuk konsumsi 1 bulan.
  • Silahkan hubungi Ibu Niniek Hp.0877 3259 8747. Smskan alamat Anda lengkap dengan kode posnya dan berapa kemasan yang hendak Anda pesan tolong smskan agar kami bisa menentukan berapa total biaya yang harus Anda transfer ( Harga tepung + ongkir ke alamat Anda ).
  • Sesudah itu akan penulis smskan kepada anda berapa total biaya yang harus Anda transfer.
  • Selanjutnya, silahkan Anda transfer ke rekening penulis a/n Sri Nurmi Atminarsih, Bank BCA, nomor Rekening : 2350232331
  • Sesudah Anda transfer, silahkan konfirmasikan kepada penulis ( Ibu Niniek SS ) bahwa Anda telah transfer, untuk kemudian penulis cek apakah dana sudah kami terima apa belum ?
  • Jika dana sudah masuk, tepung pesanan Anda akan segera kami kirim ke alamat Anda, dan Nomor Resi bukti pengiriman akan kami beritahukan kepada Anda, keesokan harinya.
  • Pesanan Tepung Kerut akan kami kirim lewat Paket Pos kilat Khusus yang murah dan menjangkau ke seluruih wilayah Indonesia hingga ke pelosok.
Demikian, semoga bermanfaat bagi Anda yang setiap kali kebingungan mencari makanan sakit maag yang sekaligus bisa mengobati sakit maag Anda.

Apapun yang Anda keluhkan akibat sakit maag, tak perlu Anda berkecil hati, karena kini telah hadir bagi Anda, buku Panduan untuk Kesembuhan Sakit Maag, yang alhamdulillah telah banyak membantu para penderita sakit maag di Seluruh Indonesia, sembuh dari sakitnya. kini giliran Anda insya Allah mudah-mudahan sembuh seperti mereka. PESAN DAN MILIKI SEGERA agar tidak kehabisan karena sangat banyak peminatnya. Terima kasih.
 
Bagi Anda yang ingin membaca tulisan saya yang lain, ada disini ! 

Alhamdulillahirabbil'alamiin.

Salam Penulis,
Niniek SS
Labels: Tepung Kerut

Thanks for reading TEPUNG KERUT MAKANAN SAKIT MAAG. Please share...!

28 comments on TEPUNG KERUT MAKANAN SAKIT MAAG

  1. Assalamualaikum, saya Nor dari Malaysia, sakit gastrik, Ulser sudah 6 thn.tolong hubungi saya. Tadi saya call tak dpt. 011 20861225

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nor Shahizan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Cik Nor,Nomor diatas bukan nomor saya. Nomor saya yang ini 0877.3259.8747. Silahkan hubungi saya kembali, tapi sms saja, sebab kalau telpon belum tentu saya bisa angkat. Sulit masuknya. Karena saking banyaknya yang telp.

      Terima kasih ya Cik telah berkunjung di blog saya. Bisa kok tepung kerut dan buku dikirim ke Malaysia.

      Salam,

      Hapus
  2. memang sudah terbukti kalau sakit perut/maag makan tepung Kerut (Garut) bisa sembuh. Itu pengalaman saya waktu kecil.
    Ibu membuatkan tepung kerut yg dicampur dgn air mendidih dlm gelas. diaduk cepat2 hingga bentuknya seperti jelly.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Farich kendal

      Tuh, apa mas Farich bilang, benar kan bahwa tepung kerut merupakan makanan spesial untuk sakit perut ? Jadi bukan hanya kata bu Niniek SS saja ya teman ?

      Terima kasih banyak ya Mas Farich telah menguatkan kesaksian ibu bahwa tepung kerut sejak dulu kala bagi orang Jawa memang sudah menjadi tradisi turun temurun sebagai makanan bagi orang yang sakit perut ( termasuk maag ). Jadi silahkan mengobati sakit perut/maag dengan tepung kerut.

      Untuk mendapatkan yang asli, silahkan hubungi Bu Niniek SS di nomor 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
    2. Mas sy minta no wa atau telp mas. Sy mau sharing mas cara menyajikan dan cara mknnya. Sy di medan mas. 08126522195 ini no telp dan wa sy.trims

      Hapus
    3. Aqua Tirta

      Ini WA saya, Bu Niniek : 0877.3259.8747

      Salam,

      Hapus
  3. Bu niniek, saya petra 25 tahun.. saya penderita maag ya sudah cukup lama dan lumayan, segala macam obat dokter dan obat herbal saya coba, akhir2 ini saya konsumsi perasan kunyit mentah pada pagi sesudah makan pagi, dan sore harinya saya minum seduhan temulawak kering yang dipotong tipis dan dijemur sesuai panduan bu niniek.
    pertanyaan saya dengan saya konsumsi kunyit mentah dipagi hari dan seduhan temulawak kering di sore hari, apakah aman2 saja atau malah bagus atau bagaimana menurut bu niniek?
    terimakasih saya petra dari Salatiga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Petra Kurniawan

      Mas Petra. Konsumsi air kunnyit mentah yang diparut bagus untuk lambung, tapi sebaiknya jika lambung sudah tidak perih, ya dihentikan minumnya air kunyit. Karena kunyit itu kan bersifat anti biotik alami. Jadi kalau lambung sudah sembuh lukanya untuk apa minum kunyit terus ?

      Air temulawak yang dikeringkan sangat bagus untuk menunjang stamina harian. Boleh diminum untuk jangka panjang gak apa-apa.

      Salam,

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum Bu Niniek...
    Dosis pemakaian tepung kerut untuk yang kena gerd berapa Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zul Ihsan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Dosis pemakaian tepung kerut bagi yang kena GERD cukup 3 x sehari. Sekali masak cukup 1,5 sendok makan saja. Untuk ukuran air menyesuaikan selera, yang penting jangan terlalu kental.

      Salam,

      Hapus
    2. Jeda makan tepung kerut dengan makan yang lain bagusnya berapa jam Bu?

      Hapus
    3. Zul Ihsan

      Jeda makan tepung kerut dengan makanan lainnya sama dengan makan nasi dengan makan makanan yang lain. Karena tepung kerut tingkat kekenyangannya sama dengan nasi. Jadi jika belum begitu lapar ya tak usah makan yang lain he he..

      Salam,

      Hapus
  5. Halo bu ninik.untuk penyimpanannya dimana sebaiknya? Apa ada exp datenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moocen Susan

      Tepung kerut bisa disimpan di kulkas atau ditempat yang tak lembab diluar kulkas. Tak ada exp datenya karena hanya produk yang cepat habis. Tapi yang dari ibu tahan hingga 1/2 tahun jika penyimpanannnya bagus lho mbak.

      Bagaimana, enaak kan ? he he..

      Salam,

      Hapus
  6. Assalamualaikum,jangka waktu untuk pemakaian tepung kerut ada batasnya ga ya trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Konsumsi tepung kerut boleh berapa lama ? Tidak ada batasnya karena sifat tepung kerut seperti nasi. Kapanpun mau bisa makan. Karena sifatnya yang mengenyangkan kalau makan tentu pas perut rasa lapar.

      Salam,

      Hapus
  7. Sore bu, klo dimnm mentah apa air yg digunakan air biasa atau air panas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Sore juga. Boleh diminum mentah jika kondisi maag tidak parah. Jika parah harus dibuat bubur. Jika diminum mentah sebaiknya air hangat boleh tambah gula aren sedikit.

      Salin,

      Hapus
  8. Bisa untuk BAB berdarah gk ya bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Tepung kerut, insya Allah aman untuk BAB berdarah. Karena tepung kerut mengandung zat yang bisa melapisi dinding lambung. BTW. BAB berdarahnya karena kasus usus/lambung yang perdarahan atau dari ambeien ?

      Salam,

      Hapus
    2. Assalamualaikum,bu saya mau pesan tepung kerut,apakah masih ada?

      Hapus
    3. Kinanti Latupary

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf baru bisa balas. Tepung kerut masih ada. Harga 25.000/kg + ongkir. Pemesanan kirimkan nama + alamat lengkap + Nomor hp. Berapa kg pesannya.

      Salam,

      Hapus
  9. Ass bu.. Saya terkena asam lambung ataw gerd klw makan dpt sejam atau dua jam saya muntah trs menerus.. D isi makanan sedikit muntah bnyk jg muntah.. Bb saya 49 kg bu aoa srtelah sya konsumsi bbr kerut asam lambung sya bsa sembuh n bb sya bsa naik lg. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ujang L.Sobari

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Maaf baru sempat balas. Untuk kesembuhan lambung, melihat kondisi lambung terlebih dahulu. Jika kondisinya seperti itu lambung perlu dibersihkan dulu dengan Bio Alpha R-12 sambil konsumsi tepung kerut. Kalau hanya konsumsi tepung kerut saja, tidak banyak membantu kesembuhan. jika makan muntah melulu biasanya dalam lambung banyak bakterinya.

      Salam,

      Hapus
  10. Assalamu'alaikum Bu..
    Mau tanya..misal ada barang tepung kerut apa Ibu bisa nampung beli berapa harga 1 kg makasih banyak km tunggu balasan Ibu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Posisi Bapak ada dimana ? Tepung kerutnya benar-benar asli tidak ? Bapak biasa jual per kg berapa ? Untuk tepung kerut sifatnya konsinyasi pak. Jadi titip tepung kerut ditempat saya, nanti kalau habis baru saya bayarkan uangnya.

      Bapak WA/SMS saya di nomor 085.228.401.939.

      Terima kasih untuk tawarannya.

      Salam,

      Salam,

      Hapus
  11. Sore bu ninik,,ulu hatiku sering nyeri itu asam lambung ato batu empedu ya ..soal nya saya juga punya batu empedu bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Sore juga. Kalau soal itu sebaiknya periksa ke dokter, karena gejala batu empedu, juga terkadang mirip dengan gejala maag. Agar bisa ditangani secara dini.

      Salam,

      Hapus

Back To Top